[Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Kalo pada bilang honda cvtnya terbaik diantara sekelasnya setuju sih. Dlu pake GD3 idsi ganti velg 17", audio lumayan berat dibelakang, isi 4 orang dewasa nanjak ke daerah puncak masih aman2 aja. Beberapa tanjakan emang agak berat tapi ga ada sama sekali rasa was2 sama sekali mbl ga bisa nanjak.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Mon Nov 06, 2017 2:46
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Nah jadi udah keliatan kan alasan kenapa dia di gas diem di tempat aja

Awalnya bisa creep jalan pelan, begitu dia deteksi spin dikit, langsung makin nge-cut power dan jadinya ogah jalan aja anteng di tempat. Tapi emang keliatan juga setelah beberapa kali di push terus" an akhirnya mulai heat soak dan makin di-limit. Waktu metode kelima itu udah keliatan harusnya bisa naik tapi gara" makin panas jadi ogah" an meskipun katanya gaada spin, keliatan juga dari AC nya yang jadi panas, kondensor nya udah ga ngatasin wkwk.
Xpander - Veloz di grade ketinggian 21 derajat gini udah lolos (profil lebar ban 205), Avanza (profil lebar 195 dengan tapak lebih kecil) spin dikit terus power makin di cut dan akhirnya ngeden di tempat, Xenia (MT) udah ketebak lah ya kira" gimana wkwk. Tinggal tunggu BR-V di tes di sini.
Anyway kalo udah kondisi full load, di gas cuma jalan di tempat gini (bukan karena kepanasan) di brake torque gaspol efeknya kira" gimana ya

2021 W101RE LBVFJ
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Mon Nov 06, 2017 2:46
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
gadjahalphien wrote: Thu Feb 24, 2022 18:07
Nah ini.
Kalo di perhatikan ttg dimensi Radiator, kelihatan banget trio Veloz-Avanza-Xenia yg baru ukuran nya mengecil dibandingkan Old Gen maupun Rush-Terios. Padahal engine relatif sama, masih menggunakan 2NR.
Sekilas ukuran radiatornya seperti radiator LCGC duo Astra nya yg di tempel ke LMPV nya.
Kalo liat dari quantity coolant (referensi buku manual) juga udah keliatan sih sebenernya om.
Avanza lama (sama Rush) 2NR 4AT ada di 5.1 liter, Avanza 2NR CVT yang baru jadi cuma 4.5 liter. Calya 3NR 4AT ada di 4 liter.
Ini semua jumlah literan untuk yang versi matic ya. Kuantitas coolant di Avanza baru juga jadi mirip Raize 1KR VET yang ada di 4.6 liter, radiator unit nya diliat pun sekilas mirip. Yang versi MT malah dua" nya sama persis di 4.4 liter, memperkuat dugaan emang cooling system nya sama, sama" kurang...

