Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sarwani wrote: Sun Feb 27, 2022 2:18
Screenshot_2022-02-27-09-07-41-72_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7.jpg
ada varnish sedikit n sludge encer sedikit yg msh bisa dihilangkan. tp yg jd concern itu cam lobe wear yg cukup lumayan.
kl liat gini kondisi oil pump jg musti dicek. hx6 kuning ya harusnya jgn sampai oci 10k.
memang masalah sebenarnya nya apa mobilnya om?
*sbg perbandingan ini dr gugel, jalan 176k miles (281k km) pakai M1 full syn kondisi cam lobe nya msh spt baru.
sarwani wrote: Sun Feb 27, 2022 2:18
Screenshot_2022-02-27-09-07-41-72_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7.jpg
ada varnish sedikit n sludge encer sedikit yg msh bisa dihilangkan. tp yg jd concern itu cam lobe wear yg cukup lumayan.
kl liat gini kondisi oil pump jg musti dicek. hx6 kuning ya harusnya jgn sampai oci 10k.
memang masalah sebenarnya nya apa mobilnya om?
*sbg perbandingan ini dr gugel, jalan 176k miles (281k km) pakai M1 full syn Kondisi cam lobe nya msh spt baru.
sarwani wrote: Sun Feb 27, 2022 2:18
Screenshot_2022-02-27-09-07-41-72_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7.jpg
ada varnish sedikit n sludge encer sedikit yg msh bisa dihilangkan. tp yg jd concern itu cam lobe wear yg cukup lumayan.
kl liat gini kondisi oil pump jg musti dicek. hx6 kuning ya harusnya jgn sampai oci 10k.
memang masalah sebenarnya nya apa mobilnya om?
*sbg perbandingan ini dr gugel, jalan 176k miles (281k km) pakai M1 full syn Kondisi cam lobe nya msh spt baru.
Mbah btw itu ipah kayanya dah pakai roller rocker, tp kenapa ada cam lobe wear yaa?
Apa kabar klo pk flat tappet
ya kan pemakaian melebihi recommended oci, kemampuan pelumasan sdh berkurang sementara cam lobe termasuk high stress area. kl waktu itu di uoa pasti ketauan dan should adjust oci accordingly.
kl flat tappet bisa lbh besar lagi wearnya.
tp bagaimana pun, itu sdh bisa 260rb km sdh lbh dr cukup masa baktinya itu enjin. proven solid built.
ada varnish sedikit n sludge encer sedikit yg msh bisa dihilangkan. tp yg jd concern itu cam lobe wear yg cukup lumayan.
kl liat gini kondisi oil pump jg musti dicek. hx6 kuning ya harusnya jgn sampai oci 10k.
memang masalah sebenarnya nya apa mobilnya om?
*sbg perbandingan ini dr gugel, jalan 176k miles (281k km) pakai M1 full syn Kondisi cam lobe nya msh spt baru.
Mbah btw itu ipah kayanya dah pakai roller rocker, tp kenapa ada cam lobe wear yaa?
Apa kabar klo pk flat tappet
ya kan pemakaian melebihi recommended oci, kemampuan pelumasan sdh berkurang sementara cam lobe termasuk high stress area. kl waktu itu di uoa pasti ketauan dan should adjust oci accordingly.
kl flat tappet bisa lbh besar lagi wearnya.
tp bagaimana pun, itu sdh bisa 260rb km sdh lbh dr cukup masa baktinya itu enjin. proven solid built.
Ya klo pk oli keraton macam mobil 1, q8, ams signature, dan sekelasnya, dgn oci yg sama, hal-hal kyk gtu bs dicegah, dan bisa jalan lbh panjang lg umurnya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sarwani wrote: Sun Feb 27, 2022 2:18
Screenshot_2022-02-27-09-07-41-72_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7.jpg
ada varnish sedikit n sludge encer sedikit yg msh bisa dihilangkan. tp yg jd concern itu cam lobe wear yg cukup lumayan.
kl liat gini kondisi oil pump jg musti dicek. hx6 kuning ya harusnya jgn sampai oci 10k.
memang masalah sebenarnya nya apa mobilnya om?
