Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Chr1stm1 wrote: Wed Feb 16, 2022 12:53
sahabatq8 wrote: Wed Feb 16, 2022 10:30
Suryaputra wrote: Wed Feb 16, 2022 10:10

PAO

1 decene homo polymer bla bla
G/D1 gak ada , tapi udah termasuk fully synthetic. Kalo saya liat produk produk Q8 group 3 pun udah bagus ya, bahkan yang mineralnya pun bagus² aja.

Kadang orang suka berpikir mineral = auto jelek, oli murah. Tapi saya lebih megang oli mineralnya Q8 seperti T750 daripada oli yang ngakunya semi/full synthetic tapi per liter dibawah 80rb. Di mobil barang kita juga pakai itu T750 dan mesin lumayan bersih considering itu mobil box usianya gak muda dan km usah ratusan ribu.

Sekarang malah sepertinya trend ada beberapa merek oli baru yang sok² pakai ester demi gimmick marketing. Hasilnya... coba aja sendiri tuh oli 400rb per liter buatan taiwan :mky_03:

Chef yang baik bukan yang selalu pake bahan-bahan mahal, tapi yang bisa mengolah bahan apapun jadi enak. Tentunya chef tersebut kalo dikasih bahan bagus bakal lebih dashyat lagi masakannya.

Dapur Q8 gak usah diragukan lagi, tim kita yang kesana ngurus sni aja terkagum-kagum kecanggihan pabrik serta in house lab yang ada di Belgium. Bener-bener no play play. :big_okay:
Supply crude oil yang diolah sebagai base oil juga konsistent karena semua under parent company Q8.

Jadi oli 0w20 terdebes yah Q8 Formula D1 FE sama Amsowel SS yah, until today...
also.. mobil 1 Extended performance 0w20 :mky_04:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Chr1stm1 »

Suryaputra wrote: Wed Feb 16, 2022 10:50
fajarrian wrote: Wed Feb 16, 2022 10:44
Suryaputra wrote: Wed Feb 16, 2022 10:25

aman kok,
asal 5rb km ya gaesss :big_peace:
dulu pas pake oli gratisan bawaan beres SGO hajar terus 6000-8000.

3 tahun belakangan ini udah ga pernah pake patokan odo lagi, sekarang pake patokan bulan di range 8-10 bulan.

kalo ngikutin odo, goceng aja bisa 2 tahun mungkin
ah iya bener,
lg pandemi gini, patokan nya durasi aja.
klo di daerah yg lembab banget; pakai durasi 5-6 bln buat oli mainstream udh cukup.

kyk bandung ini, even di area yg dataran plg rendah spt buah batu,
ketinggian 700mdpl, klo pagi humid nya up to 100% :mky_03:
Saya lagi mutasi ke Bandung sudah 2,5 thn, tepatnya di Cijagra ( polsek lengkong belok kanan )...kayaknya deket sama tempat Om yah?
Last edited by Chr1stm1 on Wed Feb 16, 2022 12:58, edited 1 time in total.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

rendr wrote: Wed Feb 16, 2022 12:38
Omnibus wrote: Wed Feb 16, 2022 11:04
well wrote: Wed Feb 16, 2022 10:22
waduh, oli murah ngga laku di forum ini... :big_biglaugh:
oli kerehore paling laku ga ada tandingan apa lagi, DOHC Genuine Oil. Fill and forget.

saking lakunya barangnya susah krn cuma diproduksi tiap malam kamis pon setelah didoa2kan pakai menyan 2kg. itu pun kl mbah delko lg ga karaoke bareng linda, wenwen, siska.

:mky_03: :mky_03: :mky_03:


spec mutakhir 0w10 api service SQ. yg lain belom nyampe segitu ...


DOHC Oil.jpg
sampe dibikin loh wkwkwk
visualisasi itu penting mbah utk meningkatkan top of mind awareness. spy begitu nyebut oli kerehore langsung terlintas dohc genuine oil. :mky_02:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Chr1stm1 wrote: Wed Feb 16, 2022 12:55
Suryaputra wrote: Wed Feb 16, 2022 10:50
fajarrian wrote: Wed Feb 16, 2022 10:44

dulu pas pake oli gratisan bawaan beres SGO hajar terus 6000-8000.

3 tahun belakangan ini udah ga pernah pake patokan odo lagi, sekarang pake patokan bulan di range 8-10 bulan.

kalo ngikutin odo, goceng aja bisa 2 tahun mungkin
ah iya bener,
lg pandemi gini, patokan nya durasi aja.
klo di daerah yg lembab banget; pakai durasi 5-6 bln buat oli mainstream udh cukup.

kyk bandung ini, even di area yg dataran plg rendah spt buah batu,
ketinggian 700mdpl, klo pagi humid nya up to 100% :mky_03:
Saya lagi mutasi ke Bandung sudah 2,5 thn, tepatnya di Cijagra ( polsek lengkong belok kanan )...kayaknya deket sama tempat Om yah?
Saya pindah dr jakarta/bekasi ke bandung since 2018, mbah
di kel. margasari :mky_01:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

coba page 1 boleh ditambah tuh image DGO
sekalian jadiin poster mbah


jd teringat terus
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Wed Feb 16, 2022 13:04 coba page 1 boleh ditambah tuh image DGO
sekalian jadiin poster mbah


jd teringat terus
nanti pokoknya pelan2 semua series keluar mbah :mky_01:

atf, cvtf, coolant, psf, oli gardan, etc etc etc

palugada - apa lu mau dohc genuine ada :mky_03: :mky_03:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Wed Feb 16, 2022 13:13
Suryaputra wrote: Wed Feb 16, 2022 13:04 coba page 1 boleh ditambah tuh image DGO
sekalian jadiin poster mbah


jd teringat terus
nanti pokoknya pelan2 semua series keluar mbah :mky_01:

atf, cvtf, coolant, psf, oli gardan, etc etc etc

palugada - apa lu mau dohc genuine ada :mky_03: :mky_03:
sekalian spbu dong mbah.
DOHC Genuine Fuel RON 200

jadi powah naik 100% tanpa harus remap, port polish, ganti ini itu dsb :emo-big_love:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by well »

suhu, mohon petunjuk, apakah jeroan mesin yg bersih tanpa varnish bisa diartikan kondisi dalaman mesin jg sehat? (berbanding lurus) atau tidak tentu?
apakah ada kasus bahwa seker mesin bermasalah tp jg bersih (bkn krn habis dibersihkan)?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

well wrote: Thu Feb 17, 2022 2:57 suhu, mohon petunjuk, apakah jeroan mesin yg bersih tanpa varnish bisa diartikan kondisi dalaman mesin jg sehat? (berbanding lurus) atau tidak tentu?
apakah ada kasus bahwa seker mesin bermasalah tp jg bersih (bkn krn habis dibersihkan)?
ini yg mksdnya ring piston
atau piston nya sendiri mbah ?

kebetulan ane prnh miara elantra second, dan kudu overhaul, krn liner baret, sehingga harus bubut dan oversize piston + ring nya :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by well »

Suryaputra wrote: Thu Feb 17, 2022 3:34
well wrote: Thu Feb 17, 2022 2:57 suhu, mohon petunjuk, apakah jeroan mesin yg bersih tanpa varnish bisa diartikan kondisi dalaman mesin jg sehat? (berbanding lurus) atau tidak tentu?
apakah ada kasus bahwa seker mesin bermasalah tp jg bersih (bkn krn habis dibersihkan)?
ini yg mksdnya ring piston
atau piston nya sendiri mbah ?

kebetulan ane prnh miara elantra second, dan kudu overhaul, krn liner baret, sehingga harus bubut dan oversize piston + ring nya :upss:
komponen jeroan mesin yg berhubungan atau bersentuhan dengan oli itu sendiri maksudnya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

well wrote: Thu Feb 17, 2022 2:57 suhu, mohon petunjuk, apakah jeroan mesin yg bersih tanpa varnish bisa diartikan kondisi dalaman mesin jg sehat? (berbanding lurus) atau tidak tentu?
apakah ada kasus bahwa seker mesin bermasalah tp jg bersih (bkn krn habis dibersihkan)?
75% berbanding lurus. sebab kl bersih kan gesekan akibat adanya benda asing (kotoran) berkurang.
yg 25% lainnya faktor misuse. misalnya udah pake oli keraton jeroan bersih tp tiap pagi nyalain mesin baru nyala cold start langsung geber ya kena juga lama2.