2021 W101RE LBVFJ
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 516
- Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
- Location: Jakarta - Bandung
- Daily Vehicle: 1988 300E MT
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Berarti kesempatan buat aftermarket nii, bikin cooling system yang lebih proper wkwkkw bisa gak yaMercer29 wrote: Sat Mar 12, 2022 2:06gadjahalphien wrote: Thu Feb 24, 2022 18:07
Nah ini.
Kalo di perhatikan ttg dimensi Radiator, kelihatan banget trio Veloz-Avanza-Xenia yg baru ukuran nya mengecil dibandingkan Old Gen maupun Rush-Terios. Padahal engine relatif sama, masih menggunakan 2NR.
Sekilas ukuran radiatornya seperti radiator LCGC duo Astra nya yg di tempel ke LMPV nya.
Kalo liat dari quantity coolant (referensi buku manual) juga udah keliatan sih sebenernya om.
Avanza lama (sama Rush) 2NR 4AT ada di 5.1 liter, Avanza 2NR CVT yang baru jadi cuma 4.5 liter. Calya 3NR 4AT ada di 4 liter.
Ini semua jumlah literan untuk yang versi matic ya. Kuantitas coolant di Avanza baru juga jadi mirip Raize 1KR VET yang ada di 4.6 liter, radiator unit nya diliat pun sekilas mirip. Yang versi MT malah dua" nya sama persis di 4.4 liter, memperkuat dugaan emang cooling system nya sama, sama" kurang...![]()
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
sebenernya sangat langka loh toyota (dan daihatsu) bikin spec yang mepet mepet gini. rumus buat older toyotas yang robust itu kan krn toyota selalu over engineered bagian mekanikal. tp since 2016 keluar reborn kayaknya toyota ngga terlalu interested bikin over engineered formula gitu.Mercer29 wrote: Sat Mar 12, 2022 2:06gadjahalphien wrote: Thu Feb 24, 2022 18:07
Nah ini.
Kalo di perhatikan ttg dimensi Radiator, kelihatan banget trio Veloz-Avanza-Xenia yg baru ukuran nya mengecil dibandingkan Old Gen maupun Rush-Terios. Padahal engine relatif sama, masih menggunakan 2NR.
Sekilas ukuran radiatornya seperti radiator LCGC duo Astra nya yg di tempel ke LMPV nya.
Kalo liat dari quantity coolant (referensi buku manual) juga udah keliatan sih sebenernya om.
Avanza lama (sama Rush) 2NR 4AT ada di 5.1 liter, Avanza 2NR CVT yang baru jadi cuma 4.5 liter. Calya 3NR 4AT ada di 4 liter.
Ini semua jumlah literan untuk yang versi matic ya. Kuantitas coolant di Avanza baru juga jadi mirip Raize 1KR VET yang ada di 4.6 liter, radiator unit nya diliat pun sekilas mirip. Yang versi MT malah dua" nya sama persis di 4.4 liter, memperkuat dugaan emang cooling system nya sama, sama" kurang...![]()
akibat kompetisi makin sengit kali ya. produknya klo over engineered = life span lama = lama ganti model. klo liat innova dan avanza lama, life cyclenya emang panjang susah buat ngikutin competition nya. toyota yang skrg kayaknya gak mau diliat sbg mobil yang selalu ketinggalan urusan teknologi

mirip henpon, henpon nokia jadul mau 10 thn jg gak rusak rusak, skrg hp 2 taun ada aja bugnya. batrenya jg makin gampang rusak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
gw suka lucu liat orang yang duduk di belakang ridwan hanif KW10 kayaknya mirip banget cuma tampangnya lebih lusuh ajaMercer29 wrote: Sat Mar 12, 2022 1:55
Nah jadi udah keliatan kan alasan kenapa dia di gas diem di tempat aja
Awalnya bisa creep jalan pelan, begitu dia deteksi spin dikit, langsung makin nge-cut power dan jadinya ogah jalan aja anteng di tempat. Tapi emang keliatan juga setelah beberapa kali di push terus" an akhirnya mulai heat soak dan makin di-limit. Waktu metode kelima itu udah keliatan harusnya bisa naik tapi gara" makin panas jadi ogah" an meskipun katanya gaada spin, keliatan juga dari AC nya yang jadi panas, kondensor nya udah ga ngatasin wkwk.
Xpander - Veloz di grade ketinggian 21 derajat gini udah lolos (profil lebar ban 205), Avanza (profil lebar 195 dengan tapak lebih kecil) spin dikit terus power makin di cut dan akhirnya ngeden di tempat, Xenia (MT) udah ketebak lah ya kira" gimana wkwk. Tinggal tunggu BR-V di tes di sini.
Anyway kalo udah kondisi full load, di gas cuma jalan di tempat gini (bukan karena kepanasan) di brake torque gaspol efeknya kira" gimana ya![]()

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
gw suka lucu liat orang yang duduk di belakang ridwan hanif KW10 kayaknya mirip banget cuma tampangnya lebih cungkring ajaMercer29 wrote: Sat Mar 12, 2022 1:55
Nah jadi udah keliatan kan alasan kenapa dia di gas diem di tempat aja
Awalnya bisa creep jalan pelan, begitu dia deteksi spin dikit, langsung makin nge-cut power dan jadinya ogah jalan aja anteng di tempat. Tapi emang keliatan juga setelah beberapa kali di push terus" an akhirnya mulai heat soak dan makin di-limit. Waktu metode kelima itu udah keliatan harusnya bisa naik tapi gara" makin panas jadi ogah" an meskipun katanya gaada spin, keliatan juga dari AC nya yang jadi panas, kondensor nya udah ga ngatasin wkwk.
Xpander - Veloz di grade ketinggian 21 derajat gini udah lolos (profil lebar ban 205), Avanza (profil lebar 195 dengan tapak lebih kecil) spin dikit terus power makin di cut dan akhirnya ngeden di tempat, Xenia (MT) udah ketebak lah ya kira" gimana wkwk. Tinggal tunggu BR-V di tes di sini.
Anyway kalo udah kondisi full load, di gas cuma jalan di tempat gini (bukan karena kepanasan) di brake torque gaspol efeknya kira" gimana ya![]()

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
mobil yg sama, isi yg sama, dirubah dari Jalan Maju ke Jalan MUndur...(FWD jadi RWD),.supir yg sama, lokasi sama ... ternyata bisa naek..b0ku wrote: Sat Mar 12, 2022 6:50gw suka lucu liat orang yang duduk di belakang ridwan hanif KW10 kayaknya mirip banget cuma tampangnya lebih cungkring ajaMercer29 wrote: Sat Mar 12, 2022 1:55
Nah jadi udah keliatan kan alasan kenapa dia di gas diem di tempat aja
Awalnya bisa creep jalan pelan, begitu dia deteksi spin dikit, langsung makin nge-cut power dan jadinya ogah jalan aja anteng di tempat. Tapi emang keliatan juga setelah beberapa kali di push terus" an akhirnya mulai heat soak dan makin di-limit. Waktu metode kelima itu udah keliatan harusnya bisa naik tapi gara" makin panas jadi ogah" an meskipun katanya gaada spin, keliatan juga dari AC nya yang jadi panas, kondensor nya udah ga ngatasin wkwk.
Xpander - Veloz di grade ketinggian 21 derajat gini udah lolos (profil lebar ban 205), Avanza (profil lebar 195 dengan tapak lebih kecil) spin dikit terus power makin di cut dan akhirnya ngeden di tempat, Xenia (MT) udah ketebak lah ya kira" gimana wkwk. Tinggal tunggu BR-V di tes di sini.
Anyway kalo udah kondisi full load, di gas cuma jalan di tempat gini (bukan karena kepanasan) di brake torque gaspol efeknya kira" gimana ya![]()
![]()
ARTINYA itu masalah TRaksi.
Mobil yg sama, lokasi sama, muatan dikurangi ternyata berhasil juga..berarti ada faktor Power/Torsi juga
Mobil yg sama, muatan full, 1 orang duduk di kap mesin,,,berhasil...
berarti masalah Traksi..
Kesimpulan :
Masalah Traksi lebih dominan, lalu Power/Torsi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Jadi deja vu sama kasusnya defesek 560 ya, sama2 gara2 traction control yg super agresipMercer29 wrote: Sat Mar 12, 2022 1:55
Nah jadi udah keliatan kan alasan kenapa dia di gas diem di tempat aja
Awalnya bisa creep jalan pelan, begitu dia deteksi spin dikit, langsung makin nge-cut power dan jadinya ogah jalan aja anteng di tempat. Tapi emang keliatan juga setelah beberapa kali di push terus" an akhirnya mulai heat soak dan makin di-limit. Waktu metode kelima itu udah keliatan harusnya bisa naik tapi gara" makin panas jadi ogah" an meskipun katanya gaada spin, keliatan juga dari AC nya yang jadi panas, kondensor nya udah ga ngatasin wkwk.
Xpander - Veloz di grade ketinggian 21 derajat gini udah lolos (profil lebar ban 205), Avanza (profil lebar 195 dengan tapak lebih kecil) spin dikit terus power makin di cut dan akhirnya ngeden di tempat, Xenia (MT) udah ketebak lah ya kira" gimana wkwk. Tinggal tunggu BR-V di tes di sini.
Anyway kalo udah kondisi full load, di gas cuma jalan di tempat gini (bukan karena kepanasan) di brake torque gaspol efeknya kira" gimana ya![]()

Ga ada yg mo class action ke atoyot dan diehasut nih? Biar case nya sama kaya si defesek gituh

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
atoyot sudah merespon oom, katanya "sedang dipelajari". tau ndiri marketing & PR nya pinterrakyatwkwkland wrote: Sat Mar 12, 2022 12:17Jadi deja vu sama kasusnya defesek 560 ya, sama2 gara2 traction control yg super agresipMercer29 wrote: Sat Mar 12, 2022 1:55
Nah jadi udah keliatan kan alasan kenapa dia di gas diem di tempat aja
Awalnya bisa creep jalan pelan, begitu dia deteksi spin dikit, langsung makin nge-cut power dan jadinya ogah jalan aja anteng di tempat. Tapi emang keliatan juga setelah beberapa kali di push terus" an akhirnya mulai heat soak dan makin di-limit. Waktu metode kelima itu udah keliatan harusnya bisa naik tapi gara" makin panas jadi ogah" an meskipun katanya gaada spin, keliatan juga dari AC nya yang jadi panas, kondensor nya udah ga ngatasin wkwk.
Xpander - Veloz di grade ketinggian 21 derajat gini udah lolos (profil lebar ban 205), Avanza (profil lebar 195 dengan tapak lebih kecil) spin dikit terus power makin di cut dan akhirnya ngeden di tempat, Xenia (MT) udah ketebak lah ya kira" gimana wkwk. Tinggal tunggu BR-V di tes di sini.
Anyway kalo udah kondisi full load, di gas cuma jalan di tempat gini (bukan karena kepanasan) di brake torque gaspol efeknya kira" gimana ya![]()
![]()
Ga ada yg mo class action ke atoyot dan diehasut nih? Biar case nya sama kaya si defesek gituh![]()

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
sesuai dugaan saya, efek traction control yg terlalu agresif jadinya ban dikunci tapi load ke drivetrain tetep sama/ lebih besar. ya semua mobil juga klo gitumah keok jugaMercer29 wrote: Sat Mar 12, 2022 1:55
Nah jadi udah keliatan kan alasan kenapa dia di gas diem di tempat aja
Awalnya bisa creep jalan pelan, begitu dia deteksi spin dikit, langsung makin nge-cut power dan jadinya ogah jalan aja anteng di tempat. Tapi emang keliatan juga setelah beberapa kali di push terus" an akhirnya mulai heat soak dan makin di-limit. Waktu metode kelima itu udah keliatan harusnya bisa naik tapi gara" makin panas jadi ogah" an meskipun katanya gaada spin, keliatan juga dari AC nya yang jadi panas, kondensor nya udah ga ngatasin wkwk.
Xpander - Veloz di grade ketinggian 21 derajat gini udah lolos (profil lebar ban 205), Avanza (profil lebar 195 dengan tapak lebih kecil) spin dikit terus power makin di cut dan akhirnya ngeden di tempat, Xenia (MT) udah ketebak lah ya kira" gimana wkwk. Tinggal tunggu BR-V di tes di sini.
Anyway kalo udah kondisi full load, di gas cuma jalan di tempat gini (bukan karena kepanasan) di brake torque gaspol efeknya kira" gimana ya![]()

ibarat mau lari tapi ditahan dan terus berusaha, cape lah pasti

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Eh btw ane baru inget, kalo kita mau menyalahkan traction control, lha masalahnya yg di grid oto mereka juga ada test dgn traction control off lhoo...
Lantas apa iya masalahnya hanya di traction control?
Hasilnya pun tetep gabisa nanjak dan ga ada wheelspin sama sekali juga.Lantas apa iya masalahnya hanya di traction control?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 707
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
AFAIK ada videonya Ridwan Hanif (Vlogger) pernah ngetes Veloznya di sentul. TC sudah di off kan. Tapi berasanya masih on..rakyatwkwkland wrote: Sat Mar 12, 2022 18:35 Eh btw ane baru inget, kalo kita mau menyalahkan traction control, lha masalahnya yg di grid oto mereka juga ada test dgn traction control off lhoo...
1.jpeg
2.jpeg
Hasilnya pun tetep gabisa nanjak dan ga ada wheelspin sama sekali juga.
Lantas apa iya masalahnya hanya di traction control?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Berarti kemarin saya untung ya bawa Rocky 1.0 CVT naik Taman Dayu sampai ke De Gegunungan ndak sampe brenti di tengah jalanChZ wrote: Fri Feb 25, 2022 4:04persis ni mbah dulu saya jg pernah rasain di daerah trawas jg pernah sekali tuker sama 2KD temen pikir enak kan diesel buat nanjak2 gini torsinya 260Nm vs grobak susuki ane yang keberatan body. lha kok tidak sesuai ekspektasi tetep gasnya musti agak ditekan biar enakMercer29 wrote: Fri Feb 25, 2022 3:59
2KD kalo nanjak daerah Trawas saya rasa tetep perlu agak di push ya baru masi bisa accel yang mayan. Tetep ada berasa feel berat nya.
Ibarat kata kalo daily commute cuma main 1750 rpm an udah bisa cruise naikin kecepatan santai, ini perlu di maintain ke 2500 rpm an buat ngedorong dengan pace yang agak mendingan. Masih masuk range torsi maksimum nya yang AT sih, ya yang MT range torsi nya agak wow juga meskipun soal angka sebetulnya di downrate cukup jauh.
Belum lagi kalo naikan yang tinggi nya agak ngga waras gitu terus sebelumnya speed agak kencang, begitu masuk tanjakan berasa ga kuat rpm drop di gigi 2 dan tiba" langsung accel kuat begitu melorot ke gigi 1. Ya emang karakter 4AT sih yang pasti sering shifting gear one-two-one-two till u threw (up) wkwk.
klo gasnya kekecilan kadang lah malah loyo turbo blm spool udah naik gigi. dibejeg lagi turunnya agak lama.


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Fortuner gagal nanjak
Mungkin suhu2 di sini ada yang bisa jelaskan, pengalaman saya dari vnt n gr sport, kalo kena tikungan tajam dan curam kayak di video ini, selalu ada ban yang spin. Gak pernah sampe nyangkut kayak di video ini sih, tapi penasaran juga kenapa.
Kalo liat di video, ban kiri belakang yang spin mulu.
Apakah ada yang ngalami hal serupa di rwd lainnya macem innova or pajero?
Atau belokannya yang terlalu patah? Atau saya yang injak gasnya terlalu lebay?

Mungkin suhu2 di sini ada yang bisa jelaskan, pengalaman saya dari vnt n gr sport, kalo kena tikungan tajam dan curam kayak di video ini, selalu ada ban yang spin. Gak pernah sampe nyangkut kayak di video ini sih, tapi penasaran juga kenapa.
Kalo liat di video, ban kiri belakang yang spin mulu.
Apakah ada yang ngalami hal serupa di rwd lainnya macem innova or pajero?
Atau belokannya yang terlalu patah? Atau saya yang injak gasnya terlalu lebay?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Karena per kiri belakangnya meregang/melar itu oom...pengendiesel wrote: Sun Mar 13, 2022 11:11 Fortuner gagal nanjak
![]()
Mungkin suhu2 di sini ada yang bisa jelaskan, pengalaman saya dari vnt n gr sport, kalo kena tikungan tajam dan curam kayak di video ini, selalu ada ban yang spin. Gak pernah sampe nyangkut kayak di video ini sih, tapi penasaran juga kenapa.
Kalo liat di video, ban kiri belakang yang spin mulu.
Apakah ada yang ngalami hal serupa di rwd lainnya macem innova or pajero?
Atau belokannya yang terlalu patah? Atau saya yang injak gasnya terlalu lebay?
Posisi fortuner di atas pas spin itu keadaannya ban depan kiri posisi lebih tinggi daripada ban depan kanan, lalu ban belakang kiri lebih rendah daripada ban belakang kanan. Ibarat kata kalo misalnya itu mobil ga ada per, SA, dan sistem suspensi, itu pasti ban belakang kiri nya udah ngegantung itu. Tapi karena ada per dan SA, itu per nya udah melar supaya ban belakang kiri tetep bisa napak di tanah. Tapi ya karena body belakang kirinya ke angkat, tentu ban jadi kehilangan gaya normal dari jalanan karena gak ada gaya berat dari body. Gaya normal berkurang = gaya gesek berkurang, hasilnya ya spin.
The same with FWD, kalo skenario spt video di atas, ban depan kanannya yang akan kehilangan traksi karena body depan kanannya juga rada ngangkat dan hasilnya ban depan kanan kehilangan gaya normal = kehilangan gaya gesek jg. Hasilnya kalo misalnya sigra yang ada di video di atas berhenti di posisi fortuner spin, terus start lagi dan sopirnya ngegasnya kasar, dijamin ban depan kanan akan spin juga.
Biasanya yg paling menderita di skenario nanjak berbelok ini adalah pickup2 kecil yg muatan belakangnya kosong, soalnya ane perhatiin biasanya travel per belakang mereka luar biasa pendek seperti per mobil FWD, padahal mereka RWD. Akhirnya gampang banget ban belakang mereka ngegantung atau mungkin masih napak tapi slip.
Solusinya, kalo mau nanjak curam, misalnya naik ke parkiran rumah atau sejenisnya, jangan sambil berbelok. Posisi mobil dibuat selurus mungkin dahulu biar gak ada per yang meregang.
Kebetulan ane pernah liat video lain dari channel tsb di tkp yg sama, solusinya biar lewat situ lbh mudah harus ambil sisi luar. Ya karena tanjakannya lebih landai, jadi mobil nanjak lebih mudah dan per mobil tidak meregang terlalu banyak. Sama jg dgn tanjakan ad sense legend di sumbar sitinjau lauik, pengemudi pada disuruh ambil sisi luar jg kan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
karena terlalu extreme buat toyota. bisa jadi R&D ngitung kejadian kaya gini 1 dari sejuta. ya sudah dibiarin saja.darrelund wrote: Sat Mar 12, 2022 15:11 sesuai dugaan saya, efek traction control yg terlalu agresif jadinya ban dikunci tapi load ke drivetrain tetep sama/ lebih besar. ya semua mobil juga klo gitumah keok juga![]()
ibarat mau lari tapi ditahan dan terus berusaha, cape lah pasti![]()

