Koleksi hand tools [Part 10]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4631
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Wed Mar 23, 2022 4:16
Profith83 wrote: Wed Mar 23, 2022 4:12
DOHC wrote: Wed Mar 23, 2022 4:07

parkiran datar dan slalu dicek pas pagi2 sblom manasin mesin

ini radiator inofa emg aneh dr dulu, pas pake inofa bensin jadul jg gt, ngisi coolant reservoir musti pas plekkk plekk di titik F, ga bole lebih


beda kl di HRV, yg ada kurang mulu, enjin nya kelewat panas kl

tp aneh nya dl waktu pake lipindut, coolant ga perna kurang padahal enjin panas penggorengan itu :big_think: :big_think:
Saya EGP deh, selama turun isi terus waakakak, nanti kan lama kelamaan berhenti sendiri.
Anggap saja memang ada udara yang ter perangkap di engine blok.
Nanti kalau sudah gak turun.

Yah tiap bulan 1x minim check ini dan itu
masalahnya sy ga kuatir krn pas masukin coolant baru itu hampir sama dgn yg keluar jd kemungkinan overheat kan ga ada. kl mbah beda, masuknya sedikit. itu yg bahaya. hehehehe
saya hitung yang pas pertama benar memang kurang lumayan, makanya saya sengaja naik mobil sekitar 1KM balik lagi isi, pakai lagi 1 KM balik isi lagi, gitu terus.
NAH setelah keluar dan masuk mirip maka baru saya pakai agak panjang sekitar 5 km, benar turunnya cuma dikit.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11780
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Wed Mar 23, 2022 4:25
Justru waktu mesin panas saya pernah buka bleed nya wah naiknya cepat, dari posisi F jadi tumpah mbah. Justru kemasukan angin di dalam.
Kalau dingin dibuka baut bleed nya naik tapi gak banyak paling cuma 1 cm.
caranya bukan buka bleed pas mesin udah panas tp buka dr mesin msh dingin lalu panasin. pas udah panas gas2 trus tunggu bentar lalu tutup bleed nya dan tutup reservoirnya, baru matikan mesin.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11780
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Wed Mar 23, 2022 4:27
Omnibus wrote: Wed Mar 23, 2022 4:16
Profith83 wrote: Wed Mar 23, 2022 4:12

Saya EGP deh, selama turun isi terus waakakak, nanti kan lama kelamaan berhenti sendiri.
Anggap saja memang ada udara yang ter perangkap di engine blok.
Nanti kalau sudah gak turun.

Yah tiap bulan 1x minim check ini dan itu
masalahnya sy ga kuatir krn pas masukin coolant baru itu hampir sama dgn yg keluar jd kemungkinan overheat kan ga ada. kl mbah beda, masuknya sedikit. itu yg bahaya. hehehehe
saya hitung yang pas pertama benar memang kurang lumayan, makanya saya sengaja naik mobil sekitar 1KM balik lagi isi, pakai lagi 1 KM balik isi lagi, gitu terus.
NAH setelah keluar dan masuk mirip maka baru saya pakai agak panjang sekitar 5 km, benar turunnya cuma dikit.
ah bagus. soalnya sy kuatir kejadian kaya gini

tonton menit 3:05


yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by yanuarra »

Suhunya suhu lg bahas persuhuan .. nubi cuma bisa nyimak aja dari atas genteng
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11780
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Omnibus »