dan kl mesin bersih kerusakan lain gampang diketahui lewat visualisasi atau indikator lain.
ring seher kena - makan oli, ada oli di knalpot, ngebul
cam aus - kelihatan baretnya dgn mudah
dsb dst

kl ada varnish, apalagi sludge, boro2 keliatan jelas kan nyampur sama item2 atau kuning2.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

well wrote: Thu Feb 17, 2022 3:38
Suryaputra wrote: Thu Feb 17, 2022 3:34
well wrote: Thu Feb 17, 2022 2:57 suhu, mohon petunjuk, apakah jeroan mesin yg bersih tanpa varnish bisa diartikan kondisi dalaman mesin jg sehat? (berbanding lurus) atau tidak tentu?
apakah ada kasus bahwa seker mesin bermasalah tp jg bersih (bkn krn habis dibersihkan)?
ini yg mksdnya ring piston
atau piston nya sendiri mbah ?

kebetulan ane prnh miara elantra second, dan kudu overhaul, krn liner baret, sehingga harus bubut dan oversize piston + ring nya :upss:
komponen jeroan mesin yg berhubungan atau bersentuhan dengan oli itu sendiri maksudnya.
hal yg berbeda mbah, sepengetahuan nubie ini, yg masih belajar perlendiran.

- Fungsi oli + filter oli adalah untuk melumasi + proteksi jeroan mesin dan menjaga mesin tetap bersih, tapi.....
klo spesifik yg dibahas adalah piston dan liner nya, dibagi 2 lagi

Piston rusak atau crack, bisa bbrp kemungkinan:
- oktan bbm terlalu rendah, sehingga gak sesuai dgn timing pengapian, ketika piston blm nyentuh TMA, udah meledak duluan bensin nya = knocking
- too much carbon di piston, sehingga volume piston jd ikut membesar (krn include carb build-up), ini mempengeruhi timing juga = knocking

Liner baret:
- Karena penggunaan air filter resing yg renggang, sehingga debris dan debu ukuran non-mikro masuk ke ruang bakar
- oli mesin yg gak sesuai kebutuhan mesin
- oli palsu

Terkait air filter, hati2 klo pakai yg non standard, resing, spt ferrox dkk, WHY?

Image

udara yg disedot, lgs masuk ke intake, dan mixed dgn bbm di dalam ruang seher,
bayangin klo yg disedot debu atau debris logam atau bebatuan yg lolos dr filter resing :mky_03:
Last edited by Suryaputra on Thu Feb 17, 2022 4:04, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by well »

Omnibus wrote: Thu Feb 17, 2022 3:56
well wrote: Thu Feb 17, 2022 2:57 suhu, mohon petunjuk, apakah jeroan mesin yg bersih tanpa varnish bisa diartikan kondisi dalaman mesin jg sehat? (berbanding lurus) atau tidak tentu?
apakah ada kasus bahwa seker mesin bermasalah tp jg bersih (bkn krn habis dibersihkan)?
75% berbanding lurus. sebab kl bersih kan gesekan akibat adanya benda asing (kotoran) berkurang.
yg 25% lainnya faktor misuse. misalnya udah pake oli keraton jeroan bersih tp tiap pagi nyalain mesin baru nyala cold start langsung geber ya kena juga lama2.

dan kl mesin bersih kerusakan lain gampang diketahui lewat visualisasi atau indikator lain.
ring seher kena - makan oli, ada oli di knalpot, ngebul
cam aus - kelihatan baretnya dgn mudah
dsb dst

kl ada varnish, apalagi sludge, boro2 keliatan jelas kan nyampur sama item2 atau kuning2.
mantab suhu penjelasannya, tx
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Thu Feb 17, 2022 3:56
well wrote: Thu Feb 17, 2022 2:57 suhu, mohon petunjuk, apakah jeroan mesin yg bersih tanpa varnish bisa diartikan kondisi dalaman mesin jg sehat? (berbanding lurus) atau tidak tentu?
apakah ada kasus bahwa seker mesin bermasalah tp jg bersih (bkn krn habis dibersihkan)?
75% berbanding lurus. sebab kl bersih kan gesekan akibat adanya benda asing (kotoran) berkurang.
yg 25% lainnya faktor misuse. misalnya udah pake oli keraton jeroan bersih tp tiap pagi nyalain mesin baru nyala cold start langsung geber ya kena juga lama2.

