Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Mahal yah om.
Copper grease untuk bagian mana saja?
Kegunaannya dibandingkan grease biasa?
Di rumah sudah ada 3 grease
1. Top one biru
2. Seiken rubber grease bentuk odol
3. CRC EP staplex premium red grease
Saya lupa ternyata saya punya 4 macam grease wakakakak
1. Top one biru NLGI 2
2. Seiken rubber grease
3. Amsoil EP NLGI 2
4. CRC EP Staplex Red Premium Grease
Diurutkan semakin lama semakin mahal
mbah
topwan biru itu NLGI 3 , sekelas ama cobra, rotary dkk
Penampakan karet bekas pakai dan karet baru
Karet lama kepencet ada yang sisa 3/4, ada yang sisa 1/2.
Tidak rata kepencetnya
Link stabil - ganti karet.jpg
Ini yang nempel di link stabil sebelum diganti
Link stabil kanan.jpg
Bagi yang mobilnya berumur 4 thn karet2xnya link stabil sudah ada retakan diganti jadi lebih nyaman, harsh ke setir jauh berkurang ....
Update Hasil penggantian karet link stabil(bukan karet roti) dan dibawa ke luar kota dari Surabaya ke Semarang lewat Toll.
Kecepatan 120-150 an. Mobil 4 Penumpang berserta tas.
Getaran di setir kalau kena jalan jelek SANGAT teredam. Berbeda sekali dengan sebelum diganti karetnya.
Worth it karet2x diganti agar kontur jalan tidak terasa ke setir
Pagi ini lanjut ganti karet stabil (karet U joint)
Mantap, mobil serasa jadi baru lagi di setir, semua goyangan teredam, feedback ke setir tidak ada.
Karet Stabil lama
karet stabil lama.jpg
Karet Stabil baru
karet stabil baru.jpg
Happy banget, padahal sempat divonis BeRes steering rack, kan gak nyambung.
Kalau asal iyain BeRes, maka akan keluar duit > 10 juta, dicompare dengan cuma < 0.4 juta
Tool yang dipakai tidak banyak:
Tool ganti karet stabil.jpg
tools nya tjakeppp
mobil nippon wajip pake tools nippon jg
btw,
kl di karet roti inofa dan hrv kita orang, ud kita kasi silikonfett mbah
yg HRV ga sekalian ganti rear trailing arm bushing mbah?
lebih menantang mbah
source: Google
Ini arm depan yah mbah, gak punya bayangan konstruksi belakang hehehehe (belum ngolong ...)
itu dr gugel. ya ngolong aja mbah, jd bisa ngira2 pake tools apa tuh.
Iya mbah barusan ngolong hahaha.
Ini barusan saya foto, barusan diganti sama BeRes Jun 2021 mbah. KM juga masih 8rb an wakakaka. Garage queen ini mbah.
Lower arm bushing HRV.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Update Hasil penggantian karet link stabil(bukan karet roti) dan dibawa ke luar kota dari Surabaya ke Semarang lewat Toll.
Kecepatan 120-150 an. Mobil 4 Penumpang berserta tas.
Getaran di setir kalau kena jalan jelek SANGAT teredam. Berbeda sekali dengan sebelum diganti karetnya.
Worth it karet2x diganti agar kontur jalan tidak terasa ke setir
Pagi ini lanjut ganti karet stabil (karet U joint)
Mantap, mobil serasa jadi baru lagi di setir, semua goyangan teredam, feedback ke setir tidak ada.
Karet Stabil lama
karet stabil lama.jpg
Karet Stabil baru
karet stabil baru.jpg
Happy banget, padahal sempat divonis BeRes steering rack, kan gak nyambung.
Kalau asal iyain BeRes, maka akan keluar duit > 10 juta, dicompare dengan cuma < 0.4 juta
Tool yang dipakai tidak banyak:
Tool ganti karet stabil.jpg
tools nya tjakeppp
mobil nippon wajip pake tools nippon jg
btw,
kl di karet roti inofa dan hrv kita orang, ud kita kasi silikonfett mbah
lmayan , kriet2 jd ilang total
Saya punya gak saya kasih silikonfet mbah, kuatir ada reaksi kimia lama kelamaan karet jadi agak lembek
Mahal yah om.
Copper grease untuk bagian mana saja?
Kegunaannya dibandingkan grease biasa?