yanuarra wrote: Wed Mar 23, 2022 6:58 .... dari atas genteng
:frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4631
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Wed Mar 23, 2022 4:31
Profith83 wrote: Wed Mar 23, 2022 4:25
Justru waktu mesin panas saya pernah buka bleed nya wah naiknya cepat, dari posisi F jadi tumpah mbah. Justru kemasukan angin di dalam.
Kalau dingin dibuka baut bleed nya naik tapi gak banyak paling cuma 1 cm.
caranya bukan buka bleed pas mesin udah panas tp buka dr mesin msh dingin lalu panasin. pas udah panas gas2 trus tunggu bentar lalu tutup bleed nya dan tutup reservoirnya, baru matikan mesin.
buka bleed di tabung reservoir waktu mesin dingin itu tetap naik mbah di reservoir jadi 1 cm diatas F, punya mbah tidak seperti itu?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11780
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Wed Mar 23, 2022 8:06
Omnibus wrote: Wed Mar 23, 2022 4:31
Profith83 wrote: Wed Mar 23, 2022 4:25
Justru waktu mesin panas saya pernah buka bleed nya wah naiknya cepat, dari posisi F jadi tumpah mbah. Justru kemasukan angin di dalam.
Kalau dingin dibuka baut bleed nya naik tapi gak banyak paling cuma 1 cm.
caranya bukan buka bleed pas mesin udah panas tp buka dr mesin msh dingin lalu panasin. pas udah panas gas2 trus tunggu bentar lalu tutup bleed nya dan tutup reservoirnya, baru matikan mesin.
buka bleed di tabung reservoir waktu mesin dingin itu tetap naik mbah di reservoir jadi 1 cm diatas F, punya mbah tidak seperti itu?
wah engga tuh sy.

berarti msh banyak itu anging mamiri di dalamnya mbah. kl dibuka bleeder n tutup, trus mesin dipanasin, abis itu digas2 gentak sampai 2000-3000 rpm nanti bisa keluar dia lewat lubang yg terbuka itu. kl ga ada lubang terbuka ibarat kita perut kembung tp lubang bawah ga mau kompromi. akhirnya meledak di dalam :big_biglaugh: jiwa terganggu. MERESAHKAN! :mky_07:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by DOHC »

marmut wrote: Wed Mar 23, 2022 4:23
ViPerRed wrote: Wed Mar 23, 2022 2:51
ikut nimbrung mbah.
3bond RTV efektif kok, ane terapin sesuai petuah mbah marmut. itu CMP ga rembes lg skrg udh berbulan2.

sealant nya ane biarin kering 25 jam, tp sblm nya CMP ane bersihin total pake MAF cleaner, lobang CMP juga dibersihin smpe bener2 ga ada oli.



pindah sini aja yah, biar ga oot kalo di sebelah.

pake RTV apapun merknya asal ikutin petunjuk pasti aman.
cuma kan nggak semua orang mau/sanggup nungguin 24jam.... mangka dari itu ada sealer yang cepet kering. selesai oles musti langsung pasang, langsung kencengin baut/murnya, langsung isi oli. selesai.
ngana gmana ini ngegiring mangsa umpan

masa cuman gtu doank

mustinya ngana tambahin, utk biar lebi ga bocor, pas pakein RTV, trus diemin dulu sesuai petunjuk nya, baru deh abis itu di kencengin sesuai dgn spesifikasi tork nya

nahh untuk itu wajip punya konci sok dan tork wrench

misalnya... merek ini, itu, si anu atau si ono
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by ViPerRed »

marmut wrote: Wed Mar 23, 2022 4:23
ViPerRed wrote: Wed Mar 23, 2022 2:51
ikut nimbrung mbah.
3bond RTV efektif kok, ane terapin sesuai petuah mbah marmut. itu CMP ga rembes lg skrg udh berbulan2.

sealant nya ane biarin kering 25 jam, tp sblm nya CMP ane bersihin total pake MAF cleaner, lobang CMP juga dibersihin smpe bener2 ga ada oli.



pindah sini aja yah, biar ga oot kalo di sebelah.

pake RTV apapun merknya asal ikutin petunjuk pasti aman.
cuma kan nggak semua orang mau/sanggup nungguin 24jam.... mangka dari itu ada sealer yang cepet kering. selesai oles musti langsung pasang, langsung kencengin baut/murnya, langsung isi oli. selesai.
betul mbah..
RTV ini klo untuk seal upper tank radiator bisa ga ya?
pake metode diemin 24 jam juga.

ato pake yg 3bond 4 digit sekalian mbah?
ini radiator bocor mulu di kuku2 upper tank nya.
pgn ane lepas terus sealant lg.

rencana mau ganti sih, cm msh sayang krn bocor halus malah bocornya pas mobil lama ga jalan. klo jalan pp 700km an malah ga kurang, mgkn krn plastik nya muai. mana harga radiator nya 3jtaan.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by ViPerRed »

