well wrote: Thu Feb 17, 2022 3:38
Suryaputra wrote: Thu Feb 17, 2022 3:34
well wrote: Thu Feb 17, 2022 2:57
suhu, mohon petunjuk, apakah jeroan mesin yg bersih tanpa varnish bisa diartikan kondisi dalaman mesin jg sehat? (berbanding lurus) atau tidak tentu?
apakah ada kasus bahwa seker mesin bermasalah tp jg bersih (bkn krn habis dibersihkan)?
ini yg mksdnya ring piston
atau piston nya sendiri mbah ?
kebetulan ane prnh miara elantra second, dan kudu overhaul, krn liner baret, sehingga harus bubut dan oversize piston + ring nya
komponen jeroan mesin yg berhubungan atau bersentuhan dengan oli itu sendiri maksudnya.
hal yg berbeda mbah, sepengetahuan nubie ini, yg masih belajar perlendiran.
- Fungsi oli + filter oli adalah untuk melumasi + proteksi jeroan mesin dan menjaga mesin tetap bersih, tapi.....
klo spesifik yg dibahas adalah piston dan liner nya, dibagi 2 lagi
Piston rusak atau crack, bisa bbrp kemungkinan:
- oktan bbm terlalu rendah, sehingga gak sesuai dgn timing pengapian, ketika piston blm nyentuh TMA, udah meledak duluan bensin nya = knocking
- too much carbon di piston, sehingga volume piston jd ikut membesar (krn include carb build-up), ini mempengeruhi timing juga = knocking
Liner baret:
- Karena penggunaan air filter resing yg renggang, sehingga debris dan debu ukuran non-mikro masuk ke ruang bakar
- oli mesin yg gak sesuai kebutuhan mesin
- oli palsu
Terkait air filter, hati2 klo pakai yg non standard, resing, spt ferrox dkk, WHY?
udara yg disedot, lgs masuk ke intake, dan mixed dgn bbm di dalam ruang seher,
bayangin klo yg disedot debu atau debris logam atau bebatuan yg lolos dr filter resing
