Koleksi hand tools [Part 10]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Wed Mar 09, 2022 1:31
marvelio wrote: Tue Mar 08, 2022 16:20 Mbah agak OOT, ada yg pernah ganti bushing steering rack bawaan mobilnya?
Kemarin sempet ganti bushing steering rack, abis dipasangin bushing barunya, stir jadi ga bisa self centering abis dibelokin dikit maupun mentok. Plus rasanya kok jadi lebih berat. Apa motor EPS nya yg ikutan rewel ya :big_childish: atau cuma perlu kasih grease banyakan di steering racknya?
Jadi ga enak bener kalo abis belok kudu muter balikin setir ke tengah
wah ini kl mau DIY belum cukup 7.5jt dan skill levelnya. :mky_03:

temen sy punya altis yg sama, dia ga di repair steering rack nya tp diganti baru assy di bengkel resmi. harganya 8jtan. sambil SA nya bilang "pak ini spare part termahal di altis bapak lho"
trus sy bilang, kok murah ya steering rack assy altis cuma 8 jt, jazz gue aja 14 jt. :big_slap:

jd kl mau balik spt semula ta ada jalan lain kecuali ganti balik ke spare part orikintilnya om .... :ungg:
Mbah jangan salah sebut loh orik intil :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

marvelio wrote: Tue Mar 08, 2022 16:20 Mbah agak OOT, ada yg pernah ganti bushing steering rack bawaan mobilnya?
Kemarin sempet ganti bushing steering rack, abis dipasangin bushing barunya, stir jadi ga bisa self centering abis dibelokin dikit maupun mentok. Plus rasanya kok jadi lebih berat. Apa motor EPS nya yg ikutan rewel ya :big_childish: atau cuma perlu kasih grease banyakan di steering racknya?
Jadi ga enak bener kalo abis belok kudu muter balikin setir ke tengah


itu ganti bushing dengan part asli atau dikerjakan di bengkel selain BeRes pake bushing custom?
kalo pake bushing custom/made in dhewek sudah jaminan berat setirnya karena inner diameter bushing lebih kecil.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Profith83 »

marmut wrote: Wed Mar 09, 2022 5:20
marvelio wrote: Tue Mar 08, 2022 16:20 Mbah agak OOT, ada yg pernah ganti bushing steering rack bawaan mobilnya?
Kemarin sempet ganti bushing steering rack, abis dipasangin bushing barunya, stir jadi ga bisa self centering abis dibelokin dikit maupun mentok. Plus rasanya kok jadi lebih berat. Apa motor EPS nya yg ikutan rewel ya :big_childish: atau cuma perlu kasih grease banyakan di steering racknya?
Jadi ga enak bener kalo abis belok kudu muter balikin setir ke tengah


itu ganti bushing dengan part asli atau dikerjakan di bengkel selain BeRes pake bushing custom?
kalo pake bushing custom/made in dhewek sudah jaminan berat setirnya karena inner diameter bushing lebih kecil.
Kasus ini memang banyak yah ... sepintas orang berpikir ah cuman plastik/karet kenapa beli yang ORI.

Tidak terpikir bagaimana sistem mekanis di dalamnya:

- Apabila beda 0.01mm bagaimana.
- Apabila bushing beda halus atau kasar permukaan bagaimana.
- Apabila bahan yang tidak tahan kena grease biarpun grease yang mild.
- Bagaimana kekuatan part nya, apabila cuma kuat 1 thn kan percuma.
- Bagaimana proses peredaman dari bushing tersebut, kalau terlalu keras menyebabkan apa, terlalu lembek menyebabkan apa
dst2x nya
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by DrivingPotato »

marmut wrote: Wed Mar 09, 2022 5:20
itu ganti bushing dengan part asli atau dikerjakan di bengkel selain BeRes pake bushing custom?
kalo pake bushing custom/made in dhewek sudah jaminan berat setirnya karena inner diameter bushing lebih kecil.
Wah baru ngerti kalo ganti beda bushing beda efek ya. Saya repair di bengkel kaki2 yg super terkenal dan selama ini selalu puas benerin kaki2 di sana. Beberapa member SM aja kalo di kota saya pasti ke bengkel ini. Eh malah khusus steering ini malah sembuh ga bunyi gluduk2 lg tapi konsekuensinya jd berat dan hambar.

