Setelah wabah covid 2019 banyak orang mengalami goncangan ekonomi dan mobilisasi yang rendah ditambah isu2 kenaikan BBM,kekhawatiran akan penggunaan transport umum seperti ditambah kemacetan lalu lintas mengakibatkan banyak pengguna mobil SUV&MPV besar kembali beralih ke mobil hatchback yang lebih ringkas,irit dan efisien
HATCHBACK NEVER DIES!!


Sehingga saat ini penjualan produk low class hatchback kembali meroket tajam dibuktikan dengan penjualan mobil Honda brio di 2020-2021 cukup merajai 3 besar penjualan mobil dan dengan kenaikan harga mobil baru yg hingga menyentuh 200juta lebih untuk tipe tertinggi dan bahkan Hatchback medium harganya sampai setara SUV/crossover memaksa harga hatchback lcgc maupun medium hatchback tahun 2000an yang umurnya sudah 10-20tahun ikut meroket tajam
Pertanyaanya jika anda sudah pernah punya medium hatchback pindah ke LCGC/low hatchback pasti merasakan penurunan kualitas signifikan yang mengakibatkan anda menyesal dan bisa jadi akan kembali berburu hatchback medium bekas/tetap mempertahankan
Jika anda memiliki/memburu hatchback bekas untuk disimpan dan digunakan sampe 10-20 tahun kedepan apalagi kemungkinan nanti akan mendapatkan limpahan permintaan dari pengguna kendaraan 1500cc keatas yang kemungkinan tidak dapat menggunakan bbm subsidi semacam (innova,reborn,pajero,fortuner,civic FD,FB,accord,corolla,camry,CRV,outlander)diantara tipe mobil dibawah ini (boleh spesifik tipe&transmisi misal jazz GK matik,yaris bakpao manual,sx4,fiesta ecoboost matik)
Toyota Yaris,Honda Jazz,Suzuki Swift/SX4,Ford Fiesta, Mazda 2 mana yang akan anda beli untuk disimpan dan dirawat?apa alasan dan pertimbangannya?
*Ps kenapa saya tidak masukin hatchback sebelum tahun 2000an seperti (Toyota starlet,Corolla liftback,Honda Nouva,Honda estilo,Honda wonder setrika,suzuki Forsa,esteem,daihatsu Charade,ford laser)di list karena sebelum tahun 2000an pasar hatchback belum matang cenderung nanggung sama sedan saloonnya (hatchback waktu itu rata2 bermesin 1300cc tidak banyak pula pemainnya, karena kons bbmnya tidak beda jauh dengan sedan saloon 1500/1600cc apalagi bbm premium waktu jaman itu cm 300 rupiah/liter,yg hatchbacknya cuma numpang sedannya ,jadi mau beli honda grand civic uangnya kurang dikit ya terpaksa beli nouva,potong 2 pintu2 power window biar ttp dapet civic semacam low trimnya gitu lah padahal sebenernya pembelinya maunya grand civic itulah kenapa sebelum tahun 2000 nouva,estilo,wonder setrika kurang begitu laku bekasnya)beda dengan hatchback tahun 2000an yg pangsa pasarnya lbh jelas kaya banyak kekurangan disana sini harga juga beda dikit sama sedan saloonnya