Di rumah sudah ada 3 grease
1. Top one biru
2. Seiken rubber grease bentuk odol
3. CRC EP staplex premium red grease
Saya lupa ternyata saya punya 4 macam grease wakakakak
1. Top one biru NLGI 2
2. Seiken rubber grease
3. Amsoil EP NLGI 2
4. CRC EP Staplex Red Premium Grease
Diurutkan semakin lama semakin mahal
mbah
topwan biru itu NLGI 3 , sekelas ama cobra, rotary dkk
Sampai sekarang saya gak tahu kegunaan masing masing yang cocok apa hahaha.
1. Sliding pin rem saya pakai rubber grease, sekarang saya pakai CRC EP karena dia paling kuat tahan panas
2. Brake pad, anting dan punggungnya saya kasih CRC EP juga karena dia paling kuat tahan panas
3. Peleg mobil yang nempel ke piringan rem kalau di Innova reborn, saya pakai CRC EP juga.
Lama kelamaan Seiken dan Amsoil pensiun dia wakakakaka
Copper untuk besi dan besi yg nempel agar gak korosi yah?
Bukan untuk baut yah?
yang pertama, bahan anti seize itu banyak, ada yang almunium, copper, nickel, dll.
sebagai contoh :
permukaan velg yang bersentuhan langsung dengan hub biasa saya kasih anti seize yang copper (karena adanya itu).
trus badan baut subframe. badan bautnya, bukan drat-nya. kenapa badan baut? karena menghindari korosi.
juga badan baut TB, ataupun badan baut waterpump.
kalo drat, selama tidak ada perintah FSM untuk dilumasi/oles grease/oles anti seize/oles threadlock, saya biarkan tetap kering.
Copper untuk besi dan besi yg nempel agar gak korosi yah?
Bukan untuk baut yah?
yang pertama, bahan anti seize itu banyak, ada yang almunium, copper, nickel, dll.
sebagai contoh :
permukaan velg yang bersentuhan langsung dengan hub biasa saya kasih anti seize yang copper (karena adanya itu).
trus badan baut subframe. badan bautnya, bukan drat-nya. kenapa badan baut? karena menghindari korosi.
juga badan baut TB, ataupun badan baut waterpump.
kalo drat, selama tidak ada perintah FSM untuk dilumasi/oles grease/oles anti seize/oles threadlock, saya biarkan tetap kering.
Siap, makasih mbah.
Badan baut kasih grease. 2 bagian besi yg nempel kasih grease
Kalau ulirnya kasih loctite.
jangan ngawur mbah, coba dibaca lagi baik-baik tulisan saya diatas...
kalo drat, selama tidak ada perintah FSM untuk dilumasi/oles grease/oles anti seize/oles threadlock, saya biarkan tetap kering.
Mbah memang tulis ulirnya gak dikasih apa2x kecuali ada perintah dari FSM
Saya ulir gak saya kasih apa apa selama ini PERSIS yg mbah tulis diatas.
Cuma pernah lihat youtube kalau ulirnya ada yg dikasih thread locker merek loctite mbah. Tujuan supaya ulir gak karatan.
Seingat saya dia akan jadi semacam karet gitu.
Tapi ada yg bilang lepasin bautnya bakal susah... ah bingung saya karena masih newbie ...
Ini arm depan yah mbah, gak punya bayangan konstruksi belakang hehehehe (belum ngolong ...)
itu dr gugel. ya ngolong aja mbah, jd bisa ngira2 pake tools apa tuh.
Iya mbah barusan ngolong hahaha.
Ini barusan saya foto, barusan diganti sama BeRes Jun 2021 mbah. KM juga masih 8rb an wakakaka. Garage queen ini mbah.
jangan ngawur mbah, coba dibaca lagi baik-baik tulisan saya diatas...
kalo drat, selama tidak ada perintah FSM untuk dilumasi/oles grease/oles anti seize/oles threadlock, saya biarkan tetap kering.
Mbah memang tulis ulirnya gak dikasih apa2x kecuali ada perintah dari FSM
Saya ulir gak saya kasih apa apa selama ini PERSIS yg mbah tulis diatas.
Cuma pernah lihat youtube kalau ulirnya ada yg dikasih thread locker merek loctite mbah. Tujuan supaya ulir gak karatan.
Seingat saya dia akan jadi semacam karet gitu.
Tapi ada yg bilang lepasin bautnya bakal susah... ah bingung saya karena masih newbie ...
nubie numpang jawap ya
kl kita orang biasa sehh utk baut2 kaki, diolesin silikonfett, trus dilap biar ga kesisa fett nya di ulir, tp tetep oily
krn sifat silikon kan water repellent dan dia kuat banget nempel di permukaan, makanya muda2an ga bkin karat dan gangggu tork value jg pas di tork
Cuma pernah lihat youtube kalau ulirnya ada yg dikasih thread locker merek loctite mbah. Tujuan supaya ulir gak karatan.