DOHC wrote: Wed Mar 23, 2022 12:34
marmut wrote: Wed Mar 23, 2022 4:23
ViPerRed wrote: Wed Mar 23, 2022 2:51
ikut nimbrung mbah.
3bond RTV efektif kok, ane terapin sesuai petuah mbah marmut. itu CMP ga rembes lg skrg udh berbulan2.

sealant nya ane biarin kering 25 jam, tp sblm nya CMP ane bersihin total pake MAF cleaner, lobang CMP juga dibersihin smpe bener2 ga ada oli.



pindah sini aja yah, biar ga oot kalo di sebelah.

pake RTV apapun merknya asal ikutin petunjuk pasti aman.
cuma kan nggak semua orang mau/sanggup nungguin 24jam.... mangka dari itu ada sealer yang cepet kering. selesai oles musti langsung pasang, langsung kencengin baut/murnya, langsung isi oli. selesai.
ngana gmana ini ngegiring mangsa umpan

masa cuman gtu doank

mustinya ngana tambahin, utk biar lebi ga bocor, pas pakein RTV, trus diemin dulu sesuai petunjuk nya, baru deh abis itu di kencengin sesuai dgn spesifikasi tork nya

nahh untuk itu wajip punya konci sok dan tork wrench

misalnya... merek ini, itu, si anu atau si ono
nganu mbah..
ane buka modal tang motor
pasang modal kunci ring motor juga

sekian :big_weee:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

ViPerRed wrote: Thu Mar 24, 2022 10:50
nganu mbah..
ane buka modal tang motor
pasang modal kunci ring motor juga

sekian :big_weee:


nggak perduli tang motor atawa tang kereta api, musti pajang disini.

:mky_03:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

ViPerRed wrote: Thu Mar 24, 2022 10:48

betul mbah..
RTV ini klo untuk seal upper tank radiator bisa ga ya?
pake metode diemin 24 jam juga.

ato pake yg 3bond 4 digit sekalian mbah?
ini radiator bocor mulu di kuku2 upper tank nya.
pgn ane lepas terus sealant lg.

rencana mau ganti sih, cm msh sayang krn bocor halus malah bocornya pas mobil lama ga jalan. klo jalan pp 700km an malah ga kurang, mgkn krn plastik nya muai. mana harga radiator nya 3jtaan.



yang udah-udah si, upper tank ga bisa diapa-apain kecuali ganti baru.
kalo mau coba, beli jb weld. mudah-mudahan sanggup dia nahan tekanan dan panas.

upper tank bisa kena, pernah kemasukan cairan selain coolant?
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by ViPerRed »

marmut wrote: Thu Mar 24, 2022 12:30
ViPerRed wrote: Thu Mar 24, 2022 10:50
nganu mbah..
ane buka modal tang motor
pasang modal kunci ring motor juga

sekian :big_weee:


nggak perduli tang motor atawa tang kereta api, musti pajang disini.

:mky_03:
wkwkwk. seperti majang carry truntung di komunitas lamboo
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by ViPerRed »

marmut wrote: Thu Mar 24, 2022 12:35
ViPerRed wrote: Thu Mar 24, 2022 10:48

betul mbah..
RTV ini klo untuk seal upper tank radiator bisa ga ya?
pake metode diemin 24 jam juga.

ato pake yg 3bond 4 digit sekalian mbah?
ini radiator bocor mulu di kuku2 upper tank nya.
pgn ane lepas terus sealant lg.

rencana mau ganti sih, cm msh sayang krn bocor halus malah bocornya pas mobil lama ga jalan. klo jalan pp 700km an malah ga kurang, mgkn krn plastik nya muai. mana harga radiator nya 3jtaan.



yang udah-udah si, upper tank ga bisa diapa-apain kecuali ganti baru.
kalo mau coba, beli jb weld. mudah-mudahan sanggup dia nahan tekanan dan panas.

upper tank bisa kena, pernah kemasukan cairan selain coolant?
upper tank udh ganti baru mbah..
cm kyknya kuku2 sama seal yg udh robek dan 'got' nya udh ga rata.

oo sudah jelas mbah, awal ambil mobil isi nya aer ledeng
dlu2 ane ga paham otomotif.. hikmah nya, pipa2, selang, housing+termostat ganti baru semua krn bocor.

