Saya pakai UNI filter double layer 40/60 PPI (filter aftermarket yg biasa dipake di kendaraan ATV/motor cross), tapi custom sendiri di filter new ertiga. Sejauh ini aman dan bersih. 5rb km sekali di recharge pakai maxima air filter cleaner & kasih pelumas lagi di filternya pakai maxima oil air filter. Sudah jalan sekitar 30rb km pakai UNI filter ini. Tenaga mid-highnya enak gak ketahan sama sekali.. Tapi moon maap filternya kaga ada yg jual disini, ini aja DIY sendiri dari sisa filter lembaran dulu pernah pake di motor.well wrote: Thu Feb 17, 2022 4:17thx om penjelasannya,Suryaputra wrote: Thu Feb 17, 2022 3:59hal yg berbeda mbah, sepengetahuan nubie ini, yg masih belajar perlendiran.well wrote: Thu Feb 17, 2022 3:38
komponen jeroan mesin yg berhubungan atau bersentuhan dengan oli itu sendiri maksudnya.
- Fungsi oli + filter oli adalah untuk melumasi + proteksi jeroan mesin dan menjaga mesin tetap bersih, tapi.....
klo spesifik yg dibahas adalah piston dan liner nya, dibagi 2 lagi
Piston rusak atau crack, bisa bbrp kemungkinan:
- oktan bbm terlalu rendah, sehingga gak sesuai dgn timing pengapian, ketika piston blm nyentuh TMA, udah meledak duluan bensin nya = knocking
- too much carbon di piston, sehingga volume piston jd ikut membesar (krn include carb build-up), ini mempengeruhi timing juga = knocking
Liner baret:
- Karena penggunaan air filter resing yg renggang, sehingga debris dan debu ukuran non-mikro masuk ke ruang bakar
- oli mesin yg gak sesuai kebutuhan mesin
- oli palsu
Terkait air filter, hati2 klo pakai yg non standard, resing, spt ferrox dkk, WHY?
udara yg disedot, lgs masuk ke intake, dan mixed dgn bbm di dalam ruang seher,
bayangin klo yg disedot debu atau debris logam atau bebatuan yg lolos dr filter resing![]()
ini bs buat pokok bahasan baru, filter racing yg warga SM pakai yg ok merk apa? KNN, Sprint, ferrox, sakura, dll?
Enaknya pake filter model foam begini airflow lebih lancar tapi debu bisa terperangkap di layer pertama yg sudah dilumasi.. Oli buat filter udaranya sendiri memang harus yg bagus, selama pakai maxima emang lengket banget tuh oli.. Dicuci pakai sunlight aja ga bisa ilang.. Harus pakai cleaner khususnya lagi. Kalau tipe stainless kaya ferrox mending jauh2 dah, dulu kapok pernah pakai di motor.. TB kotor & silinder baret alus. Ciri2 filter udara bekerja dengan baik salah satunya akan terlihat kotor pada filter yg artinya bener2 menyaring debu, kalau filternya masih bersih berarti debunya lolos itu..