[SM Modification] Exhaust Upgrade
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 01, 2007 14:30
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Apa maksudnya CAT-LESS ... Catalytic Converter dihilangin ? Gak masalah hanya suara knalpot jadi lebih bising ... Umumnya kalau CAT-LESS ... diganti dengan resonator ... bisa aja menggunakan Aeroturbine Resonator ... supaya suaranya gak bising amat.ZombiEE wrote:bung penyu..kalo header d ganti dgn bahan stainless dan dalamnya Cat-less..bunyi nya emg agak bolong yah kalo di gas?
thanks yoo..mumpung ada threadnya..soale mobil gw baru ganti header..buset de..

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Aeroturbine Resonator ini salah satu jenis resonator yang didalam tabung ada pipa yang dibuat sedemikian rupa (penampang lintangnya menyerupai profil sayap), sehingga aliran di dalam resonator akan dipisahkan terlebih dahulu kemudian dijadikan satu lagi ... fungsi pemisahan ini untuk mendapatkan tekanan yang lebih rendah sehingga fungsi pembuangan gas buang akan menjadi lancar dan cepat ... tujuannya untuk mengeluarkan torsi dan tenaga yang terpendam atau terbuang akibat gak lancarnya gas buang..... Udah banyak yang masang resonator ini di DIMAN KNALPOT ... kalau gak salah di Pamulang - BSD ... dan umumnya bibirnya pada senyum .....ZombiEE wrote:iya bang..dicabut tuh catalic aslinya..emg tenaga sic sip de:)
oiya..mohon pencerahannya mengenai aeroturbine resonator..thanks yah bang:)
dan satu lagi pertanyaan gue./..apakah kalo sambungan antar bagian nya bocor..tenaga mobil bakalan ngempos?
Apa yang terjadi kalau sambungan antar bagian knalpot bocor .... yang pertama adalah keluar suara yang gak enak didengar ... yang kedua adalah pada bagian yang bocor itu akan ada pertukaran gas panas dan udara luar. Masuknya udara luar pada tempat yang bocor tersebut akan mendinginkan atau menurunkan gas buang knalpot ... akibatnya gas buang akan melambat dan tekanannya otomatis akan meningkat. Melambatnya gas buang dan meningkatnya tekanan akan menyebabkan peningkatan Back Pressure dan kurang lancarnya gas buang keluar dari knalpot ... tentunya ini akan bikin power jadi drop ... paling jeleknya adalah ngempos ....

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Bukannya kalo bocor back pressurenya malah jadi kurang bos?PenyuTurbo wrote: Apa yang terjadi kalau sambungan antar bagian knalpot bocor .... yang pertama adalah keluar suara yang gak enak didengar ... yang kedua adalah pada bagian yang bocor itu akan ada pertukaran gas panas dan udara luar. Masuknya udara luar pada tempat yang bocor tersebut akan mendinginkan atau menurunkan gas buang knalpot ... akibatnya gas buang akan melambat dan tekanannya otomatis akan meningkat. Melambatnya gas buang dan meningkatnya tekanan akan menyebabkan peningkatan Back Pressure dan kurang lancarnya gas buang keluar dari knalpot ... tentunya ini akan bikin power jadi drop ... paling jeleknya adalah ngempos ....
Kan sebagian udah pada kluar tuh gas?
lalu kan semakin dingin, tekanan kan makin kecil?
Tolong pencerahannya...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Hukum fisiknya kalau ada yang keluar ... maka akan ada yang masuk. Dalam kasus knalpot bocor ... yang keluar gas panas dan digantikan dengan udara luar yang relatif lebih dingin.r1210g wrote: Bukannya kalo bocor back pressurenya malah jadi kurang bos?
Kan sebagian udah pada kluar tuh gas?
lalu kan semakin dingin, tekanan kan makin kecil?
Tolong pencerahannya...
Si mbah Bernoulli memberikan formulasi Ps + (1/2) Rho V*V = Konstant
Ps = Tekanan Statis
(1/2) Rho V*V = Tekanan dinamis
Rho = Mass Jenis fluida
V = kecepatan Fluida
Semakin besar kecepatan fluida maka semakin kecil tekanan statisnya ... ini yang mengakibatkan pesawat bisa mengudara.
Menurut si Maxwell ... kecepatan molekul gas akan bertambah jika temperaturnya bertambah demikian sebaliknya ... ini akan memberikan penjelasan bahwa udara dingin yang masuk itu temperaturnya rendah ... akibatnya tekanan statisnya akan bertambah (tinggi) ... Peningkatan tekanan ini yang akan menyebabkan bertambahnya Back Pressure ... yang akan mempengaruhi scavenging (pengosongan) gas buang dalam ruang bakar ... dalam arti kata agak susah untuk dikosongkan. Akibatnya Sebagian gas yang udah terbakar akan tinggal di ruang bakar yang tentu saja akan menurunkan Efisiensi Volumetrik dalam arti kata udara segar baru yang bisa masuk dalam ruang bakar akan berkurang akibat sebagian tempar dalam ruang bakar udah diisi oleh gas buang yang gak isa keluar ... hasilnya AFR akan menjadi gemuk ... alias kelebihan BBM .... Power akan drop dan konsumsi BBM akan meningkat.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
PenyuTurbo wrote: Hukum fisiknya kalau ada yang keluar ... maka akan ada yang masuk. Dalam kasus knalpot bocor ... yang keluar gas panas dan digantikan dengan udara luar yang relatif lebih dingin.
Si mbah Bernoulli memberikan formulasi Ps + (1/2) Rho V*V = Konstant
Ps = Tekanan Statis
(1/2) Rho V*V = Tekanan dinamis
Rho = Mass Jenis fluida
V = kecepatan Fluida
Semakin besar kecepatan fluida maka semakin kecil tekanan statisnya ... ini yang mengakibatkan pesawat bisa mengudara.
Betul!!PenyuTurbo wrote:Menurut si Maxwell ... kecepatan molekul gas akan bertambah jika temperaturnya bertambah demikian sebaliknya ...
Ow.. gitu...PenyuTurbo wrote: ini akan memberikan penjelasan bahwa udara dingin yang masuk itu temperaturnya rendah ... akibatnya tekanan statisnya akan bertambah (tinggi) ... Peningkatan tekanan ini yang akan menyebabkan bertambahnya Back Pressure ... yang akan mempengaruhi scavenging (pengosongan) gas buang dalam ruang bakar ... dalam arti kata agak susah untuk dikosongkan. Akibatnya Sebagian gas yang udah terbakar akan tinggal di ruang bakar yang tentu saja akan menurunkan Efisiensi Volumetrik dalam arti kata udara segar baru yang bisa masuk dalam ruang bakar akan berkurang akibat sebagian tempar dalam ruang bakar udah diisi oleh gas buang yang gak isa keluar ... hasilnya AFR akan menjadi gemuk ... alias kelebihan BBM .... Power akan drop dan konsumsi BBM akan meningkat.
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
apanya yang dicoba bung?PenyuTurbo wrote:Mau dicobain ... ????
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
wakakakaka... Ga usah bung.. kayaknya knalpot motor saya dah bocor koq... He3..
Jadi yang mobil ga usah dicoba... wakakakakakak...
Oiya, thx ya penjelasannya...
Jadi yang mobil ga usah dicoba... wakakakakakak...
Oiya, thx ya penjelasannya...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Fungsi Resonator dan Muffler itu cuman untuk mengatur tonalitas suara knalpot, namun apabila gak pas akan dapat juga mempengaruhi besarnya back pressure yang kemudian akan berpengaruh pada keluar tidaknya tenaga mesin ... TETAPI pengaruh ini dapat dikatakan kurang berarti.ZombiEE wrote:thanks bung..hehehehe...
oiya..1 more...kalo ganti header dan downpipe...tapi resonator dan muffler tetep standar gimana bos?apakah tenaganya ketahan?thanks yah bang
Lain halnya dengan HEADER ... Header inilah sebagai MANAGER ... yang mengatur Power dan Torque pada setiap Putaran Mesin ... Diameter dan Panjang Pipa Header akan berpengaruh besar pada KURVA Power dan Torque ... Istilah gampangnya kalau ganti MANAGER (HEADER) ... maka akan ada ATURAN Lain.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Mang kalo ganti header doank ga cukup ya?
Tenaganya naik kan?
gmn bung penyu?
Tenaganya naik kan?
gmn bung penyu?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Ganti Header doang ... bisa cukup ... bisa juga nggak ... tapi umumnya mencukupi ... kecuali kalau mau kelihatan keren ... bisa ganti Muffler Belakang-nya.r1210g wrote:Mang kalo ganti header doank ga cukup ya?
Tenaganya naik kan?
gmn bung penyu?
Sebenarnya ganti Header ini bukannya menaikkan Tenaga ... Cuman MENGELUARKAN Tenaga yang sudah tersedia saja ... alias ngeluarin tenaga dalam ... hehehehehehe.

-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Mon Aug 06, 2007 7:43
DIMAN KNALPOT
omong2 DIMAN KNALPOT alamatnya dimana yach no tlp kalo ada yg tau. tenkyu
regards
cronos F1700CL
[quote]
Udah banyak yang masang resonator ini di DIMAN KNALPOT ... kalau gak salah di Pamulang - BSD ... dan umumnya bibirnya pada senyum
[quote]
regards
cronos F1700CL
[quote]
Udah banyak yang masang resonator ini di DIMAN KNALPOT ... kalau gak salah di Pamulang - BSD ... dan umumnya bibirnya pada senyum
[quote]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: DIMAN KNALPOT
Namanya Pamulang Knalpot atau Diman Knalpotimq wrote: omong2 DIMAN KNALPOT alamatnya dimana yach no tlp kalo ada yg tau. tenkyu
No. teleponnya : tlp 74703778.
Jln Pajajaran Raya (depan danau situ kedaung, sebelum gelanggang pacuan kuda) yg dari arah jl pamulang raya

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33
Re: DIMAN KNALPOT
weeh kok tau dengan detail ya alamatnya?PenyuTurbo wrote:Namanya Pamulang Knalpot atau Diman Knalpotimq wrote: omong2 DIMAN KNALPOT alamatnya dimana yach no tlp kalo ada yg tau. tenkyu
No. teleponnya : tlp 74703778.
Jln Pajajaran Raya (depan danau situ kedaung, sebelum gelanggang pacuan kuda) yg dari arah jl pamulang raya
jangan...........jangan.................jangan...................
