Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
kabarnya? saya yang gelenk gelenk seharian mbah...
jadi kapan beli IS250 mbah? buat iseng aja daripada perkakas nanti karadan.
ga rusak2 itu mah .....
karatan? ga mungkin. soalnya tiap hari dipake buka tutup baut kotak saringan udara
ituuuuu aja terus yg dikerjain berulang2
punya gedore gelenk cuman buat buka kotak filter box ??
sini jual ke kita orang aj, 3 lembar soekarno hatta + nocan linda, wen2 deh
oh bukan mbah ... malah lbh parah. power tools lengkap sama impact socket + extensyen koken yg buat gitu2
nocan linda wen2? ogah ah ntu mah kelas yg siang nya nongkrong di sabes. jangan2 jaga jd yg jualan di toko spare parts ahond nganu lagi. . siangnya jd pramuniaga, malamnya jadi pramutunasusila.
DOHC wrote: Thu Mar 24, 2022 13:46
kl aliran bekas aer ledeng
ada bagus nya ganti smua per aer an enjin
apalagi heater core, itu kl bocor alus, tjakep bener
kemaren ai dpt video, ternyata air aki biru aja jelek lho utk nguras. hanya dlm waktu 3 jam sdh ada karat. semua bentuk air, mau itu air pam, air mineral, air aki biru hampir sama. cuma coolant yg ga bikin karat.
kesimpulannya kl ganti air radiator ga usah pake dibilas2 air apapun. cukup drain n fill aja. mau 1x kek, 2x kek, 100x kek terserah. yg penting ga sampai introduce air2 apapun selain coolant ke dalam sistem. makin nyaman diy ya, krn kita ga tau mobil kita digimanain kl di bengkel. bengkel nisin di jogja yg ada yutupnya aja mobil digelonggongin air kran/ledeng buat ngebilasnya.
Walaupun coolantnya dari sumber yang nggak jelas mbah? Coolant mobil ane nggak tau kapan terakhir ganti warna coklat kok jadi parno ya pengen ganti. Mending pake acara flush2an dulu ato langsung drain and fill aja pake coolant baru?
Dat510 wrote: Tue Mar 29, 2022 10:04
ada apa ini pergerakan trit tiba2 jadi melambat.. DI belakang pada bahas coolant.. dsni ngga ada yang masih ngotot pake air AC buat coolant kan ya?
mau pake air ac, air sumur, air sawah, silaken. toh mobil dia.... njeblug ya tinggal kita tepuk tangan.
saya masih utang video bongpas trelek ya mbah? sabar dulu yak....
Pilatypus wrote: Tue Mar 29, 2022 13:21
Walaupun coolantnya dari sumber yang nggak jelas mbah? Coolant mobil ane nggak tau kapan terakhir ganti warna coklat kok jadi parno ya pengen ganti. Mending pake acara flush2an dulu ato langsung drain and fill aja pake coolant baru?
jangan yg sumbernya ga jelas dong. beli coolant bawaan pabriknya atau setidaknya pakai yg terkenal merknya.
warna coklat? udah habis jauh dr masa pakai itu mah. diperiksa aja sekiranya dlm jalur sdh banyak karat tentu lbh baik pakai acara kuras krn toh sdh "infected" juga. di kuras tujuannya spy karat dan kotoran itu terbuang. tp kl cuma kotor cairan coolant nya aja sebaiknya cukup di drain n fill. jangan introduce air yg gaje ke dalam sistem.
periksa bisa lepas selang atas atau bawah radiator n dilihat dalemannya. (btw sy paling seneng liat daleman, bukan daleman radiator yesss )
Pilatypus wrote: Tue Mar 29, 2022 13:21
Walaupun coolantnya dari sumber yang nggak jelas mbah? Coolant mobil ane nggak tau kapan terakhir ganti warna coklat kok jadi parno ya pengen ganti. Mending pake acara flush2an dulu ato langsung drain and fill aja pake coolant baru?
jangan yg sumbernya ga jelas dong. beli coolant bawaan pabriknya atau setidaknya pakai yg terkenal merknya.
warna coklat? udah habis jauh dr masa pakai itu mah. diperiksa aja sekiranya dlm jalur sdh banyak karat tentu lbh baik pakai acara kuras krn toh sdh "infected" juga. di kuras tujuannya spy karat dan kotoran itu terbuang. tp kl cuma kotor cairan coolant nya aja sebaiknya cukup di drain n fill. jangan introduce air yg gaje ke dalam sistem.
periksa bisa lepas selang atas atau bawah radiator n dilihat dalemannya. (btw sy paling seneng liat daleman, bukan daleman radiator yesss )
Dibilang nggak jelas soalnya nggak ada service recordnya sama sekali, taunya nggak pernah ada masalah macem-macem yang penting jalan dan gak overheat . Kalau nguras radiator tuh langkah2nya gimana mbah? Kalo pemahaman ane begini :
1. Drain coolant lama
2. Isi pake air distilasi (amidis aman ga?)
3. Nyalain mobil sampe radiatornya aktif, terus matiin.
4. Drain airnya
5. Ulangin sampe bersih
6. Isi coolant baru.
Pake chemical penguras itu aman nggak sih?
Pilatypus wrote: Tue Mar 29, 2022 13:21
Walaupun coolantnya dari sumber yang nggak jelas mbah? Coolant mobil ane nggak tau kapan terakhir ganti warna coklat kok jadi parno ya pengen ganti. Mending pake acara flush2an dulu ato langsung drain and fill aja pake coolant baru?
jangan yg sumbernya ga jelas dong. beli coolant bawaan pabriknya atau setidaknya pakai yg terkenal merknya.
warna coklat? udah habis jauh dr masa pakai itu mah. diperiksa aja sekiranya dlm jalur sdh banyak karat tentu lbh baik pakai acara kuras krn toh sdh "infected" juga. di kuras tujuannya spy karat dan kotoran itu terbuang. tp kl cuma kotor cairan coolant nya aja sebaiknya cukup di drain n fill. jangan introduce air yg gaje ke dalam sistem.
periksa bisa lepas selang atas atau bawah radiator n dilihat dalemannya. (btw sy paling seneng liat daleman, bukan daleman radiator yesss )
Dibilang nggak jelas soalnya nggak ada service recordnya sama sekali, taunya nggak pernah ada masalah macem-macem yang penting jalan dan gak overheat . Kalau nguras radiator tuh langkah2nya gimana mbah? Kalo pemahaman ane begini :
1. Drain coolant lama
2. Isi pake air distilasi (amidis aman ga?)
3. Nyalain mobil sampe radiatornya aktif, terus matiin.
4. Drain airnya
5. Ulangin sampe bersih
6. Isi coolant baru.
Pake chemical penguras itu aman nggak sih?
iya langkahnya udah bener. no 3 ke 4 hrs tunggu dingin spy ga kesembur air panas
pake amidis ada pro kontra. kl daleman msh bersih kurasnya drain n fill pake coolant aja.
chemical penguras macem2 merk (n komposisi nya) ada yg aman ada yg keras. tp sebaiknya ga usah utk menghindari seal water pump kena n jd bocor. kecuali emang sekalian mau ganti water pump n thermostat baru sikat bersih pake chem.
jangan yg sumbernya ga jelas dong. beli coolant bawaan pabriknya atau setidaknya pakai yg terkenal merknya.
warna coklat? udah habis jauh dr masa pakai itu mah. diperiksa aja sekiranya dlm jalur sdh banyak karat tentu lbh baik pakai acara kuras krn toh sdh "infected" juga. di kuras tujuannya spy karat dan kotoran itu terbuang. tp kl cuma kotor cairan coolant nya aja sebaiknya cukup di drain n fill. jangan introduce air yg gaje ke dalam sistem.
periksa bisa lepas selang atas atau bawah radiator n dilihat dalemannya. (btw sy paling seneng liat daleman, bukan daleman radiator yesss )
Dibilang nggak jelas soalnya nggak ada service recordnya sama sekali, taunya nggak pernah ada masalah macem-macem yang penting jalan dan gak overheat . Kalau nguras radiator tuh langkah2nya gimana mbah? Kalo pemahaman ane begini :
1. Drain coolant lama
2. Isi pake air distilasi (amidis aman ga?)
3. Nyalain mobil sampe radiatornya aktif, terus matiin.
4. Drain airnya
5. Ulangin sampe bersih
6. Isi coolant baru.
Pake chemical penguras itu aman nggak sih?
iya langkahnya udah bener. no 3 ke 4 hrs tunggu dingin spy ga kesembur air panas
pake amidis ada pro kontra. kl daleman msh bersih kurasnya drain n fill pake coolant aja.
chemical penguras macem2 merk (n komposisi nya) ada yg aman ada yg keras. tp sebaiknya ga usah utk menghindari seal water pump kena n jd bocor. kecuali emang sekalian mau ganti water pump n thermostat baru sikat bersih pake chem.
Oke mbah thank you. Kalo dari tangki coolant sih nggak kotor cuma coklat aja, nanti coba buka selang radiator atas semoga nggak bermasalah juga jadi tinggal ganti coolant aja nggak usah macem-macem
Dibilang nggak jelas soalnya nggak ada service recordnya sama sekali, taunya nggak pernah ada masalah macem-macem yang penting jalan dan gak overheat . Kalau nguras radiator tuh langkah2nya gimana mbah? Kalo pemahaman ane begini :
1. Drain coolant lama
2. Isi pake air distilasi (amidis aman ga?)
3. Nyalain mobil sampe radiatornya aktif, terus matiin.
4. Drain airnya
5. Ulangin sampe bersih
6. Isi coolant baru.
Pake chemical penguras itu aman nggak sih?
iya langkahnya udah bener. no 3 ke 4 hrs tunggu dingin spy ga kesembur air panas
pake amidis ada pro kontra. kl daleman msh bersih kurasnya drain n fill pake coolant aja.
chemical penguras macem2 merk (n komposisi nya) ada yg aman ada yg keras. tp sebaiknya ga usah utk menghindari seal water pump kena n jd bocor. kecuali emang sekalian mau ganti water pump n thermostat baru sikat bersih pake chem.
Oke mbah thank you. Kalo dari tangki coolant sih nggak kotor cuma coklat aja, nanti coba buka selang radiator atas semoga nggak bermasalah juga jadi tinggal ganti coolant aja nggak usah macem-macem
Pilatypus wrote: Tue Mar 29, 2022 23:50
2. Isi pake air distilasi (amidis aman ga?)
diliat dulu kondisinya, kalau yakin belum pernah kemasukan cairan selain coolant, lebih baik langsung isi coolant baru saja.
nanti masa pakainya dipersingkat misal disarankan 2 tahun ganti, ini 1 tahun saja langsung ganti lagi.
Dat510 wrote: Tue Mar 29, 2022 10:04
ada apa ini pergerakan trit tiba2 jadi melambat.. DI belakang pada bahas coolant.. dsni ngga ada yang masih ngotot pake air AC buat coolant kan ya?
lg nabung dulu mbah
kita orang kan duit nya ga kaya mbah ono ama mbah anu yg duitnya ud kaya sultan binomo
mo beli tinggal pesen , checkout, bayar , selsai
kl kita orang musti rajin2 ngolong parkiran musatek buat nyolong dulu
yg ga naik cuma harga diri. udah sharing ilmu sana sini meski ilmu receh malah dibilang lebay. omdo. kuku kurang item. tukang ratjoenin orang. gara2 mbah ono. dll dsb dst.