Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 314
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220
Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
mohon ijin minta saran omers
sekarang saya pake mobil Sirion 2019 buat hari2 di bandung, Lexus dan CR-V saya keep di jakarta. pertimbangannya kalo pake 2 mobil itu di bandung males karena jalannya sempit hehe. lagian juga kalo ada panggilan atau weekend/libur saya pasti balik jakarta, kerjaan di 2 tempat ini soalnya.
perkaranya, Sirion ini sudah habis garansinya per november ini, servis jasa gratis juga sudah habis. guess what ternyata untuk servis selanjutnya total estimasi kena 1.7jt. solusinya sebenernya gampang tinggal servis di luaran 500rb, tp sayang service recordnya karena mobil ini baru 7000km dalam 3 tahun.
kedua, barusan banget ngalamin pertalite dimana2 abis (kayaknya sengaja biar orang pindah pertamax) jadi sekarang fulltank bisa abis 350rb. biasanya 210rb dah full. jadinya sayang aja sih keluar segitu buat bensin.
nah gara2 itu, saya jadi kepikiran buat ganti mobil bekas yang lebih irit dari Sirion ini (1:12 dalkot bdg macet) dan lebih enak biar duit bensin kerasa worth. sialnya mobil ini irit banget jadi susah nyari penggantinya. pilihannya yang kepikiran baru 2 :
Camry Hybrid 2012
plus : banyak mainan dan fitur (saya harian selalu kena macet), nyaman, citra pejabat (hari2 ke kantor pemerintahan sebagai swasta, kadang dipandang sebelah mata kalo mbl biasa), unit banyak yang udah ganti batere
minus : gede betul (susah kalo jalan kecil), pajak masih agak mahal dibanding Sirion yang cm 3jt.
Lexus CT200h 2011
plus : sama sih banyak mainan, ukuran compact tapi citra ttp lux, mobil rare dan modelnya lebih cocok buat saya.
minus : unit jarang, servis bayarnya 2x lipat kalo di lexus (barang IU), tahun lebih tua, harga lebih mahal
fun fact 2 ini sebenernya mirip Lexus saya, satunya mesin+kaki2 sama, satunya logonya sama
satu lagi yang bikin pengen lepas Sirion adalah karena ini mobil bisa dibilang 95% mirip brandnew. km baru 7000, masi plastikan jadi saya pikir masih mahal harga jualnya harusnya.
mungkin ada alternatif lain yang gak kepikiran sama saya?
thanku omers
sekarang saya pake mobil Sirion 2019 buat hari2 di bandung, Lexus dan CR-V saya keep di jakarta. pertimbangannya kalo pake 2 mobil itu di bandung males karena jalannya sempit hehe. lagian juga kalo ada panggilan atau weekend/libur saya pasti balik jakarta, kerjaan di 2 tempat ini soalnya.
perkaranya, Sirion ini sudah habis garansinya per november ini, servis jasa gratis juga sudah habis. guess what ternyata untuk servis selanjutnya total estimasi kena 1.7jt. solusinya sebenernya gampang tinggal servis di luaran 500rb, tp sayang service recordnya karena mobil ini baru 7000km dalam 3 tahun.
kedua, barusan banget ngalamin pertalite dimana2 abis (kayaknya sengaja biar orang pindah pertamax) jadi sekarang fulltank bisa abis 350rb. biasanya 210rb dah full. jadinya sayang aja sih keluar segitu buat bensin.
nah gara2 itu, saya jadi kepikiran buat ganti mobil bekas yang lebih irit dari Sirion ini (1:12 dalkot bdg macet) dan lebih enak biar duit bensin kerasa worth. sialnya mobil ini irit banget jadi susah nyari penggantinya. pilihannya yang kepikiran baru 2 :
Camry Hybrid 2012
plus : banyak mainan dan fitur (saya harian selalu kena macet), nyaman, citra pejabat (hari2 ke kantor pemerintahan sebagai swasta, kadang dipandang sebelah mata kalo mbl biasa), unit banyak yang udah ganti batere
minus : gede betul (susah kalo jalan kecil), pajak masih agak mahal dibanding Sirion yang cm 3jt.