Tadinya mau ke beres Toyota. Tapi antrenya bikin males hahaha. Alamat besok kalo dah ga betah minta gantiin di beres aja lah.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

marvelio wrote: Wed Mar 09, 2022 6:03
Wah baru ngerti kalo ganti beda bushing beda efek ya. Saya repair di bengkel kaki2 yg super terkenal dan selama ini selalu puas benerin kaki2 di sana. Beberapa member SM aja kalo di kota saya pasti ke bengkel ini. Eh malah khusus steering ini malah sembuh ga bunyi gluduk2 lg tapi konsekuensinya jd berat dan hambar.

Tadinya mau ke beres Toyota. Tapi antrenya bikin males hahaha. Alamat besok kalo dah ga betah minta gantiin di beres aja lah.



bushing rekstir untuk mobil merk jejepangan setau saya bahannya non logam. saya nggak tau persis apa bahannya karena bukan ahli, yang pasti bukan dari logam.

kita sebut saja bahannya plastik. entah plastik keras atau lunak atau apapun, itu plastik.
kalau bikin custom, diameter rumah rekstir musti diukur presisi kalau perlu sampai 4 digit di belakang koma musti akurat. ini berpengaruh sama outer diameter si bushing tadi.
misal diameter rumah rekstir 50mm. outer diameter bushing tidak boleh sama, harus lebih kecil dari 50mm, entah itu 49,55mm atau 49,75mm atau berapa lah...
kalau diameter sama dan bushing dipaksa masuk, ya si bushing jadi kegencet lebih kecil.

lalu diameter batang rekstir atau ada yang bilang papan gilesan. musti diukur juga seperti cara diatas dan ini berhubungan dengan inner diameter bushing.

oke, bushing sudah jadi dengan ukuran yang sudah ditentukan lalu dipasang kembali ke rekstir.
inner diameter bushing diukur lagi apa langsung pasang batang rekstir? seharusnya diukur ulang dan inner diameter harus sedikit lebih besar dari batang rekstir supaya tidak seret seperti banyak kejadian sekarang.

demikian sedikit tulisan ngalor ngidul saya. kalo jadi pusing mohon maaf karena saya bukan ahli dan bukan siapa-siapa.




#balikngunyahnasipecellagi
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed Mar 09, 2022 6:31
marvelio wrote: Wed Mar 09, 2022 6:03
Wah baru ngerti kalo ganti beda bushing beda efek ya. Saya repair di bengkel kaki2 yg super terkenal dan selama ini selalu puas benerin kaki2 di sana. Beberapa member SM aja kalo di kota saya pasti ke bengkel ini. Eh malah khusus steering ini malah sembuh ga bunyi gluduk2 lg tapi konsekuensinya jd berat dan hambar.

Tadinya mau ke beres Toyota. Tapi antrenya bikin males hahaha. Alamat besok kalo dah ga betah minta gantiin di beres aja lah.



bushing rekstir untuk mobil merk jejepangan setau saya bahannya non logam. saya nggak tau persis apa bahannya karena bukan ahli, yang pasti bukan dari logam.

kita sebut saja bahannya plastik. entah plastik keras atau lunak atau apapun, itu plastik.
kalau bikin custom, diameter rumah rekstir musti diukur presisi kalau perlu sampai 4 digit di belakang koma musti akurat. ini berpengaruh sama outer diameter si bushing tadi.
misal diameter rumah rekstir 50mm. outer diameter bushing tidak boleh sama, harus lebih kecil dari 50mm, entah itu 49,55mm atau 49,75mm atau berapa lah...
kalau diameter sama dan bushing dipaksa masuk, ya si bushing jadi kegencet lebih kecil.

lalu diameter batang rekstir atau ada yang bilang papan gilesan. musti diukur juga seperti cara diatas dan ini berhubungan dengan inner diameter bushing.

oke, bushing sudah jadi dengan ukuran yang sudah ditentukan lalu dipasang kembali ke rekstir.
inner diameter bushing diukur lagi apa langsung pasang batang rekstir? seharusnya diukur ulang dan inner diameter harus sedikit lebih besar dari batang rekstir supaya tidak seret seperti banyak kejadian sekarang.

demikian sedikit tulisan ngalor ngidul saya. kalo jadi pusing mohon maaf karena saya bukan ahli dan bukan siapa-siapa.




#balikngunyahnasipecellagi
tulisan yg sangat mencerahkan

nubi punya pertanyaan mbah. kira2 baut setelan rack steer punya peran ga sampe jd seret gitu? jangan2 montir nya main puter paling kenceng aja itu baut ga dikasih backlash barang sedikit pun. maklum, nubi udah khatam sama baut itu sejak ngana nyuruh2 muter 2 taun lalu. :upss: :weekk:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by DOHC »

kl dibawa spooring dulu kira2 ngaruh ga mbah2 skalian ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed Mar 09, 2022 7:09 kl dibawa spooring dulu kira2 ngaruh ga mbah2 skalian ??
neruga jangan2 belom di spooring lagi :big_think:
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by DrivingPotato »

Omnibus wrote: Wed Mar 09, 2022 7:18
DOHC wrote: Wed Mar 09, 2022 7:09 kl dibawa spooring dulu kira2 ngaruh ga mbah2 skalian ??
neruga jangan2 belom di spooring lagi :big_think:
Udah dispooring mbah di tempat yg paling bener spooringnya menurut saya. Masih sama :big_bored:

Sempat baca kalo kita pake bushing PU, bikin stir susah balik ya?
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Omnibus »

marvelio wrote: Wed Mar 09, 2022 7:21
Omnibus wrote: Wed Mar 09, 2022 7:18
DOHC wrote: Wed Mar 09, 2022 7:09 kl dibawa spooring dulu kira2 ngaruh ga mbah2 skalian ??
neruga jangan2 belom di spooring lagi :big_think:
Udah dispooring mbah di tempat yg paling bener spooringnya menurut saya. Masih sama :big_bored:

Sempat baca kalo kita pake bushing PU, bikin stir susah balik ya?
berarti kemungkinan tinggal 2. gara2 bushing PU nya yg seret. atau baut setelan backlash terlalu rapat.
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Kaleng »

marvelio wrote: Wed Mar 09, 2022 7:21
Udah dispooring mbah di tempat yg paling bener spooringnya menurut saya. Masih sama :big_bored:

Sempat baca kalo kita pake bushing PU, bikin stir susah balik ya?
Mobil saya juga ganti bushing rack steer, jadi lebih berat sedikit, tapi tetap bisa otomatis putar setelah belok. Tapi pernah baca juga pengalaman orang lain di mobil yang sama tapi beda bengkel, tidak bisa auto balik lurus. Jadi mungkin memang tergantung kemampuan bengkel juga.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Wed Mar 09, 2022 7:06

tulisan yg sangat mencerahkan

nubi punya pertanyaan mbah. kira2 baut setelan rack steer punya peran ga sampe jd seret gitu? jangan2 montir nya main puter paling kenceng aja itu baut ga dikasih backlash barang sedikit pun. maklum, nubi udah khatam sama baut itu sejak ngana nyuruh2 muter 2 taun lalu. :upss: :weekk:


cerah dari hongkong.... mendung gelap udh gerimis nih.

baut setelan ya pasti punya peranan, adanya baut disitu bukan pajangan apalagi pelengkap penderita.

tapi menurut saya sih, ini murni pendapat pribadi ya... paling besar pengaruhnya ya diameter si bushing itu.
misal diameter batang rekstir 30mm trus inner diameter bushing juga dikasih diameter yang sama, kelar dah....
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

marvelio wrote: Wed Mar 09, 2022 7:21
-

Sempat baca kalo kita pake bushing PU, bikin stir susah balik ya?

bukan masalah bahan atau material, tapi inner diameter bushing vs. diameter batang rekstir.
User avatar
Materwelon
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Mon Aug 14, 2017 0:56

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Materwelon »

Omnibus wrote: Wed Mar 09, 2022 1:31
marvelio wrote: Tue Mar 08, 2022 16:20 Mbah agak OOT, ada yg pernah ganti bushing steering rack bawaan mobilnya?
Kemarin sempet ganti bushing steering rack, abis dipasangin bushing barunya, stir jadi ga bisa self centering abis dibelokin dikit maupun mentok. Plus rasanya kok jadi lebih berat. Apa motor EPS nya yg ikutan rewel ya :big_childish: atau cuma perlu kasih grease banyakan di steering racknya?
Jadi ga enak bener kalo abis belok kudu muter balikin setir ke tengah
wah ini kl mau DIY belum cukup 7.5jt dan skill levelnya. :mky_03:

temen sy punya altis yg sama, dia ga di repair steering rack nya tp diganti baru assy di bengkel resmi. harganya 8jtan. sambil SA nya bilang "pak ini spare part termahal di altis bapak lho"
trus sy bilang, kok murah ya steering rack assy altis cuma 8 jt, jazz gue aja 14 jt. :big_slap:

jd kl mau balik spt semula ta ada jalan lain kecuali ganti balik ke spare part orikintilnya om .... :ungg:
Corolla tuh eps nya di rack apa di column ya ? saya make sodara nya corolla nanya ke beres 36jt... kata nya sih mahal gara2 eps nya nyatu...
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by yanuarra »

marmut wrote: Wed Mar 09, 2022 8:04
Omnibus wrote: Wed Mar 09, 2022 7:06

tulisan yg sangat mencerahkan

nubi punya pertanyaan mbah. kira2 baut setelan rack steer punya peran ga sampe jd seret gitu? jangan2 montir nya main puter paling kenceng aja itu baut ga dikasih backlash barang sedikit pun. maklum, nubi udah khatam sama baut itu sejak ngana nyuruh2 muter 2 taun lalu. :upss: :weekk:


cerah dari hongkong.... mendung gelap udh gerimis nih.

baut setelan ya pasti punya peranan, adanya baut disitu bukan pajangan apalagi pelengkap penderita.

tapi menurut saya sih, ini murni pendapat pribadi ya... paling besar pengaruhnya ya diameter si bushing itu.
misal diameter batang rekstir 30mm trus inner diameter bushing juga dikasih diameter yang sama, kelar dah....
Mka dari itu kebanyakan bahannya plastik? Brgkli mmg dirancang untuk kalah

*Maap nubi ikut nimbrung :ungg:
*Kalo ga jelas/ga nyambung mohon dimaapken krn ilmunya masi cetek secetek kolem cetek :ungg:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Omnibus »

Materwelon wrote: Wed Mar 09, 2022 8:32
Omnibus wrote: Wed Mar 09, 2022 1:31
marvelio wrote: Tue Mar 08, 2022 16:20 Mbah agak OOT, ada yg pernah ganti bushing steering rack bawaan mobilnya?
Kemarin sempet ganti bushing steering rack, abis dipasangin bushing barunya, stir jadi ga bisa self centering abis dibelokin dikit maupun mentok. Plus rasanya kok jadi lebih berat. Apa motor EPS nya yg ikutan rewel ya :big_childish: atau cuma perlu kasih grease banyakan di steering racknya?
Jadi ga enak bener kalo abis belok kudu muter balikin setir ke tengah
wah ini kl mau DIY belum cukup 7.5jt dan skill levelnya. :mky_03:

temen sy punya altis yg sama, dia ga di repair steering rack nya tp diganti baru assy di bengkel resmi. harganya 8jtan. sambil SA nya bilang "pak ini spare part termahal di altis bapak lho"
trus sy bilang, kok murah ya steering rack assy altis cuma 8 jt, jazz gue aja 14 jt. :big_slap:

jd kl mau balik spt semula ta ada jalan lain kecuali ganti balik ke spare part orikintilnya om .... :ungg:
Corolla tuh eps nya di rack apa di column ya ? saya make sodara nya corolla nanya ke beres 36jt... kata nya sih mahal gara2 eps nya nyatu...
corolla di column.

itulah yg bikin sy gedek sm ahond. jazz ge8 yg lama di rack si eps nya. yg gk5 di column. tp harganya sama2 14jt. nyeting harga sambil minum ciu kali tuh.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

yanuarra wrote: Wed Mar 09, 2022 9:07


Mka dari itu kebanyakan bahannya plastik? Brgkli mmg dirancang untuk kalah

*Maap nubi ikut nimbrung :ungg:
*Kalo ga jelas/ga nyambung mohon dimaapken krn ilmunya masi cetek secetek kolem cetek :ungg:


kalah = ngga awet kan?

kalo segala awet, pabrik bangkrut, mekanik nganggur.
sama kaya orang kalo sehat semua, farmasi kukut, dokter makan apa?

:mky_03:

kalo mau lebih awet sedikit ya musti ada perlakuan husus seperti yang sudah dijelaskan mbah ono beberapa part kebelakang.

:big_grin:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by kunaskun »

yanuarra wrote: Wed Mar 09, 2022 9:07 Mka dari itu kebanyakan bahannya plastik? Brgkli mmg dirancang untuk kalah

*Maap nubi ikut nimbrung :ungg:
*Kalo ga jelas/ga nyambung mohon dimaapken krn ilmunya masi cetek secetek kolem cetek :ungg:
lupa pernah dapat info darimana, faktor utama itu: biar nyaman karena menyerap getaran dan tidak berisik, karena kan kalau bahan kaya "plastik" seperti itu self lubricating dan meredam suara. tidak seperti metal to metal, rentan berisik.
btw itu bahan kaya plastik itu kalau ga salah: nylon + reinforced fiber.

mungkin di masa depan kalau mobil udah EV semua, steering wheel sudah bisa steering by wire kali alias full electric, jadi itu gear cuma muter2 di tempat plus sensor doang, terus roda yg gerakin roda + motor doang. masalahnya pindah tuh, ke penggerak di roda doang, dan biasanya jadi tambah mahal dan tidak tahan banting :mky_02:

emang paling bener steering by power :big_chicken:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

kunaskun wrote: Wed Mar 09, 2022 10:05

-

mungkin di masa depan kalau mobil udah EV semua, steering wheel sudah bisa steering by wire kali alias full electric, jadi itu gear cuma muter2 di tempat plus sensor doang, terus roda yg gerakin roda + motor doang. masalahnya pindah tuh, ke penggerak di roda doang, dan biasanya jadi tambah mahal dan tidak tahan banting :mky_02:

emang paling bener steering by power :big_chicken:

jadi kaya RC kan? masih inget awal drive by wire di xtrail t30? yang mau overtake, nginjek pedal gas tapi mesin malah ilang power...
nanti kalo sampe kejadian ada steering by wire jangan kaget kalo setir dibelokin banyak tapi roda responnya cuma belok sedikit atau malah sebaliknya.

:mky_03:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by kunaskun »

marmut wrote: Wed Mar 09, 2022 10:18 jadi kaya RC kan? masih inget awal drive by wire di xtrail t30? yang mau overtake, nginjek pedal gas tapi mesin malah ilang power...
nanti kalo sampe kejadian ada steering by wire jangan kaget kalo setir dibelokin banyak tapi roda responnya cuma belok sedikit atau malah sebaliknya.
:mky_03:
:mky_04:
mending mbah kalau steer belok masih mau belok, yg ngeri mau belok malah mundur, ECU kebanyakan mikir karena semuanya by wire :big_slap:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed Mar 09, 2022 10:18
kunaskun wrote: Wed Mar 09, 2022 10:05

-

mungkin di masa depan kalau mobil udah EV semua, steering wheel sudah bisa steering by wire kali alias full electric, jadi itu gear cuma muter2 di tempat plus sensor doang, terus roda yg gerakin roda + motor doang. masalahnya pindah tuh, ke penggerak di roda doang, dan biasanya jadi tambah mahal dan tidak tahan banting :mky_02:

emang paling bener steering by power :big_chicken:

jadi kaya RC kan? masih inget awal drive by wire di xtrail t30? yang mau overtake, nginjek pedal gas tapi mesin malah ilang power...
nanti kalo sampe kejadian ada steering by wire jangan kaget kalo setir dibelokin banyak tapi roda responnya cuma belok sedikit atau malah sebaliknya.

:mky_03:
ga perlu takut mbah ....

sdh lama industri penerbangan pakai controls by wire. sampe skrg mayoritas msh baik2 aja. kecuali nyang 1 ntu, disuruh naik malah nyungsep, alias 737Max
User avatar
Materwelon
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Mon Aug 14, 2017 0:56

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Materwelon »

Omnibus wrote: Wed Mar 09, 2022 9:23
Materwelon wrote: Wed Mar 09, 2022 8:32
Omnibus wrote: Wed Mar 09, 2022 1:31

wah ini kl mau DIY belum cukup 7.5jt dan skill levelnya. :mky_03:

temen sy punya altis yg sama, dia ga di repair steering rack nya tp diganti baru assy di bengkel resmi. harganya 8jtan. sambil SA nya bilang "pak ini spare part termahal di altis bapak lho"
trus sy bilang, kok murah ya steering rack assy altis cuma 8 jt, jazz gue aja 14 jt. :big_slap:

jd kl mau balik spt semula ta ada jalan lain kecuali ganti balik ke spare part orikintilnya om .... :ungg:
Corolla tuh eps nya di rack apa di column ya ? saya make sodara nya corolla nanya ke beres 36jt... kata nya sih mahal gara2 eps nya nyatu...
corolla di column.

itulah yg bikin sy gedek sm ahond. jazz ge8 yg lama di rack si eps nya. yg gk5 di column. tp harganya sama2 14jt. nyeting harga sambil minum ciu kali tuh.
Positif thinking aja mbah.. mungkin yang di gk5 udah lapis vibranium..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

kunaskun wrote: Wed Mar 09, 2022 10:24
:mky_04:
mending mbah kalau steer belok masih mau belok, yg ngeri mau belok malah mundur, ECU kebanyakan mikir karena semuanya by wire :big_slap:


itu kalo ecu-nya bikinan asem reges... :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Wed Mar 09, 2022 10:59
ga perlu takut mbah ....

sdh lama industri penerbangan pakai controls by wire. sampe skrg mayoritas msh baik2 aja. kecuali nyang 1 ntu, disuruh naik malah nyungsep, alias 737Max



harga pesawat vs. harga mobil.... :big_bored:

oke, sama-sama mobil dan sama-sama suspensi.
suspensi carry pick up vs. suspensi rr phantom.

:mky_03:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed Mar 09, 2022 16:00
Omnibus wrote: Wed Mar 09, 2022 10:59
ga perlu takut mbah ....

sdh lama industri penerbangan pakai controls by wire. sampe skrg mayoritas msh baik2 aja. kecuali nyang 1 ntu, disuruh naik malah nyungsep, alias 737Max

harga pesawat vs. harga mobil.... :big_bored:

oke, sama-sama mobil dan sama-sama suspensi.
suspensi carry pick up vs. suspensi rr phantom.

:mky_03:
iya mbah betul .... beda harga

tp kl sampai sesuatu terjadi akibat gagalnya sistem apalagi menghilangkan nyawa, perusahaan industri pesawat atau mobil bisa sama2 habis2an ruginya kl dituntut. utk settlement dan segala macam. belom lagi class action lawsuit rame2 pada mau balikin mobil.

:mky_03:

keri pikap steering by wire? yg ada beneran pake kabel ... maksudnya pake sling. hayo lho bingung dah sono gimana nyetirnya. :weekk:

btw pesawat jadul juga pake sling lho diatas fuselage nya