tinggal radiator, water pump (ga bocor), sm heater core aja yg ga diganti.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by DOHC »

ViPerRed wrote: Thu Mar 24, 2022 13:22
marmut wrote: Thu Mar 24, 2022 12:35
ViPerRed wrote: Thu Mar 24, 2022 10:48

betul mbah..
RTV ini klo untuk seal upper tank radiator bisa ga ya?
pake metode diemin 24 jam juga.

ato pake yg 3bond 4 digit sekalian mbah?
ini radiator bocor mulu di kuku2 upper tank nya.
pgn ane lepas terus sealant lg.

rencana mau ganti sih, cm msh sayang krn bocor halus malah bocornya pas mobil lama ga jalan. klo jalan pp 700km an malah ga kurang, mgkn krn plastik nya muai. mana harga radiator nya 3jtaan.



yang udah-udah si, upper tank ga bisa diapa-apain kecuali ganti baru.
kalo mau coba, beli jb weld. mudah-mudahan sanggup dia nahan tekanan dan panas.

upper tank bisa kena, pernah kemasukan cairan selain coolant?
upper tank udh ganti baru mbah..
cm kyknya kuku2 sama seal yg udh robek dan 'got' nya udh ga rata.

oo sudah jelas mbah, awal ambil mobil isi nya aer ledeng
dlu2 ane ga paham otomotif.. hikmah nya, pipa2, selang, housing+termostat ganti baru semua krn bocor.

tinggal radiator, water pump (ga bocor), sm heater core aja yg ga diganti.
kl aliran bekas aer ledeng

ada bagus nya ganti smua per aer an enjin

apalagi heater core, itu kl bocor alus, tjakep bener
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11780
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Thu Mar 24, 2022 13:46
kl aliran bekas aer ledeng

ada bagus nya ganti smua per aer an enjin

apalagi heater core, itu kl bocor alus, tjakep bener
kemaren ai dpt video, ternyata air aki biru aja jelek lho utk nguras. hanya dlm waktu 3 jam sdh ada karat. semua bentuk air, mau itu air pam, air mineral, air aki biru hampir sama. cuma coolant yg ga bikin karat.

kesimpulannya kl ganti air radiator ga usah pake dibilas2 air apapun. cukup drain n fill aja. mau 1x kek, 2x kek, 100x kek terserah. yg penting ga sampai introduce air2 apapun selain coolant ke dalam sistem. makin nyaman diy ya, krn kita ga tau mobil kita digimanain kl di bengkel. :big_grin: bengkel nisin di jogja yg ada yutupnya aja mobil digelonggongin air kran/ledeng buat ngebilasnya.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by ViPerRed »

Omnibus wrote: Wed Mar 23, 2022 4:44
Profith83 wrote: Wed Mar 23, 2022 4:27
Omnibus wrote: Wed Mar 23, 2022 4:16

masalahnya sy ga kuatir krn pas masukin coolant baru itu hampir sama dgn yg keluar jd kemungkinan overheat kan ga ada. kl mbah beda, masuknya sedikit. itu yg bahaya. hehehehe
saya hitung yang pas pertama benar memang kurang lumayan, makanya saya sengaja naik mobil sekitar 1KM balik lagi isi, pakai lagi 1 KM balik isi lagi, gitu terus.
NAH setelah keluar dan masuk mirip maka baru saya pakai agak panjang sekitar 5 km, benar turunnya cuma dikit.
ah bagus. soalnya sy kuatir kejadian kaya gini

tonton menit 3:05


tp mbahh, di manual book mobil ane beda metodenya.
1. fill radiator with coolant up to bottom of radiator filler neck and install radiator cap.
2. run engine at idle speed
3. run engine until radiator fan is operated
4. stop engine and wait until engine comes cooled down
5. add coolant to radiator up to bottom of the radiator neck and install radiator cap
6. repeat step 1 - 5

gitu terus mbahh krn mobil ane ga ada baut bleeding.