*sbg perbandingan ini dr gugel, jalan 176k miles (281k km) pakai M1 full syn kondisi cam lobe nya msh spt baru.
sarwani wrote: Sun Feb 27, 2022 2:18
Screenshot_2022-02-27-09-07-41-72_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7.jpg
ada varnish sedikit n sludge encer sedikit yg msh bisa dihilangkan. tp yg jd concern itu cam lobe wear yg cukup lumayan.
kl liat gini kondisi oil pump jg musti dicek. hx6 kuning ya harusnya jgn sampai oci 10k.
memang masalah sebenarnya nya apa mobilnya om?
*sbg perbandingan ini dr gugel, jalan 176k miles (281k km) pakai M1 full syn kondisi cam lobe nya msh spt baru.
sarwani wrote: Sun Feb 27, 2022 2:18
Screenshot_2022-02-27-09-07-41-72_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7.jpg
ada varnish sedikit n sludge encer sedikit yg msh bisa dihilangkan. tp yg jd concern itu cam lobe wear yg cukup lumayan.
kl liat gini kondisi oil pump jg musti dicek. hx6 kuning ya harusnya jgn sampai oci 10k.
memang masalah sebenarnya nya apa mobilnya om?
*sbg perbandingan ini dr gugel, jalan 176k miles (281k km) pakai M1 full syn kondisi cam lobe nya msh spt baru.
tidak ada masalah om.. mmg fokus sy di cam lobe, itu terkikis atau gimana ya
iya itu terkikis om. tp selama ga ada masalah fungsional dan bunyi tek tek tek ya pake aja terus. kl bisa >300k km kondisi indonesia (termasuk kena macet2an dan jd genset ac di parkiran) udah luar biasa bgt.
kl di test kompresi msh bagus berarti ring piston ga ada masalah. tinggal kl mau benerin cam lobe ya ganti baru camshaft seperangkat sm bearing n rollernya, mungkin msh terjangkau sptnya. tp balik lagi, mau di keep brp lama lagi mobilnya. itu aja udah luar biasa pencapaiannya.
sarwani wrote: Sun Feb 27, 2022 2:18
Screenshot_2022-02-27-09-07-41-72_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7.jpg
Varnish wajar karena OCI termasuk tinggi, IMHO untuk Indonesia OCI sampai 10.000 KM apalagi macet2an mustahil kalau gak timbul varnish.
Lapisan film oli tipis di cam lobe, akibatnya bekas kikisan, gesekan cam lobe dgn klep terlihat nyata. Mungkin aditif anti wear oli sdh break down di OCI 10.000 KM ini. Coba turunin interval OCI nya, atau ganti dgn oli kualitas lebih bagus.
ada varnish sedikit n sludge encer sedikit yg msh bisa dihilangkan. tp yg jd concern itu cam lobe wear yg cukup lumayan.
kl liat gini kondisi oil pump jg musti dicek. hx6 kuning ya harusnya jgn sampai oci 10k.
memang masalah sebenarnya nya apa mobilnya om?
*sbg perbandingan ini dr gugel, jalan 176k miles (281k km) pakai M1 full syn kondisi cam lobe nya msh spt baru.
tidak ada masalah om.. mmg fokus sy di cam lobe, itu terkikis atau gimana ya
iya itu terkikis om. tp selama ga ada masalah fungsional dan bunyi tek tek tek ya pake aja terus. kl bisa >300k km kondisi indonesia (termasuk kena macet2an dan jd genset ac di parkiran) udah luar biasa bgt.
kl di test kompresi msh bagus berarti ring piston ga ada masalah. tinggal kl mau benerin cam lobe ya ganti baru camshaft seperangkat sm bearing n rollernya, mungkin msh terjangkau sptnya. tp balik lagi, mau di keep brp lama lagi mobilnya. itu aja udah luar biasa pencapaiannya.
masih normal semua, tidak ada bunyi aneh², kemarin buka cover klep jg karena mau ganti paking vocer, ud mulai rembes..
tidak pernah juga macet²an karena sy tinggal di desa, jadi genset juga sangat jarang.
oke, mungkin setelah ini mau percepat oci di 7500 atau 5000, terimakasih sarannya
sarwani wrote: Sun Feb 27, 2022 2:18
Screenshot_2022-02-27-09-07-41-72_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7.jpg
Varnish wajar karena OCI termasuk tinggi, IMHO untuk Indonesia OCI sampai 10.000 KM apalagi macet2an mustahil kalau gak timbul varnish.
