Resingggg
SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
FWD + eRWD + 4WD + 4WD =
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Mon Dec 02, 2019 3:28
- Location: Bandung, West Java, Indonesia
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
up dulu thread zombie..
Salam kenal.. rekan2 disini adakah yang sudah coba downpipe lansirannya Rspe** Malang? Di beberapa marketplace mereka jualan tuh, dengan bahan stainless steel dan las 'cacing' terlihat bagus. klaimnya PnP pula..
Mohon sharingnya ya suhu2..
Salam kenal.. rekan2 disini adakah yang sudah coba downpipe lansirannya Rspe** Malang? Di beberapa marketplace mereka jualan tuh, dengan bahan stainless steel dan las 'cacing' terlihat bagus. klaimnya PnP pula..
Mohon sharingnya ya suhu2..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Tue Jul 19, 2016 8:00
- Daily Vehicle: 2KD-FTV + DDIS 1300
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
waduh belum coba sih... gimana kawan-kawan yang pakai ertiga diesel, apakah semua aman? ada teman punya kena masalah vibrasi di gigi satu selalu pada waktu start, khususnya pada saat macet.... coba di sharing disini ya
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sat Mar 02, 2019 22:34
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Car
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Belum ada sambungannya lagi ya..?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Mon Aug 17, 2015 9:37
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Itu koplingnya satu set diganti sembuh.
Kalo masih garansi diklaim saja, kalo udh gak garansi ganti di beres biaya 2,7 juta.
"no one's first choice, everyone's daily driver" - atoyot
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sat Jul 04, 2020 5:47
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: yaris
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
untuk rasio gearnya, apa sama dengan manual bensin ?
atau ada trik khusus buat ngakalin permasalahan rasionya ?
atau ada trik khusus buat ngakalin permasalahan rasionya ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 905
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Mon Aug 17, 2015 9:37
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
emangnya kepanjangan atau kependekan rasionya? saya puas sih dengan rasio giginya.
Setauku kalo kopling bergetar karena nempelnya ga rata blm tentu karena habis.
Kalo saya dulu mau klaim di beres karena owner sblmnya ga tertib servis berkalanya jd ditolak
Sampe skrg setengah koplingnya masih bergetar ini belum ganti.
"no one's first choice, everyone's daily driver" - atoyot
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 905
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Memang bukan habis gan, kilometernya masih 10K.irfan135 wrote: ↑Tue Dec 28, 2021 14:06emangnya kepanjangan atau kependekan rasionya? saya puas sih dengan rasio giginya.
Setauku kalo kopling bergetar karena nempelnya ga rata blm tentu karena habis.
Kalo saya dulu mau klaim di beres karena owner sblmnya ga tertib servis berkalanya jd ditolak
Sampe skrg setengah koplingnya masih bergetar ini belum ganti.
Sampai sekarang 40rb lbh dibiarin jg gada masalah.
Bergetar kalau pagi hari atau mobil lama berhenti, awal2 jalan saja, stlh jalan normal, hilang getarnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
lagi berminat cari erdies seken, sejauh pegalaman para owners penyakitnya apa ya?
lalu apakah ada masalah long term use dengan biosol? ga keberatan sih pake dexlite, tapi kalau bisa biosol tanpa masalah kan lumayan ngirit.
lalu apakah ada masalah long term use dengan biosol? ga keberatan sih pake dexlite, tapi kalau bisa biosol tanpa masalah kan lumayan ngirit.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Mon Aug 17, 2015 9:37
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
saya merawat baru 2 tahun, yg jadi perhatian:
- koplingnya kalo setengah kopling gigi 1 di tanjakan rasanya bergetar, saya tanya di beres katanya ganti kopling 1 set akan sembuh.
- housing filter solar dari plastik, tiap ganti filter rata2 mekanik mengeluh membukanya sulit takut patah.
- thermostat dari plastik, bbrp user mengeluh patah di atas 100rb km. amannya 100rb km ganti.