cuma ane ga prnh berhasil, cara di youtube jg sulit krn air lgsg muntah2 pas mesin panas.
cara mudah nya, tinggalin itu radiator seharian, dongkrak roda dpn, bsk pagi nya udh turun itu air. top up, jalanin sampe suhu kerja, pulang, matiin, pas udh dingin isi reservoir sampe full krn biasanya udh kesedot smpe ke low. selesai.

ribet yaa..
jd trauma oprek radiator ane mbah :big_childish:
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by ViPerRed »

DOHC wrote: Thu Mar 24, 2022 13:46
ViPerRed wrote: Thu Mar 24, 2022 13:22
marmut wrote: Thu Mar 24, 2022 12:35




yang udah-udah si, upper tank ga bisa diapa-apain kecuali ganti baru.
kalo mau coba, beli jb weld. mudah-mudahan sanggup dia nahan tekanan dan panas.

upper tank bisa kena, pernah kemasukan cairan selain coolant?
upper tank udh ganti baru mbah..
cm kyknya kuku2 sama seal yg udh robek dan 'got' nya udh ga rata.

oo sudah jelas mbah, awal ambil mobil isi nya aer ledeng
dlu2 ane ga paham otomotif.. hikmah nya, pipa2, selang, housing+termostat ganti baru semua krn bocor.

tinggal radiator, water pump (ga bocor), sm heater core aja yg ga diganti.
kl aliran bekas aer ledeng

ada bagus nya ganti smua per aer an enjin

apalagi heater core, itu kl bocor alus, tjakep bener
water pump nti mbah
tunggu ada suara greekkk greekk.. :big_biglaugh:

heater core blm tau kabarnya.
dlu sih aerio ane bgtu jebol heater core lgsg tumpah di kabin, asepan kabin nya. kyk masuk 'aquarium'. wkwk
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by ViPerRed »

Omnibus wrote: Thu Mar 24, 2022 13:52
DOHC wrote: Thu Mar 24, 2022 13:46
kl aliran bekas aer ledeng

ada bagus nya ganti smua per aer an enjin

apalagi heater core, itu kl bocor alus, tjakep bener
kemaren ai dpt video, ternyata air aki biru aja jelek lho utk nguras. hanya dlm waktu 3 jam sdh ada karat. semua bentuk air, mau itu air pam, air mineral, air aki biru hampir sama. cuma coolant yg ga bikin karat.

kesimpulannya kl ganti air radiator ga usah pake dibilas2 air apapun. cukup drain n fill aja. mau 1x kek, 2x kek, 100x kek terserah. yg penting ga sampai introduce air2 apapun selain coolant ke dalam sistem. makin nyaman diy ya, krn kita ga tau mobil kita digimanain kl di bengkel. :big_grin: bengkel nisin di jogja yg ada yutupnya aja mobil digelonggongin air kran/ledeng buat ngebilasnya.
oooh sudah jelas mbah..
H2O itu ada oksigen, sarana oksidasi/karat.
mau air destilasi pun bikin karat walau ga secepat air biasa.

lucunya byk bengkel/tukang radiator maksa konsumen pake air ledeng ato AC. mereka anggap coolant itu sumber masalah.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11780
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Omnibus »

ViPerRed wrote: Thu Mar 24, 2022 14:22
Omnibus wrote: Thu Mar 24, 2022 13:52
DOHC wrote: Thu Mar 24, 2022 13:46
kl aliran bekas aer ledeng

ada bagus nya ganti smua per aer an enjin

apalagi heater core, itu kl bocor alus, tjakep bener
kemaren ai dpt video, ternyata air aki biru aja jelek lho utk nguras. hanya dlm waktu 3 jam sdh ada karat. semua bentuk air, mau itu air pam, air mineral, air aki biru hampir sama. cuma coolant yg ga bikin karat.

kesimpulannya kl ganti air radiator ga usah pake dibilas2 air apapun. cukup drain n fill aja. mau 1x kek, 2x kek, 100x kek terserah. yg penting ga sampai introduce air2 apapun selain coolant ke dalam sistem. makin nyaman diy ya, krn kita ga tau mobil kita digimanain kl di bengkel. :big_grin: bengkel nisin di jogja yg ada yutupnya aja mobil digelonggongin air kran/ledeng buat ngebilasnya.
oooh sudah jelas mbah..
H2O itu ada oksigen, sarana oksidasi/karat.
mau air destilasi pun bikin karat walau ga secepat air biasa.

