Setelah lama ga nulis review, iseng2 liat ternyata belom ada review ini mobil korea baru, jadi terbesitlah keinginan buat nulis..
Jadi berawal rasa penasaran pengen cari mobil "tinggi" agak kecil buat istri, tiba2 pas pameran ketemu sales H miring ditawarin test drive Creta..
Karena penasaran gimana Hyundai ini sambil masih menunggu gimana HRV baru yang baru akan di launch, jadilah mencoba buat janji test drive..
Setelah beberapa hari janjian kagak jadi2, akhirnya hari ini jadilah sesi coba2 Hyundai Creta..
Sekilas tentang Hyundai Creta, ini mobil jadi mobil Hyundai "modern" yang baru mulai diproduksi secara CKD dan dibangga2in Hyundai karena diproduksi di pabrik barunya yang baru jadi. Di iklannya, mobil ini bisa milih2 option untuk mobil ini dimana menurut salesnya itu berlaku untuk trim Trend.
Oke langsung aja..
1. Eksterior
Tampak depan ini cukup kontroversial, ada yang suka banget, ada yang ga suka banget.. dan saya di kubu suka banget, placement lampu depannya seksi sekali pantulannya di kaca








Begitu masuk ke dalam, saya pertama coba duduk di kursi belakang, surprisingly ini mobil joknya empuukk, leg room juga lega banget Terlihat dari foto diatas ada 2 lubang ac dan ambient light biru2 ditengah, ada juga power outlet yang sayang sekali masih usb type B ( ane pemakai usb type C garis keras

Penampakan dahsboard dari belakang, kelihatan kalo guidelinesnya ikut belok2 ketika setir dibelokin + ada ambient light nya dong Ada ambient light juga di cupholdernya, mobil ini juga udah ada EPB + Auto hold + mode2 driving ya

panoramic sunroof full dari depan sampe belakang jadi ngingetin sama mobil sultan ningrat paling value for money Untuk jaman pandemi seperti ini juga disediakan air purifier yang ion nya disembur dari console handrest tengah Bentuk Setirnya juga cakeep banget

Untuk akomodasi bagasi, ga segede HRV, tapi lumayan gede kapasitasnya

Untuk sunvisor ga ada lampunya, tapi lampu di dalem interior semua sudah LED putih



Oiya untuk tipe prime ini udah dapet interior kulit warna hitam ya, ditambah audio BOSE yang suaranya cakep banget
3. Driving Experience
Waktu jalan, ini mobil berasa jauh, jauhhhh banget lebih enak dari pesaing2nya, suspensi settingan pas banget, ga terlalu keras, cukup empuk tapi ga mantul2..
Mobil segede ini ditenagai oleh mesin cenggo cc sekapasitas botol aqua gede, Smartstream G1.5 115PS, 143,8NM menurut brosur, surprisingly buat sruntulan dalam kota masih enak, ditambah peredam yang sangat amat kedap sekali even dengan panoramic segede itu( coba bandingin sama pesaing terdekatnya yang habis naik harga 70an juta )
CVT ( or dubbed as IVT by Hyundai ) nya halus banget, berasa agak2 bolot tapi tenaga okelah buat dalam kota, ditambah paddle shift yang ada di tipe prime jadi berasa agak2 resing

Bantingan suspensinya pun di jalan keriting bisa meredam jalan keriting + cor blok dengan sangat amat baik sekali ( biasa pakai 2kd yang kena jalan keriting suara glodak2 sampai dalam )
Fitur lane keeping assist di mobil ini bagai pedang bermata 2, cukup membantu jalan di dalkot bisa agak lepas2 setir, dan bagusnya ini sistem bener2 keep kita di dalam line ga kaya di sebelah yang harus nginjek garis dulu baru di counter, akan tetapi kadang cukup ganggu juga pas beberapa kali manuver potong jalan setirnya berasa dicounter sama komputernya


Solusinya sih harus pakai sen sambil motong / matiin aja fitur ini..
Untuk feel setirnya, ini mobil setirnya entengnya polll, berasa bawa mobil Wuling, enteng sampe ga ada feel steeringnya
4. Kesimpulan
Untuk duit 400jt tipe prime, menurut saya harga ini lebih worth it dari pada SE yang sebelah.. Ya kita belum tahu next gen yang akan muncul beberapa saat lagi kaya gimana dan pricingnya

Tapi jika anda ga butuh lane keep assist, air purifier, audio BOSE, bodykit styling dan panoramic segede itu, tipe dibawahnya ( style ) selisih 40jt dengan segala fitur speedometer digital berasa lebih worth it lagi sih..
Untuk tipe trend yang bisa customize, saya kurang tau apa aja bedanya tapi katanya sih lampunya masih kuning

Build quality mobil Korea CKD ini bagus banget fit and finishnya, ga berasa mobil CKD


Semoga mobil ini bisa jadi benchmark HRV yang akan muncul dalam waktu dekat ini