Koleksi hand tools [Part 10]
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Pengen pamer habis ganti ICV M54 BMW tapi lupa foto2..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Saya izin share ya mbah2 barangkali berguna..
Jadi ceritanya hari sabtu kemarin saya kondangan di Felfest UI Depok, pulang nya istri minta muter2 kampus dlu.. Lagi jalan pelan2 ngga kerasa gejala aneh apa2 tapi saya lihat dashboard kok ada lampu EML nyala, si lampu ELM ini dalam waktu 1 thn belakangan emang pernah nyala 3 atau 4 kali tapi ngga ada gejala apa2 di mesin, biasa saya melipir, restart engine, terus greng lagi & itu lampu EML mati..
indicator EML nya kaya gini:
Tapi ini pas saya melipir RPM tiba2 naik turun & mesin tiba2 mati.. Saya coba start engine, masin mau start tapi ngga mau idle, langsung RPM drop sampe mati. Dia mau nahan kalo saya injek pedal gas..
=========================================================bersambung=======================================================
Jadi ceritanya hari sabtu kemarin saya kondangan di Felfest UI Depok, pulang nya istri minta muter2 kampus dlu.. Lagi jalan pelan2 ngga kerasa gejala aneh apa2 tapi saya lihat dashboard kok ada lampu EML nyala, si lampu ELM ini dalam waktu 1 thn belakangan emang pernah nyala 3 atau 4 kali tapi ngga ada gejala apa2 di mesin, biasa saya melipir, restart engine, terus greng lagi & itu lampu EML mati..
indicator EML nya kaya gini:
Tapi ini pas saya melipir RPM tiba2 naik turun & mesin tiba2 mati.. Saya coba start engine, masin mau start tapi ngga mau idle, langsung RPM drop sampe mati. Dia mau nahan kalo saya injek pedal gas..
=========================================================bersambung=======================================================
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Nyimak...Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 10:31 Saya izin share ya mbah2 barangkali berguna..
Jadi ceritanya hari sabtu kemarin saya kondangan di Felfest UI Depok, pulang nya istri minta muter2 kampus dlu.. Lagi jalan pelan2 ngga kerasa gejala aneh apa2 tapi saya lihat dashboard kok ada lampu EML nyala, si lampu ELM ini dalam waktu 1 thn belakangan emang pernah nyala 3 atau 4 kali tapi ngga ada gejala apa2 di mesin, biasa saya melipir, restart engine, terus greng lagi & itu lampu EML mati..
indicator EML nya kaya gini:
Screenshot 2022-05-17 172859.png
Tapi ini pas saya melipir RPM tiba2 naik turun & mesin tiba2 mati.. Saya coba start engine, masin mau start tapi ngga mau idle, langsung RPM drop sampe mati. Dia mau nahan kalo saya injek pedal gas..
=========================================================bersambung=======================================================
Apakah sensor yg error atau gmn ini nanti ceritanya...

nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
itu kondisi belum diapa2in, aslinya buat cabinet gantung2 dokumen kertas, mirip rak besi buat kantoran, cuman ini tingginya cuman nakas aja bisa masuk bawah meja kantor mestinya. Bedanya ini bahan besi bukan partikel
ini mulustrasinya, sebenernya ada safetynya kalau 1 laci belum ditutup ga bakalan laci lain bisa ditarik, cuman foto ini akal2an sistem safetynya aja
toolcart hip hip hura ya....
regards,
singachu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Keren...singachu wrote:itu kondisi belum diapa2in, aslinya buat cabinet gantung2 dokumen kertas, mirip rak besi buat kantoran, cuman ini tingginya cuman nakas aja bisa masuk bawah meja kantor mestinya. Bedanya ini bahan besi bukan partikel
ini mulustrasinya, sebenernya ada safetynya kalau 1 laci belum ditutup ga bakalan laci lain bisa ditarik, cuman foto ini akal2an sistem safetynya aja [emoji81] kelemahannya ga ada latch untuk buka, jadi kalau kondisi ga dikunci terus didorong bisa kebuka tanpa sengaja... ya bisa diakal2 atau kunci dulu sebelum didorong
toolcart hip hip hura ya....