yg jadi masalah sebetulnya CVT tsb. disiksa sekian kali sudah "safe mode". mungkin di edisi FL ada extra CVT cooler atau bigger cooling system.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Berarti masalah travel suspensi dan ditambah torsi gede kah om? Travel suspensi forti emang berasa cenderung pendek sih.rakyatwkwkland wrote: Sun Mar 13, 2022 11:23
Karena per kiri belakangnya meregang/melar itu oom...
Posisi fortuner di atas pas spin itu keadaannya ban depan kiri posisi lebih tinggi daripada ban depan kanan, lalu ban belakang kiri lebih rendah daripada ban belakang kanan. Ibarat kata kalo misalnya itu mobil ga ada per, SA, dan sistem suspensi, itu pasti ban belakang kiri nya udah ngegantung itu. Tapi karena ada per dan SA, itu per nya udah melar supaya ban belakang kiri tetep bisa napak di tanah. Tapi ya karena body belakang kirinya ke angkat, tentu ban jadi kehilangan gaya normal dari jalanan karena gak ada gaya berat dari body. Gaya normal berkurang = gaya gesek berkurang, hasilnya ya spin.
The same with FWD, kalo skenario spt video di atas, ban depan kanannya yang akan kehilangan traksi karena body depan kanannya juga rada ngangkat dan hasilnya ban depan kanan kehilangan gaya normal = kehilangan gaya gesek jg. Hasilnya kalo misalnya sigra yang ada di video di atas berhenti di posisi fortuner spin, terus start lagi dan sopirnya ngegasnya kasar, dijamin ban depan kanan akan spin juga.
Biasanya yg paling menderita di skenario nanjak berbelok ini adalah pickup2 kecil yg muatan belakangnya kosong, soalnya ane perhatiin biasanya travel per belakang mereka luar biasa pendek seperti per mobil FWD, padahal mereka RWD. Akhirnya gampang banget ban belakang mereka ngegantung atau mungkin masih napak tapi slip.
Solusinya, kalo mau nanjak curam, misalnya naik ke parkiran rumah atau sejenisnya, jangan sambil berbelok. Posisi mobil dibuat selurus mungkin dahulu biar gak ada per yang meregang.
Kebetulan ane pernah liat video lain dari channel tsb di tkp yg sama, solusinya biar lewat situ lbh mudah harus ambil sisi luar. Ya karena tanjakannya lebih landai, jadi mobil nanjak lebih mudah dan per mobil tidak meregang terlalu banyak. Sama jg dgn tanjakan ad sense legend di sumbar sitinjau lauik, pengemudi pada disuruh ambil sisi luar jg kan.
Barusan kepikir, di video itu kenapa ban kanan belakangnya gak bisa kasih tenaga n traksi buat nanjak?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - EH32 - RR3
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
coba saya balik ke topik awal, jawab sesuai pengalaman saya ya.
sudah pakai veloz berkali2 ke luar kota, belum pernah nemu kondisi dimana si cvt overheat/keteteran ga bs nanjak. even nanjak2 ke bdg saya rasa lebih enak dibanding xp cross 4at yang cenderung lemot. di punclut yang tanjakannya curam pun gak ada masalah. apa mungkin karena saya selalu sendiri/berdua ya?
analisa saya sih kenapa cvtnya overheat pas pengetesan, itu kan dibawa berkali2 nanjak dan pasti dicobain berkali2 yang gak masuk kamera. itu yang bikin dia overheat cvtnya (harusnya mau berpuluh2 kali ga masalah juga, cuman kan gak ada cvt cooler sialnya). kedua karakternya sensitif, ketauan spin dikit lgs ngecut power.
sudah pakai veloz berkali2 ke luar kota, belum pernah nemu kondisi dimana si cvt overheat/keteteran ga bs nanjak. even nanjak2 ke bdg saya rasa lebih enak dibanding xp cross 4at yang cenderung lemot. di punclut yang tanjakannya curam pun gak ada masalah. apa mungkin karena saya selalu sendiri/berdua ya?
analisa saya sih kenapa cvtnya overheat pas pengetesan, itu kan dibawa berkali2 nanjak dan pasti dicobain berkali2 yang gak masuk kamera. itu yang bikin dia overheat cvtnya (harusnya mau berpuluh2 kali ga masalah juga, cuman kan gak ada cvt cooler sialnya). kedua karakternya sensitif, ketauan spin dikit lgs ngecut power.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
pengendiesel wrote: Sun Mar 13, 2022 11:59
-
Barusan kepikir, di video itu kenapa ban kanan belakangnya gak bisa kasih tenaga n traksi buat nanjak?
karena gardan mobil tersebut sistemnya open differential. tenaga hanya tersalur ke roda yang kiri (seperti di kasus video tsb.)
salah satu kelebihannya adalah mobil lebih mudah dikendalikan saat manuver.
kalau pakai limited slip differential atau ditambah locker, tenaga bisa tersalur dengan rata ke semua ban (kiri dan kanan). kekurangannya, understeer...
ada baiknya kalau menghadapi tikungan seperti itu, hindari sisi dalam tikungan sejauh mungkin.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
satu lagi ga enak open diff mbahmarmut wrote: Sun Mar 13, 2022 13:03pengendiesel wrote: Sun Mar 13, 2022 11:59
-
Barusan kepikir, di video itu kenapa ban kanan belakangnya gak bisa kasih tenaga n traksi buat nanjak?
karena gardan mobil tersebut sistemnya open differential. tenaga hanya tersalur ke roda yang kiri (seperti di kasus video tsb.)
salah satu kelebihannya adalah mobil lebih mudah dikendalikan saat manuver.
kalau pakai limited slip differential atau ditambah locker, tenaga bisa tersalur dengan rata ke semua ban (kiri dan kanan). kekurangannya, understeer...
ada baiknya kalau menghadapi tikungan seperti itu, hindari sisi dalam tikungan sejauh mungkin.
kl lg masupin mobil ke carport yg posisi lg atret nanjak.. nah kl ubin basah dijamin pasti gatot atret nya, krn bgt ad satu ban yg selip, lgs yg satu lg diem wae
beda ama gardan ber LSD, slama ban masi ad yg traksi, mo atret di ubin basah dan nanjak jg ayo2 aja
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Travel suspensi fortie msh ckp capable kok oom. Itu nyatanya ban masih napak kan? Cuma ya seperti yg ane bilang, body belakang kiri keangkat, gaya normal di ban belakang kiri hilang karena ga ada gaya berat dari body, hasilnya gaya gesek berkurang, jadinya slip. Perkara torsi gede, ane yakin katakanlah apanjah lewat posisi begitu jg bisa slip.pengendiesel wrote: Sun Mar 13, 2022 11:59Berarti masalah travel suspensi dan ditambah torsi gede kah om? Travel suspensi forti emang berasa cenderung pendek sih.rakyatwkwkland wrote: Sun Mar 13, 2022 11:23
Karena per kiri belakangnya meregang/melar itu oom...
Posisi fortuner di atas pas spin itu keadaannya ban depan kiri posisi lebih tinggi daripada ban depan kanan, lalu ban belakang kiri lebih rendah daripada ban belakang kanan. Ibarat kata kalo misalnya itu mobil ga ada per, SA, dan sistem suspensi, itu pasti ban belakang kiri nya udah ngegantung itu. Tapi karena ada per dan SA, itu per nya udah melar supaya ban belakang kiri tetep bisa napak di tanah. Tapi ya karena body belakang kirinya ke angkat, tentu ban jadi kehilangan gaya normal dari jalanan karena gak ada gaya berat dari body. Gaya normal berkurang = gaya gesek berkurang, hasilnya ya spin.
The same with FWD, kalo skenario spt video di atas, ban depan kanannya yang akan kehilangan traksi karena body depan kanannya juga rada ngangkat dan hasilnya ban depan kanan kehilangan gaya normal = kehilangan gaya gesek jg. Hasilnya kalo misalnya sigra yang ada di video di atas berhenti di posisi fortuner spin, terus start lagi dan sopirnya ngegasnya kasar, dijamin ban depan kanan akan spin juga.
Biasanya yg paling menderita di skenario nanjak berbelok ini adalah pickup2 kecil yg muatan belakangnya kosong, soalnya ane perhatiin biasanya travel per belakang mereka luar biasa pendek seperti per mobil FWD, padahal mereka RWD. Akhirnya gampang banget ban belakang mereka ngegantung atau mungkin masih napak tapi slip.
Solusinya, kalo mau nanjak curam, misalnya naik ke parkiran rumah atau sejenisnya, jangan sambil berbelok. Posisi mobil dibuat selurus mungkin dahulu biar gak ada per yang meregang.
Kebetulan ane pernah liat video lain dari channel tsb di tkp yg sama, solusinya biar lewat situ lbh mudah harus ambil sisi luar. Ya karena tanjakannya lebih landai, jadi mobil nanjak lebih mudah dan per mobil tidak meregang terlalu banyak. Sama jg dgn tanjakan ad sense legend di sumbar sitinjau lauik, pengemudi pada disuruh ambil sisi luar jg kan.
Barusan kepikir, di video itu kenapa ban kanan belakangnya gak bisa kasih tenaga n traksi buat nanjak?
Kenapa ban belakang kanan gabisa kasih tenaga n traksi buat nanjak, karena kalo gasalah ya yg namanya differensial dia akan cenderung nyalurin tenaga dan torsi ke ban yang hambatan untuk bergeraknya lebih sedikit. Kalo mau tenaga dan torsi terbagi sama rata, ya seperti kata mbah marmut di atas kudu ada LSD. Perkara ini kalo mau tau lebih jelasnya, bisa coba ubek2 trit lama pernah ada yg bahas sistem penggerak kumplit pake banget.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
DOHC wrote: Sun Mar 13, 2022 13:17
satu lagi ga enak open diff mbah
kl lg masupin mobil ke carport yg posisi lg atret nanjak.. nah kl ubin basah dijamin pasti gatot atret nya, krn bgt ad satu ban yg selip, lgs yg satu lg diem wae
beda ama gardan ber LSD, slama ban masi ad yg traksi, mo atret di ubin basah dan nanjak jg ayo2 aja
manfaatkan momentum, jangan bergantung dari traksi ban saja.
mau sehebat apapun mobilnya, sebesar apapun tenaganya, ada saat semuanya hanya bergantung kepada 1 hal, momentum.
maka dari itu, yang namanya nyetir mobil terlihat mudah, tapi, skill sebenarnya akan keliatan saat ketemu tikungan seperti video diatas. jelas banget driver si fortuner nggak paham tatacara masuk-keluar tikungan dengan benar.
sedikit cerita kejadian di masa lampau, temen saya abis pasang LSD di mobilnya untuk keperluan trek pendek 2 SS. satu hari, itu mobil dibawa sama pacarnya dan mengalami kecelakaan.
setelah ditelusur, mobil mengalami understeer saat di tikungan.
jadi, jangan kira pasang LSD untuk mobil dan dipakai harian itu jadi gagah.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
pusing mbah ngomongin ginian. paling bener ganti bpkb saja, boxer engine + awd.DOHC wrote: Sun Mar 13, 2022 13:17 satu lagi ga enak open diff mbah
kl lg masupin mobil ke carport yg posisi lg atret nanjak.. nah kl ubin basah dijamin pasti gatot atret nya, krn bgt ad satu ban yg selip, lgs yg satu lg diem wae
beda ama gardan ber LSD, slama ban masi ad yg traksi, mo atret di ubin basah dan nanjak jg ayo2 aja

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
apapun caranya apapun bahasan nya, mau lsd 10 biji juga tetep aja ....
... veloz msh gagal nanjak
... veloz msh gagal nanjak