- belt alternator amannya 30rb km ganti, punya sy odo 36rb belt terlihat sdh berserabut jadi ke mana2 selalu bawa belt cadangan di bagasi.
sisanya sejauh ini aman, blm pernah liat ada unit yg runaway juga.
mesin ini dulu menang best engine of the year award, mungkin ya ga se rapuh yg dikira.
pake biosol asal oli tbn tinggi + short drain (5000km) aman, tinggal sering bersih2 saluran bbm aja mulai dari tangki sampe injektor tiap 20rb km.
Tapi saya ga pernah full biosol, kalo ga full dexlite ya biasanya mix 50:50 biosol dan pertadex.
"no one's first choice, everyone's daily driver" - atoyot
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Fri Jan 20, 2017 13:42
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Trims infonya om,irfan135 wrote: ↑Mon Feb 21, 2022 16:17saya merawat baru 2 tahun, yg jadi perhatian:
- koplingnya kalo setengah kopling gigi 1 di tanjakan rasanya bergetar, saya tanya di beres katanya ganti kopling 1 set akan sembuh.
- housing filter solar dari plastik, tiap ganti filter rata2 mekanik mengeluh membukanya sulit takut patah.
- thermostat dari plastik, bbrp user mengeluh patah di atas 100rb km. amannya 100rb km ganti.
- belt alternator amannya 30rb km ganti, punya sy odo 36rb belt terlihat sdh berserabut jadi ke mana2 selalu bawa belt cadangan di bagasi.
sisanya sejauh ini aman, blm pernah liat ada unit yg runaway juga.
mesin ini dulu menang best engine of the year award, mungkin ya ga se rapuh yg dikira.
pake biosol asal oli tbn tinggi + short drain (5000km) aman, tinggal sering bersih2 saluran bbm aja mulai dari tangki sampe injektor tiap 20rb km.
Tapi saya ga pernah full biosol, kalo ga full dexlite ya biasanya mix 50:50 biosol dan pertadex.
Kebetulan saya juga niat cari ertidis nih,
Sudah mantau olx &fb marketplace tapi yg ada saat ini rata2 kondisinya sudah capek, km tinggi di 100rban berkisar di harga 130-140, kalau yg mint condition harganya di angka 150an, sampai saat ini belum nemu yg sreg, hehe
Mungkin ada info apa aja yang wajib di cek ketika akan meminang ertidis ya?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Mon Aug 17, 2015 9:37
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Paling ya koplingnya itu, kalo dapat yg ga getar beruntung bisa hemat 1 set kopling 1,7 juta. Sisanya ya cek selayaknya mobil diesel commonrail. Sy cek youtube, mungkin ini bisa membantunomnom wrote: ↑Mon Feb 21, 2022 22:29Trims infonya om,irfan135 wrote: ↑Mon Feb 21, 2022 16:17saya merawat baru 2 tahun, yg jadi perhatian:
- koplingnya kalo setengah kopling gigi 1 di tanjakan rasanya bergetar, saya tanya di beres katanya ganti kopling 1 set akan sembuh.
- housing filter solar dari plastik, tiap ganti filter rata2 mekanik mengeluh membukanya sulit takut patah.
- thermostat dari plastik, bbrp user mengeluh patah di atas 100rb km. amannya 100rb km ganti.
- belt alternator amannya 30rb km ganti, punya sy odo 36rb belt terlihat sdh berserabut jadi ke mana2 selalu bawa belt cadangan di bagasi.
sisanya sejauh ini aman, blm pernah liat ada unit yg runaway juga.
mesin ini dulu menang best engine of the year award, mungkin ya ga se rapuh yg dikira.
pake biosol asal oli tbn tinggi + short drain (5000km) aman, tinggal sering bersih2 saluran bbm aja mulai dari tangki sampe injektor tiap 20rb km.
Tapi saya ga pernah full biosol, kalo ga full dexlite ya biasanya mix 50:50 biosol dan pertadex.
Kebetulan saya juga niat cari ertidis nih,
Sudah mantau olx &fb marketplace tapi yg ada saat ini rata2 kondisinya sudah capek, km tinggi di 100rban berkisar di harga 130-140, kalau yg mint condition harganya di angka 150an, sampai saat ini belum nemu yg sreg, hehe
Mungkin ada info apa aja yang wajib di cek ketika akan meminang ertidis ya?
"no one's first choice, everyone's daily driver" - atoyot
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
akhirnya dapet si gadies, unit 2017 akhir km 38rb asli.
masalah kopling getar di tanjakan gigi 1 belum terasa, belum pada situasi demikian. tapi tadi dipake tidak ada masalah di kopling.
angkat kopling di gigi 1 dan 2 tanpa injak gas udah cukup bertenaga, jadi kalau macet stop and go malah jarang injak gas. tapi kalau di gigi 3 dan 4 berasa rasionya yg halus ini ngefek banget ke akselerasi yg boyo di rpm rendah. belum coba di tol.
tapi kok ada yg aneh, indikator oli selalu menyala setiap kali abis nyalain mesin, dan ga mau hilang kecuali injak gas sampe 2000rpm. kalau udah sampe 2000rpm, udah ga nyala lagi. tapi begitu start mesin lagi (entah dari starter kunci kontak ataupun hybrid start nya), selalu nyala lagi. kenapa ya?
masalah kopling getar di tanjakan gigi 1 belum terasa, belum pada situasi demikian. tapi tadi dipake tidak ada masalah di kopling.
angkat kopling di gigi 1 dan 2 tanpa injak gas udah cukup bertenaga, jadi kalau macet stop and go malah jarang injak gas. tapi kalau di gigi 3 dan 4 berasa rasionya yg halus ini ngefek banget ke akselerasi yg boyo di rpm rendah. belum coba di tol.
tapi kok ada yg aneh, indikator oli selalu menyala setiap kali abis nyalain mesin, dan ga mau hilang kecuali injak gas sampe 2000rpm. kalau udah sampe 2000rpm, udah ga nyala lagi. tapi begitu start mesin lagi (entah dari starter kunci kontak ataupun hybrid start nya), selalu nyala lagi. kenapa ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
sedikit review beberapa hari pake si gadies, memang iritnya luar biasa. pertama kali refill isi full biosolar sekitar 30 liter + campuran 2ehn dan diesel purge, udah jalan 200km baru terpakai sekitar 40%. berarti FC sekitar 1:16,6 kpl.
perbandingan dengan panther grand touring ane dulu, suspensi cukup nyaman untuk jalan keriting, hanya saja efek sideway bounce lebih terasa walaupun GT lebih tinggi dari r3.
perbandingan dengan panther grand touring ane dulu, suspensi cukup nyaman untuk jalan keriting, hanya saja efek sideway bounce lebih terasa walaupun GT lebih tinggi dari r3.
done, ternyata masalah sepele, owner sebelumnya habis ganti filter oli pasangnya kurang rapet. setelah dirapatkan, beres.r1409 wrote: ↑Fri May 20, 2022 14:57 tapi kok ada yg aneh, indikator oli selalu menyala setiap kali abis nyalain mesin, dan ga mau hilang kecuali injak gas sampe 2000rpm. kalau udah sampe 2000rpm, udah ga nyala lagi. tapi begitu start mesin lagi (entah dari starter kunci kontak ataupun hybrid start nya), selalu nyala lagi. kenapa ya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4619
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Injectornya apa kuat om dikasih bio solar terus?irfan135 wrote: ↑Mon Feb 21, 2022 16:17saya merawat baru 2 tahun, yg jadi perhatian:
- koplingnya kalo setengah kopling gigi 1 di tanjakan rasanya bergetar, saya tanya di beres katanya ganti kopling 1 set akan sembuh.
- housing filter solar dari plastik, tiap ganti filter rata2 mekanik mengeluh membukanya sulit takut patah.
- thermostat dari plastik, bbrp user mengeluh patah di atas 100rb km. amannya 100rb km ganti.
- belt alternator amannya 30rb km ganti, punya sy odo 36rb belt terlihat sdh berserabut jadi ke mana2 selalu bawa belt cadangan di bagasi.
sisanya sejauh ini aman, blm pernah liat ada unit yg runaway juga.
mesin ini dulu menang best engine of the year award, mungkin ya ga se rapuh yg dikira.
pake biosol asal oli tbn tinggi + short drain (5000km) aman, tinggal sering bersih2 saluran bbm aja mulai dari tangki sampe injektor tiap 20rb km.
Tapi saya ga pernah full biosol, kalo ga full dexlite ya biasanya mix 50:50 biosol dan pertadex.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
kalau saya lihat di komunitas gadies banyak yg isi full biosol terus dari awal dan udah jalan ratusan ribu km tanpa masalah.
kuncinya ada di perawatan, harus rajin ganti filsol (tiap 10rb km), kalau perlu modif pasang filter tambahan. rajin purging dan bersih-bersih saluran mulai dari tangki, isi biosol di spbu yg muternya cepet dan kasih aditif pembersih. dan harus sering pakai biar solar di tangki ga basi. kalau jarang pakai sih rekomen jangan beli si gadies dan isi biosol.
lalu biar mesin awet, oli harus rajin ganti (3000-4000km kalau pakai SGO), dan boleh 5000km kalau pakai yg TBN tinggi. karena volume olinya kecil, ga sampe 3.5liter, jadi pengaruh oksidasi akan jauh lebih cepat daripada mobil dengan volume oli yg banyak seperti ipah yg sampai 7-8liter.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 718
- Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Ertiga diesel ini knp mobil masih muda tp udah banyak yg overhaul mesin yah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 469
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 718
- Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
quick review, udah sekitar 3 bulan pake sejak beli, ditangan saya udah jalan 5rb km, sekarang km 43rb.
so far so good, tidak ada rewel sama sekali.
keluhan hanya di masalah sistem AC yang tidak pakai thermostat, jadi kompresor muter terus. lalu evap ac belakang yg tdk ada cutoff jadi tetap dingin walaupun blower mati. lalu blower belakang tidak bisa otomatis ikut mati bila blower depan dimatikan, ini blowernya independen.
solusinya sementara ini untuk masalah kompresor, ya pake "thermostat manual", sensor kulit dan pencet tombol A/C di dashboard untuk on/off kompresor ga masalah sih, bagus juga krn sy terbiasa matikan kompresor sekitar 1 menit sebelum matikan mesin, biar blower meniup sisa dingin dari evap dan mencegah pengembunan evap biar ga gampang jamuran.
lalu untuk masalah blower belakang, supaya evap ga beku dan ga gampang menjamur blower harus dinyalakan, tapi agak repot karena sy baru bisa nyalakan pas nyetir sendiri, krn kalau dinyalakan terus keluarga sering kedinginan.
untuk masalah getar saat angkat kopling di gigi 1, tidak terjadi di saya.
untuk FC, dulu pas awal dapetnya 16,x kpl (f2f), MID juga segitu. ini dulu kompresor selalu on, pengaturan suhu pakai putaran di dashboard yg kerjanya mencampur udara dingin dan udara panas.
setelah sekitar 1,5 bulan pakai metode on/off kompresor manual, FC dapet 17.0 -17.3kpl (f2f). anehnya avg di MID masih tetap di 16.3kpl, malah tidak naik.
pemakaian harian dalkot surabaya jam sibuk, weekend sesekali luar kota. rata2 trip sebulan sekitar 1600-1800km. jadi lumayan sebulan cuma 3x ngisi bbm sekitar 35 literan.
bbm full biosol, tambah aditif 2ehn dan campuran diesel purge. oli terakhir pake castrol magnatec stop start 5w30 A5/B5.
kekurangan fitur yg sy rasa cukup mengganggu adalah, cup holder di sisi driver (depan lubang ac dashboard) tidak ada, padahal ada space nya. yg ada cuma di sisi penumpang kiri depan. cup holder di console tengah tidak terpakai, lebih sy pakai untuk naruh barang (kunci, dan barang printilan kecil2 lain). kalau taruh di pintu, tidak bisa manfaatkan hembusan ac untuk mendinginkan minuman.
lalu jendela driver, tidak bisa auto up, hanya auto down saja.
lampu kabin, untuk bagian belakang letaknya terlalu jauh dibelakang, mepet pintu bagasi. jadi kalau baris 2 mau pakai lampu, lampu depan kejauhan dan sinarnya tertutup sandaran jok depan. kalau pakai lampu belakang, nyalainnya jauh diujung samudra, sinarnya pun masih tertutup sandaran jok.
lalu radius belok yg lebar untk mobil ukuran hanya segini, cukup mengganggu. dulu pake panther GT yg bongsor dan ban gede, malah sy bisa putbal dan belok lebih lincah dan lebih nekuk.
tapi overall cukup puas dgn mobil ini, iritnya luar biasa.
so far so good, tidak ada rewel sama sekali.
keluhan hanya di masalah sistem AC yang tidak pakai thermostat, jadi kompresor muter terus. lalu evap ac belakang yg tdk ada cutoff jadi tetap dingin walaupun blower mati. lalu blower belakang tidak bisa otomatis ikut mati bila blower depan dimatikan, ini blowernya independen.
solusinya sementara ini untuk masalah kompresor, ya pake "thermostat manual", sensor kulit dan pencet tombol A/C di dashboard untuk on/off kompresor ga masalah sih, bagus juga krn sy terbiasa matikan kompresor sekitar 1 menit sebelum matikan mesin, biar blower meniup sisa dingin dari evap dan mencegah pengembunan evap biar ga gampang jamuran.
lalu untuk masalah blower belakang, supaya evap ga beku dan ga gampang menjamur blower harus dinyalakan, tapi agak repot karena sy baru bisa nyalakan pas nyetir sendiri, krn kalau dinyalakan terus keluarga sering kedinginan.
untuk masalah getar saat angkat kopling di gigi 1, tidak terjadi di saya.
untuk FC, dulu pas awal dapetnya 16,x kpl (f2f), MID juga segitu. ini dulu kompresor selalu on, pengaturan suhu pakai putaran di dashboard yg kerjanya mencampur udara dingin dan udara panas.
setelah sekitar 1,5 bulan pakai metode on/off kompresor manual, FC dapet 17.0 -17.3kpl (f2f). anehnya avg di MID masih tetap di 16.3kpl, malah tidak naik.
pemakaian harian dalkot surabaya jam sibuk, weekend sesekali luar kota. rata2 trip sebulan sekitar 1600-1800km. jadi lumayan sebulan cuma 3x ngisi bbm sekitar 35 literan.
bbm full biosol, tambah aditif 2ehn dan campuran diesel purge. oli terakhir pake castrol magnatec stop start 5w30 A5/B5.
kekurangan fitur yg sy rasa cukup mengganggu adalah, cup holder di sisi driver (depan lubang ac dashboard) tidak ada, padahal ada space nya. yg ada cuma di sisi penumpang kiri depan. cup holder di console tengah tidak terpakai, lebih sy pakai untuk naruh barang (kunci, dan barang printilan kecil2 lain). kalau taruh di pintu, tidak bisa manfaatkan hembusan ac untuk mendinginkan minuman.
lalu jendela driver, tidak bisa auto up, hanya auto down saja.
lampu kabin, untuk bagian belakang letaknya terlalu jauh dibelakang, mepet pintu bagasi. jadi kalau baris 2 mau pakai lampu, lampu depan kejauhan dan sinarnya tertutup sandaran jok depan. kalau pakai lampu belakang, nyalainnya jauh diujung samudra, sinarnya pun masih tertutup sandaran jok.
lalu radius belok yg lebar untk mobil ukuran hanya segini, cukup mengganggu. dulu pake panther GT yg bongsor dan ban gede, malah sy bisa putbal dan belok lebih lincah dan lebih nekuk.
tapi overall cukup puas dgn mobil ini, iritnya luar biasa.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Mon Aug 17, 2015 9:37
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Sudah jalan 8rban km pakai biosolar sejauh ini tidak ada gejala apa apa. FC juga normal di 1:18-21. Untuk powernya juga ga terasa bedanya.
"no one's first choice, everyone's daily driver" - atoyot
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5492
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Semoga awet mobilnya, suzuki nyoba pasar bentar aja, didiesel ini
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4619
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Nah, jadi pertanyaan.nugroho bagor wrote: ↑Sun Aug 14, 2022 4:22 Semoga awet mobilnya, suzuki nyoba pasar bentar aja, didiesel ini
Kalau laku kenapa gak lanjutin jualan?