Seingat saya dia akan jadi semacam karet gitu.
Tapi ada yg bilang lepasin bautnya bakal susah... ah bingung saya karena masih newbie ...
ada ulir yang memang harus pake threadlock contohnya upper nut rear strut mazda 2.
alias mur atas shock belakang.
itu torsinya di kisaran 15 nm. karena torsinya kecil, dipakailah threadlock warna biru (atau label biru kalo di loctite, nomernya saya lupa) supaya mur nggak bergerak tapi masih bisa dibuka dengan sedikit usaha.
kalau threadlock merah, harus pakai heat gun untuk membuka baut/murnya.
Cuma pernah lihat youtube kalau ulirnya ada yg dikasih thread locker merek loctite mbah. Tujuan supaya ulir gak karatan.
Seingat saya dia akan jadi semacam karet gitu.
Tapi ada yg bilang lepasin bautnya bakal susah... ah bingung saya karena masih newbie ...
ada ulir yang memang harus pake threadlock contohnya upper nut rear strut mazda 2.
alias mur atas shock belakang.
itu torsinya di kisaran 15 nm. karena torsinya kecil, dipakailah threadlock warna biru (atau label biru kalo di loctite, nomernya saya lupa) supaya mur nggak bergerak tapi masih bisa dibuka dengan sedikit usaha.
kalau threadlock merah, harus pakai heat gun untuk membuka baut/murnya.
nubie sekedar menambahkan
selain thread locker loctite juga punya produk yg namanya thread sealant. fungsinya utk melapis ulir spy ga bocor. ya mirip2 seal tape tapi liquid. biasa dipakai utk baut oil pan, baut sambungan pipa2, baut water pump, dsb spy ga bocor.
Cuma pernah lihat youtube kalau ulirnya ada yg dikasih thread locker merek loctite mbah. Tujuan supaya ulir gak karatan.
Seingat saya dia akan jadi semacam karet gitu.
Tapi ada yg bilang lepasin bautnya bakal susah... ah bingung saya karena masih newbie ...
ada ulir yang memang harus pake threadlock contohnya upper nut rear strut mazda 2.
alias mur atas shock belakang.
itu torsinya di kisaran 15 nm. karena torsinya kecil, dipakailah threadlock warna biru (atau label biru kalo di loctite, nomernya saya lupa) supaya mur nggak bergerak tapi masih bisa dibuka dengan sedikit usaha.
kalau threadlock merah, harus pakai heat gun untuk membuka baut/murnya.
selain thread locker loctite juga punya produk yg namanya thread sealant. fungsinya utk melapis ulir spy ga bocor. ya mirip2 seal tape tapi liquid. biasa dipakai utk baut oil pan, baut sambungan pipa2, baut water pump, dsb spy ga bocor.
marmut wrote: Sat Jan 08, 2022 8:20
iya, heat gun buat manasin baut/mur yang dikasih threadlock merah. bukan buat diemut, engko mlonyoh lambene...
heat gun kaga mempan mbah. bantu api las dikit2 lah
btw, saya si seneng threadlock anything. pake loctite 242 medium strength juga cukup, botolnya si warna merah tapi medium strength. kalau seapesnya pake grease malah pernah pake lem kayu buat lemari kursi meja. senggaknya kurangi resiko cold weld atau seizing. tapi memang di beberapa service manual pabrikan cuma ada beberapa bagian yang ada petunjuk kasih threadlocker atau semacamnya, seingat saya biasanya seputaran oil pan dan transmission housing.
heat gun kaga mempan mbah. bantu api las dikit2 lah
btw, saya si seneng threadlock anything. pake loctite 242 medium strength juga cukup, botolnya si warna merah tapi medium strength. kalau seapesnya pake grease malah pernah pake lem kayu buat lemari kursi meja. senggaknya kurangi resiko cold weld atau seizing. tapi memang di beberapa service manual pabrikan cuma ada beberapa bagian yang ada petunjuk kasih threadlocker atau semacamnya, seingat saya biasanya seputaran oil pan dan transmission housing.
mempan, tapi musti sabar.
belum lama saya ganti link stabilizer R3, yang nempel ke stabilizer bar dikasih threadlock. nyopotinnya sampe harus dirusak dulu dan dipegangin pake tang yepit supaya mur-nya bisa kebuka.
ditahan pake soket hex 5mm ga mempan, bunder rumahnya.
sakit jiwa yang pasang...
sama baut flywheel juga biasanya dikasih threadlock.