salah yg bikin jalan mbah.lemonadelovers wrote: Wed Feb 23, 2022 6:32kalau Makin banyak mobil gak bsa nanjak. Yg bermasalah engineering mobilnya apa geometri jalanannya?
![]()
harusnya jgn dibikin nanjak, kasih lift

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
salah yg bikin jalan mbah.lemonadelovers wrote: Wed Feb 23, 2022 6:32kalau Makin banyak mobil gak bsa nanjak. Yg bermasalah engineering mobilnya apa geometri jalanannya?
![]()
kalo planetary gear set di overdrive sbenernya tujuannya keliatan biar jarak rasio pulley paling kasar ke paling alus nya ngga kejauhan... diakalin pake planetary gear set biar bisa tetep irit dan responsive.trebla88 wrote: Wed Feb 23, 2022 3:40
Kayanya cvt datsun lebih advance ya dibanding dcvt ini dan cvt di yris/sienta
https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... s-apa-itu-
Sayang flop nih merek
**salah gw, daihatsu cvt ini teorinya lebih advance drpd cvt yaris/sienta dan xtronic nissan
Tapi kenyataannya di video yg ada di web paultan itu ga ada bedanya kalau full throttle
Kayanya beneran lebih kepake directshift toyota drpd di taro di overdrive spt bro chz bilang
krn duit sponsor udah lari semua ke influenser yang non-mainstream, skrg malah balik media mainstream lbh berani
konteks : pickup sayur 1000cc full muatan kadang bisa dipaksa naik dengan teknologi 50 taun yang lalu dan nyali supir, tenaga mesin dan torsi mesin jelas impoten dibanding mobil zaman now. bahkan data pengetesan atau dyno sudah pasti acakadul dibanding modern cars.lemonadelovers wrote: Wed Feb 23, 2022 6:32kalau Makin banyak mobil gak bsa nanjak. Yg bermasalah engineering mobilnya apa geometri jalanannya?
![]()
Kayanya emang sengaja beli, biar lebih enak ulasannya.darrelund wrote:
sakit hati veloz gabisa nanjak, mereka beli soalnya![]()
sub planetary gear di CVT Datsun itu, sama dengan yang dipake current gen X-Tronic CVT Nissan, latest gen lah. efeknya: mega range ratio.trebla88 wrote: Wed Feb 23, 2022 3:40 Kayanya cvt datsun lebih advance ya dibanding dcvt ini dan cvt di yris/sienta
https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... s-apa-itu-
Sayang flop nih merek
**salah gw, daihatsu cvt ini teorinya lebih advance drpd cvt yaris/sienta dan xtronic nissan
Tapi kenyataannya di video yg ada di web paultan itu ga ada bedanya kalau full throttle
Kayanya beneran lebih kepake directshift toyota drpd di taro di overdrive spt bro chz bilang
effortless banget lah ini
Klo kata mbah steve jobs yg maha bener soal antena gate di ipun 4lemonadelovers wrote: Wed Feb 23, 2022 6:32kalau Makin banyak mobil gak bsa nanjak. Yg bermasalah engineering mobilnya apa geometri jalanannya?
![]()
ini inline sm omongannya om taqwa di video gridoto yg abis veloz ga bisa nanjak om.ChZ wrote: Wed Feb 23, 2022 7:44
konteks : pickup sayur 1000cc full muatan kadang bisa dipaksa naik dengan teknologi 50 taun yang lalu dan nyali supir, tenaga mesin dan torsi mesin jelas impoten dibanding mobil zaman now. bahkan data pengetesan atau dyno sudah pasti acakadul dibanding modern cars.
kalau teknologi space age yang kita punya skrg saja struggle buat sekedar naklukkin tanjakan sih...... something clearly wrong.
jgn lupa mobil barang apalagi jaman dulu punya rationya pendek dan manual ditambah masih buka katup gas pake kawat jd responsenya lebih bagus, belom itungan kalo gak power sterring sama gak pake ac otomatis beban mesin juga lebih enteng, jadi inget dulu bawa grandmax lari ke 120kmh sih lumayan cepet tapi ganti giginya juga cepet rationya pendekChZ wrote: Wed Feb 23, 2022 7:44
konteks : pickup sayur 1000cc full muatan kadang bisa dipaksa naik dengan teknologi 50 taun yang lalu dan nyali supir, tenaga mesin dan torsi mesin jelas impoten dibanding mobil zaman now. bahkan data pengetesan atau dyno sudah pasti acakadul dibanding modern cars.
kalau teknologi space age yang kita punya skrg saja struggle buat sekedar naklukkin tanjakan sih...... something clearly wrong.
Nah ini.Mercer29 wrote: Thu Feb 24, 2022 10:52 Ada yang punya referensi ukuran radiator dari Xpander sama BR-V baru ngga ya? Barangkali di buku manual ada juga ginian, saya ngga nemu mereka.
Kalo dari last gen (or facelift) ketiga mobil ini sih memang sepertinya urutannya dari yang paling besar ke paling kecil ya BR-V - Xpander - Avanza.
Dari foto dibawah ini untuk latest gen Veloz, juga emang kelihatan kalo dimensi nya agak kecil, dan cuma nempatin ruang yang sedikit lebih besar dari 1/2 bagian grille depan, atau mepet" ke 3/4 lah. Kalo soal lokasi penempatan gaada yang aneh sih, pada naruh kondensor di depan radiator emang.
vz_owm_enginebay.png
gak apa apa biar belinya diesel 2GD / 1GD aja di jamin kuat nanjaknyarajapb wrote: Thu Feb 24, 2022 18:37 gara2 kasus veloz baru gak bisa nanjak ini penboy fanatik RWD yang awam jadi makin antipati sama FWD dan langsung nuduh FWD nya yang bikin gak bisa nanjak. Padahal Xpander sama Honda BRV fine2 aja itu wkwk.
sebab - akibatrajapb wrote: Thu Feb 24, 2022 18:37 gara2 kasus veloz baru gak bisa nanjak ini penboy fanatik RWD yang awam jadi makin antipati sama FWD dan langsung nuduh FWD nya yang bikin gak bisa nanjak. Padahal Xpander sama Honda BRV fine2 aja itu wkwk.
nah bener om, ini kerasa banget bedanya apalagi di mobil cc kecil, inget dulu antara wagon r 2014 yang masih pake kabel gas dibanding wagon r 2016 yang udah pake TBW beda banget karakternyab0ku wrote: Thu Feb 24, 2022 11:42
jgn lupa mobil barang apalagi jaman dulu punya rationya pendek dan manual ditambah masih buka katup gas pake kawat jd responsenya lebih bagus, belom itungan kalo gak power sterring sama gak pake ac otomatis beban mesin juga lebih enteng, jadi inget dulu bawa grandmax lari ke 120kmh sih lumayan cepet tapi ganti giginya juga cepet rationya pendek![]()
balik lagi yang pernah saya bahas sebelom TBW juga sebenernya bikin mobil kita lebih lemot karena di tuning sama pabrikan bukanya kecil2x emang sih saya punya mobil TBWnya saya setting lv9 aja larinya jd suka lompat2x di D akhirnya mau nyaman jd masukin ke S![]()
Honda memang tuning ECU nya bagus, tiap kali keluar model gak pernah dengar problem lemot. Bahan brio bisa najak dimanapun dan top speed juga dapat.
jawabannya : VTEC kick in yoProfith83 wrote: Fri Feb 25, 2022 1:28
Honda memang tuning ECU nya bagus, tiap kali keluar model gak pernah dengar problem lemot. Bahan brio bisa najak dimanapun dan top speed juga dapat.
Toyota sebenarnya sdh dari dulu juga seperti Yaris dan yang lain lain, kuat nanjak.
Mungkin karena tanjakan extreme dan diisi ber 7. ECU nya di setting terlalu irit mungkin.
Velos baru irit banget...
Kalau Honda sudah gak terlalu irit, tetap bisa irit juga kalau toel toel gas nya. Pernah coba HRV di rumah bisa irit juga.
Tapi Honda begitu dibejek cukup boros. Kalau Toyota Innova diesel(gak punya yang bensin) bedanya gak terlalu signifikan antara toel toel dan bejek.
Nah Kalau Honda bedanya jauh antara toel2x dan bejek gas.
Ini yang buat Honda kalau tanjakan kuat nanjak, karena setting ECU untuk bukaan throttle, bahan bakar, juga setingan transmisi.
Mau diajak irit bisa di jalan datar, mau diajak boros waktu tanjakan bisa ....
Punya 2KD dan 2GD.ChZ wrote: Fri Feb 25, 2022 3:16
jawabannya : VTEC kick in yo![]()
fun fact : VTEC / iVTEC di L15 engine itu aimed for performance. malah yg buat eco itu R engine![]()
yg bikin "boros" sebenernya krn VTEC ini sistemnya beda dengan VVT yang cuma cam phasing (maju-mundurin timing). keterbatasannya klo cam phasingnya terlalu maju dia prone to knocking kalo kena bbm jelek. makanya rata-rata untuk comply hal ini mesin-mesin yg pake VVT biasa (toyota, suzuki, daihatsu, nissan) timing atasnya gak terlalu advanced. ya memang irit jadinya krn di atas bensin jd gak ngocor cuma lewat kurva torsi tenaganya jadi flat alias ngeden.
honda krn VTEC main di cam profile / valve opening jd di hi rpm dia pake cam durasi gede, ngebuka lebih gede. ecu baca udara lebih banyak = more power. ya cenderung lebih boros emang, tp lebih ngacir. walaupun ecu dituning untuk low grade fuel retard timing via knocking sensor tapi dia compensate di udara yg masuk itu. makanya tiap mesin honda begitu di tuning loss banget powernyasoalnya berasa banget L15A/L15Z1/L15ZF std isi ron90 klo dihajar full throttle tuh power kayak ketahan tapi naik terus.
klo sama innova diesel gak bisa dibandingin diesel vs bensin mmg karakternya bedablom innova 2KD/2GD stock turbonya kecil buat ngurangin lag tp atasnya ngempos abis. GD lebih parah ngemposnya di atas 2000 rpm.
tetep klo akselerasi, nett power dan torque figure 2KD lebih kecil, walau lebih steadyProfith83 wrote: Fri Feb 25, 2022 3:40
Punya 2KD dan 2GD.
2KD memang terasa kalau tanjakan lebih enak (tanjakan merambat yah)
Dulu punya panther tanjakan merambat iring iringan panjang juga lebih jago dia, serasa di toel langsung jalan kayak gak ada ECU nya ... memang panther 2008 yah gak ada ECU hahahaha ....
Tapi 2KD atas 120 KM/jam naiknya mulai merambat, kalau 2GD mulai merambat diatas 140.
2GD RPM 2000 kecepatan 125. Yah 125 sampai 140 masih lumayan. Atas itu merambat banget hehehehe
Ngejar keiritan BBM di RPM atas, jadi seperti tenaga dicekik habis
Tapi puas kok 2GD lari sampai 140 sd 150 d toll trans jawa, hitungannya sudah nyalip2x yg lain.
ChZ wrote: Fri Feb 25, 2022 3:43tetep klo akselerasi, nett power dan torque figure 2KD lebih kecil, walau lebih steadyProfith83 wrote: Fri Feb 25, 2022 3:40
Punya 2KD dan 2GD.
2KD memang terasa kalau tanjakan lebih enak (tanjakan merambat yah)
Dulu punya panther tanjakan merambat iring iringan panjang juga lebih jago dia, serasa di toel langsung jalan kayak gak ada ECU nya ... memang panther 2008 yah gak ada ECU hahahaha ....
Tapi 2KD atas 120 KM/jam naiknya mulai merambat, kalau 2GD mulai merambat diatas 140.
2GD RPM 2000 kecepatan 125. Yah 125 sampai 140 masih lumayan. Atas itu merambat banget hehehehe
Ngejar keiritan BBM di RPM atas, jadi seperti tenaga dicekik habis
Tapi puas kok 2GD lari sampai 140 sd 150 d toll trans jawa, hitungannya sudah nyalip2x yg lain.biar dikata bobotnya nambah 200kg tapi torque nya bisa compensate nambah 100Nm dari sebelumnya
![]()
persis ni mbah dulu saya jg pernah rasain di daerah trawas jg pernah sekali tuker sama 2KD temen pikir enak kan diesel buat nanjak2 gini torsinya 260Nm vs grobak susuki ane yang keberatan body. lha kok tidak sesuai ekspektasi tetep gasnya musti agak ditekan biar enakMercer29 wrote: Fri Feb 25, 2022 3:59
2KD kalo nanjak daerah Trawas saya rasa tetep perlu agak di push ya baru masi bisa accel yang mayan. Tetep ada berasa feel berat nya.
Ibarat kata kalo daily commute cuma main 1750 rpm an udah bisa cruise naikin kecepatan santai, ini perlu di maintain ke 2500 rpm an buat ngedorong dengan pace yang agak mendingan. Masih masuk range torsi maksimum nya yang AT sih, ya yang MT range torsi nya agak wow juga meskipun soal angka sebetulnya di downrate cukup jauh.
Belum lagi kalo naikan yang tinggi nya agak ngga waras gitu terus sebelumnya speed agak kencang, begitu masuk tanjakan berasa ga kuat rpm drop di gigi 2 dan tiba" langsung accel kuat begitu melorot ke gigi 1. Ya emang karakter 4AT sih yang pasti sering shifting gear one-two-one-two till u threw (up) wkwk.
Saya sendiri pakai CVT nya Yaris/Sienta ga ada masalah sama nanjak di slope sih gak ada kata gak bisa nanjak walau isi full.. Secara mobil2 ini udah saya pakai di pergunungan area buleleng yang curam nya macam candi ceto makanya saya berani bilang.. Dari yang saya baca dan sy sebutkan sebelumnya, DCVT ini jauh dari milik Toyota di direct shift CVT nya, DCVT ini memang di desain untuk keicar dan di desain agar lebih simpel dari direct shift CVT Toyota.. Up to 150Nm atau di artikelnya Daihatsu sendiri disebutkan juga Can be use for car up to 1500cc yg mana kelihatan sekali kalau ngehold torsi mesin nya yg badak di menengah dan ini gak terjadi di Yaris/Sienta yg CVT nya bolot tapi gak hold torsi mesin nya..trebla88 wrote: Wed Feb 23, 2022 3:40D cvt tadinya berharap datsun cvt ternyata daihatsu cvtChZ wrote: Wed Feb 23, 2022 2:39klo transmisi CVTnya, beda.trebla88 wrote: Wed Feb 23, 2022 2:16
Dugaan saya
99% sama
Dan mapping cvtnya sama![]()
Ga jalan rnd nya , cuma jalan di design mobil dan fitur![]()
CVT veloz/avanza/xenia/raize/rocky = D-CVT. CVT ada gear tambahan buat overdrive. klo di le'sus nya buat bantu start gigi 1 di daihatsu buat overdrive.
CVT yaris,sienta masih model lawas.
engine nya, veloz/avanza/xenia 2NRVE iron block
yaris, sienta 2NRFE aluminium block
eith way, CVT yaris dan sienta juga gak refine sih. cuma krn 2 mobil ini gak terlalu laku jd gak terlalu rame. tp klo di slope yang agak curam ya kejadiannya sama. theoritically on paper klo liat specnya aja sienta yang paling berat (1.3 ton).
ngeden juga![]()
![]()
Btw cvt toyota yaris memang busuk sih, bener2 lifeless
Cuma kalau iritnya acungin jempol deh kalau cruise di tol![]()
O beda silinder jg kirain detune doang
Dah cobain raize 1.0t temen jalan d kompleks,tenaga bawahnya ga sesuai ekpetasi. Entah kalau turbonya uda nyala y mungkin baru kerasa
Kayanya cvt datsun lebih advance ya dibanding dcvt ini dan cvt di yris/sienta
https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... s-apa-itu-
Sayang flop nih merek
**salah gw, daihatsu cvt ini teorinya lebih advance drpd cvt yaris/sienta dan xtronic nissan
Tapi kenyataannya di video yg ada di web paultan itu ga ada bedanya kalau full throttle
Kayanya beneran lebih kepake directshift toyota drpd di taro di overdrive spt bro chz bilang
ChZ wrote: Fri Feb 25, 2022 4:04
persis ni mbah dulu saya jg pernah rasain di daerah trawas jg pernah sekali tuker sama 2KD temen pikir enak kan diesel buat nanjak2 gini torsinya 260Nm vs grobak susuki ane yang keberatan body. lha kok tidak sesuai ekspektasi tetep gasnya musti agak ditekan biar enak
klo gasnya kekecilan kadang lah malah loyo turbo blm spool udah naik gigi. dibejeg lagi turunnya agak lama.
NYoman wrote: Sun Feb 27, 2022 4:59
Saya sendiri pakai CVT nya Yaris/Sienta ga ada masalah sama nanjak di slope sih gak ada kata gak bisa nanjak walau isi full.. Secara mobil2 ini udah saya pakai di pergunungan area buleleng yang curam nya macam candi ceto makanya saya berani bilang.. Dari yang saya baca dan sy sebutkan sebelumnya, DCVT ini jauh dari milik Toyota di direct shift CVT nya, DCVT ini memang di desain untuk keicar dan di desain agar lebih simpel dari direct shift CVT Toyota.. Up to 150Nm atau di artikelnya Daihatsu sendiri disebutkan juga Can be use for car up to 1500cc yg mana kelihatan sekali kalau ngehold torsi mesin nya yg badak di menengah dan ini gak terjadi di Yaris/Sienta yg CVT nya bolot tapi gak hold torsi mesin nya..
DCVT nya Daihatsu ini agak beda sih, dia punya walau punya 1st gear tetep gak akan ngelock karena gak bener2 pakai gir itu 100% masih ikut belt juga, sedangkan Direct Shift Toyota bener2 masuk ke 1st physical gear dan hold disana tanpa pakai belt nya.. Teknologinya lebih advance dan complicated kalau mau di buat murah oleh Daihatsu..