
thanks in advance
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
mobilnya apa bro?asepkadek wrote:iya nih sekarang tambah parah, rembesannya keliatan kasat mata,selang dari pump ke control unit bawah, kalo diliat dari strukturnya kayanya gw bisa bongkar pasang sendiri nih.
kalo beli/ganti selangnya doang berapa duit yah? atau ada yg bisa rekomen bengkel yg "asik" di bogor
numpang trit ya om..asepkadek wrote: Mon Sep 24, 2007 4:31 Seandainya rembes diselang PS ga cepet2 dibenerin atau dipaksain terus di pake, the worst thing yg akan terjadi apa? berhubung disini (bogor-cibinong) belum punya bengkel langganan yg bagus dan terpercaya. any advice, yg pernah benerin atau ganti slang PS!!!??![]()
thanks in advance
Kalau dari cerita Om, pendapat saya kurang teliti mekanik nya dan SA nya, karena sehabis service seharusnya mereka cek hasilnya apa semua sudah baik dan tak ada bagian yg rembes lagi, wajar kalau om kesal dan merasa dikerjain. Kita sebagai konsumen gak mau bolak balik ke bengkel utk servis hal yg sama karena ngabisin waktu yg harusnya bisa digunakan utk hal yg lainnya yg produktif juga keluar biaya jasa lagi.Venturtle wrote:numpang trit ya om..asepkadek wrote: Mon Sep 24, 2007 4:31 Seandainya rembes diselang PS ga cepet2 dibenerin atau dipaksain terus di pake, the worst thing yg akan terjadi apa? berhubung disini (bogor-cibinong) belum punya bengkel langganan yg bagus dan terpercaya. any advice, yg pernah benerin atau ganti slang PS!!!??![]()
thanks in advance![]()
jadi gini :
CRV RE ane beberapa hari lalu baru servis di beres, diganti selang PS nya karena ada kebocoran oli PS..
sebelum pengerjaan, uda ane wanti wanti supaya benar benar cek dulu keseluruhan apa aja yang bocor , jangan nanti bolak balik lagi.. eh, setelah selesai diganti, besoknya ane cek ke kolong, masih ada tetesan oli PS di lantai.. ane balik lagi ke beres, suruh cek kok bisa bocor lagi.. pertama sebelum dicek, dibilang mekaniknya mungkin sisa oli power steering..ini ane ga ngerti maksudnya apa.. kan harusnya uda dibersihkan oleh mekanik beres setelah pengerjaan..
setelah dicek, mekaniknya bilang selang PS nya yang baru diganti ga bocor kok..yang bocor tuh selang yang dekat transmisi.. ane tanya : yang bocor oli apa? katanya oli power steering..
yang ane sesalkan,
pertama : kenapa waktu pertama diagnosa kebocoran oli PS, tidak diberitahu ke ane tentang kebocoran selang yang dekat transmisi itu? padahal sudah ane wanti wanti supaya benar benar dicek dulu yang bocor yang mana saja..apakah ane dikerjai?? waktu ane tanya kenapa ga bilang dari awal, mekaniknya bilang ga perhatikan..intinya, mereka beranggapan bukan selang PS yang baru diganti itu yang menyebabkan kebocoran, tapi di tempat lain yaitu selang di dekat transmisi..padahal harusnya mereka cek keseluruhan, apalagi uda ane ingatkan untuk cek semua potensi kebocoran..
kedua, kalo mau ganti selang yang dekat transmisi itu lagi, oli power steering harus ganti lagi, ditambah biaya jasa lagi..
apa ini semua cuma akal akalan saja?
ane merasa dikerjai karena sesudah mekanik beres ganti selang PS , kan pasti dicek dulu ada bocor atau tidak.. uda itu pas ane ambil mobil, dijamin katanya tidak bocor lagi..ini ane setelah pulang rumah, besoknya liat, langsung nampak tetesan oli PS di lantai..
