MAF sensor & IACV kotor itu penyakit kronis mobil2 jaman sekarang. Gejalanya RPM naik-turun saat idle, saat di-gas ndut-ndutan.Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 16:12Nah ini kunci nya..marmut wrote: Tue May 17, 2022 15:33Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 10:31
, masin mau start tapi ngga mau idle, langsung RPM drop sampe mati. Dia mau nahan kalo saya injek pedal gas..
=========================================================bersambung=======================================================
kalo di kabilator, ini solenoid yang buat atur idle mampet. cukup semprot kompresor atau kabilator kliner pasti beres.
Saya penasaran mobil yg sebelum ICV nya diganti baik2 aja, pas setelah diganti malah oglek. Besokannya saya bongkar lagi
1. Copot air filter box, cabin filter housing, sama shield ECU buat mempermudah akses
2. Copot MAF, bersihin pake MAF cleaner
3. Copot intake boot buat periksa klo ada crack
4. Copot DISA valve supaya bisa akses ICV nya
5. Terakhir copot ICV
Mulustrasi
420602588_o6SF8-L.jpg
DSC00730.jpg
Si ICV nyempil dibawah si DISA Valve.
Pas acara copot mencopot itu baut2 pada dikencengin pake tenaga setan semua, saya sampe harus pake JTC 1201 yg lebih panjang buat ngebuka, pake ratchet 1/4 biasa ngga kuat.
Setelah dicopot ada yang aneh, ada tulisan di part yang lama 292, di part yang copotan 268, saya ngga tau arti angka itu tapi dari situ yakin something is different, untungnya part lama saya bawa pulang, tadinya niat tinggal aja dibuang pikir toh udah rusak.
PELAJARAN 2
Unless kita 100% yakin itu part rusak, better jangan dibuang dlu incase needed.
Saya lihat video di youtube ternyata ICV itu gampang dibersihin, orang2 pake brake cleaner, tapi kemarin saya adanya WD yaudah jadi pake itu aja, abis di semprot2 itu ICV langsung lancar lagi dong bunyi klotak2.. Akhir nya saya pake lagi itu ICV lama, pasang semua, dan pas di start vroom vrrrrrrrrrr, idle halusss normal kaya biasa, scan > clear shadow memory, rescan, normal no fault code from engine..![]()
![]()
![]()
Diagnose Dat510, fixed it again...!![]()
Sebener nya agak disayangkan pas ICV lama saya macet kenapa bengkel nyaranin pakai copotan, kenapa ngga nyaranin dibersihin aja padahal cuma 5-10 detik itu semprot2 ICV.. Tapi saya no hard feeling sama si bengkel karena klo ngga ada dia pun mungkin saya ngga bisa pulang.
Disayangkan juga part penggantinya ngga teliti 100% exactly the same..
Side note:
Saya pakai socket set 1/4 kenmaster buat bongkar2 itu semua, wkwkwk
cuma ketambahan magnetic tray mnotaro, JTC 1201, & beberapa tools non socket / torx lain.
Magnetic pickup tools sangat bermanfaat, tools/baut kecil2 sering jatoh. Korbannya ext 2" sama bit obeng minus saya jatoh terus ngga ketemu, wkwk, entah nyelip dimana..
Kondisi udara yang berdebu, lama-lama numpuk kotoran debu di MAF sensor & IACV. Bersihin MAF sensor satu paket dgn setel klep saat tune-up. Sialnya, lebih sering mobil lemot karena MAF sensor & IACV kotor dibanding setelan klep telah renggang.