Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
halo sepuh dan suhu sekalian, butuh input buat minang mobil pengganti CX-5 '12 yang baru ane lepas nih...
so far uda lumayan mantap di MG HS Ignite seken, dengan pertimbangan/kriteria/preferensi sbb:
- bukan mobil satu2nya, ada miara HRV 1.5L E Special Edition '18 juga. makenya selang/seling (ganjil genap), gak ada favorit.
- profil pemakaian low km (CX5 9.5 taon cuma 48.5rb), jadi beli baru sayang (CX-5 baru da masuk 600 jt huhuhu).
- cari yang bisa jalan normal di RON 92. fuel econ justru bukan concern krn low km, jadi lebih boros dikit gak masalah.
- gak demen mobil bapack2 tinggi macem Fortuner/Pajero, gak lirik MPV sama sekali, dan hindari model SUV yg ada 7-seaternya.
- pertama kali incer mobkas, dan juga pertama kali incer mobil non-Jepun. sebelumnya muter2 di merk H, T, sama M.
kenapa MG HS, pertama karena exteriornya. depan kek CX5, belakang X1, just perfect buat selera ane. liat MG HS facelift diluar (yang lom masuk sini) malah ga demen. kedua karena interiornya, mewah sekali untuk harga segitu. ketiga harga (termasuk resale value) yang make sense buat incer bekasannya (hopefully). keempat dari merknya ada 4-5 taon free service + part, jadi masi ada safety net selama 2-3 taon kedepan. soal fun to drive, bantingan dlsb... nah ini dia, ane ga ngerti dan ga peka soal ginian seumur-umur jarang sekali TD macam2 mobil atau bawa mobil orang.
cuman setelah baca2 sekilas, sekarang bad timing ya buat beli mobil? bingung juga nentuin harga pasaran yang wajar gimana... MSRP Ignite taon ini naek 30 jt dari 430-435 ke 460-465. kira-kira itungan yang benernya jadi gimana ya untuk bekasan 1-2 taon? concern lain juga menimbang populasi model ini yang probably kurang dari 1000 se-Indonesia, apa jadinya malah langka dan jadi seller's market? masukannya dong suhu, dan maaf kalau ada salah kata
Zodiac wrote: Thu Aug 18, 2022 22:48
halo sepuh dan suhu sekalian, butuh input buat minang mobil pengganti CX-5 '12 yang baru ane lepas nih...
so far uda lumayan mantap di MG HS Ignite seken, dengan pertimbangan/kriteria/preferensi sbb:
- bukan mobil satu2nya, ada miara HRV 1.5L E Special Edition '18 juga. makenya selang/seling (ganjil genap), gak ada favorit.
- profil pemakaian low km (CX5 9.5 taon cuma 48.5rb), jadi beli baru sayang (CX-5 baru da masuk 600 jt huhuhu).
- cari yang bisa jalan normal di RON 92. fuel econ justru bukan concern krn low km, jadi lebih boros dikit gak masalah.
- gak demen mobil bapack2 tinggi macem Fortuner/Pajero, gak lirik MPV sama sekali, dan hindari model SUV yg ada 7-seaternya.
- pertama kali incer mobkas, dan juga pertama kali incer mobil non-Jepun. sebelumnya muter2 di merk H, T, sama M.
kenapa MG HS, pertama karena exteriornya. depan kek CX5, belakang X1, just perfect buat selera ane. liat MG HS facelift diluar (yang lom masuk sini) malah ga demen. kedua karena interiornya, mewah sekali untuk harga segitu. ketiga harga (termasuk resale value) yang make sense buat incer bekasannya (hopefully). keempat dari merknya ada 4-5 taon free service + part, jadi masi ada safety net selama 2-3 taon kedepan. soal fun to drive, bantingan dlsb... nah ini dia, ane ga ngerti dan ga peka soal ginian seumur-umur jarang sekali TD macam2 mobil atau bawa mobil orang.
cuman setelah baca2 sekilas, sekarang bad timing ya buat beli mobil? bingung juga nentuin harga pasaran yang wajar gimana... MSRP Ignite taon ini naek 30 jt dari 430-435 ke 460-465. kira-kira itungan yang benernya jadi gimana ya untuk bekasan 1-2 taon? concern lain juga menimbang populasi model ini yang probably kurang dari 1000 se-Indonesia, apa jadinya malah langka dan jadi seller's market? masukannya dong suhu, dan maaf kalau ada salah kata
Saya dukung om ambil MG HS iSmart
9,5 tahun siy sudah saatnya di-refresh
transmisinya DCT dry ya, mungkin perlu adaptasi aja
Ditunggu reviewnya om
uniknya di kota sini, dealer MG sama Mazda sebelahan masih satu pager, kyknya ownernya sama (bapak - anak)
Zodiac wrote: Thu Aug 18, 2022 22:48
halo sepuh dan suhu sekalian, butuh input buat minang mobil pengganti CX-5 '12 yang baru ane lepas nih...
so far uda lumayan mantap di MG HS Ignite seken, dengan pertimbangan/kriteria/preferensi sbb:
- bukan mobil satu2nya, ada miara HRV 1.5L E Special Edition '18 juga. makenya selang/seling (ganjil genap), gak ada favorit.
- profil pemakaian low km (CX5 9.5 taon cuma 48.5rb), jadi beli baru sayang (CX-5 baru da masuk 600 jt huhuhu).
- cari yang bisa jalan normal di RON 92. fuel econ justru bukan concern krn low km, jadi lebih boros dikit gak masalah.
- gak demen mobil bapack2 tinggi macem Fortuner/Pajero, gak lirik MPV sama sekali, dan hindari model SUV yg ada 7-seaternya.
- pertama kali incer mobkas, dan juga pertama kali incer mobil non-Jepun. sebelumnya muter2 di merk H, T, sama M.
kenapa MG HS, pertama karena exteriornya. depan kek CX5, belakang X1, just perfect buat selera ane. liat MG HS facelift diluar (yang lom masuk sini) malah ga demen. kedua karena interiornya, mewah sekali untuk harga segitu. ketiga harga (termasuk resale value) yang make sense buat incer bekasannya (hopefully). keempat dari merknya ada 4-5 taon free service + part, jadi masi ada safety net selama 2-3 taon kedepan. soal fun to drive, bantingan dlsb... nah ini dia, ane ga ngerti dan ga peka soal ginian seumur-umur jarang sekali TD macam2 mobil atau bawa mobil orang.
cuman setelah baca2 sekilas, sekarang bad timing ya buat beli mobil? bingung juga nentuin harga pasaran yang wajar gimana... MSRP Ignite taon ini naek 30 jt dari 430-435 ke 460-465. kira-kira itungan yang benernya jadi gimana ya untuk bekasan 1-2 taon? concern lain juga menimbang populasi model ini yang probably kurang dari 1000 se-Indonesia, apa jadinya malah langka dan jadi seller's market? masukannya dong suhu, dan maaf kalau ada salah kata
MG HS. Mobil yang waktu launch di Indo bikin saya mikir nih mobil keren bener interior dan kelengkapan nya. perpaduan merah hitam nya itu amazing apalagi pas ambient light nya nyala. Mobil yang bikin saya juga melakukan research kecil2an terhadap durability dan quality mobil ini.
MG HS ini CBU Thailand ya, dan saran saya sih coba gabung ama grup facebook Thai supaya tau glitches2 atau user experience nya. Nih MG HS juga uda diekspor ke Ausy, dan menurut saya channel yang cukup representative ngomongin nih mobil dengan gaya honest user review adalah channel ini. Boleh dicek juga.
Mudah2an bermanfaat.
Kandidat mobil lain ga ada ya?
sintoni wrote: Thu Aug 18, 2022 23:44
Sayang sih om.
Dari Mazda ke MG.
Dari CX5 ke HS pula.
Masih low odo pula CX5nya.
Menurut ane no brainer sih keep CX5.
No offense buat MG users/lovers.
Pikiran pertama ane juga kek gini om. TAPII, pertimbangan tiap orang beda2 dalam memperlakukan kendaraannya. Sepertinya om TS udah suka modelnya HS luar dalam jadi ane pikir sah2 aja dari CX5 ke HS. Toh mobil 9.5 taun udah pasti minta jajan, krn serendah apapun kmnya, sparepart dari karet, plastik, dll seringnya udah mulai minta ganti. Mungkin om TS bukan tipe yg bisa/ suka ngebengkel, cari2 spesialis, cari2 supplier sparepart ori di luar beres, dan sekian banyak upaya2 restorasi lainnya
Zodiac wrote: Thu Aug 18, 2022 22:48kira-kira itungan yang benernya jadi gimana ya untuk bekasan 1-2 taon?
Kalo harga barang seken gak ada itungan bener sih om. Tapi kira2 begini yg ane paham berdasarkan stalking oh el eks betaun2 & dari pengalaman lepas BRV usia hampir 4 taun waktu itu.
Jadi depresiasi itu sekitar 8-12% pertaun. Kalo mobil inceran banget macem inivi disil mitik, firtinir, pijiri spirt, jozz, dll, lebih deket ke 8 persenan per tahun. Kalo mobil jarang dicari, lebih deket ke 12% per tahun. Dengan pola ini, depresiasi terbesar terjadi dalam 1-4 tahun pertama emang.
Naah, klo udah dapet kisaran angkanya, kurangin 10-15 juta dari angka tersebut buat buka penawaran ke seller. Nanti deal tergantung skill nawar, kondisi mobil, luck, dll segitulah kira2 dealnya. Jangan lupa, setelah deal, namanya angkut barang seken, jaga2 buat ganti2 cairan, paling minim oli mesin deh klo emang masih baru banget/ super low km banget. Namanya barang seken, mutlak ada nih angggaran buat rapi2. Nilainya ya tergantung kondisi barang. Bisa jadi malah dapet seller yg rada2 OCD dalam ngerawat mobil, biar ampe tisu juga penuh dikasih. On the other extreme, ya barang busuk dipoles juga bisa2 aja keliatan rapi dari luar. Happy hunting!
dari mazda ke mazda gadungan untung udah bukan serayamazda
logically dari mazda ke mazda gadungan emang kayaknya downgrade, tapi ini kan sama aja kayak jaman dulu orang punya seri-3 lama terus nanya mau beli civic atau city baru. secara merek ya punya jerman kok turun ke jepang. tp dari sisi fungsi udah pasti lebih enak beli mobil lebih baru
cuma kalau sy pribadi sih jujur blm terlalu percaya dengan ATPM baru yg baru berbisnis kurang dari 5 thn di indo. itu pertimbangan lain sih. atpmnya mazda gadungan ini siapa sih? kalau under "garansi" atau indomaret kalau saya ya skip. kebanyakan cuma paham jualan krn toh cuma sole importer. ga laku ya tutup selesai.
ChZ wrote: Fri Aug 19, 2022 3:05
dari mazda ke mazda gadungan untung udah bukan serayamazda
logically dari mazda ke mazda gadungan emang kayaknya downgrade, tapi ini kan sama aja kayak jaman dulu orang punya seri-3 lama terus nanya mau beli civic atau city baru. secara merek ya punya jerman kok turun ke jepang. tp dari sisi fungsi udah pasti lebih enak beli mobil lebih baru
cuma kalau sy pribadi sih jujur blm terlalu percaya dengan ATPM baru yg baru berbisnis kurang dari 5 thn di indo. itu pertimbangan lain sih. atpmnya mazda gadungan ini siapa sih? kalau under "garansi" atau indomaret kalau saya ya skip. kebanyakan cuma paham jualan krn toh cuma sole importer. ga laku ya tutup selesai.
Mazda beneran dan Mazda gadungan sekarang under payung yang sama PT. EMI
Kalau tidak memikirkan resale value & tidak di keep untuk pemakaian lama, go ahead aja ...
Lagian toh pernah punya CX5, cobain sesuatu yang baru ... apalagi ada 4-5 taon free service + part.
Sempet ketemu bbrapa kali sama mg seh . Tp kebanyakan yg ZS, klo hs cuman ktemu 1x .. masih lumayan frekuensinya ada lah ketemu dijalannya
Yg lucu mah dfsk glory. Pas awal2 + stlh bbrapa bulan launching suka liat seliweran dijalan pake plat baru ketemu bbrapa warna hitam putih .. skarang bener2 lenyap tu mobil dari peredaran
KielConstantine wrote: Fri Aug 19, 2022 5:44
Yg lucu mah dfsk glory. Pas awal2 + stlh bbrapa bulan launching suka liat seliweran dijalan pake plat baru ketemu bbrapa warna hitam putih .. skarang bener2 lenyap tu mobil dari peredaran
Dah pada jebol kali ya? Atau dijual dikirim ke pulau lain wkwkwK
KielConstantine wrote: Fri Aug 19, 2022 5:44
MG hs ini yg dual clutch & 1.5L turbo itu kan ya?
Coba aj om, kayanya sih lumayan ok peformanya
Sempet ketemu bbrapa kali sama mg seh . Tp kebanyakan yg ZS, klo hs cuman ktemu 1x .. masih lumayan frekuensinya ada lah ketemu dijalannya
Yg lucu mah dfsk glory. Pas awal2 + stlh bbrapa bulan launching suka liat seliweran dijalan pake plat baru ketemu bbrapa warna hitam putih .. skarang bener2 lenyap tu mobil dari peredaran
mungkin di scrap udahan
itu defesek, mo dijual ga laku. ngebengkel terus jg ga rewarding macem baling baling bambu. ya udah pake buang
KielConstantine wrote: Fri Aug 19, 2022 5:44
MG hs ini yg dual clutch & 1.5L turbo itu kan ya?
Coba aj om, kayanya sih lumayan ok peformanya
Sempet ketemu bbrapa kali sama mg seh . Tp kebanyakan yg ZS, klo hs cuman ktemu 1x .. masih lumayan frekuensinya ada lah ketemu dijalannya
Yg lucu mah dfsk glory. Pas awal2 + stlh bbrapa bulan launching suka liat seliweran dijalan pake plat baru ketemu bbrapa warna hitam putih .. skarang bener2 lenyap tu mobil dari peredaran
mungkin di scrap udahan
itu defesek, mo dijual ga laku. ngebengkel terus jg ga rewarding macem baling baling bambu. ya udah pake buang
Kasian si, isu ga bisa nanjak langsung ga laku, pdhl di brand tetangga lmpv nya susah nanjak masih laku2 aja, emang brand pengaruh bgt ya
nyotnyet wrote: Fri Aug 19, 2022 6:41
Kasian si, isu ga bisa nanjak langsung ga laku, pdhl di brand tetangga lmpv nya susah nanjak masih laku2 aja, emang brand pengaruh bgt ya
lebih laku temen senegaranya yang terkenal boros tp tetep dibeli aja
yah lagian bad publicity mosok sampe skrg gak tau kenapa ga bisa nanjak
wah rendah juga ya km cx5 nya, punya saya dulu tahun 2013 pas dijual tahun 2019 kmnya udh 152rb hehehe. back to topic. kalo brand mazda ke mg ya agak downgrade ya, apalagi perlu dibuktikan eksistensinya minimal 4-5 tahun kedepan, apakah akan tetap survive or bernasib sama kaya chevy, ford dan datsun. kalo dari saya, untuk non jepang, bisa lirik sante fe CRDI yg fl tahun 2016-2017. cukup memenuhi kriteria dan upgrade secara kelas dan akomodasi dari CX5. apalagi kalo om TS nya tinggal di jakarta, aftersalesnya masih cukup baik lah menurut saya. atau opsi lain bisa lirik CX5 yg mudaan kaya GT FL 2015-2016 atau AN CX5 Elite yg 2017-2018 , walaupun sama2 dari brand jepang dan merek Mazda hehehe. atau naik kelas ke bmw sekalian seperti f30 or f10 seken hehe karena ya nyari mobil di range harga yg mirip yg enaknya bisa nyamain cx5 cukup sulit , mau gak mau ya emg mesti ke mobkor jaman now , mazda lagi or mobil eropa sekalian hehehe kalo mau upgrade (pengalaman miara CX5 2013 selama 6 tahun dan cx5 2018 selama 3,5 tahun)
MG HS keren eksteriornya dan interior juga mewah
kalo demen ya beli saja daripada nanti kepikiran terus
btw, kalo jadi ambil, pilih warna apa, om? kalo ane sih demen warna merahnya
sintoni wrote: Thu Aug 18, 2022 23:44
Sayang sih om.
Dari Mazda ke MG.
Dari CX5 ke HS pula.
Masih low odo pula CX5nya.
Menurut ane no brainer sih keep CX5.
No offense buat MG users/lovers.
nah ini, mungkin ada kesan ane asal lepas CX5 karena uda kebelet MG HS... well, quite the opposite.
jadi bbrp minggu lalu ane nunggu lift di parkiran basement apartemen. eh kok ada MG HS parkir. wow, mirip sekali depannya sama CX5 ane, kok jadi tertarik ya. lalu lanjut browse2 mengenai harga, model, dlsb. eh besok siangnya dikasi tau bokap kalo ada tetangga sekomplek yg ujug2 nanya dia apa CX5nya dijual, sodaranya lagi cari soalnya. ya gayung bersambut, dilayanin lah, akhirnya ketemu di harga bagus dan prosesnya juga smooth... tanpa ngiklan, tanpa broker, tanpa nunggu kebetulan GIIAS juga around the corner saat itu, ideal banget buat bandingin options dari segala merk dan model (more about this below). ane orangnya non-religious, tapi quick to follow 'pertanda alam' seperti ini.
perihal 'turun kelas' sih rasanya udah konsekuensi dari posisi ane saat ini. naik kelas jelas gak dulu kali ini, karena kondisi keuangan lagi gak memungkinkan. bertahan sih bisa saja kalo mo maksa (kek rogoh 600 jt buat CX5 baru), tapi liat profil dan sejarah pemakaian (low km), rasanya sayang aja itu duit nguap di depresiasi sejak keluar dealer. kalo dipikir2 dengan memutuskan ambil seken, benernya emang uda 'turun kelas' sih
AbdulHakim wrote: Fri Aug 19, 2022 1:09
Saya dukung om ambil MG HS iSmart
9,5 tahun siy sudah saatnya di-refresh
transmisinya DCT dry ya, mungkin perlu adaptasi aja
Ditunggu reviewnya om
uniknya di kota sini, dealer MG sama Mazda sebelahan masih satu pager, kyknya ownernya sama (bapak - anak)
keknya kecil kemungkinan Magnify iSmart om, karena itu varian tertinggi, baru launch mid 2021, dan sepertinya kalah populer sama Ignite. ane kan incer seken, jadi sangat tergantung sama populasi di tangan pertama. lagian kalo liat perbandingan fitur iSmart vs Ignite, sepintas mostly ga kepake deh buat ane, jadi selisih harganya gak justified
grimjow wrote: Fri Aug 19, 2022 1:17
MG HS. Mobil yang waktu launch di Indo bikin saya mikir nih mobil keren bener interior dan kelengkapan nya. perpaduan merah hitam nya itu amazing apalagi pas ambient light nya nyala. Mobil yang bikin saya juga melakukan research kecil2an terhadap durability dan quality mobil ini.
MG HS ini CBU Thailand ya, dan saran saya sih coba gabung ama grup facebook Thai supaya tau glitches2 atau user experience nya. Nih MG HS juga uda diekspor ke Ausy, dan menurut saya channel yang cukup representative ngomongin nih mobil dengan gaya honest user review adalah channel ini. Boleh dicek juga.
Mudah2an bermanfaat.
Kandidat mobil lain ga ada ya?
benernya uda muter2 GIIAS om, ngecekin segmen medium SUV dari hampir semua merk, plus compact SUV buat perbandingan. test drive cuma MG HS sih, itupun ga dapet feelnya krn cuma sebentar, jalannya juga di trek yang uda diatur, dan mostly masi kagok so bawanya hati2 banget. jadi yang bener2 ditinjau ya cuma exterior dan interior. terus terang kalo soal interior, kalo patokannya uda MG HS susah appreciate merk lain di segmen yang sama (yang ada malah makin appreciate MG HS). yang bener2 mirip itu justru Chery Tiggo 7, yang diluar scope karena baru masuk lagi di Indonesia. sisanya yang come close cuma Santa Fe, tapi kalo liat exterior, ga demen banget sama grillenya yang kaya parutan keju raksasa... no offense ya buat Santa Fe owners/admirers
kalo ada rekomen ane open aja om, jadi silakan kalo ada ide or masukan
uda nonton 2 video itu, makasi sharenya om. kalo yang DCT kan uda resolved soal auto-hold pas incline. soal yang gak mau start, nah ini ane justru punya pengalaman serupa dengan CX5. lokasinya di IKEA Alam Sutera, parkiran ground (bukan basement). waktu itu 2014-2015, jadi CX5 ane masi cukup baru dan gres. tiba2 ga mau buka pintu, jadi terpaksa detach kunci fisik buat masuk. sampe didalem ga mau start. panik kirain aki jebol, mana weekend dan uda malem lagi. ternyata setelah bolak balik manual, bisa distart dengan cara tempelin kunci wirelessnya ke tombol start/stop. lalu fast forward ke pemakaian sehari-hari setelahnya yang ternyata totally normal, dan masalah serupa terulang pas balik ke IKEA. kesimpulan yang plausible ya interferensi, dalam hal ini mungkin ada something di area itu yang bener2 ganggu sinyal dari wireless key CX5. jadi mungkin itu yang terjadi di kasusnya si user MG HS ini, atau mungkin juga bad batch batere bawaan yang disebutkan di comment section.
soal FB grup Thailand... good idea sih, tapi kalo ga ngerti bahasanya gimana? bisa2 otak ane yang glitch
qushay20019 wrote: Fri Aug 19, 2022 2:17
Pikiran pertama ane juga kek gini om. TAPII, pertimbangan tiap orang beda2 dalam memperlakukan kendaraannya. Sepertinya om TS udah suka modelnya HS luar dalam jadi ane pikir sah2 aja dari CX5 ke HS. Toh mobil 9.5 taun udah pasti minta jajan, krn serendah apapun kmnya, sparepart dari karet, plastik, dll seringnya udah mulai minta ganti. Mungkin om TS bukan tipe yg bisa/ suka ngebengkel, cari2 spesialis, cari2 supplier sparepart ori di luar beres, dan sekian banyak upaya2 restorasi lainnya
Zodiac wrote: Thu Aug 18, 2022 22:48kira-kira itungan yang benernya jadi gimana ya untuk bekasan 1-2 taon?
Kalo harga barang seken gak ada itungan bener sih om. Tapi kira2 begini yg ane paham berdasarkan stalking oh el eks betaun2 & dari pengalaman lepas BRV usia hampir 4 taun waktu itu.
Jadi depresiasi itu sekitar 8-12% pertaun. Kalo mobil inceran banget macem inivi disil mitik, firtinir, pijiri spirt, jozz, dll, lebih deket ke 8 persenan per tahun. Kalo mobil jarang dicari, lebih deket ke 12% per tahun. Dengan pola ini, depresiasi terbesar terjadi dalam 1-4 tahun pertama emang.
Naah, klo udah dapet kisaran angkanya, kurangin 10-15 juta dari angka tersebut buat buka penawaran ke seller. Nanti deal tergantung skill nawar, kondisi mobil, luck, dll segitulah kira2 dealnya. Jangan lupa, setelah deal, namanya angkut barang seken, jaga2 buat ganti2 cairan, paling minim oli mesin deh klo emang masih baru banget/ super low km banget. Namanya barang seken, mutlak ada nih angggaran buat rapi2. Nilainya ya tergantung kondisi barang. Bisa jadi malah dapet seller yg rada2 OCD dalam ngerawat mobil, biar ampe tisu juga penuh dikasih. On the other extreme, ya barang busuk dipoles juga bisa2 aja keliatan rapi dari luar. Happy hunting!
betul sekali om, ane bukan pencinta otomotif tulen yang ngerti mobil, passionate/ngerti soal servis/modding, etc tapi lebih ke 'wannabe' yang cuma pengen piara mobil yang bisa memberikan perasaan bangga buat diri sendiri tapi masi sesuai dengan kebutuhan dan kantong. CX5 ane emang lom 50rb km, tapi pas dilepas uda saatnya engine mounting (utk upcoming servis) 5 jt, sepatu mungkin sktr 5 jt juga, dan aki 1.5 jtan. jadi ya total2 memang uda harus siapin ~15 jt buat jajan juga. jadi ya sudahlah, mungkin memang sudah saatnya. jujur sih ane suka dan puas sekali dengan CX5 dan sebelum liat MG HS by chance, ancang2nya uda ambil CX5 seken buat pengganti karena alternatif dari merk lain rasanya ga ada yang pas.
nah ini yang ane tunggu2 soal depresiasi, mantap om nanya dong om, itung 8-12% itu dari harga di tahun pembelian (kek 2020 or 2021) ato harga saat ini? soalnya 2020 > 21 masi 11/12 cuma naik 5 jt, nah 2021>22 ini naik 30 jt trus yang dipake itu harga MSRP ato nett sesudah diskon? soalnya kan ada mobil 400jt an yang diskonnya bisa sampe 20 jt lebih, itu aja uda geser 5%an. kalo MG HS sih keknya mentok di 20.
ChZ wrote: Fri Aug 19, 2022 3:05
dari mazda ke mazda gadungan untung udah bukan serayamazda
logically dari mazda ke mazda gadungan emang kayaknya downgrade, tapi ini kan sama aja kayak jaman dulu orang punya seri-3 lama terus nanya mau beli civic atau city baru. secara merek ya punya jerman kok turun ke jepang. tp dari sisi fungsi udah pasti lebih enak beli mobil lebih baru
cuma kalau sy pribadi sih jujur blm terlalu percaya dengan ATPM baru yg baru berbisnis kurang dari 5 thn di indo. itu pertimbangan lain sih. atpmnya mazda gadungan ini siapa sih? kalau under "garansi" atau indomaret kalau saya ya skip. kebanyakan cuma paham jualan krn toh cuma sole importer. ga laku ya tutup selesai.
bener om, walau incer seken ane tetep pengen feel 'like new' juga jadinya lirik yang masi janda kembang itu juga yang bikin CX5 kurang feasible krn harganya probably masi nahan di 400 gemuk atau 500an untuk kondisi yang sama.
Zodiac wrote: Fri Aug 19, 2022 18:24
nah ini yang ane tunggu2 soal depresiasi, mantap om nanya dong om, itung 8-12% itu dari harga di tahun pembelian (kek 2020 or 2021) ato harga saat ini? soalnya 2020 > 21 masi 11/12 cuma naik 5 jt, nah 2021>22 ini naik 30 jt trus yang dipake itu harga MSRP ato nett sesudah diskon? soalnya kan ada mobil 400jt an yang diskonnya bisa sampe 20 jt lebih, itu aja uda geser 5%an. kalo MG HS sih keknya mentok di 20.
Ane baru sekali pengalaman jual BRV ane, so take my words with a grain of salt. Range 8-12% pertahun itu dihitung dari tahun NIK/ tahun pembelian setau ane. Ane gak ada pengalaman lain u.bisa bilang 8-12% dari harga setelah diskon atau dari OTR/MSRP, tapi pengalaman ane kira2 begini:
BRV gen 1 tipe E MT NIK 2016 akhir plat Des 2016 lokasi luar Jawa. OTR Jakarta saat itu 236.5jt & di kota ane 250.6jt. Dapet diskon 16jt jadi harga beli 234.6jt. Dijual Agustus 2020 (hampir 4 taun). Ane buka harga 168, deal 158 sama user langsung (keluarga muda anak 1) buat dipake di kota lain.
Jadi kalo dihitung dari harga pasca diskon ane, depresiasinya sekitar 10% pertahun. Kalo dari harga OTR kota ane, dapetnya 11% pertahun. Beda tipis sih.
O ya, ane tipenya rada OCD dlm ngrawat mobil. Despite that, dalam perhitungan diatas, ane gak masukin biaya2 perawatan yg extra macam nanocoating, peredam butyl rubber full body (minus lantai & atap), oli kls keraton, ganti klakson, tambah twitter, dll. Kalo biaya2 itu dimasukin, makin nyungsep lagi perhitungan depresiasinya & cuman bikin sakit hati
Tapi ane seneng jual dgn harga rada murah sama buyer ane krn smp skarang mereka gak pernah komplen ttg BRV itu. Ane masi suka liat apdetan status WA mereka dgn balitanya yg seumur bocah ane. Knowing that my extra maintenance effort benefit not just my own growing family but another growing family as well, that’s priceless