Lexus CT200h 2011
plus : sama sih banyak mainan, ukuran compact tapi citra ttp lux, mobil rare dan modelnya lebih cocok buat saya.
minus : unit jarang, servis bayarnya 2x lipat kalo di lexus (barang IU), tahun lebih tua, harga lebih mahal
fun fact 2 ini sebenernya mirip Lexus saya, satunya mesin+kaki2 sama, satunya logonya sama
satu lagi yang bikin pengen lepas Sirion adalah karena ini mobil bisa dibilang 95% mirip brandnew. km baru 7000, masi plastikan jadi saya pikir masih mahal harga jualnya harusnya.
mungkin ada alternatif lain yang gak kepikiran sama saya?
thanku omers
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1278
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Walau kondisi mint dan orikintil tapi… harga jual sirion pasti mendelep keep aja buat beater om, kalo bosen modipin aja. Apalagi aturan baru pertalet kabarnya max 1300cc kan
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1503
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Kalo sy ya pertahanin sirion..kondisi mint...bensin 1:12 mau lbh irit seberapa lg...mobil sy tiap dibawa ke bandung jg auto lbh boros koq
Beli mobil taun lbh tua pasti ada aja jajannya, pajak mgkn lbh mahal & harga beli ya lbh mahal
Beli mobil taun lbh tua pasti ada aja jajannya, pajak mgkn lbh mahal & harga beli ya lbh mahal
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1101
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
1,7jt itu service apa? Jgn2 masuk paket service 40rb km? Mungkin ganti oli mesin, ATF, busi, coolant dll kali?
7000 km minta ganti oli mesin + filter aja..
Bensin 1:12 dalkot bdg, full tank 350 sih udh irit lha om... mau lbh irit ya naik motor wkwkwkwk
2nd opinion coba suzuki scross, 1,7jt itu service termahal kelipatan 40k.. ATF busi coolant oli mesin filter2... kalo kelipatan 5k aja sih paling gopek, dalkot yg metik bisa 1:14
7000 km minta ganti oli mesin + filter aja..
Bensin 1:12 dalkot bdg, full tank 350 sih udh irit lha om... mau lbh irit ya naik motor wkwkwkwk
2nd opinion coba suzuki scross, 1,7jt itu service termahal kelipatan 40k.. ATF busi coolant oli mesin filter2... kalo kelipatan 5k aja sih paling gopek, dalkot yg metik bisa 1:14
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 525
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Keep aja sirionnya, odo masi seumur jagung gitu, buat mobil perang selap selip kedepannya juga oke
Kalo mau yang berasa lebih "mobil" khan udah ada crv sama lexusnya tuh hehe
Kalo mau yang berasa lebih "mobil" khan udah ada crv sama lexusnya tuh hehe
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1143
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Sayang om kalio Sirion nya di ganti mobil 2nd, lha wong baru kepakai 7000km, masa mau dityker sama yg lebih tua, itu kalo dirawat bisa sampe 200rb++ km. Service diluar aja kalo udah ga garansi, atau tune up biasa aja di beres biar ada recordnya, kalo kaya ganti part/oli dll yaa diluar hehe ..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3423
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Crv sama lexus di jkt ada yg pake ga om? Kalo nganggur semua, daripada bayar pajak 3 mbl. Apa ga mending dijadiin 1 aja tuh semua? Beli BEV aja lah hahaha
Kalo bisa diantara camry atau ct200h saya saranin ct200h. Dimensi kecil, cocok bwat di bandung kan. Servis mah tutup mata aja lah paling max setahun 2x.
Kalo bisa diantara camry atau ct200h saya saranin ct200h. Dimensi kecil, cocok bwat di bandung kan. Servis mah tutup mata aja lah paling max setahun 2x.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 589
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Loh ? ada aja orang kaya begini, mobil apik 7000km, udah irit 1:12 dalam kota (mobil 1500cc saya juga sekitar 1:11), dirawat sendiri sampai 3 tahun, record full berkala selama ini. Eh minta diganti ke mobil tua hybrid yang kalau sekali ganti batre bisa puluhan juta dan mobil tua yang sparepart serta service nya mahal.
Yang saya heran, om udah ada lexus dan crv kok kaget ngeliat harga service berkala 1.7 juta ? Biasa ganti oli yang saya tau aja udah habis 800- 1 juta. Belum kalau ganti oli transmisi bisa segituan juga. beluym perintilan filter dll. Intinya si saya tiap ganti oli doang ngeliat harga 1 juta udah di batas wajar.
Saran saya si, jual salah satu mobil nya. Udah meringankan dari segi sisi pajak progresif, service oli (1 mobil per tahun 2x ganti oli sekitar 2 juta), pajak 1 mobil sekitar 3 juta. Lalu hasil duitnya masukin investasi sementara supaya ga perlu pusingin soal harga bbm. Nanti 1-2 taun lagi tunggu menjamurnya pmobil hybrid segmen kelas menengah.
