marvelio wrote: Wed Mar 09, 2022 6:03
Wah baru ngerti kalo ganti beda bushing beda efek ya. Saya repair di bengkel kaki2 yg super terkenal dan selama ini selalu puas benerin kaki2 di sana. Beberapa member SM aja kalo di kota saya pasti ke bengkel ini. Eh malah khusus steering ini malah sembuh ga bunyi gluduk2 lg tapi konsekuensinya jd berat dan hambar.
Tadinya mau ke beres Toyota. Tapi antrenya bikin males hahaha. Alamat besok kalo dah ga betah minta gantiin di beres aja lah.
bushing rekstir untuk mobil merk jejepangan setau saya bahannya non logam. saya nggak tau persis apa bahannya karena bukan ahli, yang pasti bukan dari logam.
kita sebut saja bahannya plastik. entah plastik keras atau lunak atau apapun, itu plastik.
kalau bikin custom, diameter rumah rekstir musti diukur presisi kalau perlu sampai 4 digit di belakang koma musti akurat. ini berpengaruh sama outer diameter si bushing tadi.
misal diameter rumah rekstir 50mm. outer diameter bushing tidak boleh sama, harus lebih kecil dari 50mm, entah itu 49,55mm atau 49,75mm atau berapa lah...
kalau diameter sama dan bushing dipaksa masuk, ya si bushing jadi kegencet lebih kecil.
lalu diameter batang rekstir atau ada yang bilang papan gilesan. musti diukur juga seperti cara diatas dan ini berhubungan dengan inner diameter bushing.
oke, bushing sudah jadi dengan ukuran yang sudah ditentukan lalu dipasang kembali ke rekstir.
inner diameter bushing diukur lagi apa langsung pasang batang rekstir? seharusnya diukur ulang dan inner diameter harus sedikit lebih besar dari batang rekstir supaya tidak seret seperti banyak kejadian sekarang.
demikian sedikit tulisan ngalor ngidul saya. kalo jadi pusing mohon maaf karena saya bukan ahli dan bukan siapa-siapa.
#balikngunyahnasipecellagi