mo share aja om, kemarin abis nanya2 MG Pluit, jadinya:
ATPM MG disini itu PT. SAIC Motor Indonesia
MG Pluit dipegang PT. Tritunggal
MG Kebun Jeruk dipegang Sun Motor
MG BSD dipegang Eurokars
jadi kondisinya mirip MMI dulu, ATPM ga jualan langsung, dealernya split ke beberapa PT.
sebenernya ane itu tadinya termasuk golongan konservatif soal merk, dari dulu sama sekali ga lirik merk diluar Jepun (Eropa irrelevan karena rejekinya lom sampe sana) dan selalu ambil mobil baru. setelah umur nambah (jadi agak lebih bijak ) dan nimbang2, ya okelah why not coba mobkas sesekali. dan karena uda seken, kenapa gak sekalian nyebur ke 'uncharted territory' which is merk Korea or China, hitung2 sedikit memanfaatkan paradigma 'resale value nyungsep' dimari untuk tahun2 awal.Pboyz97 wrote: ↑Fri Aug 19, 2022 11:55 wah rendah juga ya km cx5 nya, punya saya dulu tahun 2013 pas dijual tahun 2019 kmnya udh 152rb hehehe. back to topic. kalo brand mazda ke mg ya agak downgrade ya, apalagi perlu dibuktikan eksistensinya minimal 4-5 tahun kedepan, apakah akan tetap survive or bernasib sama kaya chevy, ford dan datsun. kalo dari saya, untuk non jepang, bisa lirik sante fe CRDI yg fl tahun 2016-2017. cukup memenuhi kriteria dan upgrade secara kelas dan akomodasi dari CX5. apalagi kalo om TS nya tinggal di jakarta, aftersalesnya masih cukup baik lah menurut saya. atau opsi lain bisa lirik CX5 yg mudaan kaya GT FL 2015-2016 atau AN CX5 Elite yg 2017-2018 , walaupun sama2 dari brand jepang dan merek Mazda hehehe. atau naik kelas ke bmw sekalian seperti f30 or f10 seken hehe karena ya nyari mobil di range harga yg mirip yg enaknya bisa nyamain cx5 cukup sulit , mau gak mau ya emg mesti ke mobkor jaman now , mazda lagi or mobil eropa sekalian hehehe kalo mau upgrade (pengalaman miara CX5 2013 selama 6 tahun dan cx5 2018 selama 3,5 tahun)
soal tahun, keknya ane batasin max 2-3 tahun aja om, lebih dari itu feel 'like new' nya uda hilang (at least mentally). rasanya itu compromise yang masuk akal untuk mobkas pertama untuk pemakaian pribadi. kalo buat dagang kek antar barang ya lain ceritanya. kendalanya ya itu, sepertinya Santa Fe dan CX5 muda harganya masi cukup nahan kan ya?
kalo soal hitung2an jajan, pertimbangan ane ini MG kan kebetulan ada free service 4-5 taon sejak pembelian. kalau mau fair perbandingannya antara MG dengan sekenan merk lain yang ga ada coverage itu, by the time 2024-2025 (saat coverage MG habis), uang jajan sekenan merk lain mungkin uda cukup lumayan setelah terakumulasi 2-3 taon (termasuk selisih PKB buat mobil Eropa), dan itulah selisih yang dihemat dengan pilih MG. selisih itu ya bisa buat bantu cover uang jajan MG berbayar (andai ternyata jeng jeng jeng jatuhnya mahal) dan/atau resale value... dengan catatan nasibnya gak jadi total scrap pada saat itu yah
harus diakui kalau menebak2 nasib merk/tipe mobil tertentu di Indonesia memang menarik dan ngeri2 sedap sih inget dulu 2012-13 sewaktu CX5 masuk sini, Mazda baru masuk sekitar 3-4 taonan, dealernya di Kelapa Gading (domisili ane) juga masi nebeng automall yang skrg uda jadi sekolah internasional. kalo ga salah dulu untuk segmen itu cuma ada CRV dan Xtrail. CX5 dengan KODO-nya seperti underdog... fast forward 10 tahun, ATPM boleh cabut, angka salesnya juga jauh dari market leaders, tapi CX5 sendiri sukses, konsep KODOnya di-apply ke model lain, dan sampai sekarang masih populer dan menjadi acuan untuk segmen mid SUV. not saying MG bakal replicate ini sih, dan harus diakui itu tall order.