regards,
singachu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Memang ribet sih. Curiga ke arahOmnibus wrote: Mon May 16, 2022 12:26tie rod ga ada atas bawah, ball joint yg ada atas bawah krn ada lower n upper control armProfith83 wrote: Mon May 16, 2022 12:15Ceritanya habis ke Bali nginep di The menjangan. Jalannya makadam masuk hutan 1.5 KM jalan cuma 5 sd 10 km per jam. Apalagi bannya pakai yang keras dindingnya turanza t005a dilebarin lagi tapak bannyake 215, jadinya tambah keras.Omnibus wrote: Mon May 16, 2022 7:30
jangan disetel2 kl ga perlu om. iseng nanti malah tambah bunyi.
Iya mau bongkar ban dulu, kayanya tie road bisa kena nih atas bawah.
Ada saran mbah?
cobain aja test bagian tie rod nya, itu ada suhu yg udah ksh tau, lepasin tie rod dr knuckle (roda kiri dan kanan) lalu tarik dorong tie rod nya ada bunyi atau oblak ga di steering rack nya.
jujurly ribet om, tontonin aja dulu semua cenel yutup ttg understel buat nambah2.
1. Tie rod
2. Atau long tie rod
3. Atau link stabil
4. Atau steering rack
Lepas tie rod dari kunckle, mesti pakai alat, atau bisa getok pelan2x kayanya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Hah masi single mbah delko?Omnibus wrote: Mon May 16, 2022 12:44beli roll cab lah kan naronya ga perlu di garasi. jij msh single kan bawa aja ke kamar buat menemani ketika galau.DOHC wrote: Mon May 16, 2022 12:35makin ngerasa penting nya perlu rollcab mbahOmnibus wrote: Mon May 16, 2022 11:42
kok malingnya bisa pilih2 begitu sih.
tp emang iya sih, kita aja kl liat yg kita cari pas nemu langsung mata berubah ungu kan (maksudnya kl lg showing)![]()
![]()
tools brantakan bener ini kita orang,
atauuuu
ngikutin mbah 69 aj kl yah, beli cantilever susun 3 ??![]()
![]()
![]()
![]()
![]()


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Lanjut....Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 10:31 Saya izin share ya mbah2 barangkali berguna..
Jadi ceritanya hari sabtu kemarin saya kondangan di Felfest UI Depok, pulang nya istri minta muter2 kampus dlu.. Lagi jalan pelan2 ngga kerasa gejala aneh apa2 tapi saya lihat dashboard kok ada lampu EML nyala, si lampu ELM ini dalam waktu 1 thn belakangan emang pernah nyala 3 atau 4 kali tapi ngga ada gejala apa2 di mesin, biasa saya melipir, restart engine, terus greng lagi & itu lampu EML mati..
indicator EML nya kaya gini:
Screenshot 2022-05-17 172859.png
Tapi ini pas saya melipir RPM tiba2 naik turun & mesin tiba2 mati.. Saya coba start engine, masin mau start tapi ngga mau idle, langsung RPM drop sampe mati. Dia mau nahan kalo saya injek pedal gas..
=========================================================bersambung=======================================================
Akhirnya saya bilang ini kondisi undrivable, pertama2 tanya temen yg tinggal di depok montir sekitaran lokasi (enaknya punya komunitas), +- 1 jam kemudian datang si montir bawa tools & scanner. Saya udah curiga idle-up / ICV nya yg trouble, soalnya beberapa temen ada yg pernah ngalamin kejadian mirip. Dan betul, setelah di scan muncul error idle-up, MAF, dan misfire cyl 1..
Kutak kutik kutak kutik, beberapa kali coba start belum berhasil, akhir nya si montir clear semua error code di ECU, coba start, vrooommmm vrrrrrrr mobil berhasil idle smooth, rescan dan semua error code lenyap..

PELAJARAN 1
Mesin bisa ngga mau start cuma karena fault code nya kepenuhan, mungkin mobil tua selama ini ada error2 yang muncul/hilang jadi memory penuh, di beberapa post di forum luar juga nemu case yang bilang simply karena fault code nya kepenuhan ngga mau start, solved dengan clear si fault code nya..
Eitss tapi belum selesai sodara2, drama masih berlanjut..
=========================================================bersambung=======================================================
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
tjakep mbahsingachu wrote: Tue May 17, 2022 12:14Screenshot_2022-05-17-19-05-46-785_com.miui.gallery.jpg
Screenshot_2022-05-17-19-06-11-957_com.miui.gallery.jpg
itu kondisi belum diapa2in, aslinya buat cabinet gantung2 dokumen kertas, mirip rak besi buat kantoran, cuman ini tingginya cuman nakas aja bisa masuk bawah meja kantor mestinya. Bedanya ini bahan besi bukan partikel
ini mulustrasinya, sebenernya ada safetynya kalau 1 laci belum ditutup ga bakalan laci lain bisa ditarik, cuman foto ini akal2an sistem safetynya aja
Screenshot_2022-05-17-19-07-12-359_com.miui.gallery.jpg
kelemahannya ga ada latch untuk buka, jadi kalau kondisi ga dikunci terus didorong bisa kebuka tanpa sengaja... ya bisa diakal2 atau kunci dulu sebelum didorong
toolcart hip hip hura ya....
regards,
singachu


asemm
tau gini pas 3 taon lallu sblom resign, ta colong dulu tuh lemari arsip di kantor lama, mana banyak banget lg di onggokin di gudang ga kepake
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
yanuarra wrote: Tue May 17, 2022 13:45
Hah masi single mbah delko?brti rename username aja jadi sohc
![]()


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Lanjut....Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 13:48
Lanjut....
Akhirnya saya bilang ini kondisi undrivable, pertama2 tanya temen yg tinggal di depok montir sekitaran lokasi (enaknya punya komunitas), +- 1 jam kemudian datang si montir bawa tools & scanner. Saya udah curiga idle-up / ICV nya yg trouble, soalnya beberapa temen ada yg pernah ngalamin kejadian mirip. Dan betul, setelah di scan muncul error idle-up, MAF, dan misfire cyl 1..
Kutak kutik kutak kutik, beberapa kali coba start belum berhasil, akhir nya si montir clear semua error code di ECU, coba start, vrooommmm vrrrrrrr mobil berhasil idle smooth, rescan dan semua error code lenyap..![]()
PELAJARAN 1
Mesin bisa ngga mau start cuma karena fault code nya kepenuhan, mungkin mobil tua selama ini ada error2 yang muncul/hilang jadi memory penuh, di beberapa post di forum luar juga nemu case yang bilang simply karena fault code nya kepenuhan ngga mau start, solved dengan clear si fault code nya..
Eitss tapi belum selesai sodara2, drama masih berlanjut..
=========================================================bersambung=======================================================
Karena tau ICV bermasalah (dari hasil scan & sebelumnya indikator EML bbrp kali nyala) akhir nya bawa ke bengkel si montir, pas jalan ke bengkel ngga ada apa2 semua lancar like nothing's happened. Di bengkel dibawain part copotan karena si bengkel nya ngga ada part baru, dikasih tau bedanya yang copotan itu pas dikocok bunyi kletek2 sedangkan punya saya yg lama ngga, pertanda macet.. Akhir nya dipasanglah part copotan itu.. selesai dipasang semua, test start, vroomm vrvrvrvrvrvrvrvrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr, pas start RPM drop dlu sampe 300an, naik ke 1000, baru turun & stabil di 600an..
Di scan lagi sama si montir, kebaca Signal MAF sensor, vonis si montir ini sebener nya si MAF yang kena, idle up nya itu next effect karena error idle-up udah ngga kebaca.. saya ngerasa aneh, soalnya sebelum diganti mobil fine2 aja idle nya.. si bengkel sayangnya (atau untung?) ngga punya MAF, karena udah sore yauda saya cut "yang penting bisa dibawa pulang dlu"..
Akhir nya saya pulang, kondisi traffic depok stop & go, tiap stop RPM drop ke 500, bikin was2, dan yang lebih ngeri pas di lampu merah ragunan arah fatmawati, itu macet + nanjak kayanya ada mobil tiba2 mati 10x pas di apply gas halus, terpaksa gas agak kenceng kaya orang baru belajar manual di tanjakan.. akhirnya masuk tol bisa gas terus agak tenang, selama di tol RPM si agak aneh pola nya, terutama pas downshift suka loncat / turun jauh tiba2.. Syukurnya bisa sampai rumah dengan selamat, cuma deg2an pas mati2 di tanjakan lamer ragunan ajah..
=========================================================bersambung=======================================================
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 10:31
, masin mau start tapi ngga mau idle, langsung RPM drop sampe mati. Dia mau nahan kalo saya injek pedal gas..
=========================================================bersambung=======================================================
kalo di kabilator, ini solenoid yang buat atur idle mampet. cukup semprot kompresor atau kabilator kliner pasti beres.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
cmiiw. kl kejadian lagi maf ngaco, lepas socket nya dr maf nya. maka ecu akan beralih ke safe mode fuel strategy. ecu akan ambil basis data dr MAP dan TPS utk mencegah engine stall (mati2). mobil punya power cukupan buat pulang tp bensin sedikit boros n tenaga berkurang.Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 15:31 untung?) ngga punya MAF, karena udah sore yauda saya cut "yang penting bisa dibawa pulang dlu"..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Luar biasa suhuOmnibus wrote: Tue May 17, 2022 15:50cmiiw. kl kejadian lagi maf ngaco, lepas socket nya dr maf nya. maka ecu akan beralih ke safe mode fuel strategy. ecu akan ambil basis data dr MAP dan TPS utk mencegah engine stall (mati2). mobil punya power cukupan buat pulang tp bensin sedikit boros n tenaga berkurang.Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 15:31 untung?) ngga punya MAF, karena udah sore yauda saya cut "yang penting bisa dibawa pulang dlu"..

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Nah ini kunci nya..marmut wrote: Tue May 17, 2022 15:33Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 10:31
, masin mau start tapi ngga mau idle, langsung RPM drop sampe mati. Dia mau nahan kalo saya injek pedal gas..
=========================================================bersambung=======================================================
kalo di kabilator, ini solenoid yang buat atur idle mampet. cukup semprot kompresor atau kabilator kliner pasti beres.
Saya penasaran mobil yg sebelum ICV nya diganti baik2 aja, pas setelah diganti malah oglek. Besokannya saya bongkar lagi
1. Copot air filter box, cabin filter housing, sama shield ECU buat mempermudah akses
2. Copot MAF, bersihin pake MAF cleaner
3. Copot intake boot buat periksa klo ada crack
4. Copot DISA valve supaya bisa akses ICV nya
5. Terakhir copot ICV
Mulustrasi
Si ICV nyempil dibawah si DISA Valve.
Pas acara copot mencopot itu baut2 pada dikencengin pake tenaga setan semua, saya sampe harus pake JTC 1201 yg lebih panjang buat ngebuka, pake ratchet 1/4 biasa ngga kuat.
Setelah dicopot ada yang aneh, ada tulisan di part yang lama 292, di part yang copotan 268, saya ngga tau arti angka itu tapi dari situ yakin something is different, untungnya part lama saya bawa pulang, tadinya niat tinggal aja dibuang pikir toh udah rusak.
PELAJARAN 2
Unless kita 100% yakin itu part rusak, better jangan dibuang dlu incase needed.
Saya lihat video di youtube ternyata ICV itu gampang dibersihin, orang2 pake brake cleaner, tapi kemarin saya adanya WD yaudah jadi pake itu aja, abis di semprot2 itu ICV langsung lancar lagi dong bunyi klotak2.. Akhir nya saya pake lagi itu ICV lama, pasang semua, dan pas di start vroom vrrrrrrrrrr, idle halusss normal kaya biasa, scan > clear shadow memory, rescan, normal no fault code from engine..



