[ask] ganti karburator lain merek

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00

[ask] ganti karburator lain merek

Post by desuk »

bro bro yang cakep sekalian..

saya mau nanya nih..
saya punya motor Shogun SP
kalau misalnya karburatornya saya ganti pakai punyanya Supra X 125 atau Supra X 110 bagaimana?

mungkin bro2 semua ada yang bisa memberikan pencerahan tentang :
1. apakah hal itu bisa dilakukan
2. apakah ada efeknya pada mesin Shogun SP saya
3. bagaimana dengan performa motor saya
4. apakah nanti iritnya motor saya akan sama seperti Honda (karburator pengganti)
5. apakah ada efek jangka panjang pada Seher motor saya
6. apa ada bro ada yang tau, komponen apa aja yang harus diganti lagi jika pengen ganti karburator.

mohon maaf kalau pertanyaannya agak banyak..
terima kasih atas pencerahannya..
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
h3ndryg
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51

Post by h3ndryg »

Yang pasti bisa bisa aja, ganti ganti karburator, cuma harus diperhatikan berapa diameter karburator tsb.
Jangan sampai misalnya (sy nggak tau berapa diameternya) diameter karburatornya Shogun SP 20, trus ganti punyanya Supra yang 125 mis 18, yang sayang dong tenaganya nggak bakal keluar, irit sih irit tapi shogun ente nggak ada tenaganya.
Tapi kalau sama diameternya, ya sama aja lah borosnya.
Trus perhatiin lubang baut karburator pada intakenya sama nggak, kalau nggak sama yg musti dibuatin, paling nggak potong punya SP trus potong punya Supra125 trus dilas deh pake las babet.
Kalau efek jangka panjangnya yg pasti motor cepat panas, kalau mau cari irit. yang pasti seher motor cepat rusaklahh
Kayanya itu cukup deh untuk mewakili pertanyaan ente diatas.
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3464
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

Intinya sih not worth it lah.

Orang2 ganti karbu untuk ngejar power, bukan untuk ngejar keiritan. Mau ganti apapun juga, masih tetap lebih irit kondisi standar.

FYI, karbu Shogun SP Mikuni VM18.
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

shogun sp

Post by ibar78 »

menurut gw sih ya bro, ga usah diganti2 deh mending std aja. wong suzuki sekarang dah kasih pilihan kok std dah bagus dari segi mesin, gaya, ma bbm... ya kan....sekarang bener bagus kok..apalagi suarany tuh adem ayem n tenaga oke punya dibanding bebek lain
User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00

Post by desuk »

h3ndryg wrote:Yang pasti bisa bisa aja, ganti ganti karburator, cuma harus diperhatikan berapa diameter karburator tsb.
Jangan sampai misalnya (sy nggak tau berapa diameternya) diameter karburatornya Shogun SP 20, trus ganti punyanya Supra yang 125 mis 18, yang sayang dong tenaganya nggak bakal keluar, irit sih irit tapi shogun ente nggak ada tenaganya.
Tapi kalau sama diameternya, ya sama aja lah borosnya.
Trus perhatiin lubang baut karburator pada intakenya sama nggak, kalau nggak sama yg musti dibuatin, paling nggak potong punya SP trus potong punya Supra125 trus dilas deh pake las babet.
Kalau efek jangka panjangnya yg pasti motor cepat panas, kalau mau cari irit. yang pasti seher motor cepat rusaklahh
Kayanya itu cukup deh untuk mewakili pertanyaan ente diatas.
itu efeknya kalau kita mengurangi pasokan bensin ke seher ya bro..
kalau misalnya pasokan bensin ke sehernya kita gedein gimana bro?
apakah sama juga efeknya?
karena banyak juga yang mengganti karburator bebeknya pake karburator RX King biar lebih garang katanya..

trims
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3464
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

Kalau untuk itu, ganti aja dulu spuyernya, Bro. Jangan karbunya. Atau karbunya direamer aja untuk memperoleh venturi yang lebih besar.

Biasanya kalau formulasi MJ & PJ-nya tepat, tenaga motor bisa naik drastis. Tapi konsekuensinya ya bensin jadi lebih boros.
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

bisa aja, asal pemasangannya bisa pas dan ukurannya sama (venturi)
kalau masalah merusak seher, ini terkait setingannya aja
kalau setingnnya kering (lebih sedikit bensin daripada udara), cenderung lebih merusak seher
tapi kalau setingannya basah, aman terhadap seher.
semoga selamat sampai duluan
User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00

Post by desuk »

kabarnya new shogun sp yang sekarang lebih irit katanya dibanding shogun sp yang dulu (versi pertama).. karena ada trotle position switch.. tapi lebih bertenaga dibanding shogun SP versi pertama..
jadi bingung nih.. kok bisa ya?
kenapa nggak dulu aja diaplikasikan pada Shogun SP yang pertama.

ada bro yang bisa ngejelasin gak apa yang dimaksud dgn trotle position switch? cara kerjanya?
bisakah itu diaplikasikan pada shogun SP saya yang sekarang (versi pertama) atau pada motor2 yang lain..

kalau bisa mungkin bro2 yang lain yang punya motor agak boros, bisa tersenyum lega karena bisa melakukan pengiritan sedikit.
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

Motorplus- Teknologi Efisiensi

si switch atau sensor yg di karbu ini memberi tahu bukaan tuas gas, info ini dikirim ke CDI (nah, CDI versi lama tidak punya kaki guna menerima sinyal dari TPS).
Misalnya gas dibuka besar (info dari TPS), tetapi RPM masih rendah (info dari pulser), krn CDI mengetahui kondisi ini, maka dia memberikan timing pengapian yang cocok.
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
User avatar
andryans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Jul 24, 2005 13:24
Location: Jakarta

Post by andryans »

tp sogun pan masih vacuum ya?
kl bawaannya pake 20... ganti aja pake TM 24 sudco... pasti mantep tuh... xixixixixi

contoh lain di luar shogun ya....
bawaan F150 mikuni bs26 (vacuum)... trus gw ganti ke PE28 (konvensional)... hasilnya:
- lebih irit, udah dibandingkan waktu turing dgn rekan yg lain
- lebih responsif/ akselerasi lebih ok

yg penting settingan disesuaikan maka hasilnya jg tidak mengecewakan... cmiiw
A/T vehicle.....
didi_ulang
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sun Nov 04, 2007 9:25

Post by didi_ulang »

karbu shogun type mikuni vm 18, karbu karisma type keihin pb 18 , sama sama 18 mm. tapi....................coba liat harganya mikuni vm 18 250 ribu original karbu keihin pb 18 1 jutaan original..itu harganya. performanya..kayaknya ngga beda jauh,tapi itu tergantung set upnya juga . baut intakenya beda banget punya honda lebih lebar, jadi harus lebarin lubang baut intake.he...he kayaknya benefit-nya ngga ada.udah gituuu satu lagi...spuyer karbu keihin terkenal susaaaaah.kalo piston sih ngga ada hubungannya selama AFR nya bener.