ane Claim, katanya ga bisa, karena kebocoran oli PS terjadi di lokasi yang berbeda.. bukan di selang PS dalam kap mesin itu (yang diganti).. tapi di selang dekat transmisi..
wah, kalo gini, kalo mau ganti selang yang dekat transmisi itu, berarti selain selang itu, harus beli lagi oli PS, bayar biaya jasa lagi, belum lagi habis waktu bolak balik beres..![]()
ujung ujungnya nambah biaya yang harusnya bisa dihindari minimal harus ganti lagi oli PS, ini kan pemborosan banget, padahal baru diganti pas pengerjaan penggantian selang PS dalam kap mesin,eh ini mau diganti lagi.. belum lagi biaya jasanya.. belum lagi waktu yang habis terbuang..
apa benar selang yang dekat transmisi itu ada hubungannya dengan oli PS?
sorry kalo ane salah istilah, soalnya ane awam soal mekanikal begini..
selain harus keluar biaya jasa lagi, juga harus beli oli Power Steering lagi..Herman7103 wrote: Tue Nov 07, 2017 13:32Kalau dari cerita Om, pendapat saya kurang teliti mekanik nya dan SA nya, karena sehabis service seharusnya mereka cek hasilnya apa semua sudah baik dan tak ada bagian yg rembes lagi, wajar kalau om kesal dan merasa dikerjain. Kita sebagai konsumen gak mau bolak balik ke bengkel utk servis hal yg sama karena ngabisin waktu yg harusnya bisa digunakan utk hal yg lainnya yg produktif juga keluar biaya jasa lagi.Venturtle wrote:numpang trit ya om..asepkadek wrote: Mon Sep 24, 2007 4:31 Seandainya rembes diselang PS ga cepet2 dibenerin atau dipaksain terus di pake, the worst thing yg akan terjadi apa? berhubung disini (bogor-cibinong) belum punya bengkel langganan yg bagus dan terpercaya. any advice, yg pernah benerin atau ganti slang PS!!!??![]()
thanks in advance![]()
jadi gini :
CRV RE ane beberapa hari lalu baru servis di beres, diganti selang PS nya karena ada kebocoran oli PS..
sebelum pengerjaan, uda ane wanti wanti supaya benar benar cek dulu keseluruhan apa aja yang bocor , jangan nanti bolak balik lagi.. eh, setelah selesai diganti, besoknya ane cek ke kolong, masih ada tetesan oli PS di lantai.. ane balik lagi ke beres, suruh cek kok bisa bocor lagi.. pertama sebelum dicek, dibilang mekaniknya mungkin sisa oli power steering..ini ane ga ngerti maksudnya apa.. kan harusnya uda dibersihkan oleh mekanik beres setelah pengerjaan..
setelah dicek, mekaniknya bilang selang PS nya yang baru diganti ga bocor kok..yang bocor tuh selang yang dekat transmisi.. ane tanya : yang bocor oli apa? katanya oli power steering..
yang ane sesalkan,
pertama : kenapa waktu pertama diagnosa kebocoran oli PS, tidak diberitahu ke ane tentang kebocoran selang yang dekat transmisi itu? padahal sudah ane wanti wanti supaya benar benar dicek dulu yang bocor yang mana saja..apakah ane dikerjai?? waktu ane tanya kenapa ga bilang dari awal, mekaniknya bilang ga perhatikan..intinya, mereka beranggapan bukan selang PS yang baru diganti itu yang menyebabkan kebocoran, tapi di tempat lain yaitu selang di dekat transmisi..padahal harusnya mereka cek keseluruhan, apalagi uda ane ingatkan untuk cek semua potensi kebocoran..
kedua, kalo mau ganti selang yang dekat transmisi itu lagi, oli power steering harus ganti lagi, ditambah biaya jasa lagi..
apa ini semua cuma akal akalan saja?
ane merasa dikerjai karena sesudah mekanik beres ganti selang PS , kan pasti dicek dulu ada bocor atau tidak.. uda itu pas ane ambil mobil, dijamin katanya tidak bocor lagi..ini ane setelah pulang rumah, besoknya liat, langsung nampak tetesan oli PS di lantai..
ane Claim, katanya ga bisa, karena kebocoran oli PS terjadi di lokasi yang berbeda.. bukan di selang PS dalam kap mesin itu (yang diganti).. tapi di selang dekat transmisi..
wah, kalo gini, kalo mau ganti selang yang dekat transmisi itu, berarti selain selang itu, harus beli lagi oli PS, bayar biaya jasa lagi, belum lagi habis waktu bolak balik beres..![]()
ujung ujungnya nambah biaya yang harusnya bisa dihindari minimal harus ganti lagi oli PS, ini kan pemborosan banget, padahal baru diganti pas pengerjaan penggantian selang PS dalam kap mesin,eh ini mau diganti lagi.. belum lagi biaya jasanya.. belum lagi waktu yang habis terbuang..
apa benar selang yang dekat transmisi itu ada hubungannya dengan oli PS?
sorry kalo ane salah istilah, soalnya ane awam soal mekanikal begini..
Kalo sikap mekanik atau montirnya senyum senyum begitu memang patut diduga ngerjain juga. Kalo pengalaman sy servis ANGL dari awal km 10 rb sampe terakhir masa warrantynya di beres saya selalu tongkrongi dan sy tanya tanya montirnya ttg mobil sy serta saat mobil saya servis (dimana sy selalu make appointment via email lebih dulu sebelum hari ke beres nya biasanya sabtu atau saat lg cuti + udah ada estimasi nya ) di Nissan Istana Palembang, sehingga ngak pake tunggu lama dan saat servis semua oli atau filter oli atau filter udara/kabin dll memang ORI baru dlm kotak dan lihat sendiri saat montirnya pasang dan lihat proses maintenance yg dilakukan dan liat jg oli dan filter filter bekasnya dll dikumpulkan sebelum dibuang tempat pembuangan limbahnya. Di Beres ini mekanik dan SA nya serta pelayanan sudah ok dan teliti serta memuaskan . Hasil rawat nya bagus krn mobil gak pernah mogok, suara mesin msh halus, msh irit dan enak bawanya, cuma jarak dari komplek tempat tinggal sy ke beresnya 3 1/2 jam lebih perjalanannya kalau lancar arusnya , sehingga saat abis masa warrantynya sy cari bengkel dekat rumah aja biar efficient waktu dan biaya krn udah nyetok oli mesin 1/2 lusin, semua jenis filter filter mobil yg saya beli di beres juga saat terakhir ke sana. Saya masih tetap akan ke beres saat ganti oli CVT dan hal yg saya anggap bengkel biasa gak bisa handle aja. [emoji1]Venturtle wrote:selain harus keluar biaya jasa lagi, juga harus beli oli Power Steering lagi..Herman7103 wrote: Tue Nov 07, 2017 13:32Kalau dari cerita Om, pendapat saya kurang teliti mekanik nya dan SA nya, karena sehabis service seharusnya mereka cek hasilnya apa semua sudah baik dan tak ada bagian yg rembes lagi, wajar kalau om kesal dan merasa dikerjain. Kita sebagai konsumen gak mau bolak balik ke bengkel utk servis hal yg sama karena ngabisin waktu yg harusnya bisa digunakan utk hal yg lainnya yg produktif juga keluar biaya jasa lagi.Venturtle wrote: numpang trit ya om..![]()
jadi gini :
CRV RE ane beberapa hari lalu baru servis di beres, diganti selang PS nya karena ada kebocoran oli PS..
sebelum pengerjaan, uda ane wanti wanti supaya benar benar cek dulu keseluruhan apa aja yang bocor , jangan nanti bolak balik lagi.. eh, setelah selesai diganti, besoknya ane cek ke kolong, masih ada tetesan oli PS di lantai.. ane balik lagi ke beres, suruh cek kok bisa bocor lagi.. pertama sebelum dicek, dibilang mekaniknya mungkin sisa oli power steering..ini ane ga ngerti maksudnya apa.. kan harusnya uda dibersihkan oleh mekanik beres setelah pengerjaan..
setelah dicek, mekaniknya bilang selang PS nya yang baru diganti ga bocor kok..yang bocor tuh selang yang dekat transmisi.. ane tanya : yang bocor oli apa? katanya oli power steering..
yang ane sesalkan,
pertama : kenapa waktu pertama diagnosa kebocoran oli PS, tidak diberitahu ke ane tentang kebocoran selang yang dekat transmisi itu? padahal sudah ane wanti wanti supaya benar benar dicek dulu yang bocor yang mana saja..apakah ane dikerjai?? waktu ane tanya kenapa ga bilang dari awal, mekaniknya bilang ga perhatikan..intinya, mereka beranggapan bukan selang PS yang baru diganti itu yang menyebabkan kebocoran, tapi di tempat lain yaitu selang di dekat transmisi..padahal harusnya mereka cek keseluruhan, apalagi uda ane ingatkan untuk cek semua potensi kebocoran..
kedua, kalo mau ganti selang yang dekat transmisi itu lagi, oli power steering harus ganti lagi, ditambah biaya jasa lagi..
apa ini semua cuma akal akalan saja?
ane merasa dikerjai karena sesudah mekanik beres ganti selang PS , kan pasti dicek dulu ada bocor atau tidak.. uda itu pas ane ambil mobil, dijamin katanya tidak bocor lagi..ini ane setelah pulang rumah, besoknya liat, langsung nampak tetesan oli PS di lantai..
ane Claim, katanya ga bisa, karena kebocoran oli PS terjadi di lokasi yang berbeda.. bukan di selang PS dalam kap mesin itu (yang diganti).. tapi di selang dekat transmisi..
wah, kalo gini, kalo mau ganti selang yang dekat transmisi itu, berarti selain selang itu, harus beli lagi oli PS, bayar biaya jasa lagi, belum lagi habis waktu bolak balik beres..![]()
ujung ujungnya nambah biaya yang harusnya bisa dihindari minimal harus ganti lagi oli PS, ini kan pemborosan banget, padahal baru diganti pas pengerjaan penggantian selang PS dalam kap mesin,eh ini mau diganti lagi.. belum lagi biaya jasanya.. belum lagi waktu yang habis terbuang..
apa benar selang yang dekat transmisi itu ada hubungannya dengan oli PS?
sorry kalo ane salah istilah, soalnya ane awam soal mekanikal begini..![]()
ane uda ngerasa ga enak, waktu ane komplain ke mekaniknya, dari raut wajah mekaniknya dan caranya senyum senyum, ane uda merasa ada yang ga beres dan merasa dikerjai juga..
makasih banyak buat pencerahannya om..exflowly wrote: Tue Nov 07, 2017 16:27 Bro Venturtle ~ sekedar saran, coba bawa mobil (kalo di Jakarta ya) ke Pluit, Pak Winoto 0811 8789 968. Dia buka bengkel dirumahnya dan bisa langsung cek. Kalau dari gelagatnya saya dah pasti nggak ke beres buat beresin. Entar ke sana lagi, dikerjain lagi...ampun dah.... Pas di cek di Pak Winoto bisa langsung ketauan kok mana yang gak bener.
Selang ATF ke transmisi biasanya lain/bukan selang power steering. Di CRV RE itu kayaknya gak ke transmisi deh:
Sumber:http://www.crvownersclub.com/forums/19- ... ement.html
Kita bisa tau kok bocor di mana dari lokasinya (kudu ngolong) dan sekaligus juga liat apakah ada yang kurang kenceng (atau kekencengan) masangnya.
Buat sharing saja, kemarin saya juga sempat bolak-balik ngurusin Kijang Kapsul yang kudu diganti rack steernya karena yang lama dah bocor parah. Pas diganti, ehh.. masih bocor juga. Ternyata fitting selang dari tabung ke rack steer yang baru gak terlalu pas, jadi ya dikasih teflon tape supaya sempurna sealnya. Bocornya dah selesai.
Di mobil saya yang lain, selang power steeringnya mulai berkeringat pas ganti switch pressure oli (mungkin kegeser-geser) ~ sudah saya potong dikit (mikir mungkin ada bagian selang yang bocor), sampe motong 2 kali masih tetep rembes juga. Akhirnya di bagian dalam selang di bagian yang diklem kasih Permatex sealant dikit. Besoknya dicek dah gak bocor tipis lagi sampai sekarang.
Semoga mobil cepat sehat lagi Bro Venturtle!
Kalo boleh tau itu gantinya di bengkel honda mana om??Venturtle wrote: Tue Nov 07, 2017 23:17 makasih banyak buat pencerahannya om..![]()
tapi ane bukan di jakarta om..![]()
mekaniknya bilang yang bocor oli power steering, kebocoran sekarang terjadi di selang yang dekat gearbox, dan mobil harus nginap di beres karena pengerjaan yang sulit..
masa harus nginapkan mobil di beres sih? mobil ane 2 , tiap hari kepake dua duanya..
untuk sementara sih kayaknya ane pake aja dulu, cuma harus rajin rajin cek level ketinggian oli power steering.. malas ke beres kalo dikerjai lagi..![]()
ga enak nyebutnya om..tapi di daerah sumatera pastinya..Jambangan wrote: Wed Nov 08, 2017 2:03Kalo boleh tau itu gantinya di bengkel honda mana om??Venturtle wrote: Tue Nov 07, 2017 23:17 makasih banyak buat pencerahannya om..![]()
tapi ane bukan di jakarta om..![]()
mekaniknya bilang yang bocor oli power steering, kebocoran sekarang terjadi di selang yang dekat gearbox, dan mobil harus nginap di beres karena pengerjaan yang sulit..
masa harus nginapkan mobil di beres sih? mobil ane 2 , tiap hari kepake dua duanya..
untuk sementara sih kayaknya ane pake aja dulu, cuma harus rajin rajin cek level ketinggian oli power steering.. malas ke beres kalo dikerjai lagi..![]()
makasih atas sarannya ya om..marmut wrote: Wed Nov 08, 2017 2:27 seperti saya bilang di kamar sebelah, itulah resiko mempercayakan mobil ke bocah wingi sore nggak ngeri apa-apa. kalau kasus ini, hilang kambing, modal 3 sapi.
kalau memang benar selang power steering lainnya yang kena, nggak wajip ganti oli dengan yang baru ASALKAN saat menampung oli di tempat yang bersih dan saat menuangkan kembali sebaiknya disaring.
nah, hal seperti ini saya yakin otak mekanik BeRes nggak akan nyampe.
cari bengkel lain saja yang kesehariannya hanya mengerjakan power steering.
Wah ~ sorry kalo gitu om.Venturtle wrote: Tue Nov 07, 2017 23:17 makasih banyak buat pencerahannya om..![]()
tapi ane bukan di jakarta om..![]()
mekaniknya bilang yang bocor oli power steering, kebocoran sekarang terjadi di selang yang dekat gearbox, dan mobil harus nginap di beres karena pengerjaan yang sulit..
masa harus nginapkan mobil di beres sih? mobil ane 2 , tiap hari kepake dua duanya..
untuk sementara sih kayaknya ane pake aja dulu, cuma harus rajin rajin cek level ketinggian oli power steering.. malas ke beres kalo dikerjai lagi..![]()