Diagnose Dat510, fixed it again...!

Sebener nya agak disayangkan pas ICV lama saya macet kenapa bengkel nyaranin pakai copotan, kenapa ngga nyaranin dibersihin aja padahal cuma 5-10 detik itu semprot2 ICV.. Tapi saya no hard feeling sama si bengkel karena klo ngga ada dia pun mungkin saya ngga bisa pulang.
Disayangkan juga part penggantinya ngga teliti 100% exactly the same..
Side note:
Saya pakai socket set 1/4 kenmaster buat bongkar2 itu semua, wkwkwk
cuma ketambahan magnetic tray mnotaro, JTC 1201, & beberapa tools non socket / torx lain.
Magnetic pickup tools sangat bermanfaat, tools/baut kecil2 sering jatoh. Korbannya ext 2" sama bit obeng minus saya jatoh terus ngga ketemu, wkwk, entah nyelip dimana..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Oh ya mbah, pernah dapet trik ini juga dari bengkel langganan di kemayoran, klo MAF ngaco coba copot aja socket nya. Tapi kemarin ngga kepikiran..Omnibus wrote: Tue May 17, 2022 15:50cmiiw. kl kejadian lagi maf ngaco, lepas socket nya dr maf nya. maka ecu akan beralih ke safe mode fuel strategy. ecu akan ambil basis data dr MAP dan TPS utk mencegah engine stall (mati2). mobil punya power cukupan buat pulang tp bensin sedikit boros n tenaga berkurang.Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 15:31 untung?) ngga punya MAF, karena udah sore yauda saya cut "yang penting bisa dibawa pulang dlu"..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
karena lokasinya yang dikolong intake, jarang yang mau buka. padahal kalau di menu tune up itu harusnya sekalian dibersihin karena ngisep udara yang mengandung uap oli mesin.
saya pernah bersihin ICV yang isinya jelaga yang sudah mengeras. mau nggak mau musti disemprot kliner yang foam trus diemin 15 menitan, bilas, semprot foam lagi, beberapa kali kaya gitu sampe bersih.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
selesai sudah tugas saya beli tools karena nggak mungkin lagi untuk beli, mau taruh dimana? liat sendiri, penuh kan?
kiri-kanan :
ph1 - ph2 - ph2 - ph3 - ph4 - pz1 - pz2 - slotted 3,5 - slotted 4 - slotted 5
kiri-kanan :
ph1 - ph2 - ph2 - ph3 - ph4 - pz1 - pz2 - slotted 3,5 - slotted 4 - slotted 5
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
coba ditanya aja dilego harga brp. Soalnya office cab gini baru kerasa murah kalau bekas, kalau baru mahal jugaDOHC wrote: Tue May 17, 2022 14:35 tjakep mbah![]()
![]()
asemm
tau gini pas 3 taon lallu sblom resign, ta colong dulu tuh lemari arsip di kantor lama, mana banyak banget lg di onggokin di gudang ga kepake
side note nya foto dan pajang di sini dong, biar pas ama judul tread hentulDat510 wrote: Tue May 17, 2022 16:12 Side note:
Saya pakai socket set 1/4 kenmaster buat bongkar2 itu semua, wkwkwk
cuma ketambahan magnetic tray mnotaro, JTC 1201, & beberapa tools non socket / torx lain.
Magnetic pickup tools sangat bermanfaat, tools/baut kecil2 sering jatoh. Korbannya ext 2" sama bit obeng minus saya jatoh terus ngga ketemu, wkwk, entah nyelip dimana..
marmut wrote: Tue May 17, 2022 17:40 selesai sudah tugas saya beli tools karena nggak mungkin lagi untuk beli, mau taruh dimana? liat sendiri, penuh kan?
IMG20220518003254.jpg
kiri-kanan :
ph1 - ph2 - ph2 - ph3 - ph4 - pz1 - pz2 - slotted 3,5 - slotted 4 - slotted 5
keren mbah, yang ph4 kayak semut soldier kepala gede badan kecil....
wah tempat bit holdernya aja vessel, mau nawarin tempat bit generic china ngeper....
regards,
singachu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
singachu wrote: Tue May 17, 2022 18:29
keren mbah, yang ph4 kayak semut soldier kepala gede badan kecil....
wah tempat bit holdernya aja vessel, mau nawarin tempat bit generic china ngeper....
regards,
singachu
saya tu kerehore mbah, alias pemburu barang bermerk dengan harga miring. kalo nggak miring nggak mau....

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Jadi ini karena sensor Idlenya yg error sementara ya Om?Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 16:12Nah ini kunci nya..marmut wrote: Tue May 17, 2022 15:33Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 10:31
, masin mau start tapi ngga mau idle, langsung RPM drop sampe mati. Dia mau nahan kalo saya injek pedal gas..
=========================================================bersambung=======================================================
kalo di kabilator, ini solenoid yang buat atur idle mampet. cukup semprot kompresor atau kabilator kliner pasti beres.
Saya penasaran mobil yg sebelum ICV nya diganti baik2 aja, pas setelah diganti malah oglek. Besokannya saya bongkar lagi
1. Copot air filter box, cabin filter housing, sama shield ECU buat mempermudah akses
2. Copot MAF, bersihin pake MAF cleaner
3. Copot intake boot buat periksa klo ada crack
4. Copot DISA valve supaya bisa akses ICV nya
5. Terakhir copot ICV
Mulustrasi
420602588_o6SF8-L.jpg
DSC00730.jpg
Si ICV nyempil dibawah si DISA Valve.
Pas acara copot mencopot itu baut2 pada dikencengin pake tenaga setan semua, saya sampe harus pake JTC 1201 yg lebih panjang buat ngebuka, pake ratchet 1/4 biasa ngga kuat.
Setelah dicopot ada yang aneh, ada tulisan di part yang lama 292, di part yang copotan 268, saya ngga tau arti angka itu tapi dari situ yakin something is different, untungnya part lama saya bawa pulang, tadinya niat tinggal aja dibuang pikir toh udah rusak.
PELAJARAN 2
Unless kita 100% yakin itu part rusak, better jangan dibuang dlu incase needed.
Saya lihat video di youtube ternyata ICV itu gampang dibersihin, orang2 pake brake cleaner, tapi kemarin saya adanya WD yaudah jadi pake itu aja, abis di semprot2 itu ICV langsung lancar lagi dong bunyi klotak2.. Akhir nya saya pake lagi itu ICV lama, pasang semua, dan pas di start vroom vrrrrrrrrrr, idle halusss normal kaya biasa, scan > clear shadow memory, rescan, normal no fault code from engine..![]()
![]()
![]()
Diagnose Dat510, fixed it again...!![]()
Sebener nya agak disayangkan pas ICV lama saya macet kenapa bengkel nyaranin pakai copotan, kenapa ngga nyaranin dibersihin aja padahal cuma 5-10 detik itu semprot2 ICV.. Tapi saya no hard feeling sama si bengkel karena klo ngga ada dia pun mungkin saya ngga bisa pulang.
Disayangkan juga part penggantinya ngga teliti 100% exactly the same..
Side note:
Saya pakai socket set 1/4 kenmaster buat bongkar2 itu semua, wkwkwk
cuma ketambahan magnetic tray mnotaro, JTC 1201, & beberapa tools non socket / torx lain.
Magnetic pickup tools sangat bermanfaat, tools/baut kecil2 sering jatoh. Korbannya ext 2" sama bit obeng minus saya jatoh terus ngga ketemu, wkwk, entah nyelip dimana..
Cukup bersihkan saja dan akhirnya normal lagi?
Hmmm....beginilah antara suka dan dukanya pny mobil dgn teknologi terbarukan

Dia sdh ks info di awal hei something wrong with this sensor reading tp kdg kita clear2 aja begitu ya?

nubie in all things - still need to learn
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Iya mbah, kayanya tiap 80k perlu dibersihin si ICV ini..marmut wrote: Tue May 17, 2022 17:00
karena lokasinya yang dikolong intake, jarang yang mau buka. padahal kalau di menu tune up itu harusnya sekalian dibersihin karena ngisep udara yang mengandung uap oli mesin.
saya pernah bersihin ICV yang isinya jelaga yang sudah mengeras. mau nggak mau musti disemprot kliner yang foam trus diemin 15 menitan, bilas, semprot foam lagi, beberapa kali kaya gitu sampe bersih.
Siap mbah, ntar saya fotoin ya.. hehesingachu wrote: Tue May 17, 2022 18:29
side note nya foto dan pajang di sini dong, biar pas ama judul tread hentul
regards,
singachu
ICV = Idle Air Control Valve aka idle-up bentukannya valve gtu mbah bukan sensor, hehe..blloewy wrote: Wed May 18, 2022 1:30 Jadi ini karena sensor Idlenya yg error sementara ya Om?
Cukup bersihkan saja dan akhirnya normal lagi?
kaya gni As mbah marmut said dia nyedot udara yang mengandung uap oli, over time akan ada carbon build up yang bikin flap nya macet, tinggal semprot2 brake cleaner / WD (saya ngga tau yg tepat pake cairan apa) beres..
Ya mbah enak sebener nya mobil yg banyak indicator light, klo ada apa2 mobil nya ngasih tau, tinggal kita nya mau ngeberesin apa ngga, di case saya ini saya bandel karena tiap EML muncul cuma restart mesin beres jadi root cause nya ngga dicari sampe akhirnya fatal effect.blloewy wrote: Wed May 18, 2022 1:30 Hmmm....beginilah antara suka dan dukanya pny mobil dgn teknologi terbarukan![]()
Dia sdh ks info di awal hei something wrong with this sensor reading tp kdg kita clear2 aja begitu ya?![]()
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
yg tepat pakai brake cleaner atau intake cleaner dan disemprot kompresor. hindari pakai carb cleaner krn tdk compatible dgn plastik mat'lDat510 wrote: Wed May 18, 2022 2:13 ada carbon build up yang bikin flap nya macet, tinggal semprot2 brake cleaner / WD (saya ngga tau yg tepat pake cairan apa) beres..
pakai wd kurang tepat krn itu utk penetrant bukan cleaning action (kotorannya msh ada di dalam).
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
aku yang heran si alimech sering pakai carb cleaner buat injector, o2 sensor, intake valve....Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 2:34yg tepat pakai brake cleaner atau intake cleaner dan disemprot kompresor. hindari pakai carb cleaner krn tdk compatible dgn plastik mat'lDat510 wrote: Wed May 18, 2022 2:13 ada carbon build up yang bikin flap nya macet, tinggal semprot2 brake cleaner / WD (saya ngga tau yg tepat pake cairan apa) beres..
pakai wd kurang tepat krn itu utk penetrant bukan cleaning action (kotorannya msh ada di dalam).
https://www.youtube.com/c/AliMECH
regards,
singachu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
kl ai dah ketemu sweet spot nya om, pake brake cleaner merk nganu lancar jaya ga pernah mengecewakan. cuma harganya 80rb sekaleng rada mehong.singachu wrote: Wed May 18, 2022 2:51aku yang heran si alimech sering pakai carb cleaner buat injector, o2 sensor, intake valve....Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 2:34yg tepat pakai brake cleaner atau intake cleaner dan disemprot kompresor. hindari pakai carb cleaner krn tdk compatible dgn plastik mat'lDat510 wrote: Wed May 18, 2022 2:13 ada carbon build up yang bikin flap nya macet, tinggal semprot2 brake cleaner / WD (saya ngga tau yg tepat pake cairan apa) beres..
pakai wd kurang tepat krn itu utk penetrant bukan cleaning action (kotorannya msh ada di dalam).
https://www.youtube.com/c/AliMECH
regards,
singachu