Atau bisa juga jual semua mobilnya ganti ke bev seperti ioniq 5. Atau lebih realistisnya ganti ke wuling ev Ga perlu pusingin batre selama 8 tahun. Atau ga mau masuk ke pasar ev, udah cari aja mobil baru di ahhir taun seperti brio satya, biasanya nik lama ada diskon besar. Mobil baru biasanya juga ada promo sampe 4 tahun free sparepart dan 5 tahun service berkala. Jadi selama 4 taun itu cuma isi bensin aja. Ga perlu kaget lagi ada biaya ganti oli yang setaunnya bisa 2 juta.
Tapi kalau saya liat dari tulisan om yang pusing soal polemik bbm belakangan ini, udah beli mobil ev kaya wuling trim bawah aja om. Kebanyakan pikiran tiap hari soal bbm, bisa jadi penyakit dan mood swing loh Tapi kalau saya pribadi si pilih option jual salah satu mobil dan beli mobil lcgc baru (kalau tetep ngotot jual sirionnya). Lumayan lah masukin investasi 200 juta, per bulan dapet 880rb buat operasional bensin.
Yang saya heran, om udah ada lexus dan crv kok kaget ngeliat harga service berkala 1.7 juta ? Biasa ganti oli yang saya tau aja udah habis 800- 1 juta. Belum kalau ganti oli transmisi bisa segituan juga. beluym perintilan filter dll. Intinya si saya tiap ganti oli doang ngeliat harga 1 juta udah di batas wajar.
Saran saya si, jual salah satu mobil nya. Udah meringankan dari segi sisi pajak progresif, service oli (1 mobil per tahun 2x ganti oli sekitar 2 juta), pajak 1 mobil sekitar 3 juta. Lalu hasil duitnya masukin investasi sementara supaya ga perlu pusingin soal harga bbm. Nanti 1-2 taun lagi tunggu menjamurnya pmobil hybrid segmen kelas menengah.
Atau bisa juga jual semua mobilnya ganti ke bev seperti ioniq 5. Atau lebih realistisnya ganti ke wuling ev Ga perlu pusingin batre selama 8 tahun. Atau ga mau masuk ke pasar ev, udah cari aja mobil baru di ahhir taun seperti brio satya, biasanya nik lama ada diskon besar. Mobil baru biasanya juga ada promo sampe 4 tahun free sparepart dan 5 tahun service berkala. Jadi selama 4 taun itu cuma isi bensin aja. Ga perlu kaget lagi ada biaya ganti oli yang setaunnya bisa 2 juta.
Tapi kalau saya liat dari tulisan om yang pusing soal polemik bbm belakangan ini, udah beli mobil ev kaya wuling trim bawah aja om. Kebanyakan pikiran tiap hari soal bbm, bisa jadi penyakit dan mood swing loh Tapi kalau saya pribadi si pilih option jual salah satu mobil dan beli mobil lcgc baru (kalau tetep ngotot jual sirionnya). Lumayan lah masukin investasi 200 juta, per bulan dapet 880rb buat operasional bensin.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 314
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
wah rame ya, saya coba jawab 1 1 haha
ct200h menarik bgt sih, apalagi bisa facelift ke model 2019.
kenapa kaget? karena servis di lexus 2jtan masa daihatsu 1.7 kan hebat daihatsu boro2 dapet makan siang cuma dapet teh itu juga bikin sendiri, di lexus bs minta steak sama haagen dazs. belom lagi treatment mekaniknya jauh lebih apik dr beres daihatsu, beda 300rb doang. crv sih sekarang servis di luaran beli oli dll paling abis 800.
wuling ev sih jujur menarik banget, tapi gak dulu deh liat mereknya. komunitasnya begitu anehnya, mobilnya jg gak reliable2 amat.
polemik bbm ini seru sih, gak sampe segitunya sebenernya kepikiran hahaha. temen ada yang punya 4 mobil kelas atas sampe nyari city car tahun 2010an demi bs irit2 operasional.
mau modif juga bingung om, mesti impor dari malay fyi di malay mobil ginian part modifnya gila2an sampe turbo/supercharger kit ada. siap oom ditampung usulannya
bener om, kalo jajan sih normal ya, yang kemaren kepikiran pajaknya juga
1.7 masuknya lupa deh, tapi emang jasanya yang mahal om. padahal biasa servis waktu jasanya masih gratis cuma 500-800an.. berarti jasanya hampir sejuta buset emang dah beres paling nembak hargarendr wrote: ↑Wed Aug 31, 2022 12:36 1,7jt itu service apa? Jgn2 masuk paket service 40rb km? Mungkin ganti oli mesin, ATF, busi, coolant dll kali?
7000 km minta ganti oli mesin + filter aja..
Bensin 1:12 dalkot bdg, full tank 350 sih udh irit lha om... mau lbh irit ya naik motor wkwkwkwk
2nd opinion coba suzuki scross, 1,7jt itu service termahal kelipatan 40k.. ATF busi coolant oli mesin filter2... kalo kelipatan 5k aja sih paling gopek, dalkot yg metik bisa 1:14
malah crvnya mau dijual juga sebenernya, mahal euy pertamax. sirion sih dibanding spresso masih berasa mobil om
iya juga sih sebenernya, sayang ganti lebih tua. servis di luar paling beli oli eneos 0w20 400rb sama filter 30rbt105erd wrote: ↑Wed Aug 31, 2022 13:27 Sayang om kalio Sirion nya di ganti mobil 2nd, lha wong baru kepakai 7000km, masa mau dityker sama yg lebih tua, itu kalo dirawat bisa sampe 200rb++ km. Service diluar aja kalo udah ga garansi, atau tune up biasa aja di beres biar ada recordnya, kalo kaya ganti part/oli dll yaa diluar hehe ..
crv lexus ada yang pake sih, kadang ortu atau temen, kadang emang saya bawa juga ke bandung. pas kemaren kepikiran tuh beli ioniq jual 33nya, tp baru nyadar punya duit juga gak dapet barangnya sekarang hahha.kendibocor wrote: ↑Wed Aug 31, 2022 13:31 Crv sama lexus di jkt ada yg pake ga om? Kalo nganggur semua, daripada bayar pajak 3 mbl. Apa ga mending dijadiin 1 aja tuh semua? Beli BEV aja lah hahaha
Kalo bisa diantara camry atau ct200h saya saranin ct200h. Dimensi kecil, cocok bwat di bandung kan. Servis mah tutup mata aja lah paling max setahun 2x.
ct200h menarik bgt sih, apalagi bisa facelift ke model 2019.
hahaha emang saya unik om orangnya.timbermaniac123 wrote: ↑Wed Aug 31, 2022 13:55 Loh ? ada aja orang kaya begini, mobil apik 7000km, udah irit 1:12 dalam kota (mobil 1500cc saya juga sekitar 1:11), dirawat sendiri sampai 3 tahun, record full berkala selama ini. Eh minta diganti ke mobil tua hybrid yang kalau sekali ganti batre bisa puluhan juta dan mobil tua yang sparepart serta service nya mahal.
Yang saya heran, om udah ada lexus dan crv kok kaget ngeliat harga service berkala 1.7 juta ? Biasa ganti oli yang saya tau aja udah habis 800- 1 juta. Belum kalau ganti oli transmisi bisa segituan juga. beluym perintilan filter dll. Intinya si saya tiap ganti oli doang ngeliat harga 1 juta udah di batas wajar.
Saran saya si, jual salah satu mobil nya. Udah meringankan dari segi sisi pajak progresif, service oli (1 mobil per tahun 2x ganti oli sekitar 2 juta), pajak 1 mobil sekitar 3 juta. Lalu hasil duitnya masukin investasi sementara supaya ga perlu pusingin soal harga bbm. Nanti 1-2 taun lagi tunggu menjamurnya pmobil hybrid segmen kelas menengah.
Atau bisa juga jual semua mobilnya ganti ke bev seperti ioniq 5. Atau lebih realistisnya ganti ke wuling ev Ga perlu pusingin batre selama 8 tahun. Atau ga mau masuk ke pasar ev, udah cari aja mobil baru di ahhir taun seperti brio satya, biasanya nik lama ada diskon besar. Mobil baru biasanya juga ada promo sampe 4 tahun free sparepart dan 5 tahun service berkala. Jadi selama 4 taun itu cuma isi bensin aja. Ga perlu kaget lagi ada biaya ganti oli yang setaunnya bisa 2 juta.
Tapi kalau saya liat dari tulisan om yang pusing soal polemik bbm belakangan ini, udah beli mobil ev kaya wuling trim bawah aja om. Kebanyakan pikiran tiap hari soal bbm, bisa jadi penyakit dan mood swing loh Tapi kalau saya pribadi si pilih option jual salah satu mobil dan beli mobil lcgc baru (kalau tetep ngotot jual sirionnya). Lumayan lah masukin investasi 200 juta, per bulan dapet 880rb buat operasional bensin.
kenapa kaget? karena servis di lexus 2jtan masa daihatsu 1.7 kan hebat daihatsu boro2 dapet makan siang cuma dapet teh itu juga bikin sendiri, di lexus bs minta steak sama haagen dazs. belom lagi treatment mekaniknya jauh lebih apik dr beres daihatsu, beda 300rb doang. crv sih sekarang servis di luaran beli oli dll paling abis 800.
wuling ev sih jujur menarik banget, tapi gak dulu deh liat mereknya. komunitasnya begitu anehnya, mobilnya jg gak reliable2 amat.
polemik bbm ini seru sih, gak sampe segitunya sebenernya kepikiran hahaha. temen ada yang punya 4 mobil kelas atas sampe nyari city car tahun 2010an demi bs irit2 operasional.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4215
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
JUAL sirion ganti hybrid alesan bbm mahal, gak buat deposito aja tuh duit selisihnya
daripada beli hybrid mendingan maenan raize/rocky 1.0 kalo ributnya bbm mahal toh juga sementara lama2x juga turun kalo supplynya mulai bener
hati2x om harga batre hybrid 50jt dan banyak yang kena terutama camry hybrid karena populasi paling banyak keknya nyari penyakit dah
daripada beli hybrid mendingan maenan raize/rocky 1.0 kalo ributnya bbm mahal toh juga sementara lama2x juga turun kalo supplynya mulai bener
hati2x om harga batre hybrid 50jt dan banyak yang kena terutama camry hybrid karena populasi paling banyak keknya nyari penyakit dah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Berarti Sirion, CRV dan Lexus nya dijual ganti NX 350 hybrid aja, Om.sherryandkez wrote: ↑Wed Aug 31, 2022 14:17 kenapa kaget? karena servis di lexus 2jtan masa daihatsu 1.7 kan hebat daihatsu boro2 dapet makan siang cuma dapet teh itu juga bikin sendiri, di lexus bs minta steak sama haagen dazs. belom lagi treatment mekaniknya jauh lebih apik dr beres daihatsu, beda 300rb doang. crv sih sekarang servis di luaran beli oli dll paling abis 800.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3148
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 409
- Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Mana mgkn scross bisa lebih irit dr mobil kecil pendek macam sirion. 1:14 dalkot si ga mgkn.rendr wrote: ↑Wed Aug 31, 2022 12:36 1,7jt itu service apa? Jgn2 masuk paket service 40rb km? Mungkin ganti oli mesin, ATF, busi, coolant dll kali?
7000 km minta ganti oli mesin + filter aja..
Bensin 1:12 dalkot bdg, full tank 350 sih udh irit lha om... mau lbh irit ya naik motor wkwkwkwk
2nd opinion coba suzuki scross, 1,7jt itu service termahal kelipatan 40k.. ATF busi coolant oli mesin filter2... kalo kelipatan 5k aja sih paling gopek, dalkot yg metik bisa 1:14
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 589
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Sebenernya harus liat item per item. mobil saya voxy juga sekali ganti oli tanpa biaya service udah 1 juta. mungkin kalau udah ga free service jatohnya juga bisa segituan. Tapi kalau ganti oli kurang lebih standart si 1.5an. di auto2k aja juga sama, cuma dapet snack sama kopi aja juga seduh sendiri, mau mobil nya alphard juga sama sih.sherryandkez wrote: ↑Wed Aug 31, 2022 14:17
kenapa kaget? karena servis di lexus 2jtan masa daihatsu 1.7 kan hebat daihatsu boro2 dapet makan siang cuma dapet teh itu juga bikin sendiri, di lexus bs minta steak sama haagen dazs. belom lagi treatment mekaniknya jauh lebih apik dr beres daihatsu, beda 300rb doang. crv sih sekarang servis di luaran beli oli dll paling abis 800.
polemik bbm ini seru sih, gak sampe segitunya sebenernya kepikiran hahaha. temen ada yang punya 4 mobil kelas atas sampe nyari city car tahun 2010an demi bs irit2 operasional.
justru bbm naik gini, jangan nambah mobil. ntar pusing progresif nya. ini mobil voxy saya aja pajak hampir 2x lipet pajak normal gegara progresif. Kecuali pake nama pt si aman aja. kalau orang kaya ya solusi sekarang ganti mobil ev buat operasional. kalau dana pas pasan, bisa pakai motor atau ganti lcgc. Atau ya ada cash masukin aja ke investasi yang return per bulannya stabil.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1101
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Biasa aja sih... itu baru rata2, banyak temen2 yg lebih irit... blm seberapa dibanding ignis / new baleno yg lebih deket ke sirion.. scross berasa boros wkwkmobilkutu wrote: ↑Wed Aug 31, 2022 14:55Mana mgkn scross bisa lebih irit dr mobil kecil pendek macam sirion. 1:14 dalkot si ga mgkn.rendr wrote: ↑Wed Aug 31, 2022 12:36 1,7jt itu service apa? Jgn2 masuk paket service 40rb km? Mungkin ganti oli mesin, ATF, busi, coolant dll kali?
7000 km minta ganti oli mesin + filter aja..
Bensin 1:12 dalkot bdg, full tank 350 sih udh irit lha om... mau lbh irit ya naik motor wkwkwkwk
2nd opinion coba suzuki scross, 1,7jt itu service termahal kelipatan 40k.. ATF busi coolant oli mesin filter2... kalo kelipatan 5k aja sih paling gopek, dalkot yg metik bisa 1:14
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
-
- SM Specialist
- Posts: 15588
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Kalau bisa jual jual aja, kalo gak dijual pertahanin aja.
Kemarin sih sempet mikir mau nambah mbl buat ops krn harga pertabo gila.
Tp lama lama secara ekonomis dipikir ttp make sense tetep dipake aja. Hahahaha. Nambah mobil nambah perawatan ama bayar pajak lg. Banyak mudorotnya wkwkwkkw. Blm kalo belain isi pertalite kan nambah beban negara
Masa masa gini keputusan keuangan musti wise jgn terlalu emosional hahahaha.
Kl saya lbh sayang uang 1.7jt buat servis sebuah daihatsu drpd belain record hahahahaha mbl sejak lepas warranty ga prnh injek beres lg walau odo rendah.
Kemarin sih sempet mikir mau nambah mbl buat ops krn harga pertabo gila.
Tp lama lama secara ekonomis dipikir ttp make sense tetep dipake aja. Hahahaha. Nambah mobil nambah perawatan ama bayar pajak lg. Banyak mudorotnya wkwkwkkw. Blm kalo belain isi pertalite kan nambah beban negara
Masa masa gini keputusan keuangan musti wise jgn terlalu emosional hahahaha.
Kl saya lbh sayang uang 1.7jt buat servis sebuah daihatsu drpd belain record hahahahaha mbl sejak lepas warranty ga prnh injek beres lg walau odo rendah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Kalo serius mau dijual sirionnya, boleh pm ane om buat dilanjutin rawat
Barangkali cocok. Tks
Barangkali cocok. Tks
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 194
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
langsung ada yg mau serok tuh sirion
IMHO jual sirion + 1 mobil di jakarta + ganti ionic 5
IMHO jual sirion + 1 mobil di jakarta + ganti ionic 5
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Service record mah yang penting disimpan aja kartu olinya / bon servis biar jelas penggantian olinya per kapan... Gak mesti "full service bengkel resmi" deh
Jazz GK5 saya dlu, pake 5 tahun terus dijual sekitar odo 35 rb, full rawatan Honda dari baru. Gada yg rese nanyain "mas, ini servisan Honda ya?" blablabla. Malah buyernya cuma ngeliat, test drive bentar, cek cek surat, cocok trus langsung bayar
Jazz GK5 saya dlu, pake 5 tahun terus dijual sekitar odo 35 rb, full rawatan Honda dari baru. Gada yg rese nanyain "mas, ini servisan Honda ya?" blablabla. Malah buyernya cuma ngeliat, test drive bentar, cek cek surat, cocok trus langsung bayar
2021 Fortuner VRZ
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
baru mau ketik, ehh ada jg yg sefaham ama kita orangtimbermaniac123 wrote: ↑Wed Aug 31, 2022 13:55 Loh ? ada aja orang kaya begini, mobil apik 7000km, udah irit 1:12 dalam kota (mobil 1500cc saya juga sekitar 1:11), dirawat sendiri sampai 3 tahun, record full berkala selama ini. Eh minta diganti ke mobil tua hybrid yang kalau sekali ganti batre bisa puluhan juta dan mobil tua yang sparepart serta service nya mahal.
Yang saya heran, om udah ada lexus dan crv kok kaget ngeliat harga service berkala 1.7 juta ? Biasa ganti oli yang saya tau aja udah habis 800- 1 juta. Belum kalau ganti oli transmisi bisa segituan juga. beluym perintilan filter dll. Intinya si saya tiap ganti oli doang ngeliat harga 1 juta udah di batas wajar.
Saran saya si, jual salah satu mobil nya. Udah meringankan dari segi sisi pajak progresif, service oli (1 mobil per tahun 2x ganti oli sekitar 2 juta), pajak 1 mobil sekitar 3 juta. Lalu hasil duitnya masukin investasi sementara supaya ga perlu pusingin soal harga bbm. Nanti 1-2 taun lagi tunggu menjamurnya pmobil hybrid segmen kelas menengah.
Atau bisa juga jual semua mobilnya ganti ke bev seperti ioniq 5. Atau lebih realistisnya ganti ke wuling ev Ga perlu pusingin batre selama 8 tahun. Atau ga mau masuk ke pasar ev, udah cari aja mobil baru di ahhir taun seperti brio satya, biasanya nik lama ada diskon besar. Mobil baru biasanya juga ada promo sampe 4 tahun free sparepart dan 5 tahun service berkala. Jadi selama 4 taun itu cuma isi bensin aja. Ga perlu kaget lagi ada biaya ganti oli yang setaunnya bisa 2 juta.
Tapi kalau saya liat dari tulisan om yang pusing soal polemik bbm belakangan ini, udah beli mobil ev kaya wuling trim bawah aja om. Kebanyakan pikiran tiap hari soal bbm, bisa jadi penyakit dan mood swing loh Tapi kalau saya pribadi si pilih option jual salah satu mobil dan beli mobil lcgc baru (kalau tetep ngotot jual sirionnya). Lumayan lah masukin investasi 200 juta, per bulan dapet 880rb buat operasional bensin.
bilang nya punya CRV ama le'sus, yg skali ngadep ke beres aj, jut jut an, bensin pun wajip pertamak dan ga lebi irit drpd si sirion (kcuali si le'sus hybrid)
masa piara sirion pusing kemahalan, pusing bbm pula ampe mikir pertalit pertalit sgala
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 15588
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
sama.ricz wrote: ↑Thu Sep 01, 2022 1:16 Service record mah yang penting disimpan aja kartu olinya / bon servis biar jelas penggantian olinya per kapan... Gak mesti "full service bengkel resmi" deh
Jazz GK5 saya dlu, pake 5 tahun terus dijual sekitar odo 35 rb, full rawatan Honda dari baru. Gada yg rese nanyain "mas, ini servisan Honda ya?" blablabla. Malah buyernya cuma ngeliat, test drive bentar, cek cek surat, cocok trus langsung bayar
pengalaman jual beli, ga pernah ampe d cek serpis dmn. pokok dijalanin bentar cocok bayar. dulu FB tuker guling santi, orangnya cm muter komplek bentar. ok langsung dibawa. ga d tanya serpis biasanya dmn mas.
beli juga gt koq kadang kalo muda malah cm liat barangnya oke bayar
sekalinya cek serpis record mobil yang aneh macem pewe golep aja. bau bau money pit soalnya
tp yah kadang bbrp orang OCD sih liat buku serpis kosong gatel aj emang gemes sih liat tu buku serpis kosong krn ga pernah absen di beres.
tp kl di luar banyak option lbh murah ya gak usah diliat pokoknya diselipin aja bon serpisnya. dlu pewe golep selain perawatan rutin bon serpisnya jg diselipin di buku semua yg non beres
pan emang laknat beres jasanya. dlu ganti brakepad sama oli + filter sienta, abis 2.5 jeti. jasa 800 rebu sendiri. jumlahnya sama kyk terakhir bawa civic ke spesialis kenalan malah kyknya murah civic ny
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Tue Jan 11, 2022 14:35
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Honda
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Saran saya sih keep Sirionsherryandkez wrote: ↑Wed Aug 31, 2022 12:04 ... citra pejabat (hari2 ke kantor pemerintahan sebagai swasta, kadang dipandang sebelah mata kalo mbl biasa),
Dulu waktu masih di Jakarta n handle proyek kementerian yang nilainya milyaran, ke client pake busway. Menyingkat waktu perjalanan banyak banget
Di client selalu dihormati dari depan (Satpam) sampai client eselon I karena gak pelit, recehan pasti ngalir ke banyak pegawai. Saya usahakan gak ada pihak yang iri.
Sampai sekarang kadang masih ditanyain kenapa gak handle project lagi. Lha sekarang dah hidup di daerah yg lebih tenang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3423
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Saya rasa om TS bukan pusing masalah ngrluarin duit untuk beli pertamax atau servisnya. Tp lebih ke merasa ga worth aja untuk seekor sirion harus pake pertamax dan biaya servisnya segitu. Jd nyari pilihan mbl lain yg daily costnya mirip2 tp jauh lebih enak. Ga semua orang punya lexus atau crv artinya orng kaya yg uda ga perlu mikir2 lg untuk efisiensi kan. CMIIW om TSDOHC wrote: ↑Thu Sep 01, 2022 1:51baru mau ketik, ehh ada jg yg sefaham ama kita orangtimbermaniac123 wrote: ↑Wed Aug 31, 2022 13:55 Loh ? ada aja orang kaya begini, mobil apik 7000km, udah irit 1:12 dalam kota (mobil 1500cc saya juga sekitar 1:11), dirawat sendiri sampai 3 tahun, record full berkala selama ini. Eh minta diganti ke mobil tua hybrid yang kalau sekali ganti batre bisa puluhan juta dan mobil tua yang sparepart serta service nya mahal.
