Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mnugra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by mnugra »

danielkt wrote: Tue Mar 01, 2022 6:32
mnugra wrote: Tue Mar 01, 2022 4:20 Misi om om semua, mau nanya perihal pemilihan oli buat BMW E46 N42 ane, di buku manual sih mintanya oli spec LL-01 atau ACEA A3/B4.
Selama ini ane pakein Q8 Excel 5w40 yang udah masuk ke spec yang diminta dengan oci biasanya 5000km. Nah pertanyaannya

1. Apa oli yang saya gunakan udah cukup atau ada saran lain
2. Apabila saya ganti ke oli 5w30 yang specnya dexos1 gen 2 atau ilsac dll apakah aman, mengingat hths yang mungkin lebih rendah dari yang disarankan. Harapannya sih cuma rada entengan aja pake 5w30

Ohiya km sekarang ada di 255rb, belum pernah turun dan selama pake Q8 itu ga nguap & ngebul sih, pernah pas ganti seal cover valve keliatan jeroan juga masih bersih.

Thanks
kalau sy akan tetap dng spec LL01 ini, toh sudah 255rb km & no problem. Opsi lain spec ini yg sy tahu fastron gold 5w-40, shu atau castrol edge.
yg suggest ganti ke ll04 malah kurang tepat karena related dengan kualitas bbm yg non europe, sesuai rekomendasi dari bmw nya sendiri.
Iya om tadinya saya juga kepikir mau pake LL04 5w30, tapi searching searching, bener kayak kata om, takutnya olinya ga compatible sama bbm disini. Makanya saya tadi nanya nya kalau dipakein yang dexos1 g2 hehehe
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

mnugra wrote: Tue Mar 01, 2022 8:31
sahabatq8 wrote: Tue Mar 01, 2022 7:23
danielkt wrote: Tue Mar 01, 2022 6:32

kalau sy akan tetap dng spec LL01 ini, toh sudah 255rb km & no problem. Opsi lain spec ini yg sy tahu fastron gold 5w-40, shu atau castrol edge.
yg suggest ganti ke ll04 malah kurang tepat karena related dengan kualitas bbm yg non europe, sesuai rekomendasi dari bmw nya sendiri.
Pengalaman saya sih walaupun LL 04 dipake di Indonesia, performa tetap bagus karena disini kita juga pakenya 10rb/1 tahun, kalo disana pakenya kan bisa 30rb/2 tahun. Jadi walaupun LL04 itu di design untuk improved exhaust gas cleanliness, untuk pemakaian pertamax /pertabo gak ada minusnya juga.
Oalaah tadinya saya kira LL-04 itu untuk diesel, dan bisa digunakan di mesin bensin dengan sulfur bensin rendah. Jadinya overall LL04 bisa dipake di bensin indo yah om?
Bisa, LL 04 basically LL 01 versi lowsap. Jadi kalo di eropa kan mobil dieselnya sangat di dijaga emisinya, jadi di pasangin exhaust after treatment seperti Diesel particulate filter. Nah dpf ini perlunya oli low sap/mid sap, kalo gak bakal cepet mampet, maka keluarlah LL 04.
Secara teori sih oli low/mid saps LL 04 lebih gak tahan terhadap sulfur tinggi daripada LL 01 full saps. Tapi untuk pemakaian 10rb/1tahun sih oli yang ada LL 04 seperti G long life ato VX long life 5w30 itu gak masalah, oli masih memunpuni kena sulfur pertamax.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

mnugra wrote: Tue Mar 01, 2022 8:33
danielkt wrote: Tue Mar 01, 2022 6:32
mnugra wrote: Tue Mar 01, 2022 4:20 Misi om om semua, mau nanya perihal pemilihan oli buat BMW E46 N42 ane, di buku manual sih mintanya oli spec LL-01 atau ACEA A3/B4.
Selama ini ane pakein Q8 Excel 5w40 yang udah masuk ke spec yang diminta dengan oci biasanya 5000km. Nah pertanyaannya

1. Apa oli yang saya gunakan udah cukup atau ada saran lain
2. Apabila saya ganti ke oli 5w30 yang specnya dexos1 gen 2 atau ilsac dll apakah aman, mengingat hths yang mungkin lebih rendah dari yang disarankan. Harapannya sih cuma rada entengan aja pake 5w30

Ohiya km sekarang ada di 255rb, belum pernah turun dan selama pake Q8 itu ga nguap & ngebul sih, pernah pas ganti seal cover valve keliatan jeroan juga masih bersih.

