Iya, segituan Om. Kalau saya agak lebih irit sedikit dr itu sih, lukotnya. Yg saya heran, mesin K15B kompresinya lebih rendah drpd 2NR yah, tapi 2NR pake pertalite ama pertamax ga beda jauh fuel cons nya. Beda tenaga aja lebih bolot.leogalih wrote: Mon Jun 20, 2022 2:57semenjak pertamax naik ke 12.500, terpaksa hijrah ke pertalite demi keberlangsungan hidup..
toh kalau jadi ga enak mobilnya gara-gara make bensin pertalite tinggal gurah, 3-4 tahun lagi, itu pun kalau ga keburu kejual mobilnya...
sejak pindah ke pertalite benar-benar berasa jadi boros.. hasil MID dalam kota selama pertamax dari baru selalu di angka 1:14an.. sekarang ga pernah lebih dari 1:12.. kalau dulu pertamax beli bensin 100rb bisa kepake 2 hari .. sekarang 100rb pertalite cuma tahan 1,5 hari aja.
pun juga begitu ketika dipakai mudik.
pertamax tol trans jawa sekitar 1:17-18an, pernah bawa ngebut ruas tol sragen-nganjuk lari konstan 170kpj FC manteng di 1:7,5.. lalu pas keluar tol nganjuk rute jalan propinsi sampe tulungagung langsung normal lagi ke 1:17..
Mudik ke Ibukota rute ponorogo-wonogiri-jogja-banyumas-nagrek-bandung-jakarta, rute perbukitan dan ada macet di tasik gara-gara truk adu banteng di tanjakan juga akhirnya dapat 1:17..
nah sejak pakai pertalite kemarin mudik full tol jalan max 100 cuma bisa dapat 1:14-15![]()
itu pun sangat terasa ngedennya, kick down terasa ngelag..
walaupun ga sampe ngelitik ya..
Ternyata kompresi tidak selalu linear dgn requirement BBM yah..