Lapisan film oli tipis di cam lobe, akibatnya bekas kikisan, gesekan cam lobe dgn klep terlihat nyata. Mungkin aditif anti wear oli sdh break down di OCI 10.000 KM ini. Coba turunin interval OCI nya, atau ganti dgn oli kualitas lebih bagus.
siap, setelah ini mau percepat oci saja, terimakasih sarannya
sarwani wrote: Sun Feb 27, 2022 2:18
Screenshot_2022-02-27-09-07-41-72_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7.jpg
ada varnish sedikit n sludge encer sedikit yg msh bisa dihilangkan. tp yg jd concern itu cam lobe wear yg cukup lumayan.
kl liat gini kondisi oil pump jg musti dicek. hx6 kuning ya harusnya jgn sampai oci 10k.
memang masalah sebenarnya nya apa mobilnya om?
*sbg perbandingan ini dr gugel, jalan 176k miles (281k km) pakai M1 full syn kondisi cam lobe nya msh spt baru.
tidak ada masalah om.. mmg fokus sy di cam lobe, itu terkikis atau gimana ya
Kak, untuk ukuran 260k km, ini klo sekhilaf pandang sih gak masalah.. kriteria nya discoloration, cmn bbrp micron aja..
Klo mo setengah pasti ya di raba aja, terasa ada stepping atau ga, tp akan rancu dgn varnish
Klo mo pasti lg, ya diukur pake dial indicator vs dimensi standard nya.. hehe.. tp ribet amat..
Atau metode lain, dgn asumsi piston ring masih oke, ya ukur tekanan nya (Pcomp).. concern nya apakah volume udara yg masuk (krn bukaan klep) trs terkompresi masih masuk kriteria standar atau tdk..
Ane pernah sedikit lbh parah drpd ini visualnya, innova jg pake shell hx8 5w30 dan baru 120k km.. tp mesin baik2 aja
ada varnish sedikit n sludge encer sedikit yg msh bisa dihilangkan. tp yg jd concern itu cam lobe wear yg cukup lumayan.
kl liat gini kondisi oil pump jg musti dicek. hx6 kuning ya harusnya jgn sampai oci 10k.
memang masalah sebenarnya nya apa mobilnya om?
*sbg perbandingan ini dr gugel, jalan 176k miles (281k km) pakai M1 full syn kondisi cam lobe nya msh spt baru.
tidak ada masalah om.. mmg fokus sy di cam lobe, itu terkikis atau gimana ya
Kak, untuk ukuran 260k km, ini klo sekhilaf pandang sih gak masalah.. kriteria nya discoloration, cmn bbrp micron aja..
Klo mo setengah pasti ya di raba aja, terasa ada stepping atau ga, tp akan rancu dgn varnish
Klo mo pasti lg, ya diukur pake dial indicator vs dimensi standard nya.. hehe.. tp ribet amat..
Atau metode lain, dgn asumsi piston ring masih oke, ya ukur tekanan nya (Pcomp).. concern nya apakah volume udara yg masuk (krn bukaan klep) trs terkompresi masih masuk kriteria standar atau tdk..
Ane pernah sedikit lbh parah drpd ini visualnya, innova jg pake shell hx8 5w30 dan baru 120k km.. tp mesin baik2 aja
hehehe..mmg kemarin coba diraba bahkan pake kuku jg, ga berasa ada stepping, tenaga masih enak banget walaupun blm pernah tes kompresi, so far mau lanjutin dg oci sedikit dipersingkat
tidak ada masalah om.. mmg fokus sy di cam lobe, itu terkikis atau gimana ya
Kak, untuk ukuran 260k km, ini klo sekhilaf pandang sih gak masalah.. kriteria nya discoloration, cmn bbrp micron aja..
Klo mo setengah pasti ya di raba aja, terasa ada stepping atau ga, tp akan rancu dgn varnish
Klo mo pasti lg, ya diukur pake dial indicator vs dimensi standard nya.. hehe.. tp ribet amat..
Atau metode lain, dgn asumsi piston ring masih oke, ya ukur tekanan nya (Pcomp).. concern nya apakah volume udara yg masuk (krn bukaan klep) trs terkompresi masih masuk kriteria standar atau tdk..
Ane pernah sedikit lbh parah drpd ini visualnya, innova jg pake shell hx8 5w30 dan baru 120k km.. tp mesin baik2 aja
hehehe..mmg kemarin coba diraba bahkan pake kuku jg, ga berasa ada stepping, tenaga masih enak banget walaupun blm pernah tes kompresi, so far mau lanjutin dg oci sedikit dipersingkat
Oci tetep 10k jg gpp sih kak..
Kan sdh terbukti 260rb km, cmn gitu doank efeknya.. hanya discoloration..
Selagi bisa hemat, kenapa mesti boros..
Kak, untuk ukuran 260k km, ini klo sekhilaf pandang sih gak masalah.. kriteria nya discoloration, cmn bbrp micron aja..
Klo mo setengah pasti ya di raba aja, terasa ada stepping atau ga, tp akan rancu dgn varnish
Klo mo pasti lg, ya diukur pake dial indicator vs dimensi standard nya.. hehe.. tp ribet amat..
Atau metode lain, dgn asumsi piston ring masih oke, ya ukur tekanan nya (Pcomp).. concern nya apakah volume udara yg masuk (krn bukaan klep) trs terkompresi masih masuk kriteria standar atau tdk..
Ane pernah sedikit lbh parah drpd ini visualnya, innova jg pake shell hx8 5w30 dan baru 120k km.. tp mesin baik2 aja
hehehe..mmg kemarin coba diraba bahkan pake kuku jg, ga berasa ada stepping, tenaga masih enak banget walaupun blm pernah tes kompresi, so far mau lanjutin dg oci sedikit dipersingkat
Oci tetep 10k jg gpp sih kak..
Kan sdh terbukti 260rb km, cmn gitu doank efeknya.. hanya discoloration..
Selagi bisa hemat, kenapa mesti boros..
wkwkwk.. mantab ni.. mungkin setahun lg atau lebih bisa sy share perkembangannya
Kak, untuk ukuran 260k km, ini klo sekhilaf pandang sih gak masalah.. kriteria nya discoloration, cmn bbrp micron aja..
Klo mo setengah pasti ya di raba aja, terasa ada stepping atau ga, tp akan rancu dgn varnish
Klo mo pasti lg, ya diukur pake dial indicator vs dimensi standard nya.. hehe.. tp ribet amat..
Atau metode lain, dgn asumsi piston ring masih oke, ya ukur tekanan nya (Pcomp).. concern nya apakah volume udara yg masuk (krn bukaan klep) trs terkompresi masih masuk kriteria standar atau tdk..
Ane pernah sedikit lbh parah drpd ini visualnya, innova jg pake shell hx8 5w30 dan baru 120k km.. tp mesin baik2 aja
hehehe..mmg kemarin coba diraba bahkan pake kuku jg, ga berasa ada stepping, tenaga masih enak banget walaupun blm pernah tes kompresi, so far mau lanjutin dg oci sedikit dipersingkat
Oci tetep 10k jg gpp sih kak..
Kan sdh terbukti 260rb km, cmn gitu doank efeknya.. hanya discoloration..
Selagi bisa hemat, kenapa mesti boros..
Sekalian dimixed minyak goreng mbah + margarin.
Jd lebih hemat lagi ya kannn
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sarwani wrote: Sun Feb 27, 2022 2:18
Screenshot_2022-02-27-09-07-41-72_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7.jpg
Ini sih ok banget imo, mengingat sudah 200rb km lebih dan spt ini.
Jangan mau dikomporin sales pakai oli mahal2, mungkin hasilnya juga ga akan beda signifikan
Ditunggu report nya lagi di 500 rb km
sarwani wrote: Mon Feb 28, 2022 1:33
masih normal semua, tidak ada bunyi aneh², kemarin buka cover klep jg karena mau ganti paking vocer, ud mulai rembes..
tidak pernah juga macet²an karena sy tinggal di desa, jadi genset juga sangat jarang.
oke, mungkin setelah ini mau percepat oci di 7500 atau 5000, terimakasih sarannya
sarwani wrote: Mon Feb 28, 2022 1:47
hehehe..mmg kemarin coba diraba bahkan pake kuku jg, ga berasa ada stepping, tenaga masih enak banget walaupun blm pernah tes kompresi, so far mau lanjutin dg oci sedikit dipersingkat
sip no problem artinya, bukan material removal yg gimana banget.
thanks sharingnya om, jd tau di toyota pake hx6 oci 10k aja bisa 300k dgn tanpa masalah.