lucunya byk bengkel/tukang radiator maksa konsumen pake air ledeng ato AC. mereka anggap coolant itu sumber masalah.
hmm .... kl dibilang H2O itu ada oksigen, sarana oksidasi/karat,
coolant premixed kaya toyota sllc dan honda type 2 jg ada mix dgn airnya (h20) sih kan ga 100% ethylene glycol. cuma air yg dijadikan campurannya mungkin bedanya sdh di treatment dr segi komposisi dan pH nya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

ViPerRed wrote: Thu Mar 24, 2022 13:18

wkwkwk. seperti majang carry truntung di komunitas lamboo


bagus jelek yang penting pajang.
sudah jadi peraturan dan amanat dari juragan delko atau kena sanksi berupa menginap 2 malam bersama igun serombongan....

:mky_03:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

ViPerRed wrote: Thu Mar 24, 2022 13:22

upper tank udh ganti baru mbah..
cm kyknya kuku2 sama seal yg udh robek dan 'got' nya udh ga rata.

oo sudah jelas mbah, awal ambil mobil isi nya aer ledeng
dlu2 ane ga paham otomotif.. hikmah nya, pipa2, selang, housing+termostat ganti baru semua krn bocor.

tinggal radiator, water pump (ga bocor), sm heater core aja yg ga diganti.



hooo.... sudah kuduga....

ganti upper tank itu ngeri-ngeri sedep. bayangin radiator baru kelar di produksi, itu kuku-kukunya kan masih ngac3ng trus ditekuk 90° buat ngejepit upper tank.
nah, trus kemaren dibuka lagi dibikin ngac3ng berdiri tegak lagi, abis itu ditekuk lagi. masih bagus engga patah... biasanya patah beberapa.
saran saya sih, memang mahal tapi jaminan ga bakal bocor lagi, ganti radiator baru saja.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by ViPerRed »

marmut wrote: Thu Mar 24, 2022 14:38
ViPerRed wrote: Thu Mar 24, 2022 13:18

wkwkwk. seperti majang carry truntung di komunitas lamboo


bagus jelek yang penting pajang.
sudah jadi peraturan dan amanat dari juragan delko atau kena sanksi berupa menginap 2 malam bersama igun serombongan....

:mky_03:
nti mbah. lg mantau tool2an jg nii
yg murah multi fungsi aja.
ehh, salah room kyknya, mewah semua dimari :big_grin:
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by ViPerRed »

marmut wrote: Thu Mar 24, 2022 14:44
ViPerRed wrote: Thu Mar 24, 2022 13:22

upper tank udh ganti baru mbah..
cm kyknya kuku2 sama seal yg udh robek dan 'got' nya udh ga rata.

oo sudah jelas mbah, awal ambil mobil isi nya aer ledeng
dlu2 ane ga paham otomotif.. hikmah nya, pipa2, selang, housing+termostat ganti baru semua krn bocor.

tinggal radiator, water pump (ga bocor), sm heater core aja yg ga diganti.



hooo.... sudah kuduga....

ganti upper tank itu ngeri-ngeri sedep. bayangin radiator baru kelar di produksi, itu kuku-kukunya kan masih ngac3ng trus ditekuk 90° buat ngejepit upper tank.
nah, trus kemaren dibuka lagi dibikin ngac3ng berdiri tegak lagi, abis itu ditekuk lagi. masih bagus engga patah... biasanya patah beberapa.
saran saya sih, memang mahal tapi jaminan ga bakal bocor lagi, ganti radiator baru saja.
tp emg ada yg ngodek mbah, ga patah sih..
otw bli radiator ori sih ini, nunggu moment dlu. huehehe.
biar pikiran tenang
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

ViPerRed wrote: Thu Mar 24, 2022 15:34

nti mbah. lg mantau tool2an jg nii
yg murah multi fungsi aja.
ehh, salah room kyknya, mewah semua dimari :big_grin:



ngga ada istilah tools mewah kecuali lapis emas....

emangnya apa yang dibutuhkan? disini tempat bertanya yang tepat.

:e-dance: