tadi ada event kesempatan buat nyoba HRV RS, setelah sekian lama penasaran dan libur lebaran kemarin zonk krn unit dibawa pulang kacab.
unit yang dipajang dan dipake test warna merah... sekalian jadi mobil dinas kacab nya.
IMG20220513124122.jpg
IMG20220513124002.jpg
overall exterior mirip SE except grill yang imho lebih cakep, yang SE terkesan kayak mau jadi mobil listrik tapi teknologinya blom dimasukin malah jadinya boring. velg 18 inch dan yang sangat noticeable lubang knalpot 2 biji, dan rear lamp yang clear lens.
clusternya digital jg bagus gak tanggung kayak yang SE.
IMG20220513122305_1.jpg
Lalu tentu saja, the point of buying this car.... mesin L15BG 177PS/240Nm. features nya dibanding older L15B7 :
- VTEC cam di ex nya. VTEC di ex ini di turbo jadi berguna krn bisa vary kecepatan bukaan katup ex saat langkah buang. less heat dan improve di putaran tinggi.
- fin turbo lebih banyak, bantu airflow di putaran rendah.
- yang di HRV, box filter udaranya di atas kayak CRV Turbo. tapi desainnya beda. box nya dibuat lebih kecil dan jalurnya dibuat lebih panjang buat memaksimalkan kecepatan airflow. gunanya ngejar torsi. beda dengan CRV yang boxnya besar dan jalur pendek emang ngejar high rev.
- stronger internals, katanya. makanya tuner-tuner luar sangat excited buat garap Civic FE, krn mesinnya banyak improvement dari L15B7
berkat sekian improvement ini mesin baru ini tenaganya 177 ps aja tapi torsi puncak 240 Nm flat (yang lama di civic 220Nm flat) udah kayak CRV. Nanti next CRV pasti lebih besar figure nya, wong accord aja udah 260 Nm torsi puncaknya.
IMG20220513122305.jpg
jadi gimana impresinya? ya jujur sih kalau dibandingin sama SE, telak. di corners masih bisa bikin berdecit ban Alenza nya dengan traction control on.
turbo lag nya juga semakin minim. punch mesinnya kuat sekali tadi di lurusan pendek bejek 120 km/h nggak susah. definitely mesin ini menyimpan banyak sekali potential apalagi untuk di-tuning. sayangnya saya cepet mendeteksi kalau unit ini diisi pertamax 92.... krn mesin L15 berturbo isi pertamax 98 itu rasanya aggressive sekali terutama di top-end walau mesinnya stock. bahkan di CRV virtual shiftingnya jadi berasa seperti DSG.
dan CVTnya juga ntah kenapa sepertinya Honda udah harus mulai improve desain CVT baru deh, hyundai/kia sudah pakai IVT dan toyota-daihatsu sudah DCVT ngelocknya dah cekatan mirip AT biasa. ini seberapapun cepet ngelocknya tetep rubbery saat kita kickdown dari cruising.
suspensi dan steering mirip-mirip dengan SE sekilas. firm tapi tidak gedubrakan macem HRV lama. tapi enaknya jadi ada pointnya HRV ini dikasih mesin turbo karena di tipe SE, high speed cornering tuh kita cuma emosi nungguin powernya gak masuk-masuk.
di kota ane harganya 515jt OTR tanpa diskon dan indennya udah nguler katanya kalo mau dapet cepet aja musti nunggu cancelan

....
jujur sih harga segitu jadi justifiable. entahlah apa krn tidak ada pilihan lain kalo mau HRV yang bisa lari. tapi sekarang emang dia mesin turbo 1.5 paling murah, mudah di-tuning sampai 250-270 hp dengan minor hardware tweak dan software tweak.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.