darrelund wrote: Fri Nov 18, 2022 11:23
yah minimal produk akhirnya ga nambahin emisi
daripada nambahin terus
kyk misal masda 3 119g/km
jalan 50km aja ud ngasilin 5950g co2, itu baru 1 mobil, kalo ada ribuan?
kan lumayan klo dikurangi
or atleast pke e-fuel kan ga nambahin
tar tinggal pabrik e-fuel makin canggih, capture & output makin gede
nah baru pesawat sama kapal laut bisa pake
NOPE e-fuel alliance itu targetnya pesawat sama cargo ship
kalo projectnya porsche baru buat mobil dan itu baru sebatas mobil2x balap mereka atau mungkin customer mereka
mungkin mereka mau jadi pilot project kalo berhasil mungkin akan di support sama goverment kalo sing pada waras
lagian kata polpo kalo dari study mereka buat EV setara yang icenya itu butuh jalan 110.000 km jalan buat bikintuh ev lebih sedikit carbon footprintnya karena semua orang gak itung carbon footprint dari bikin tuh batre kalo di itung sebenernya ya malah lebih ancur apalagi di indo mobil 10thn km mayoritas 100rban kecil bahkan banyak di bawah 100rb apalagi modelan volvo
kalo ngitungnya gitu pas ganti batre juga kan kena carbon footprint lagi jd kalo ganti batre otomatis jalan 110rb akan nambah lagi mungkin bisa 80rb kali since yang bikin berat kan batrenya
ilhami wrote: Fri Nov 18, 2022 11:36
Cadangan minyak indonesia tinggal 8 tahun lagi".
Pakai EV karena minyak habis dan jadi importir minyak bumi. Kalau EV kan fleksibel, energi dari hulu bisa pakai PLTU gas, batubara, tenaga angin dsb.
balik lagi om T&C apply soalnya masih akan exsplorasi lagi nyari titik bor baru buat ladang minyak makanya dari 30thn lalu juga ngemengnya tinggal berapa tahun lagi cuma gak abis2x karena mereka juga nyari lagi itu itungan kalo gak ada explorasi lagi
cuma balik lagi ud dari minyak barang tambang terus tergantung pake barang tambang laen yang notabe di bikin jd tembok beton berton2x dan makan banyak bahan, ujung2xnya minyak yang di sedot di pake buat alat berat buat nambang tuh barang, transport, produksi bahkan dipake buat ngecharging dunia emang ud gilaaaaa
gak lagsung aja mendingan pake tuh meisn diesel sama bensin
saya sendiri biarpun suka pake mobil combustion agak2x gak suka tergantung sama minyak bumi karena minyak bumi itu barang terbatas
makannya salah satu alesan saya simpen diesel di rumah padahal saya sendiri kurang suka diesel karena RPMnya rendah banget
karena diesel itu kalo kepepet saya bisa oplos sama minyak goreng jd kalo emang amit2x darurat itu mobil masih bisa dicari bahan bakarnya dengan resiko injektornya mungkin gak tahan lama tapi mayan buat surviving
darrelund wrote: Fri Nov 18, 2022 11:16
iya pindah doank sebenernya mah
jatohnya carbon neutral krn mobilnya kan ga keluarkan emisi, cuma bikinnya aja.
klo skrg kan bikin, ngirim & mobilnya kan keluar emisi semua
cuma yah sampe carbon neutral butuh waktu lumayan lama
zero carbon tuh cuma kampanye politisi & bisnis doank, aslinya mah hampir impossible buat net-zero. bisa carbon neutral aja ud sukur
skrg gmn mau fokus climate change, org tuh aktivis aja pegi masi pke pesawat yg pakai minyak
emang mereka mau pake kapal listrik baling2x
jgnkan batre pake kapal baling2x biasa aja orangnya ditimbang sebarang2xnya loh
gimana naek kapal batre suruh bawa body doank kali yang ada