dan kl mesin bersih kerusakan lain gampang diketahui lewat visualisasi atau indikator lain.
ring seher kena - makan oli, ada oli di knalpot, ngebul
cam aus - kelihatan baretnya dgn mudah
dsb dst

kl ada varnish, apalagi sludge, boro2 keliatan jelas kan nyampur sama item2 atau kuning2.
klo pk DGO API SQ gmn suhu ? :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by well »

Suryaputra wrote: Thu Feb 17, 2022 3:59
well wrote: Thu Feb 17, 2022 3:38
Suryaputra wrote: Thu Feb 17, 2022 3:34

ini yg mksdnya ring piston
atau piston nya sendiri mbah ?

kebetulan ane prnh miara elantra second, dan kudu overhaul, krn liner baret, sehingga harus bubut dan oversize piston + ring nya :upss:
komponen jeroan mesin yg berhubungan atau bersentuhan dengan oli itu sendiri maksudnya.
hal yg berbeda mbah, sepengetahuan nubie ini, yg masih belajar perlendiran.

- Fungsi oli + filter oli adalah untuk melumasi + proteksi jeroan mesin dan menjaga mesin tetap bersih, tapi.....
klo spesifik yg dibahas adalah piston dan liner nya, dibagi 2 lagi

thx om penjelasannya..
wah, bs buat topik baru nih, filter racing apa yg member SM pernah pakai dan aman? KNN, Ferox, Sakura, Sprint, dll?

Piston rusak atau crack, bisa bbrp kemungkinan:
- oktan bbm terlalu rendah, sehingga gak sesuai dgn timing pengapian, ketika piston blm nyentuh TMA, udah meledak duluan bensin nya = knocking
- too much carbon di piston, sehingga volume piston jd ikut membesar (krn include carb build-up), ini mempengeruhi timing juga = knocking

Liner baret:
- Karena penggunaan air filter resing yg renggang, sehingga debris dan debu ukuran non-mikro masuk ke ruang bakar
- oli mesin yg gak sesuai kebutuhan mesin
- oli palsu

Terkait air filter, hati2 klo pakai yg non standard, resing, spt ferrox dkk, WHY?

Image

udara yg disedot, lgs masuk ke intake, dan mixed dgn bbm di dalam ruang seher,
bayangin klo yg disedot debu atau debris logam atau bebatuan yg lolos dr filter resing :mky_03:
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by well »

Suryaputra wrote: Thu Feb 17, 2022 3:59
well wrote: Thu Feb 17, 2022 3:38
Suryaputra wrote: Thu Feb 17, 2022 3:34

ini yg mksdnya ring piston
atau piston nya sendiri mbah ?

kebetulan ane prnh miara elantra second, dan kudu overhaul, krn liner baret, sehingga harus bubut dan oversize piston + ring nya :upss:
komponen jeroan mesin yg berhubungan atau bersentuhan dengan oli itu sendiri maksudnya.
hal yg berbeda mbah, sepengetahuan nubie ini, yg masih belajar perlendiran.

- Fungsi oli + filter oli adalah untuk melumasi + proteksi jeroan mesin dan menjaga mesin tetap bersih, tapi.....
klo spesifik yg dibahas adalah piston dan liner nya, dibagi 2 lagi

thx om penjelasannya..
wah, bs buat topik baru nih, filter racing apa yg member SM pernah pakai dan aman? KNN, Ferox, Sakura, Sprint, dll?

Piston rusak atau crack, bisa bbrp kemungkinan:
- oktan bbm terlalu rendah, sehingga gak sesuai dgn timing pengapian, ketika piston blm nyentuh TMA, udah meledak duluan bensin nya = knocking
- too much carbon di piston, sehingga volume piston jd ikut membesar (krn include carb build-up), ini mempengeruhi timing juga = knocking

Liner baret:
- Karena penggunaan air filter resing yg renggang, sehingga debris dan debu ukuran non-mikro masuk ke ruang bakar
- oli mesin yg gak sesuai kebutuhan mesin
- oli palsu

Terkait air filter, hati2 klo pakai yg non standard, resing, spt ferrox dkk, WHY?