Thanks
kalau sy akan tetap dng spec LL01 ini, toh sudah 255rb km & no problem. Opsi lain spec ini yg sy tahu fastron gold 5w-40, shu atau castrol edge.
yg suggest ganti ke ll04 malah kurang tepat karena related dengan kualitas bbm yg non europe, sesuai rekomendasi dari bmw nya sendiri.
Iya om tadinya saya juga kepikir mau pake LL04 5w30, tapi searching searching, bener kayak kata om, takutnya olinya ga compatible sama bbm disini. Makanya saya tadi nanya nya kalau dipakein yang dexos1 g2 hehehe
pakai LL04 ga ada masalah selama ga extended drain interval dgn high sulphur fuel. even begitu teknologi TBN oli jaman now udah berbeda sdh ada hard TBN dan fuel nya pun nilai sulphur sdh jauh berkurang dr jaman e46 diciptakan.

mungkin skrg pakai LL04 pun no problem dipakai extended drain interval, cuma UOA analysis yg bisa menilai. apalagi cuma dipakai oci 5k km spt om.
extended drain jaman itu yg dimaksud kan 15k km.
bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by bensindanoli »

Mohon pencerahan... Katanya sudah bagus
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Tue Mar 01, 2022 9:03
mnugra wrote: Tue Mar 01, 2022 8:31
sahabatq8 wrote: Tue Mar 01, 2022 7:23

Pengalaman saya sih walaupun LL 04 dipake di Indonesia, performa tetap bagus karena disini kita juga pakenya 10rb/1 tahun, kalo disana pakenya kan bisa 30rb/2 tahun. Jadi walaupun LL04 itu di design untuk improved exhaust gas cleanliness, untuk pemakaian pertamax /pertabo gak ada minusnya juga.
Oalaah tadinya saya kira LL-04 itu untuk diesel, dan bisa digunakan di mesin bensin dengan sulfur bensin rendah. Jadinya overall LL04 bisa dipake di bensin indo yah om?
Bisa, LL 04 basically LL 01 versi lowsap. Jadi kalo di eropa kan mobil dieselnya sangat di dijaga emisinya, jadi di pasangin exhaust after treatment seperti Diesel particulate filter. Nah dpf ini perlunya oli low sap/mid sap, kalo gak bakal cepet mampet, maka keluarlah LL 04.
Secara teori sih oli low/mid saps LL 04 lebih gak tahan terhadap sulfur tinggi daripada LL 01 full saps. Tapi untuk pemakaian 10rb/1tahun sih oli yang ada LL 04 seperti G long life ato VX long life 5w30 itu gak masalah, oli masih memunpuni kena sulfur pertamax.
Sulfate akibat dr pemakaian BBM pertamax aja dibilang tinggi sm Trakindo :big_biglaugh:
disuruh pk BBM berkualitas baik*

Image

dari lahir tu mobil gak prnh sy kasih premium or pertalite :big_biglaugh:



*boncos klo pakai 13500 seliter :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4631
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Profith83 »

Para senior dan sesepuh disini.

Mohon tanya tentang olie yang meet ACEA A5/B5. Beli PTT belum dipakai 5w30 a5/b5
Pakai bio, tutup EGR, blowby/asap buang luar.

https://zinref.ru/avtomobili/Toyota/003 ... al/156.htm
Oil grade yang diminta mesin 2GD oleh Toyota adalah ACEA C2 dari web diatas

Kalau check di Toyota dibutuhkan C2(mid SAPS)
C karena ada catalyst, abaikan Catalyst karena pakai DP yang plong. Berarti ambil angka 2 nya C2

Pertanyaan 1.
Kalau dari data dibawah ini harusnya sama untuk extend drain baik ACEA C2 maupun A5/B5. Viscosity nya juga range sama.
apakah C2 dan A5/B5 kekuatannya sama untuk menghadapi Bio Solar?
Maksudnya kalau sama kuat berarti pakai A5/B5 juga bisa.

Pertanyaan 2.
Apakah ACEA A5/B5 tergolong mid SAPS juga? seperti yang diminta spec C2 oleh Toyota yaitu mid SAPS.


https://www.oilspecifications.org/acea.php

ACEA C2 Stable, stay-in-grade Engine Oil with Mid SAPS-Level, intended for use as catalyst compatible Oil at extended Drain Intervals in Vehicles with all Types of modern Aftertreatment Systems and High Performance Passenger Car & Light Duty Van Gasoline & DI Diesel Engines that are designed to be capable of using Low Viscosity Oils with a minimum HTHS Viscosity of 2.9 mPa*s.

ACEA A5/B5 Stable, stay-in-grade Engine Oil intended for use at extended Drain Intervals in Passenger Car & Light Duty Van Gasoline & Diesel Engines designed to be capable of using Low Viscosity Oils with HTHS Viscosity of 2.9 to 3.5 mPa*s. These Oils are unsuitable for use in certain Engines - consult vehicle-OEM’s owner’s manual/handbook in case of doubt

There are ACEA specifications for passenges car motor oils (the A/B class) for catalyst compatible motor oils (the C class) and for heavy duty diesel engine oils (the E class). The classes are further devided into categories to meet the requirements of different engines. The A/B class's A5/B5 oils have lower HTHS viscosities, which means that they provide better fuel economy but they may not provide adequate protection in engines that are not designed for them. ACEA A3/B3 and A3/B4 on the other hand require oils with higher HTHS viscosities that may not provide as good fuel economy as an A5/B5 oil but may offer better engine protection in certain engine designs.
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Mz175 »

bensindanoli wrote: Tue Mar 01, 2022 10:15 Mohon pencerahan... Katanya sudah bagus
Was he/she being sarcastic? :mky_07:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Profith83 wrote: Tue Mar 01, 2022 10:27 Para senior dan sesepuh disini.

Mohon tanya tentang olie yang meet ACEA A5/B5. Beli PTT belum dipakai 5w30 a5/b5
Pakai bio, tutup EGR, blowby/asap buang luar.

https://zinref.ru/avtomobili/Toyota/003 ... al/156.htm
Oil grade yang diminta mesin 2GD oleh Toyota adalah ACEA C2 dari web diatas

Kalau check di Toyota dibutuhkan C2(mid SAPS)
C karena ada catalyst, abaikan Catalyst karena pakai DP yang plong. Berarti ambil angka 2 nya C2

Pertanyaan 1.
Kalau dari data dibawah ini harusnya sama untuk extend drain baik ACEA C2 maupun A5/B5. Viscosity nya juga range sama.
apakah C2 dan A5/B5 kekuatannya sama untuk menghadapi Bio Solar?
Maksudnya kalau sama kuat berarti pakai A5/B5 juga bisa.

Pertanyaan 2.
Apakah ACEA A5/B5 tergolong mid SAPS juga? seperti yang diminta spec C2 oleh Toyota yaitu mid SAPS.


https://www.oilspecifications.org/acea.php

ACEA C2 Stable, stay-in-grade Engine Oil with Mid SAPS-Level, intended for use as catalyst compatible Oil at extended Drain Intervals in Vehicles with all Types of modern Aftertreatment Systems and High Performance Passenger Car & Light Duty Van Gasoline & DI Diesel Engines that are designed to be capable of using Low Viscosity Oils with a minimum HTHS Viscosity of 2.9 mPa*s.

ACEA A5/B5 Stable, stay-in-grade Engine Oil intended for use at extended Drain Intervals in Passenger Car & Light Duty Van Gasoline & Diesel Engines designed to be capable of using Low Viscosity Oils with HTHS Viscosity of 2.9 to 3.5 mPa*s. These Oils are unsuitable for use in certain Engines - consult vehicle-OEM’s owner’s manual/handbook in case of doubt

There are ACEA specifications for passenges car motor oils (the A/B class) for catalyst compatible motor oils (the C class) and for heavy duty diesel engine oils (the E class). The classes are further devided into categories to meet the requirements of different engines. The A/B class's A5/B5 oils have lower HTHS viscosities, which means that they provide better fuel economy but they may not provide adequate protection in engines that are not designed for them. ACEA A3/B3 and A3/B4 on the other hand require oils with higher HTHS viscosities that may not provide as good fuel economy as an A5/B5 oil but may offer better engine protection in certain engine designs.
1. Malahan A5/B5 biasanya lebih kuat dari C2 untuk biosolar. TBNnya juga lebih tinggi di >8 , kalo C2 kalo ga salah >6.

2. Setau ane oli A dan B itu pasti high saps. Kalau C bisa midsaps ato low saps.

Kalau untuk catalyst sih a5/b5 juga gak masalah, biasanya kalau ada DPF baru harus oli low saps.
Since pakenya biosolar, di 2gd mungkin mau coba oli yang E6,E7,ato E9 seperti Q8 Ft8800 ato Q8 Ft8900, oli lowsaps tapi untuk heavy duty diesel jadinya lebih tahan.
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by doko86 »

Ngulik ngulik toko ijo..... Eh, ketemu ini.....

Kira2 apakah ini rebrand dr DOHC :big_grin:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by rendr »

Profith83 wrote: Tue Mar 01, 2022 10:27 Para senior dan sesepuh disini.

Mohon tanya tentang olie yang meet ACEA A5/B5. Beli PTT belum dipakai 5w30 a5/b5
Pakai bio, tutup EGR, blowby/asap buang luar.

https://zinref.ru/avtomobili/Toyota/003 ... al/156.htm
Oil grade yang diminta mesin 2GD oleh Toyota adalah ACEA C2 dari web diatas

Kalau check di Toyota dibutuhkan C2(mid SAPS)
C karena ada catalyst, abaikan Catalyst karena pakai DP yang plong. Berarti ambil angka 2 nya C2

Pertanyaan 1.
Kalau dari data dibawah ini harusnya sama untuk extend drain baik ACEA C2 maupun A5/B5. Viscosity nya juga range sama.
apakah C2 dan A5/B5 kekuatannya sama untuk menghadapi Bio Solar?
Maksudnya kalau sama kuat berarti pakai A5/B5 juga bisa.

Pertanyaan 2.
Apakah ACEA A5/B5 tergolong mid SAPS juga? seperti yang diminta spec C2 oleh Toyota yaitu mid SAPS.


https://www.oilspecifications.org/acea.php

ACEA C2 Stable, stay-in-grade Engine Oil with Mid SAPS-Level, intended for use as catalyst compatible Oil at extended Drain Intervals in Vehicles with all Types of modern Aftertreatment Systems and High Performance Passenger Car & Light Duty Van Gasoline & DI Diesel Engines that are designed to be capable of using Low Viscosity Oils with a minimum HTHS Viscosity of 2.9 mPa*s.

ACEA A5/B5 Stable, stay-in-grade Engine Oil intended for use at extended Drain Intervals in Passenger Car & Light Duty Van Gasoline & Diesel Engines designed to be capable of using Low Viscosity Oils with HTHS Viscosity of 2.9 to 3.5 mPa*s. These Oils are unsuitable for use in certain Engines - consult vehicle-OEM’s owner’s manual/handbook in case of doubt

There are ACEA specifications for passenges car motor oils (the A/B class) for catalyst compatible motor oils (the C class) and for heavy duty diesel engine oils (the E class). The classes are further devided into categories to meet the requirements of different engines. The A/B class's A5/B5 oils have lower HTHS viscosities, which means that they provide better fuel economy but they may not provide adequate protection in engines that are not designed for them. ACEA A3/B3 and A3/B4 on the other hand require oils with higher HTHS viscosities that may not provide as good fuel economy as an A5/B5 oil but may offer better engine protection in certain engine designs.
sebelom pertanyaan no 1 dan 2, perlu dilihat itu buat 2GD yg standar euro 5 dan 6.. di indo kyknya belom sampe situ...

untuk di negara singapur misal nah pake oli ACEA C2 bisa, kalo di indo sih 2GD pakenya oli ACEA A5/B5 aja... jgn yg ACEA C series

mid saps nya ACEA C series sama A / B series juga beda... mid saps di C bisa masuk low saps di A/B...

kecuali mesin2 diesel eropa baru boleh lirik ACEA C series.. kyk PTT crdi yg DPF...
gaspol resing tim
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Sedikit penjelasan mengenai HTHS serta hubungannya dengan engine wear dan fuel efficiency.
Screenshot_20220302-115907__01.jpg
Screenshot_20220302-115953__01.jpg
Selamat membaca [emo-mark-A]
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Wed Mar 02, 2022 5:04 Sedikit penjelasan mengenai HTHS serta hubungannya dengan engine wear dan fuel efficiency.

Screenshot_20220302-115907__01.jpg

Screenshot_20220302-115953__01.jpg

Selamat membaca [emo-mark-A]
According to article
Hths 2.9 yg balance yaa.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Wed Mar 02, 2022 5:14
sahabatq8 wrote: Wed Mar 02, 2022 5:04 Sedikit penjelasan mengenai HTHS serta hubungannya dengan engine wear dan fuel efficiency.

Screenshot_20220302-115907__01.jpg

Screenshot_20220302-115953__01.jpg

Selamat membaca [emo-mark-A]
According to article
Hths 2.9 yg balance yaa.
Sepertinya begitu, mulai diminishing returns setelah itu. Tapi ya ini hanya general guide, secara prakteknya tergantung mesinnya dan variable lain, dan juga dompet si customer. Kalo gak perduli fuel efficiency, pake yang proteksinya paling bagus aja :upss:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by rendr »

sahabatq8 wrote: Wed Mar 02, 2022 5:04 Sedikit penjelasan mengenai HTHS serta hubungannya dengan engine wear dan fuel efficiency.

Screenshot_20220302-115907__01.jpg

Screenshot_20220302-115953__01.jpg

Selamat membaca [emo-mark-A]
grafik ini untuk menjelaskan bahwa tingkat kekentalan suatu oli tidak berbanding lurus terhadap fuel efficiency, dan seharusnya viscosity tidak berbanding lurus sama wear speed ya...

hati2 ini grafik bisa jadi iklan propaganda... gabisa di generalisir untuk semua mesin mobil, dan hanya berlaku untuk mesin yg menjadi objek pengetesan Q8 diatas. kenapa? kebutuhan oli pada era ACEA A3/B3/B4 itu mesin mobil eropa saat itu memang butuh oli yg punya HTHS diatas 3.5 cP... beda dengan era skrg ACEA A5/B5 dimana orientasinya ke fuel efficiency, mesin mobil dibuat dengan celah yg lebih rapat dampak dari penggunaan oli yg sudah lebih encer...

monggo kalo mau menambahkan / koreksi.
:big_smile]
gaspol resing tim
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

rendr wrote: Wed Mar 02, 2022 5:50
sahabatq8 wrote: Wed Mar 02, 2022 5:04 Sedikit penjelasan mengenai HTHS serta hubungannya dengan engine wear dan fuel efficiency.

Screenshot_20220302-115907__01.jpg

Screenshot_20220302-115953__01.jpg

Selamat membaca [emo-mark-A]
grafik ini untuk menjelaskan bahwa tingkat kekentalan suatu oli tidak berbanding lurus terhadap fuel efficiency, dan seharusnya viscosity tidak berbanding lurus sama wear speed ya...

hati2 ini grafik bisa jadi iklan propaganda... gabisa di generalisir untuk semua mesin mobil, dan hanya berlaku untuk mesin yg menjadi objek pengetesan Q8 diatas. kenapa? kebutuhan oli pada era ACEA A3/B3/B4 itu mesin mobil eropa saat itu memang butuh oli yg punya HTHS diatas 3.5 cP... beda dengan era skrg ACEA A5/B5 dimana orientasinya ke fuel efficiency, mesin mobil dibuat dengan celah yg lebih rapat dampak dari penggunaan oli yg sudah lebih encer...

monggo kalo mau menambahkan / koreksi.
:big_smile]
Betul, belom tentu oli V100nya lebih rendah itu lebih irit bensin dan belom tentu oli V100 lebih tinggi itu lebih bagus proteksinya, banyak variablenya.

Grafik diatas memang hanya akurat untuk mesin tersebut yang di tes. Tapi point takeaway yang bisa kita ambil adalah mesin yang minta HTHS rendah bisa pake oli HTHS tinggi dan efeknya proteksi lebih bagus (walaupun mulai diminishing returns) tetapi bbm lebih boros. Contohnya mobil yang minta A5/B5 boleh dikasih oli A3/B4.
Sementara kalau mesin minta oli HTHS tinggi , gak bisa dikasih HTHS rendah karena resiko mechanical wear yang berlebih.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Wed Mar 02, 2022 6:09
rendr wrote: Wed Mar 02, 2022 5:50
sahabatq8 wrote: Wed Mar 02, 2022 5:04 Sedikit penjelasan mengenai HTHS serta hubungannya dengan engine wear dan fuel efficiency.

Screenshot_20220302-115907__01.jpg

Screenshot_20220302-115953__01.jpg

Selamat membaca [emo-mark-A]
grafik ini untuk menjelaskan bahwa tingkat kekentalan suatu oli tidak berbanding lurus terhadap fuel efficiency, dan seharusnya viscosity tidak berbanding lurus sama wear speed ya...

hati2 ini grafik bisa jadi iklan propaganda... gabisa di generalisir untuk semua mesin mobil, dan hanya berlaku untuk mesin yg menjadi objek pengetesan Q8 diatas. kenapa? kebutuhan oli pada era ACEA A3/B3/B4 itu mesin mobil eropa saat itu memang butuh oli yg punya HTHS diatas 3.5 cP... beda dengan era skrg ACEA A5/B5 dimana orientasinya ke fuel efficiency, mesin mobil dibuat dengan celah yg lebih rapat dampak dari penggunaan oli yg sudah lebih encer...

monggo kalo mau menambahkan / koreksi.
:big_smile]
Betul, belom tentu oli V100nya lebih rendah itu lebih irit bensin dan belom tentu oli V100 lebih tinggi itu lebih bagus proteksinya, banyak variablenya.

Grafik diatas memang hanya akurat untuk mesin tersebut yang di tes. Tapi point takeaway yang bisa kita ambil adalah mesin yang minta HTHS rendah bisa pake oli HTHS tinggi dan efeknya proteksi lebih bagus (walaupun mulai diminishing returns) tetapi bbm lebih boros. Contohnya mobil yang minta A5/B5 boleh dikasih oli A3/B4.
Sementara kalau mesin minta oli HTHS tinggi , gak bisa dikasih HTHS rendah karena resiko mechanical wear yang berlebih.
Yup back to aditif dll yg digunakan.
Bahkan sesama visco tp beda merk aja, hasil wearnya beda2 koq.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4631
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Profith83 »

sahabatq8 wrote: Wed Mar 02, 2022 5:04 Sedikit penjelasan mengenai HTHS serta hubungannya dengan engine wear dan fuel efficiency.

Screenshot_20220302-115907__01.jpg

Screenshot_20220302-115953__01.jpg

Selamat membaca [emo-mark-A]
Om, maaf tanya detail ke spec mesin diesel yang sering dipakai yaitu 2KD dan 2GD. berapa angka rekomendasi HTHS oli untuk 2 mesin tersebut.

Nanti dari sana baru bisa disesuaikan dengan BBM bio solar.

Karena A3/B3 lebih tinggi HTHS/melindungi dari A5/B5. Tapi jelas lebih boros dan berat.

Sekedar ingin tahu saja berapa rekomendasi HTHS oli untuk mesin 2KD dan 2GD.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4631
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Profith83 »

rendr wrote: Wed Mar 02, 2022 3:07
Profith83 wrote: Tue Mar 01, 2022 10:27 Para senior dan sesepuh disini.

Mohon tanya tentang olie yang meet ACEA A5/B5. Beli PTT belum dipakai 5w30 a5/b5
Pakai bio, tutup EGR, blowby/asap buang luar.

https://zinref.ru/avtomobili/Toyota/003 ... al/156.htm
Oil grade yang diminta mesin 2GD oleh Toyota adalah ACEA C2 dari web diatas

Kalau check di Toyota dibutuhkan C2(mid SAPS)
C karena ada catalyst, abaikan Catalyst karena pakai DP yang plong. Berarti ambil angka 2 nya C2

Pertanyaan 1.
Kalau dari data dibawah ini harusnya sama untuk extend drain baik ACEA C2 maupun A5/B5. Viscosity nya juga range sama.
apakah C2 dan A5/B5 kekuatannya sama untuk menghadapi Bio Solar?
Maksudnya kalau sama kuat berarti pakai A5/B5 juga bisa.

Pertanyaan 2.
Apakah ACEA A5/B5 tergolong mid SAPS juga? seperti yang diminta spec C2 oleh Toyota yaitu mid SAPS.


https://www.oilspecifications.org/acea.php

ACEA C2 Stable, stay-in-grade Engine Oil with Mid SAPS-Level, intended for use as catalyst compatible Oil at extended Drain Intervals in Vehicles with all Types of modern Aftertreatment Systems and High Performance Passenger Car & Light Duty Van Gasoline & DI Diesel Engines that are designed to be capable of using Low Viscosity Oils with a minimum HTHS Viscosity of 2.9 mPa*s.

ACEA A5/B5 Stable, stay-in-grade Engine Oil intended for use at extended Drain Intervals in Passenger Car & Light Duty Van Gasoline & Diesel Engines designed to be capable of using Low Viscosity Oils with HTHS Viscosity of 2.9 to 3.5 mPa*s. These Oils are unsuitable for use in certain Engines - consult vehicle-OEM’s owner’s manual/handbook in case of doubt

There are ACEA specifications for passenges car motor oils (the A/B class) for catalyst compatible motor oils (the C class) and for heavy duty diesel engine oils (the E class). The classes are further devided into categories to meet the requirements of different engines. The A/B class's A5/B5 oils have lower HTHS viscosities, which means that they provide better fuel economy but they may not provide adequate protection in engines that are not designed for them. ACEA A3/B3 and A3/B4 on the other hand require oils with higher HTHS viscosities that may not provide as good fuel economy as an A5/B5 oil but may offer better engine protection in certain engine designs.
sebelom pertanyaan no 1 dan 2, perlu dilihat itu buat 2GD yg standar euro 5 dan 6.. di indo kyknya belom sampe situ...

untuk di negara singapur misal nah pake oli ACEA C2 bisa, kalo di indo sih 2GD pakenya oli ACEA A5/B5 aja... jgn yg ACEA C series

mid saps nya ACEA C series sama A / B series juga beda... mid saps di C bisa masuk low saps di A/B...

kecuali mesin2 diesel eropa baru boleh lirik ACEA C series.. kyk PTT crdi yg DPF...
Setuju saya untuk yang ACEA C nurut saya kurang pas karena lebh ke arah low SAPS. Sedangkan di Indo yang cuaca lebih ke arah panas sehingga lebih cocok ke ACEA A5/B5.

Kalau A3/B3 banding A5/B5 ?
A3/B3 saya baca lebih tinggi lagi HTHS nya
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Profith83 wrote: Wed Mar 02, 2022 6:15
sahabatq8 wrote: Wed Mar 02, 2022 5:04 Sedikit penjelasan mengenai HTHS serta hubungannya dengan engine wear dan fuel efficiency.

Screenshot_20220302-115907__01.jpg

Screenshot_20220302-115953__01.jpg

Selamat membaca [emo-mark-A]
Om, maaf tanya detail ke spec mesin diesel yang sering dipakai yaitu 2KD dan 2GD. berapa angka rekomendasi HTHS oli untuk 2 mesin tersebut.

Nanti dari sana baru bisa disesuaikan dengan BBM bio solar.

Karena A3/B3 lebih tinggi HTHS/melindungi dari A5/B5. Tapi jelas lebih boros dan berat.

Sekedar ingin tahu saja berapa rekomendasi HTHS oli untuk mesin 2KD dan 2GD.
Kalo 2GD sih pake A5/B5 bisa , berarti udah ok pake hths sampe 2.9 keatas dari segi proteksi (spek A5/B5). Oli tmo sendiri yang 5w30 jg A5/B5.
Di mobil fortuner vrz/ innova reborn kantor sih tapi pake Q8 8800/8900 which is ACEA E9 brati hths >3.5 gak berasa lebih boros sih, malah kalo ga salah malah sedikit lebih irit dari yang TMO 5w30 A5/B5 diesel.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Turboman »

Info oli 5W40 Full syn harga super miring yg bisa utk 2GD-FTV / 2KD-FTV / 4D56 Di-D & 4N15

Std ACEA C3 = Light Duty Diesel - MID SAPS

bisa pake sampe 7500 km / 10 bulan

Cuman Rp 75.000 / L

Demikian sharing info

* Bukan endorse *

https://tokopedia.link/HkFQCgPa4nb
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

Turboman wrote: Wed Mar 02, 2022 10:20 Info oli 5W40 Full syn harga super miring yg bisa utk 2GD-FTV / 2KD-FTV / 4D56 Di-D & 4N15

Std ACEA C3 = Light Duty Diesel - MID SAPS

bisa pake sampe 7500 km / 10 bulan

Cuman Rp 75.000 / L

Demikian sharing info

* Bukan endorse *

https://tokopedia.link/HkFQCgPa4nb
Sertifikasi API dieselnya masih CF ya om Turbo?

Apa mobil diesel ga lebih bagus stay pake oli khusus diesel?
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1755
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by AbdulHakim »

Turboman wrote: Wed Mar 02, 2022 10:20 Info oli 5W40 Full syn harga super miring yg bisa utk 2GD-FTV / 2KD-FTV / 4D56 Di-D & 4N15

Std ACEA C3 = Light Duty Diesel - MID SAPS

bisa pake sampe 7500 km / 10 bulan

Cuman Rp 75.000 / L

Demikian sharing info

* Bukan endorse *

https://tokopedia.link/HkFQCgPa4nb
suhu Turbo, yg 10W-20 belum ada lagi info yang sedang best bargain?
udah lama ga belanja lendir, tp KM merangkaknya pelan banget ini, garage queen mode ON.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

AbdulHakim wrote: Wed Mar 02, 2022 10:37
suhu Turbo, yg 10W-20 belum ada lagi info yang sedang best bargain?
udah lama ga belanja lendir, tp KM merangkaknya pelan banget ini, garage queen mode ON.
10W20 om?

10W30 kah maksudnya?

Untuk diesel apa bensin om?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Turboman »

sintoni wrote:
Turboman wrote: Wed Mar 02, 2022 10:20 Info oli 5W40 Full syn harga super miring yg bisa utk 2GD-FTV / 2KD-FTV / 4D56 Di-D & 4N15

Std ACEA C3 = Light Duty Diesel - MID SAPS

bisa pake sampe 7500 km / 10 bulan

Cuman Rp 75.000 / L

Demikian sharing info

* Bukan endorse *

https://tokopedia.link/HkFQCgPa4nb
Sertifikasi API dieselnya masih CF ya om Turbo?

Apa mobil diesel ga lebih bagus stay pake oli khusus diesel?
itu ACEA C3 - 10

C3 = light Duty Diesel - MID SAPS

juga kan harganya miring banget

ini buat user yg pengen cari 5W40 yg bisa pake ke Diesel dengan harga super miring

pake 7500 km buang, enteng di kantong

hehehe

* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Turboman »

utk 10W30 bensin API SP yg harga miring dari Bandal

Cuman Rp 70.000 / L

https://tokopedia.link/21LTX6Jj4nb
* Bukan ajakan Beli *