Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Cvt zienta/yaris dipasangin di veloz sama plek tanpa ubahan tuning kayanya
Yg di yaris aja uda bolot apalagi di bodi veloz+7 penumpang
Btw cvt datsun cross vs yaris 2018 menangan datsun loh di tanjakan dan tarikan bawah
Sebelum XPander CVT pernah pakai Mirage CVT, pakai mirage ga pernah gagal nanjak, mau di parkiran mall, gunung (paling tinggi pernah di gunung lawu, cemoro sewu sarangan), gas pol iya, tapi ga pernah sampai berhenti. Kalo CVT Lio memang joss, enteng aja nanjak2 mendadak tanpa awalan di jalur alternatif puncak. Kasus veloz ini kemungkinan memang traction controlnya nahan.
Last edited by Raynard22 on Tue Feb 22, 2022 6:49, edited 1 time in total.
Omnibus wrote: Mon Feb 21, 2022 4:13
namanya jg mobil newly developed n newly produced. ga usah kelas papanja, kelas merk atas jg pasti ada aja kurangnya disini disitu. nanti satu per satu diselesaikan masalahnya (di countermeasure), ada yg bisa kelar cepet ada yg ga kelar2 krn limitation n baru akan diimprove di new model selanjutnya.
yg sangat disayangkan ini masalah inti, yaitu udah tau mobil diset n dipasarkan utk 7 seater dan utk IDM yg mana banyak tanjakan (maklum negara kita kan terkenal banyak volcanoes) tp kok gagal nanjak. lbh ga masuk akalnya ini juga bukan pertama kali pabrikan ybs bikin mobil ini, udah gen 3 terlepas ini berubah jd fwd tp kan ada historical mobil hrs diuji dan passed melewati rute medan2 tertentu spt waktu testing 2 gen sebelumnya.
menurut sy, simply unacceptable.
klo mbah omnibus sudah bold statement seperti ini dunia sedang tidak baik baik saja...
maren baru aja liat downfall (documentary tentang 737MAX yg bermasalah) jangan2 neh ADM/TAM macem si buing waktu pasang MCAS di 737... asal kasih slope sensor biar canggih malah ternyata backfire bikin mobilnya gak bisa nanjak.
AHHAAAAA ... flashback ke trouble di Boeing 737 MAX, tiba-tiba kesalahan TAM terasa gak fatal, cuma seupil & bisa dimaafkan pemirsahhh.
dibahas panjang2 juga paling tar konsumen lagi yg di edukasi...
kayak kasus putu, matic jedug, sokbeker rembes dll
jadi gini om bowie...faktornya banyak...
Permisi om2, ikutan nimbrung ya, kebetulan sy juga habis ambil Raize 1.0 Turbo CVT. Mirip2 lah ya kasus nya Raize dengan Veloz yg ga kuat nanjak.
Sy posisi di Malang, jadi agak sering main ke Batu, Cangar, Tretes. Pengalaman saya ke Tretes dengan muatan penuh 4 org dewasa dan 2 anak kecil, berangkat dari Malang lewat Tol kecepatan maximal sy waktu itu 120kmh. Cuaca panas biasa, waktu exit tol Pandaan tiba2 mendung . waktu mulai jalan belok menuju ke Prigen uda hujan deras sekali dan macet parah. Bagi yg tau tanjakan mmg bervariasi dgn jalan yg lumayan panjang naik nya. Sy tidak merasakan gejala kurang power. normal saja dan menanjak tanpa kesusahan, smp di dekat Tretes ada tanjakan yg lumayan terjal juga tidak ada kendala sama sekali. Yg perlu diingat adalah kondisi cuaca hujan , suhu pasti dingin lah ya..
Nah minggu depan nya saya bertiga ke Batu dengan kondisi cuaca yg panas dan macet parah juga. Dari Malang ke Batu bisa 1jam setengah waktu itu.
Di kondisi ini sy ngerasa putaran mesin harus agak tinggi untuk dapat nanjak (kayak selip CVT nya), ga semudah waktu sy ke Tretes ( pdahal penumpang lebih banyak)
Setelah sampai di Batu , sy beli makan sekitar 1 jam, dan lanjut ke daerah Hotel Amarta Hills dimana tanjakan juga lumayan terjal. Oh ya waktu sy beli makan di cafe itu cuaca ga lama juga hujan, jadi agak dingin. Pas nanjak ke Amarta Hills , suprisingly nanjak nya enteng tanpa effort berlebih. Padahal sempat berhenti di tengah tanjakan karena mobil depan telat ngoper ..
Dari pengalaman sy rasa nya mobil Raize 1.0 T ini sangat terpengaruh dengan suhu. Panas dan macet bikin mobil jadi lemot, tp pas kondisi dingin normal2 aja. Sy sering coba di Tol MAlang Surabaya geber di kecepatan 120 - 160 juga performa mobil ga menurun, tp kl uda kena macet jadi agak lemot.
oh ya mobil sekarang odo sdh 4000km. Oli masih bawaan Toyota. Rencana bentar lagi ganti.
Or4cle wrote: Mon Feb 21, 2022 5:02
Mau test pasar, apakah benar : apapun mobilnya asal ditempel logo TOYOTA pasti laku
dan menariknya malah laku oom, bisa gitu ya
Itulah namanya brand awareness, hasil investasi panjang TAM. Kalau ada masalah sikit2 artinya customer kurang edukasi, tidak ada hubungan dgn kualitas & safety
edukasi
edukasi
edukasi
nanti klo sudah edukasi masih ada error, palingan disuruh makan buku manual
trebla88 wrote: Tue Feb 22, 2022 6:32 Cvt zienta/yaris dipasangin di veloz sama plek tanpa ubahan tuning kayanya
Yg di yaris aja uda bolot apalagi di bodi veloz+7 penumpang
Btw cvt datsun cross vs yaris 2018 menangan datsun loh di tanjakan dan tarikan bawah
Nah,saya bingung cvtnya si veloz ini sama atau tidak ya dengan sienta?Dengan mesin yang sama 2NR cuma beda V dan F mustinya gabeda jauh ya..saya user sienta aja ini kalo buat nanjak2 lumayan ngos2an neh mobil Veloz bodynya lebih gede apa mungkin dia jadi lebih lemot ya ?
Btw,emang toyota sepertinya develop cvtnya masih kurang juga sepertinya saya bandingin sama bawa jazz gk5,mobilio,brv kuat2 aja nanjak enteng
trebla88 wrote: Tue Feb 22, 2022 6:32 Cvt zienta/yaris dipasangin di veloz sama plek tanpa ubahan tuning kayanya
Yg di yaris aja uda bolot apalagi di bodi veloz+7 penumpang
Btw cvt datsun cross vs yaris 2018 menangan datsun loh di tanjakan dan tarikan bawah
Nah,saya bingung cvtnya si veloz ini sama atau tidak ya dengan sienta?Dengan mesin yang sama 2NR cuma beda V dan F mustinya gabeda jauh ya..saya user sienta aja ini kalo buat nanjak2 lumayan ngos2an neh mobil Veloz bodynya lebih gede apa mungkin dia jadi lebih lemot ya ?
Btw,emang toyota sepertinya develop cvtnya masih kurang juga sepertinya saya bandingin sama bawa jazz gk5,mobilio,brv kuat2 aja nanjak enteng
Dugaan saya
99% sama
Dan mapping cvtnya sama
Ga jalan rnd nya , cuma jalan di design mobil dan fitur
Copas dari Wikipedia.
Yang 2NR-VE pengembangan lebih lanjut 2NR-FE oleh Daihatsu.
2NR-VE --> Ini yang Veloz itu kan ya
The new 2NR-VE engine was improvised by Daihatsu for its products, which is based on the 1.5-liter 2NR-FE engine.
Max Power
104 PS (76 kW; 103 bhp) at 6000 rpm (with Dual VVT-i on Toyota Avanza)
Max Torque
136 N⋅m (100 lbf⋅ft) at 4200 rpm (with Dual VVT-i on Toyota Avanza)
Compression Ratio: 11.5:1; Indonesian Euro 3 version: 10.5:1
2NR-FE --> Yaris, Sienta
A 1.5 L (1,496 cc) variant of the NR series engine, first introduced in the fourth quarter of 2010 for the Toyota Etios. It is the first new engine Toyota developed for over 8 years without VVT-i made to lower costs for the Toyota Etios. A new innovation was introduced to this engine with the integration of the exhaust manifold into the cylinder head[6] to reduce emissions.
Technical specifications of the engine:
Displacement: 1.5 L (1,496 cc)
Bore x Stroke: 72.5 mm × 90.6 mm (2.85 in × 3.57 in)
Max. output:
90 PS (66 kW; 89 hp) at 5600 rpm (w/o Dual VVT-i)
107 PS (79 kW; 106 hp) at 6000 rpm (with Dual VVT-i)
Max. torque:
132 N⋅m (97 lbf⋅ft) at 3000 rpm (w/o Dual VVT-i)
140 N⋅m (103 lbf⋅ft) at 4200 rpm (with Dual VVT-i)
Compression ratio: 11.5:1; Indonesian Euro 3 version: 10.5:1
trebla88 wrote: Tue Feb 22, 2022 6:32 Cvt zienta/yaris dipasangin di veloz sama plek tanpa ubahan tuning kayanya
Yg di yaris aja uda bolot apalagi di bodi veloz+7 penumpang
Btw cvt datsun cross vs yaris 2018 menangan datsun loh di tanjakan dan tarikan bawah
Nah,saya bingung cvtnya si veloz ini sama atau tidak ya dengan sienta?Dengan mesin yang sama 2NR cuma beda V dan F mustinya gabeda jauh ya..saya user sienta aja ini kalo buat nanjak2 lumayan ngos2an neh mobil Veloz bodynya lebih gede apa mungkin dia jadi lebih lemot ya ?
Btw,emang toyota sepertinya develop cvtnya masih kurang juga sepertinya saya bandingin sama bawa jazz gk5,mobilio,brv kuat2 aja nanjak enteng
Dugaan saya
99% sama
Dan mapping cvtnya sama
Ga jalan rnd nya , cuma jalan di design mobil dan fitur
klo transmisi CVTnya, beda.
CVT veloz/avanza/xenia/raize/rocky = D-CVT. CVT ada gear tambahan buat overdrive. klo di le'sus nya buat bantu start gigi 1 di daihatsu buat overdrive.
CVT yaris,sienta masih model lawas.
eith way, CVT yaris dan sienta juga gak refine sih. cuma krn 2 mobil ini gak terlalu laku jd gak terlalu rame. tp klo di slope yang agak curam ya kejadiannya sama. theoritically on paper klo liat specnya aja sienta yang paling berat (1.3 ton).
sonsa wrote: Tue Feb 22, 2022 9:52
Permisi om2, ikutan nimbrung ya, kebetulan sy juga habis ambil Raize 1.0 Turbo CVT. Mirip2 lah ya kasus nya Raize dengan Veloz yg ga kuat nanjak.
Sy posisi di Malang, jadi agak sering main ke Batu, Cangar, Tretes. Pengalaman saya ke Tretes dengan muatan penuh 4 org dewasa dan 2 anak kecil, berangkat dari Malang lewat Tol kecepatan maximal sy waktu itu 120kmh. Cuaca panas biasa, waktu exit tol Pandaan tiba2 mendung . waktu mulai jalan belok menuju ke Prigen uda hujan deras sekali dan macet parah. Bagi yg tau tanjakan mmg bervariasi dgn jalan yg lumayan panjang naik nya. Sy tidak merasakan gejala kurang power. normal saja dan menanjak tanpa kesusahan, smp di dekat Tretes ada tanjakan yg lumayan terjal juga tidak ada kendala sama sekali. Yg perlu diingat adalah kondisi cuaca hujan , suhu pasti dingin lah ya..
Nah minggu depan nya saya bertiga ke Batu dengan kondisi cuaca yg panas dan macet parah juga. Dari Malang ke Batu bisa 1jam setengah waktu itu.
Di kondisi ini sy ngerasa putaran mesin harus agak tinggi untuk dapat nanjak (kayak selip CVT nya), ga semudah waktu sy ke Tretes ( pdahal penumpang lebih banyak)
Setelah sampai di Batu , sy beli makan sekitar 1 jam, dan lanjut ke daerah Hotel Amarta Hills dimana tanjakan juga lumayan terjal. Oh ya waktu sy beli makan di cafe itu cuaca ga lama juga hujan, jadi agak dingin. Pas nanjak ke Amarta Hills , suprisingly nanjak nya enteng tanpa effort berlebih. Padahal sempat berhenti di tengah tanjakan karena mobil depan telat ngoper ..
Dari pengalaman sy rasa nya mobil Raize 1.0 T ini sangat terpengaruh dengan suhu. Panas dan macet bikin mobil jadi lemot, tp pas kondisi dingin normal2 aja. Sy sering coba di Tol MAlang Surabaya geber di kecepatan 120 - 160 juga performa mobil ga menurun, tp kl uda kena macet jadi agak lemot.
oh ya mobil sekarang odo sdh 4000km. Oli masih bawaan Toyota. Rencana bentar lagi ganti.
mobil gasoline turbo, sangat memerlukan cooling system yang proper klo cooling systemnya proper, gap performanya tidak akan jauh walaupun tetep berasa. coba tuh olinya pake yg spek keraton mbah, ngaruh banget ke pendinginan soalnya *panggil suhu perlendiran @Omnibus
kyknya masalah cooling ini issue utama di raize 1.0T. klo denger DCVT maksimal 150Nm berarti spek standarnya udah mendekati limit tuh.
yang cooling nya gila itu honda L15B7 saking dinginnya mesinnya sampe bikin oil dilution klo cold start di wilayah dingin di indo mah tenang2 aja.
sonsa wrote: Tue Feb 22, 2022 9:52
Permisi om2, ikutan nimbrung ya, kebetulan sy juga habis ambil Raize 1.0 Turbo CVT. Mirip2 lah ya kasus nya Raize dengan Veloz yg ga kuat nanjak.
Sy posisi di Malang, jadi agak sering main ke Batu, Cangar, Tretes. Pengalaman saya ke Tretes dengan muatan penuh 4 org dewasa dan 2 anak kecil, berangkat dari Malang lewat Tol kecepatan maximal sy waktu itu 120kmh. Cuaca panas biasa, waktu exit tol Pandaan tiba2 mendung . waktu mulai jalan belok menuju ke Prigen uda hujan deras sekali dan macet parah. Bagi yg tau tanjakan mmg bervariasi dgn jalan yg lumayan panjang naik nya. Sy tidak merasakan gejala kurang power. normal saja dan menanjak tanpa kesusahan, smp di dekat Tretes ada tanjakan yg lumayan terjal juga tidak ada kendala sama sekali. Yg perlu diingat adalah kondisi cuaca hujan , suhu pasti dingin lah ya..
Nah minggu depan nya saya bertiga ke Batu dengan kondisi cuaca yg panas dan macet parah juga. Dari Malang ke Batu bisa 1jam setengah waktu itu.
Di kondisi ini sy ngerasa putaran mesin harus agak tinggi untuk dapat nanjak (kayak selip CVT nya), ga semudah waktu sy ke Tretes ( pdahal penumpang lebih banyak)
Setelah sampai di Batu , sy beli makan sekitar 1 jam, dan lanjut ke daerah Hotel Amarta Hills dimana tanjakan juga lumayan terjal. Oh ya waktu sy beli makan di cafe itu cuaca ga lama juga hujan, jadi agak dingin. Pas nanjak ke Amarta Hills , suprisingly nanjak nya enteng tanpa effort berlebih. Padahal sempat berhenti di tengah tanjakan karena mobil depan telat ngoper ..
Dari pengalaman sy rasa nya mobil Raize 1.0 T ini sangat terpengaruh dengan suhu. Panas dan macet bikin mobil jadi lemot, tp pas kondisi dingin normal2 aja. Sy sering coba di Tol MAlang Surabaya geber di kecepatan 120 - 160 juga performa mobil ga menurun, tp kl uda kena macet jadi agak lemot.
oh ya mobil sekarang odo sdh 4000km. Oli masih bawaan Toyota. Rencana bentar lagi ganti.
mobil gasoline turbo, sangat memerlukan cooling system yang proper klo cooling systemnya proper, gap performanya tidak akan jauh walaupun tetep berasa. coba tuh olinya pake yg spek keraton mbah, ngaruh banget ke pendinginan soalnya *panggil suhu perlendiran @Omnibus
kyknya masalah cooling ini issue utama di raize 1.0T. klo denger DCVT maksimal 150Nm berarti spek standarnya udah mendekati limit tuh.
yang cooling nya gila itu honda L15B7 saking dinginnya mesinnya sampe bikin oil dilution klo cold start di wilayah dingin di indo mah tenang2 aja.
emang 150nm kayaknya oom, dikasih beban ke mobil segede veloz apa ga bubar itu. soalnya tulisan di poin ke 3 itu "small cars"
darrelund wrote: Wed Feb 23, 2022 3:31
emang 150nm kayaknya oom, dikasih beban ke mobil segede veloz apa ga bubar itu. soalnya tulisan di poin ke 3 itu "small cars"
kayaknya mesti ditambahin gigi asli nih, kayak di direct-shift atoyot punya. lumayan tuh buat start nanjak. karena gigi 1nya physical
150Nm berarti specnya kei car banget ya. padahal stock specs 140Nm. di tuning dikit bubar jalan CVTnya. wkwkwkwkwk. pantes bener bener di lock ECU nya gak bisa di remap. klo cuma 150Nm ya pantes CVTnya ngambek disuruh nanjak curam. sensornya pasti udah bilang "panas woi anj*ng"
yang bener ya itu gear planetary set nya harusnya buat gigi 1 ini malah buat overdrive
Last edited by ChZ on Wed Feb 23, 2022 3:42, edited 1 time in total.
Jan07 wrote: Tue Feb 22, 2022 16:46
Nah,saya bingung cvtnya si veloz ini sama atau tidak ya dengan sienta?Dengan mesin yang sama 2NR cuma beda V dan F mustinya gabeda jauh ya..saya user sienta aja ini kalo buat nanjak2 lumayan ngos2an neh mobil Veloz bodynya lebih gede apa mungkin dia jadi lebih lemot ya ?
Btw,emang toyota sepertinya develop cvtnya masih kurang juga sepertinya saya bandingin sama bawa jazz gk5,mobilio,brv kuat2 aja nanjak enteng
Dugaan saya
99% sama
Dan mapping cvtnya sama
Ga jalan rnd nya , cuma jalan di design mobil dan fitur
klo transmisi CVTnya, beda.
CVT veloz/avanza/xenia/raize/rocky = D-CVT. CVT ada gear tambahan buat overdrive. klo di le'sus nya buat bantu start gigi 1 di daihatsu buat overdrive.
CVT yaris,sienta masih model lawas.
eith way, CVT yaris dan sienta juga gak refine sih. cuma krn 2 mobil ini gak terlalu laku jd gak terlalu rame. tp klo di slope yang agak curam ya kejadiannya sama. theoritically on paper klo liat specnya aja sienta yang paling berat (1.3 ton).
ngeden juga
D cvt tadinya berharap datsun cvt ternyata daihatsu cvt
Btw cvt toyota yaris memang busuk sih, bener2 lifeless
Cuma kalau iritnya acungin jempol deh kalau cruise di tol
O beda silinder jg kirain detune doang
Dah cobain raize 1.0t temen jalan d kompleks,tenaga bawahnya ga sesuai ekpetasi. Entah kalau turbonya uda nyala y mungkin baru kerasa
**salah gw, daihatsu cvt ini teorinya lebih advance drpd cvt yaris/sienta dan xtronic nissan
Tapi kenyataannya di video yg ada di web paultan itu ga ada bedanya kalau full throttle
Kayanya beneran lebih kepake directshift toyota drpd di taro di overdrive spt bro chz bilang
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.