Image

udara yg disedot, lgs masuk ke intake, dan mixed dgn bbm di dalam ruang seher,
bayangin klo yg disedot debu atau debris logam atau bebatuan yg lolos dr filter resing :mky_03:
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by josomba »

Suryaputra wrote: Thu Feb 17, 2022 3:59
well wrote: Thu Feb 17, 2022 3:38
Suryaputra wrote: Thu Feb 17, 2022 3:34

ini yg mksdnya ring piston
atau piston nya sendiri mbah ?

kebetulan ane prnh miara elantra second, dan kudu overhaul, krn liner baret, sehingga harus bubut dan oversize piston + ring nya :upss:
komponen jeroan mesin yg berhubungan atau bersentuhan dengan oli itu sendiri maksudnya.
hal yg berbeda mbah, sepengetahuan nubie ini, yg masih belajar perlendiran.

- Fungsi oli + filter oli adalah untuk melumasi + proteksi jeroan mesin dan menjaga mesin tetap bersih, tapi.....
klo spesifik yg dibahas adalah piston dan liner nya, dibagi 2 lagi

Piston rusak atau crack, bisa bbrp kemungkinan:
- oktan bbm terlalu rendah, sehingga gak sesuai dgn timing pengapian, ketika piston blm nyentuh TMA, udah meledak duluan bensin nya = knocking
- too much carbon di piston, sehingga volume piston jd ikut membesar (krn include carb build-up), ini mempengeruhi timing juga = knocking

Liner baret:
- Karena penggunaan air filter resing yg renggang, sehingga debris dan debu ukuran non-mikro masuk ke ruang bakar
- oli mesin yg gak sesuai kebutuhan mesin
- oli palsu

Terkait air filter, hati2 klo pakai yg non standard, resing, spt ferrox dkk, WHY?

Image

udara yg disedot, lgs masuk ke intake, dan mixed dgn bbm di dalam ruang seher,
bayangin klo yg disedot debu atau debris logam atau bebatuan yg lolos dr filter resing :mky_03:
Berarti buat demi gegayaan, sesudah filter racing, harus tambah filter KN95 lagi ya mbah?

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Image
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by well »

Suryaputra wrote: Thu Feb 17, 2022 3:59
well wrote: Thu Feb 17, 2022 3:38
Suryaputra wrote: Thu Feb 17, 2022 3:34

ini yg mksdnya ring piston
atau piston nya sendiri mbah ?

kebetulan ane prnh miara elantra second, dan kudu overhaul, krn liner baret, sehingga harus bubut dan oversize piston + ring nya :upss:
komponen jeroan mesin yg berhubungan atau bersentuhan dengan oli itu sendiri maksudnya.
hal yg berbeda mbah, sepengetahuan nubie ini, yg masih belajar perlendiran.

- Fungsi oli + filter oli adalah untuk melumasi + proteksi jeroan mesin dan menjaga mesin tetap bersih, tapi.....
klo spesifik yg dibahas adalah piston dan liner nya, dibagi 2 lagi

Piston rusak atau crack, bisa bbrp kemungkinan:
- oktan bbm terlalu rendah, sehingga gak sesuai dgn timing pengapian, ketika piston blm nyentuh TMA, udah meledak duluan bensin nya = knocking
- too much carbon di piston, sehingga volume piston jd ikut membesar (krn include carb build-up), ini mempengeruhi timing juga = knocking

Liner baret:
- Karena penggunaan air filter resing yg renggang, sehingga debris dan debu ukuran non-mikro masuk ke ruang bakar
- oli mesin yg gak sesuai kebutuhan mesin
- oli palsu

Terkait air filter, hati2 klo pakai yg non standard, resing, spt ferrox dkk, WHY?

Image

udara yg disedot, lgs masuk ke intake, dan mixed dgn bbm di dalam ruang seher,
bayangin klo yg disedot debu atau debris logam atau bebatuan yg lolos dr filter resing :mky_03:
thx om penjelasannya,
ini bs buat pokok bahasan baru, filter racing yg warga SM pakai yg ok merk apa? KNN, Sprint, ferrox, sakura, dll?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Thu Feb 17, 2022 4:04
klo pk DGO API SQ gmn suhu ? :mky_03:
wear rate 0 semua bosqueeee ...... :big_exellent:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

josomba wrote: Thu Feb 17, 2022 4:10
Berarti buat demi gegayaan, sesudah filter racing, harus tambah filter KN95 lagi ya mbah?

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
mesinnya bebas corona :mky_03:

dan asap buangnya juga bebas corona, mobil di belakangnya ga ketularan. :mky_04: :big_biglaugh:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Thu Feb 17, 2022 4:21
Suryaputra wrote: Thu Feb 17, 2022 4:04
klo pk DGO API SQ gmn suhu ? :mky_03:
wear rate 0 semua bosqueeee ...... :big_exellent:
:big_love: :big_love:

gak ada apa2nya si merk ono dr amrik dan kuwait yaa :mky_02:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

josomba wrote: Thu Feb 17, 2022 4:10
Suryaputra wrote: Thu Feb 17, 2022 3:59
well wrote: Thu Feb 17, 2022 3:38

komponen jeroan mesin yg berhubungan atau bersentuhan dengan oli itu sendiri maksudnya.
hal yg berbeda mbah, sepengetahuan nubie ini, yg masih belajar perlendiran.

- Fungsi oli + filter oli adalah untuk melumasi + proteksi jeroan mesin dan menjaga mesin tetap bersih, tapi.....
klo spesifik yg dibahas adalah piston dan liner nya, dibagi 2 lagi

Piston rusak atau crack, bisa bbrp kemungkinan:
- oktan bbm terlalu rendah, sehingga gak sesuai dgn timing pengapian, ketika piston blm nyentuh TMA, udah meledak duluan bensin nya = knocking
- too much carbon di piston, sehingga volume piston jd ikut membesar (krn include carb build-up), ini mempengeruhi timing juga = knocking

Liner baret:
- Karena penggunaan air filter resing yg renggang, sehingga debris dan debu ukuran non-mikro masuk ke ruang bakar
- oli mesin yg gak sesuai kebutuhan mesin
- oli palsu

Terkait air filter, hati2 klo pakai yg non standard, resing, spt ferrox dkk, WHY?

Image

udara yg disedot, lgs masuk ke intake, dan mixed dgn bbm di dalam ruang seher,
bayangin klo yg disedot debu atau debris logam atau bebatuan yg lolos dr filter resing :mky_03:
Berarti buat demi gegayaan, sesudah filter racing, harus tambah filter KN95 lagi ya mbah?

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Buat saring diesel remap cumi cumi :big_weee:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

josomba wrote: Thu Feb 17, 2022 4:10
Suryaputra wrote: Thu Feb 17, 2022 3:59
well wrote: Thu Feb 17, 2022 3:38

komponen jeroan mesin yg berhubungan atau bersentuhan dengan oli itu sendiri maksudnya.
hal yg berbeda mbah, sepengetahuan nubie ini, yg masih belajar perlendiran.

- Fungsi oli + filter oli adalah untuk melumasi + proteksi jeroan mesin dan menjaga mesin tetap bersih, tapi.....
klo spesifik yg dibahas adalah piston dan liner nya, dibagi 2 lagi

Piston rusak atau crack, bisa bbrp kemungkinan:
- oktan bbm terlalu rendah, sehingga gak sesuai dgn timing pengapian, ketika piston blm nyentuh TMA, udah meledak duluan bensin nya = knocking
- too much carbon di piston, sehingga volume piston jd ikut membesar (krn include carb build-up), ini mempengeruhi timing juga = knocking

Liner baret:
- Karena penggunaan air filter resing yg renggang, sehingga debris dan debu ukuran non-mikro masuk ke ruang bakar
- oli mesin yg gak sesuai kebutuhan mesin
- oli palsu

Terkait air filter, hati2 klo pakai yg non standard, resing, spt ferrox dkk, WHY?

Image

udara yg disedot, lgs masuk ke intake, dan mixed dgn bbm di dalam ruang seher,
bayangin klo yg disedot debu atau debris logam atau bebatuan yg lolos dr filter resing :mky_03:
Berarti buat demi gegayaan, sesudah filter racing, harus tambah filter KN95 lagi ya mbah?

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
wah ide keren mbah,
bisa dicuci ulang jg kan

cocok sm DGO fill & forget,
lowest maintenance cost & effort :mky_02: :mky_02:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by rudyzanetti »

Saya pake oli ini di new carry pickup. Masih ada 2 galon.
Sisaan dulu beli promo di bli*2.com 😁
Walaupun cm api sj, hajar aja bleh... Di manual book nya masih boleh kok. Haha
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

rudyzanetti wrote: Thu Feb 17, 2022 6:02 Saya pake oli ini di new carry pickup. Masih ada 2 galon.
Sisaan dulu beli promo di bli*2.com 😁
Walaupun cm api sj, hajar aja bleh... Di manual book nya masih boleh kok. Haha
mantap, pakai delo w30
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri