rakyatwkwkland wrote: Mon Jun 13, 2022 16:30
Nubi gamao kalah
Kemaren nyerpis si K15B yg masih tanpa embel2 haebrit apa pun di beres SBT PIK jakarta utara. Kebetulan serpis agak besar jadi agak lama, main2lah ke dealer. Udah dipajang aja si er3 FL smart hybrid ini. Kebetulan yang dipajang adalah tipe gx
Penampakannya :
52158.jpg
52159.jpg
52160.jpg
Baterai kecil di bawah korsi penumpang depan :
52161.jpg
Dari sisi kosmetik yg positip sih ESP dah turun ke tipe gx dan dapet CC jg. Kayanya secara fitur antara tipe GX dan SS podo wae, cmn beda di bodykit yg gak terlalu penting. Terus plafonnya ternyata ikut berubah warna jadi silver2 grey gitu, kalo yg lama kan walau interiornya hitam tapi plafonnya tetep beige jadi gak nyambung...
Sepik2 sikit sama sales nya, baru2 nongol benar adanya bahwa udah didiskon 20 juta. Ane nanya, masih bisa digoyang gak? Gabisa katanya udah harga bagus banget itu

Malah katanya diskon 20 juta ini cuma harga perkenalan, nanti kalo masa perkenalannya udah lewat turun jadi 17 juta doang.
Iseng2 nanya ada unit test drive gak, ternyata ada tapi cuma boleh keliling dealer doang. Kebetulan itu dealer berupa komplek yg isinya dealer2 merk2 lain yang jualannya indomobil juga macam kia, pewe, batumakam, hino. Jadi track test drive sangat terbatas, tapi ya gak pendek2 amat juga. Kebetulan unit test drive tipe gx juga dan transmisi yang automatic.
Ambil kunci dan buka pintu lewat remote, ternyata spionnya udah otomatis ngebuka lewat remote. Kalo yang punya ane masih harus pencet dari dalem. Start mesin, impresinya starternya masih mirip dgn yang lama, tapi kayanya yg ini agak lebih halus. Mesin menyala, dan langsung coba aja bawa muter.
Kondisi baterai pas jalan kalo gasalah inget ada sekitar 3 kotak dari 5. Coba mulai muter2 dikit, gak terlalu berasa beda apa2. Cari trek lurus yang agak panjangan. Coba ane geber dari 0-40 km/h, impresinya hampir sama persis dengan yang non-hybrid. Mungkin iya ada berasa lebih enteng aja tarikan awalnya, tapi gak terlalu noticeable lah. Singkatnya, untuk urusan performa sudah pasti tidak usah berharap perubahan yang gimana2 karena namanya aja mild hybrid, gak ada motor listriknya cuma pake ISG doang.
Berikutnya ane test idling start-stop nya. Caranya cukup hentikan mobil sambil pedal rem tetap ditahan. Tuas transmisi boleh dikeep di D atau dipindah ke N juga boleh, yang penting pedal rem jangan dilepas karena mesin akan nyala kalo kita lepas rem. Setelah kira2 4-5 detik lah nanti mesin akan mati sendiri. Untuk proses mati-nyala nya bukan yang paling halus, tapi masih okelah. Saat proses mati dan nyala masih terasa ada getarannya sedikit, tapi rasanya masih cukup acceptable. Setelah mesin mati, kompresor AC tentu ikut mati. Awal2 angin AC masih dingin tapi2 lama2 mulai ilang dinginnya. Dan ternyata durasi mati nya lumayan bisa agak lamaan. Mungkin karena sekarang dapet baterai dedicated tambahan. Cuma karena AC sudah mulai panas ya ane gak sabaran, langsung lanjut gas lagi aja.
Kalo ane pribadi mungkin bakal matiin aja sistem idling start-stop nya karena jujur cukup annoying kalo di siang hari. Kalo malam hari mungkin masih dapat dipertimbangkan buat diidupin karena malam kan udah gak panas. Cuma emang denger2 dari user2 mobil dan motor yang ada idling start stop nya konon ngidupin idling start-stop sangat mereduksi umur aki, ya jadi mikir2 lagi
Jadinya ya singkat cerita emang fitur yang satu ini antara berguna dan gak berguna sih. Mungkin berguna bagi pabrikan buat memunculkan klaim angka konsumsi bahan bakar yang lebih baik, seraya biar mobil jualannya bisa masuk bracket PPNBM yang persentasenya lebih rendah karena konsumsi BBM dan CO2 nya lebih bagus.
Oh ya, kebetulan selama muter2 MID ane posisikan terus di bagian informasi power meter nya. Sepemantauan mata ane, selama ane bawa muter2 kok gak ada sama sekali dia ngerecharge itu baterai ya, even saat kita berdeselerasi? Kalo ane tanya sales nya sih karena dia baru ngerecharge kalo baterainya udah di bawah 2 kotak. Entah bener gak begitu. Kalo bener, hebat juga ini baterai karena selama ane pakai muter2 beberapa puteran, listriknya cuma turun dari 3 kotak ke 2 kotak doang.
Untuk konsumsi BBM, kebetulan ane lupa foto MID nya, di situ menunjukkan angka 7 km/L. Ya gausah heran karena itu unit test drive dipake geber2 dan muternya cuma dalem komplek dealer doang. Baru akurat kalo udah dibawa ke jalan raya.
Last2, kesimpulan ane sih ya smart hybrid begini ya cukup nice to have. Ada ya sukur karena harga toh juga gak naik banyak, gak ada juga gak apa2 karena selisih konsumsi BBM nya juga gak seberapa. Buat yang khawatir ganti itu baterai imut harganya mahal, ya gausah ambil pusing, kalo mati ya tinggal dibiarin aja kalo gak mau keluar uang buat ganti baterainya. Harusnya gak akan bikin masalah apa pun pada mobilnya. Untuk performa ya jangan pernah berharap ada perbedaan apapun karena lagi2 ini cuma mild hybrid yang gak punya motor listrik, cuma ngandelin ISG! Ini aja sijuki masih bagus gak klaim penambahan horsepower atau torsi. Kalau brand yang tjap tiga bintang itu udah ngeklaim +sekian HP dan +sekian Nm itu...
Oh ya, buat media yang ngetest konsumsi BBM bisa sampe 18 km/L, yang pertama harus diselidiki adalah bagaimana kondisi pengujiannya?? Ertiga ane kalo ane bawa jalan2 dalam kota jakarta di malam hari yang udah gak ada macet lagi dan traffic udah lengan mah juga gampang nyetak 17-18 km/L dalam kota