Yang saya heran, om udah ada lexus dan crv kok kaget ngeliat harga service berkala 1.7 juta ? Biasa ganti oli yang saya tau aja udah habis 800- 1 juta. Belum kalau ganti oli transmisi bisa segituan juga. beluym perintilan filter dll. Intinya si saya tiap ganti oli doang ngeliat harga 1 juta udah di batas wajar.
Saran saya si, jual salah satu mobil nya. Udah meringankan dari segi sisi pajak progresif, service oli (1 mobil per tahun 2x ganti oli sekitar 2 juta), pajak 1 mobil sekitar 3 juta. Lalu hasil duitnya masukin investasi sementara supaya ga perlu pusingin soal harga bbm. Nanti 1-2 taun lagi tunggu menjamurnya pmobil hybrid segmen kelas menengah.
Atau bisa juga jual semua mobilnya ganti ke bev seperti ioniq 5. Atau lebih realistisnya ganti ke wuling ev Ga perlu pusingin batre selama 8 tahun. Atau ga mau masuk ke pasar ev, udah cari aja mobil baru di ahhir taun seperti brio satya, biasanya nik lama ada diskon besar. Mobil baru biasanya juga ada promo sampe 4 tahun free sparepart dan 5 tahun service berkala. Jadi selama 4 taun itu cuma isi bensin aja. Ga perlu kaget lagi ada biaya ganti oli yang setaunnya bisa 2 juta.
Tapi kalau saya liat dari tulisan om yang pusing soal polemik bbm belakangan ini, udah beli mobil ev kaya wuling trim bawah aja om. Kebanyakan pikiran tiap hari soal bbm, bisa jadi penyakit dan mood swing loh Tapi kalau saya pribadi si pilih option jual salah satu mobil dan beli mobil lcgc baru (kalau tetep ngotot jual sirionnya). Lumayan lah masukin investasi 200 juta, per bulan dapet 880rb buat operasional bensin.
bilang nya punya CRV ama le'sus, yg skali ngadep ke beres aj, jut jut an, bensin pun wajip pertamak dan ga lebi irit drpd si sirion (kcuali si le'sus hybrid)
masa piara sirion pusing kemahalan, pusing bbm pula ampe mikir pertalit pertalit sgala
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 609
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Di keep aja sirionnya. Kalau tetap mau jaga service record beres, datangnya berdasarkan km aja Om, jangka waktunya di ignore.
Yg penting cairan2 rutin ganti sebelum expired, dan filter juga dicek kondisinya. Di bengkel nonres juga ga masalah. Cari bengkel terpercaya di Bandung lebih gampang kok dari Jkt.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Mon Feb 15, 2021 5:30
- Location: Indonesia
Re: Ganti mobil bekas yang lebih irit, apa keep aja?
Vote utk keep Sirion aja om, itu KM msh rendah gitu mending ganti oli di luaran aja, toh di beres juga mau servis apa dgn KM serendah itu? Cukup ganti oli + filter oli + filter ac (bisa beli sendiri semua di tokped), filter2 bs pake merk OEM macam Denso, Sakura, atau KEN, beli sendiri jauh lebih murah drpd beli di beres yg bs digetok sampe 3x lipat harganya (blom jasa pasang).
Sekadar sharing, saya ada unit all new Livina 2019, itu kan dulu lg beli ada program diskon gede2an tuh buat abisin stok yg udah lama ngendap (sumo sale), makanya cuma dapat 1x free service di Beres Nissan, jadi setelah itu ga pernah injak beres lg tu mobil (krn ongkosnya menurut sy ga masuk akal, mahal bener), alhasil saya ganti sendiri aja oli + filter2 di rumah, mudah dan lebih yakin aja drpd mekanik beres yg seringan ngaco kalo kerja.
Sekadar sharing, saya ada unit all new Livina 2019, itu kan dulu lg beli ada program diskon gede2an tuh buat abisin stok yg udah lama ngendap (sumo sale), makanya cuma dapat 1x free service di Beres Nissan, jadi setelah itu ga pernah injak beres lg tu mobil (krn ongkosnya menurut sy ga masuk akal, mahal bener), alhasil saya ganti sendiri aja oli + filter2 di rumah, mudah dan lebih yakin aja drpd mekanik beres yg seringan ngaco kalo kerja.