[Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 644
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Cvt zienta/yaris dipasangin di veloz sama plek tanpa ubahan tuning kayanya
Yg di yaris aja uda bolot apalagi di bodi veloz+7 penumpang
Btw cvt datsun cross vs yaris 2018 menangan datsun loh di tanjakan dan tarikan bawah
Yg di yaris aja uda bolot apalagi di bodi veloz+7 penumpang
Btw cvt datsun cross vs yaris 2018 menangan datsun loh di tanjakan dan tarikan bawah
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Mon Feb 22, 2016 7:57
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Sebelum XPander CVT pernah pakai Mirage CVT, pakai mirage ga pernah gagal nanjak, mau di parkiran mall, gunung (paling tinggi pernah di gunung lawu, cemoro sewu sarangan), gas pol iya, tapi ga pernah sampai berhenti. Kalo CVT Lio memang joss, enteng aja nanjak2 mendadak tanpa awalan di jalur alternatif puncak. Kasus veloz ini kemungkinan memang traction controlnya nahan.
Last edited by Raynard22 on Tue Feb 22, 2022 6:49, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 612
- Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
- Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Cvt honda emang terbaik ga ada lawan di antara brand jepang lainnyaosbertc0ol wrote: ↑Tue Feb 22, 2022 2:54 mobilio / brio / brv / crv aman2 aja tuh wkwkwk
gw nanjak pake cvt hando jg kayae santai2 aja. tinggal masukin M1 gas jalan deh.
aman barusan saya cek.
No debat
IG :fabrycautocare.id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1298
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
AHHAAAAA ... flashback ke trouble di Boeing 737 MAX, tiba-tiba kesalahan TAM terasa gak fatal, cuma seupil & bisa dimaafkan pemirsahhh.ChZ wrote: ↑Tue Feb 22, 2022 4:03klo mbah omnibus sudah bold statement seperti ini dunia sedang tidak baik baik saja...Omnibus wrote: ↑Mon Feb 21, 2022 4:13 namanya jg mobil newly developed n newly produced. ga usah kelas papanja, kelas merk atas jg pasti ada aja kurangnya disini disitu. nanti satu per satu diselesaikan masalahnya (di countermeasure), ada yg bisa kelar cepet ada yg ga kelar2 krn limitation n baru akan diimprove di new model selanjutnya.
yg sangat disayangkan ini masalah inti, yaitu udah tau mobil diset n dipasarkan utk 7 seater dan utk IDM yg mana banyak tanjakan (maklum negara kita kan terkenal banyak volcanoes) tp kok gagal nanjak. lbh ga masuk akalnya ini juga bukan pertama kali pabrikan ybs bikin mobil ini, udah gen 3 terlepas ini berubah jd fwd tp kan ada historical mobil hrs diuji dan passed melewati rute medan2 tertentu spt waktu testing 2 gen sebelumnya.
menurut sy, simply unacceptable.
maren baru aja liat downfall (documentary tentang 737MAX yg bermasalah) jangan2 neh ADM/TAM macem si buing waktu pasang MCAS di 737... asal kasih slope sensor biar canggih malah ternyata backfire bikin mobilnya gak bisa nanjak.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
nyimak ah, walaupun gak mungkin beli veloz
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1529
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
dibahas panjang2 juga paling tar konsumen lagi yg di edukasi...
kayak kasus putu, matic jedug, sokbeker rembes dll
jadi gini om bowie...faktornya banyak...
kayak kasus putu, matic jedug, sokbeker rembes dll
jadi gini om bowie...faktornya banyak...
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Tue Feb 14, 2017 14:20
- Location: malang
- Daily Vehicle: Brio
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Permisi om2, ikutan nimbrung ya, kebetulan sy juga habis ambil Raize 1.0 Turbo CVT. Mirip2 lah ya kasus nya Raize dengan Veloz yg ga kuat nanjak.
Sy posisi di Malang, jadi agak sering main ke Batu, Cangar, Tretes. Pengalaman saya ke Tretes dengan muatan penuh 4 org dewasa dan 2 anak kecil, berangkat dari Malang lewat Tol kecepatan maximal sy waktu itu 120kmh. Cuaca panas biasa, waktu exit tol Pandaan tiba2 mendung . waktu mulai jalan belok menuju ke Prigen uda hujan deras sekali dan macet parah. Bagi yg tau tanjakan mmg bervariasi dgn jalan yg lumayan panjang naik nya. Sy tidak merasakan gejala kurang power. normal saja dan menanjak tanpa kesusahan, smp di dekat Tretes ada tanjakan yg lumayan terjal juga tidak ada kendala sama sekali. Yg perlu diingat adalah kondisi cuaca hujan , suhu pasti dingin lah ya..
Nah minggu depan nya saya bertiga ke Batu dengan kondisi cuaca yg panas dan macet parah juga. Dari Malang ke Batu bisa 1jam setengah waktu itu.
Di kondisi ini sy ngerasa putaran mesin harus agak tinggi untuk dapat nanjak (kayak selip CVT nya), ga semudah waktu sy ke Tretes ( pdahal penumpang lebih banyak)
Setelah sampai di Batu , sy beli makan sekitar 1 jam, dan lanjut ke daerah Hotel Amarta Hills dimana tanjakan juga lumayan terjal. Oh ya waktu sy beli makan di cafe itu cuaca ga lama juga hujan, jadi agak dingin. Pas nanjak ke Amarta Hills , suprisingly nanjak nya enteng tanpa effort berlebih. Padahal sempat berhenti di tengah tanjakan karena mobil depan telat ngoper ..
Dari pengalaman sy rasa nya mobil Raize 1.0 T ini sangat terpengaruh dengan suhu. Panas dan macet bikin mobil jadi lemot, tp pas kondisi dingin normal2 aja. Sy sering coba di Tol MAlang Surabaya geber di kecepatan 120 - 160 juga performa mobil ga menurun, tp kl uda kena macet jadi agak lemot.
oh ya mobil sekarang odo sdh 4000km. Oli masih bawaan Toyota. Rencana bentar lagi ganti.
Sy posisi di Malang, jadi agak sering main ke Batu, Cangar, Tretes. Pengalaman saya ke Tretes dengan muatan penuh 4 org dewasa dan 2 anak kecil, berangkat dari Malang lewat Tol kecepatan maximal sy waktu itu 120kmh. Cuaca panas biasa, waktu exit tol Pandaan tiba2 mendung . waktu mulai jalan belok menuju ke Prigen uda hujan deras sekali dan macet parah. Bagi yg tau tanjakan mmg bervariasi dgn jalan yg lumayan panjang naik nya. Sy tidak merasakan gejala kurang power. normal saja dan menanjak tanpa kesusahan, smp di dekat Tretes ada tanjakan yg lumayan terjal juga tidak ada kendala sama sekali. Yg perlu diingat adalah kondisi cuaca hujan , suhu pasti dingin lah ya..
Nah minggu depan nya saya bertiga ke Batu dengan kondisi cuaca yg panas dan macet parah juga. Dari Malang ke Batu bisa 1jam setengah waktu itu.
Di kondisi ini sy ngerasa putaran mesin harus agak tinggi untuk dapat nanjak (kayak selip CVT nya), ga semudah waktu sy ke Tretes ( pdahal penumpang lebih banyak)
Setelah sampai di Batu , sy beli makan sekitar 1 jam, dan lanjut ke daerah Hotel Amarta Hills dimana tanjakan juga lumayan terjal. Oh ya waktu sy beli makan di cafe itu cuaca ga lama juga hujan, jadi agak dingin. Pas nanjak ke Amarta Hills , suprisingly nanjak nya enteng tanpa effort berlebih. Padahal sempat berhenti di tengah tanjakan karena mobil depan telat ngoper ..
Dari pengalaman sy rasa nya mobil Raize 1.0 T ini sangat terpengaruh dengan suhu. Panas dan macet bikin mobil jadi lemot, tp pas kondisi dingin normal2 aja. Sy sering coba di Tol MAlang Surabaya geber di kecepatan 120 - 160 juga performa mobil ga menurun, tp kl uda kena macet jadi agak lemot.
oh ya mobil sekarang odo sdh 4000km. Oli masih bawaan Toyota. Rencana bentar lagi ganti.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 194
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
mungkin obatnya di pasangin ATF cooler ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Wes wayahe LMPV 115++ PS berarti wkwkkwosbertc0ol wrote: ↑Tue Feb 22, 2022 2:54 mobilio / brio / brv / crv aman2 aja tuh wkwkwk
gw nanjak pake cvt hando jg kayae santai2 aja. tinggal masukin M1 gas jalan deh.
Terutama Xpander tuh yg segede Innova..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 424
- Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Nah,saya bingung cvtnya si veloz ini sama atau tidak ya dengan sienta?Dengan mesin yang sama 2NR cuma beda V dan F mustinya gabeda jauh ya..saya user sienta aja ini kalo buat nanjak2 lumayan ngos2an neh mobil Veloz bodynya lebih gede apa mungkin dia jadi lebih lemot ya ?
Btw,emang toyota sepertinya develop cvtnya masih kurang juga sepertinya saya bandingin sama bawa jazz gk5,mobilio,brv kuat2 aja nanjak enteng
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 968
- Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 644
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Dugaan sayaJan07 wrote: ↑Tue Feb 22, 2022 16:46Nah,saya bingung cvtnya si veloz ini sama atau tidak ya dengan sienta?Dengan mesin yang sama 2NR cuma beda V dan F mustinya gabeda jauh ya..saya user sienta aja ini kalo buat nanjak2 lumayan ngos2an neh mobil Veloz bodynya lebih gede apa mungkin dia jadi lebih lemot ya ?
Btw,emang toyota sepertinya develop cvtnya masih kurang juga sepertinya saya bandingin sama bawa jazz gk5,mobilio,brv kuat2 aja nanjak enteng
99% sama
Dan mapping cvtnya sama
Ga jalan rnd nya , cuma jalan di design mobil dan fitur
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Copas dari Wikipedia.
Yang 2NR-VE pengembangan lebih lanjut 2NR-FE oleh Daihatsu.
2NR-VE --> Ini yang Veloz itu kan ya
The new 2NR-VE engine was improvised by Daihatsu for its products, which is based on the 1.5-liter 2NR-FE engine.
Max Power
104 PS (76 kW; 103 bhp) at 6000 rpm (with Dual VVT-i on Toyota Avanza)
Max Torque
136 N⋅m (100 lbf⋅ft) at 4200 rpm (with Dual VVT-i on Toyota Avanza)
Compression Ratio: 11.5:1; Indonesian Euro 3 version: 10.5:1
2NR-FE --> Yaris, Sienta
A 1.5 L (1,496 cc) variant of the NR series engine, first introduced in the fourth quarter of 2010 for the Toyota Etios. It is the first new engine Toyota developed for over 8 years without VVT-i made to lower costs for the Toyota Etios. A new innovation was introduced to this engine with the integration of the exhaust manifold into the cylinder head[6] to reduce emissions.
Technical specifications of the engine:
Displacement: 1.5 L (1,496 cc)
Bore x Stroke: 72.5 mm × 90.6 mm (2.85 in × 3.57 in)
Max. output:
90 PS (66 kW; 89 hp) at 5600 rpm (w/o Dual VVT-i)
107 PS (79 kW; 106 hp) at 6000 rpm (with Dual VVT-i)
Max. torque:
132 N⋅m (97 lbf⋅ft) at 3000 rpm (w/o Dual VVT-i)
140 N⋅m (103 lbf⋅ft) at 4200 rpm (with Dual VVT-i)
Compression ratio: 11.5:1; Indonesian Euro 3 version: 10.5:1
Yang 2NR-VE pengembangan lebih lanjut 2NR-FE oleh Daihatsu.
2NR-VE --> Ini yang Veloz itu kan ya
The new 2NR-VE engine was improvised by Daihatsu for its products, which is based on the 1.5-liter 2NR-FE engine.
Max Power
104 PS (76 kW; 103 bhp) at 6000 rpm (with Dual VVT-i on Toyota Avanza)
Max Torque
136 N⋅m (100 lbf⋅ft) at 4200 rpm (with Dual VVT-i on Toyota Avanza)
Compression Ratio: 11.5:1; Indonesian Euro 3 version: 10.5:1
2NR-FE --> Yaris, Sienta
A 1.5 L (1,496 cc) variant of the NR series engine, first introduced in the fourth quarter of 2010 for the Toyota Etios. It is the first new engine Toyota developed for over 8 years without VVT-i made to lower costs for the Toyota Etios. A new innovation was introduced to this engine with the integration of the exhaust manifold into the cylinder head[6] to reduce emissions.
Technical specifications of the engine:
Displacement: 1.5 L (1,496 cc)
Bore x Stroke: 72.5 mm × 90.6 mm (2.85 in × 3.57 in)
Max. output:
90 PS (66 kW; 89 hp) at 5600 rpm (w/o Dual VVT-i)
107 PS (79 kW; 106 hp) at 6000 rpm (with Dual VVT-i)
Max. torque:
132 N⋅m (97 lbf⋅ft) at 3000 rpm (w/o Dual VVT-i)
140 N⋅m (103 lbf⋅ft) at 4200 rpm (with Dual VVT-i)
Compression ratio: 11.5:1; Indonesian Euro 3 version: 10.5:1
-
- SM Specialist
- Posts: 15658
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
klo transmisi CVTnya, beda.trebla88 wrote: ↑Wed Feb 23, 2022 2:16Dugaan sayaJan07 wrote: ↑Tue Feb 22, 2022 16:46Nah,saya bingung cvtnya si veloz ini sama atau tidak ya dengan sienta?Dengan mesin yang sama 2NR cuma beda V dan F mustinya gabeda jauh ya..saya user sienta aja ini kalo buat nanjak2 lumayan ngos2an neh mobil Veloz bodynya lebih gede apa mungkin dia jadi lebih lemot ya ?
Btw,emang toyota sepertinya develop cvtnya masih kurang juga sepertinya saya bandingin sama bawa jazz gk5,mobilio,brv kuat2 aja nanjak enteng
99% sama
Dan mapping cvtnya sama
Ga jalan rnd nya , cuma jalan di design mobil dan fitur
CVT veloz/avanza/xenia/raize/rocky = D-CVT. CVT ada gear tambahan buat overdrive. klo di le'sus nya buat bantu start gigi 1 di daihatsu buat overdrive.
CVT yaris,sienta masih model lawas.
engine nya, veloz/avanza/xenia 2NRVE iron block
yaris, sienta 2NRFE aluminium block
eith way, CVT yaris dan sienta juga gak refine sih. cuma krn 2 mobil ini gak terlalu laku jd gak terlalu rame. tp klo di slope yang agak curam ya kejadiannya sama. theoritically on paper klo liat specnya aja sienta yang paling berat (1.3 ton).
ngeden juga
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Apa kabar yang Avanza / Xenia 1.300 cc ya? Torsinya lebih kecil dari yang 1.500 cc.
Kalau unit CVT nya pake rasio sama, berabe sih.
Lebih sulit nanjak harusnya ..
Kalau unit CVT nya pake rasio sama, berabe sih.
Lebih sulit nanjak harusnya ..
-
- SM Specialist
- Posts: 15658
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
mobil gasoline turbo, sangat memerlukan cooling system yang proper klo cooling systemnya proper, gap performanya tidak akan jauh walaupun tetep berasa. coba tuh olinya pake yg spek keraton mbah, ngaruh banget ke pendinginan soalnya *panggil suhu perlendiran @Omnibussonsa wrote: ↑Tue Feb 22, 2022 9:52 Permisi om2, ikutan nimbrung ya, kebetulan sy juga habis ambil Raize 1.0 Turbo CVT. Mirip2 lah ya kasus nya Raize dengan Veloz yg ga kuat nanjak.
Sy posisi di Malang, jadi agak sering main ke Batu, Cangar, Tretes. Pengalaman saya ke Tretes dengan muatan penuh 4 org dewasa dan 2 anak kecil, berangkat dari Malang lewat Tol kecepatan maximal sy waktu itu 120kmh. Cuaca panas biasa, waktu exit tol Pandaan tiba2 mendung . waktu mulai jalan belok menuju ke Prigen uda hujan deras sekali dan macet parah. Bagi yg tau tanjakan mmg bervariasi dgn jalan yg lumayan panjang naik nya. Sy tidak merasakan gejala kurang power. normal saja dan menanjak tanpa kesusahan, smp di dekat Tretes ada tanjakan yg lumayan terjal juga tidak ada kendala sama sekali. Yg perlu diingat adalah kondisi cuaca hujan , suhu pasti dingin lah ya..
Nah minggu depan nya saya bertiga ke Batu dengan kondisi cuaca yg panas dan macet parah juga. Dari Malang ke Batu bisa 1jam setengah waktu itu.
Di kondisi ini sy ngerasa putaran mesin harus agak tinggi untuk dapat nanjak (kayak selip CVT nya), ga semudah waktu sy ke Tretes ( pdahal penumpang lebih banyak)
Setelah sampai di Batu , sy beli makan sekitar 1 jam, dan lanjut ke daerah Hotel Amarta Hills dimana tanjakan juga lumayan terjal. Oh ya waktu sy beli makan di cafe itu cuaca ga lama juga hujan, jadi agak dingin. Pas nanjak ke Amarta Hills , suprisingly nanjak nya enteng tanpa effort berlebih. Padahal sempat berhenti di tengah tanjakan karena mobil depan telat ngoper ..
Dari pengalaman sy rasa nya mobil Raize 1.0 T ini sangat terpengaruh dengan suhu. Panas dan macet bikin mobil jadi lemot, tp pas kondisi dingin normal2 aja. Sy sering coba di Tol MAlang Surabaya geber di kecepatan 120 - 160 juga performa mobil ga menurun, tp kl uda kena macet jadi agak lemot.
oh ya mobil sekarang odo sdh 4000km. Oli masih bawaan Toyota. Rencana bentar lagi ganti.
kyknya masalah cooling ini issue utama di raize 1.0T. klo denger DCVT maksimal 150Nm berarti spek standarnya udah mendekati limit tuh.
yang cooling nya gila itu honda L15B7 saking dinginnya mesinnya sampe bikin oil dilution klo cold start di wilayah dingin di indo mah tenang2 aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
emang 150nm kayaknya oom, dikasih beban ke mobil segede veloz apa ga bubar itu. soalnya tulisan di poin ke 3 itu "small cars"ChZ wrote: ↑Wed Feb 23, 2022 3:25mobil gasoline turbo, sangat memerlukan cooling system yang proper klo cooling systemnya proper, gap performanya tidak akan jauh walaupun tetep berasa. coba tuh olinya pake yg spek keraton mbah, ngaruh banget ke pendinginan soalnya *panggil suhu perlendiran @Omnibussonsa wrote: ↑Tue Feb 22, 2022 9:52 Permisi om2, ikutan nimbrung ya, kebetulan sy juga habis ambil Raize 1.0 Turbo CVT. Mirip2 lah ya kasus nya Raize dengan Veloz yg ga kuat nanjak.
Sy posisi di Malang, jadi agak sering main ke Batu, Cangar, Tretes. Pengalaman saya ke Tretes dengan muatan penuh 4 org dewasa dan 2 anak kecil, berangkat dari Malang lewat Tol kecepatan maximal sy waktu itu 120kmh. Cuaca panas biasa, waktu exit tol Pandaan tiba2 mendung . waktu mulai jalan belok menuju ke Prigen uda hujan deras sekali dan macet parah. Bagi yg tau tanjakan mmg bervariasi dgn jalan yg lumayan panjang naik nya. Sy tidak merasakan gejala kurang power. normal saja dan menanjak tanpa kesusahan, smp di dekat Tretes ada tanjakan yg lumayan terjal juga tidak ada kendala sama sekali. Yg perlu diingat adalah kondisi cuaca hujan , suhu pasti dingin lah ya..
Nah minggu depan nya saya bertiga ke Batu dengan kondisi cuaca yg panas dan macet parah juga. Dari Malang ke Batu bisa 1jam setengah waktu itu.
Di kondisi ini sy ngerasa putaran mesin harus agak tinggi untuk dapat nanjak (kayak selip CVT nya), ga semudah waktu sy ke Tretes ( pdahal penumpang lebih banyak)
Setelah sampai di Batu , sy beli makan sekitar 1 jam, dan lanjut ke daerah Hotel Amarta Hills dimana tanjakan juga lumayan terjal. Oh ya waktu sy beli makan di cafe itu cuaca ga lama juga hujan, jadi agak dingin. Pas nanjak ke Amarta Hills , suprisingly nanjak nya enteng tanpa effort berlebih. Padahal sempat berhenti di tengah tanjakan karena mobil depan telat ngoper ..
Dari pengalaman sy rasa nya mobil Raize 1.0 T ini sangat terpengaruh dengan suhu. Panas dan macet bikin mobil jadi lemot, tp pas kondisi dingin normal2 aja. Sy sering coba di Tol MAlang Surabaya geber di kecepatan 120 - 160 juga performa mobil ga menurun, tp kl uda kena macet jadi agak lemot.
oh ya mobil sekarang odo sdh 4000km. Oli masih bawaan Toyota. Rencana bentar lagi ganti.
kyknya masalah cooling ini issue utama di raize 1.0T. klo denger DCVT maksimal 150Nm berarti spek standarnya udah mendekati limit tuh.
yang cooling nya gila itu honda L15B7 saking dinginnya mesinnya sampe bikin oil dilution klo cold start di wilayah dingin di indo mah tenang2 aja.
https://paultan.org/2021/02/24/perodua- ... ther-cvts/
kayaknya mesti ditambahin gigi asli nih, kayak di direct-shift atoyot punya. lumayan tuh buat start nanjak. karena gigi 1nya physical
-
- SM Specialist
- Posts: 15658
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
150Nm berarti specnya kei car banget ya. padahal stock specs 140Nm. di tuning dikit bubar jalan CVTnya. wkwkwkwkwk. pantes bener bener di lock ECU nya gak bisa di remap. klo cuma 150Nm ya pantes CVTnya ngambek disuruh nanjak curam. sensornya pasti udah bilang "panas woi anj*ng"darrelund wrote: ↑Wed Feb 23, 2022 3:31
emang 150nm kayaknya oom, dikasih beban ke mobil segede veloz apa ga bubar itu. soalnya tulisan di poin ke 3 itu "small cars"
https://paultan.org/2021/02/24/perodua- ... ther-cvts/
kayaknya mesti ditambahin gigi asli nih, kayak di direct-shift atoyot punya. lumayan tuh buat start nanjak. karena gigi 1nya physical
yang bener ya itu gear planetary set nya harusnya buat gigi 1 ini malah buat overdrive
Last edited by ChZ on Wed Feb 23, 2022 3:42, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 644
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
D cvt tadinya berharap datsun cvt ternyata daihatsu cvtChZ wrote: ↑Wed Feb 23, 2022 2:39klo transmisi CVTnya, beda.trebla88 wrote: ↑Wed Feb 23, 2022 2:16Dugaan sayaJan07 wrote: ↑Tue Feb 22, 2022 16:46
Nah,saya bingung cvtnya si veloz ini sama atau tidak ya dengan sienta?Dengan mesin yang sama 2NR cuma beda V dan F mustinya gabeda jauh ya..saya user sienta aja ini kalo buat nanjak2 lumayan ngos2an neh mobil Veloz bodynya lebih gede apa mungkin dia jadi lebih lemot ya ?
Btw,emang toyota sepertinya develop cvtnya masih kurang juga sepertinya saya bandingin sama bawa jazz gk5,mobilio,brv kuat2 aja nanjak enteng
99% sama
Dan mapping cvtnya sama
Ga jalan rnd nya , cuma jalan di design mobil dan fitur
CVT veloz/avanza/xenia/raize/rocky = D-CVT. CVT ada gear tambahan buat overdrive. klo di le'sus nya buat bantu start gigi 1 di daihatsu buat overdrive.
CVT yaris,sienta masih model lawas.
engine nya, veloz/avanza/xenia 2NRVE iron block
yaris, sienta 2NRFE aluminium block
eith way, CVT yaris dan sienta juga gak refine sih. cuma krn 2 mobil ini gak terlalu laku jd gak terlalu rame. tp klo di slope yang agak curam ya kejadiannya sama. theoritically on paper klo liat specnya aja sienta yang paling berat (1.3 ton).
ngeden juga
Btw cvt toyota yaris memang busuk sih, bener2 lifeless
Cuma kalau iritnya acungin jempol deh kalau cruise di tol
O beda silinder jg kirain detune doang
Dah cobain raize 1.0t temen jalan d kompleks,tenaga bawahnya ga sesuai ekpetasi. Entah kalau turbonya uda nyala y mungkin baru kerasa
Kayanya cvt datsun lebih advance ya dibanding dcvt ini dan cvt di yris/sienta
https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... s-apa-itu-
Sayang flop nih merek
**salah gw, daihatsu cvt ini teorinya lebih advance drpd cvt yaris/sienta dan xtronic nissan
Tapi kenyataannya di video yg ada di web paultan itu ga ada bedanya kalau full throttle
Kayanya beneran lebih kepake directshift toyota drpd di taro di overdrive spt bro chz bilang
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
gridoto udah tes nanjak hondo yg lebih mahal nihh, sukses
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9809
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
bener2 dah komporrrr si gridoto ini
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
sakit hati veloz gabisa nanjak, mereka beli soalnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 613
- Joined: Sun Jul 13, 2014 4:09
- Location: Republic Of CH
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
Klo ga gitu2,, publik ga kan tau,,,smg mjd koreksi buat boyota
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1569
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: [Hot dari penggorengan] Veloz gagal nanjak?
kalau Makin banyak mobil gak bsa nanjak. Yg bermasalah engineering mobilnya apa geometri jalanannya?
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT