Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Omnibus wrote: Wed Dec 08, 2021 7:48
setelah suatu malam ketawa ketiwi sm mbah marmut krn drama beli tools dgn merk salah*, akhirnya tools yg diincer buat buka fan blade 2gd dateng juga dr taromana.
3 buah tone extra long double ring wrench. ukuran 10-12, 12-14, dan 17-19. beli ngeteng cuma ukuran2 yg paling sering ditemukan di mobil jepun aja.
*sebelumnya udah transaksi beli barang sejenis merk kesukaan mbah tugel. eh belakangan baru ketemu merk ini. langsung email cancel. nope, tone bukan yg termahal. yg termahal msh ada juga di taromana merk ktc.
IMG_20211208_143359~2.jpg
IMG_20211208_144016~2.jpg
yesss ga kependekan lagi
IMG_20211208_144020~3.jpg
Buat ganti fan belt Mobilio enak ini karena panjang, tapi mesti dari kolong dan lepas karet tipis yang menghalangi antara ban dan mesin supaya air tidak ciprat ke mesin. Apa sih itu namanya.
splash guard namanya. dr kolong? hrs lepas itu? ga usah. dr atas bisa asal tau caranya. sy pernah posting dulu lupa di part brp. pake kunci ringpas masuk dr arah belakang radiator. abis diungkit ganjel tensioner pake baut M6/M8. so easy, 15 menit kelar sy bongpas.
Wah iya pernah baca lupa.
Berarti dari belakang radiator yg dekat radiator apakah arah sebaliknya yang dekat speedo?
Dari atas atau dari bawah?
Profith83 wrote: Wed Dec 08, 2021 12:55
Wah iya pernah baca lupa.
Berarti dari belakang radiator yg dekat radiator apakah arah sebaliknya yang dekat speedo? Dari atas atau dari bawah?
Profith83 wrote: Wed Dec 08, 2021 12:55
Wah iya pernah baca lupa.
Berarti dari belakang radiator yg dekat radiator apakah arah sebaliknya yang dekat speedo? Dari atas atau dari bawah?
yg sy bold mbah
Berarti pakai ring pas pendek yah. kemudian diarahkan ke belakang mobil atau ke depan mobil
Omnibus wrote: Wed Dec 08, 2021 7:48
setelah suatu malam ketawa ketiwi sm mbah marmut krn drama beli tools dgn merk salah*, akhirnya tools yg diincer buat buka fan blade 2gd dateng juga dr taromana.
3 buah tone extra long double ring wrench. ukuran 10-12, 12-14, dan 17-19. beli ngeteng cuma ukuran2 yg paling sering ditemukan di mobil jepun aja.
*sebelumnya udah transaksi beli barang sejenis merk kesukaan mbah tugel. eh belakangan baru ketemu merk ini. langsung email cancel. nope, tone bukan yg termahal. yg termahal msh ada juga di taromana merk ktc.
IMG_20211208_143359~2.jpg
IMG_20211208_144016~2.jpg
yesss ga kependekan lagi
IMG_20211208_144020~3.jpg
lha... yang 1 set isi 6 seharga 3 juta rupiah kok diumpetin? pajang dong....
Omnibus wrote: Wed Dec 08, 2021 7:48
setelah suatu malam ketawa ketiwi sm mbah marmut krn drama beli tools dgn merk salah*, akhirnya tools yg diincer buat buka fan blade 2gd dateng juga dr taromana.
3 buah tone extra long double ring wrench. ukuran 10-12, 12-14, dan 17-19. beli ngeteng cuma ukuran2 yg paling sering ditemukan di mobil jepun aja.
*sebelumnya udah transaksi beli barang sejenis merk kesukaan mbah tugel. eh belakangan baru ketemu merk ini. langsung email cancel. nope, tone bukan yg termahal. yg termahal msh ada juga di taromana merk ktc.
IMG_20211208_143359~2.jpg
IMG_20211208_144016~2.jpg
yesss ga kependekan lagi
IMG_20211208_144020~3.jpg
lha... yang 1 set isi 6 seharga 3 juta rupiah kok diumpetin? pajang dong....
Dat510 wrote: Tue Dec 07, 2021 10:07
Mbah2 sekalian izin posting ya power tools baru, yaitu sebuah bor Bosch GSB 550, kenapa pilih ini karena rapih ada tempat nya, & bokap udah pake dluan & awet.
WhatsApp Image 2021-12-02 at 5.12.39 PM(1).jpeg
WhatsApp Image 2021-12-02 at 5.12.39 PM.jpeg
Sy masih pake bor impact ini mbah. Mgkin udh 5-6 taun. Masih normal.. Pemakean rumahan..
Tp itu cakep banget ada case nya ... sy punya ga ada . Krn kemasannya kardus
Dat510 wrote: Tue Dec 07, 2021 10:07
Mbah2 sekalian izin posting ya power tools baru, yaitu sebuah bor Bosch GSB 550, kenapa pilih ini karena rapih ada tempat nya, & bokap udah pake dluan & awet.
WhatsApp Image 2021-12-02 at 5.12.39 PM(1).jpeg
WhatsApp Image 2021-12-02 at 5.12.39 PM.jpeg
Sy masih pake bor impact ini mbah. Mgkin udh 5-6 taun. Masih normal.. Pemakean rumahan..
Tp itu cakep banget ada case nya ... sy punya ga ada . Krn kemasannya kardus
Saya punya juga ada box plastic, tapi tidak ada casenya, jadi bisa lari kesana kemari dalam box plastic
Soalnya tools nya ngga special mbah, haha.. jadi sedikit pict aja buat ngejer thread oli
jgn begitu mbah, tdk ada tools yg ga spesial. even yg paling biasa kaya sebuah pinset kl pas butuh ga punya hmm bisa kejer mbah. kisah nyata semalem, earphone sy patah di dalam kuping pas lg tidur2an. patahannya stuck di dlm kuping. kl ga ada pinset udah panik mbah.
n ga komen bukan berarti ga liat n senyum2 juga ikut seneng mbah punya bor baru.
Siap mbah, ntar saya post lagi mini review nya si bosch gsb 550 ini..
Dat510 wrote: Tue Dec 07, 2021 10:07
Mbah2 sekalian izin posting ya power tools baru, yaitu sebuah bor Bosch GSB 550, kenapa pilih ini karena rapih ada tempat nya, & bokap udah pake dluan & awet.
WhatsApp Image 2021-12-02 at 5.12.39 PM(1).jpeg
WhatsApp Image 2021-12-02 at 5.12.39 PM.jpeg
Sy masih pake bor impact ini mbah. Mgkin udh 5-6 taun. Masih normal.. Pemakean rumahan..
Tp itu cakep banget ada case nya ... sy punya ga ada . Krn kemasannya kardus
Berarti lumayan awet ya mbah buat rumahan..
Iya itu pas beli ada yg pake case nya ada yg ngga, saya pilih yg pake case biar rapi, enak udah dapet drill bit, sekrup2, sama gagang tambahannya juga.
henbob wrote: Sat Dec 04, 2021 2:36
iya mbah, gw vakum 2 kali wkwkwk. Vakum pertama utk ngecek kebocoran lalu yang kedua, vakumnya sebelum isi freon (1 kaleng udah cukup). Serem soalnya kalo ga divakum, bisa korosi soalnya hehe.
Joss mbah..setidaknya kl divacuum itu jalur pipa2 AC aman dari kotoran dan FREON murni yg sirkulasi.
Btw busway, pompa vacuum nya kok blm nongol dimari ya mbah?
salah satu hentul juga itu mbah krn harganya mayan banget kecuali yg buat dari kompresor kulkas ya mbah
vacuum.jpg
Pake yg murah meriah kok om itu. Tapi ga punya alat micron gaugenya, jadi ga begitu presisi brp micron vakumnya. Klo yang gw baca dibawah 1000 micron. Tapi ga ada alat, jadinya patokan dari manifold aja ama durasi vakumnya gw buat 1 jam. gw inget wkt dibengkel ac dulu, wkt ganti safety switch, tanpa divakum. Langsung dimasukin oli lalu, masukin freonnya selanjutnya.
bisa jg tuh kompresor kulkas ato ac split, tinggal dipotong aja pipanya. wkwkkw.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
elraedrew wrote: Thu Dec 09, 2021 3:35
Bor, gerinda dkk. Biasanya awet karena kita jarang pakai juga kan.. sesekali aja...
Lebih seringnya itu hilang.. lupa dipinjem siapa. Hahaha
om kalo bagian powersteering itu misalnya susah dibuka, trs gw panasin bautnya pake torch gas aman ga om utk pompanya?
ngga pernah nyoba jadi ngga bisa komen. soalnya selama ini sekeras-kerasnya, semprot penetrant trus pake momentum (digentak) selalu kebuka.
misal mau dipanasin, coba pake micro torch yang segede spidol, supaya apinya nggak nyebar kemana-mana dan bagian yang lain dibungkus kain basah dulu.
Ok mbah makaseh, klo gt gw siap2 dulu nih utk beli torch kecil n kunci openring/ flarenut ya mbah itu. Soalnya wkt itu udah nyoba buka bagian powersteering tp kok keras bet dah.
om kalo bagian powersteering itu misalnya susah dibuka, trs gw panasin bautnya pake torch gas aman ga om utk pompanya?
ngga pernah nyoba jadi ngga bisa komen. soalnya selama ini sekeras-kerasnya, semprot penetrant trus pake momentum (digentak) selalu kebuka.
misal mau dipanasin, coba pake micro torch yang segede spidol, supaya apinya nggak nyebar kemana-mana dan bagian yang lain dibungkus kain basah dulu.
Ok mbah makaseh, klo gt gw siap2 dulu nih utk beli torch kecil n kunci openring/ flarenut ya mbah itu. Soalnya wkt itu udah nyoba buka bagian powersteering tp kok keras bet dah.
Akhirnya mampir ke sini setelah dr kemaren mantengin ratjun2 mahal mbah mbah
Sekarang mau ikut nanya ke mbah2 suhu semuanya
Cara mana yang paling ampuh sekaligus nggak ngerusak crankcase buat remove baut drain oli motor yang slek kepalanya?
- Digetok pake palu + pahat sampe muter (ngeri crankcase retak)
- Pake twist extractor (yang harganya nggak kere hore buat sekadar buka baut)
atau ada cara lain?
Ini slek karena ganti oli DIY pertama pake kunci ring 12PT. Waktu itu masih bisa dikendorin dan dikencengin. Pas mau gantol selanjutnya kemarin udah beli ratchet kere hore + mata socketnya yang 6PT, tapi pas dicoba buka ternyata sudah terlanjur rounded. Padahal kemarin nyobanya waktu mesin dingin. Any suggestion?
Sbenernya ada cara lain drain oli lewat baut filter samping, tapi ya gak bersih jadinya karena posisi baut filternya sedikit lebih tinggi dari oil pan
marvelio wrote: Sun Dec 12, 2021 14:06
Akhirnya mampir ke sini setelah dr kemaren mantengin ratjun2 mahal mbah mbah
Sekarang mau ikut nanya ke mbah2 suhu semuanya
Cara mana yang paling ampuh sekaligus nggak ngerusak crankcase buat remove baut drain oli motor yang slek kepalanya?
- Digetok pake palu + pahat sampe muter (ngeri crankcase retak)
- Pake twist extractor (yang harganya nggak kere hore buat sekadar buka baut)
atau ada cara lain?
Ini slek karena ganti oli DIY pertama pake kunci ring 12PT. Waktu itu masih bisa dikendorin dan dikencengin. Pas mau gantol selanjutnya kemarin udah beli ratchet kere hore + mata socketnya yang 6PT, tapi pas dicoba buka ternyata sudah terlanjur rounded. Padahal kemarin nyobanya waktu mesin dingin. Any suggestion?
Sbenernya ada cara lain drain oli lewat baut filter samping, tapi ya gak bersih jadinya karena posisi baut filternya sedikit lebih tinggi dari oil pan
yang pertama musti beli baut penggantinya dulu, setelah itu baru cari yang seperti ini :
IMG20211212213143.jpg
*edit :
itu sepertinya masih bisa dibuka pakai socket 6pt.
coba masukin socket-nya, ketok pakai palu sampai bener-bener masuk semua, lalu buka pakai ratchet. jangan lupa digentak.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
marvelio wrote: Sun Dec 12, 2021 14:06
Akhirnya mampir ke sini setelah dr kemaren mantengin ratjun2 mahal mbah mbah
Sekarang mau ikut nanya ke mbah2 suhu semuanya
Cara mana yang paling ampuh sekaligus nggak ngerusak crankcase buat remove baut drain oli motor yang slek kepalanya?
- Digetok pake palu + pahat sampe muter (ngeri crankcase retak)
- Pake twist extractor (yang harganya nggak kere hore buat sekadar buka baut)
atau ada cara lain?
Ini slek karena ganti oli DIY pertama pake kunci ring 12PT. Waktu itu masih bisa dikendorin dan dikencengin. Pas mau gantol selanjutnya kemarin udah beli ratchet kere hore + mata socketnya yang 6PT, tapi pas dicoba buka ternyata sudah terlanjur rounded. Padahal kemarin nyobanya waktu mesin dingin. Any suggestion?
Sbenernya ada cara lain drain oli lewat baut filter samping, tapi ya gak bersih jadinya karena posisi baut filternya sedikit lebih tinggi dari oil pan
yang pertama musti beli baut penggantinya dulu, setelah itu baru cari yang seperti ini :
IMG20211212213143.jpg
*edit :
itu sepertinya masih bisa dibuka pakai socket 6pt.
coba masukin socket-nya, ketok pakai palu sampai bener-bener masuk semua, lalu buka pakai ratchet. jangan lupa digentak.
Memang belum bulet2 amat sih mbah, kmrn masih bisa masuk tapi miring jadinya. Pas tetep digentak udah slek ga mau muter. Coba besok saya coba getok pake palu dulu
marvelio wrote: Mon Dec 13, 2021 3:17
Memang belum bulet2 amat sih mbah, kmrn masih bisa masuk tapi miring jadinya. Pas tetep digentak udah slek ga mau muter. Coba besok saya coba getok pake palu dulu
coba dipaksa masuk saja dulu socketnya. diketok pelan sampai mentok tapi jangan terlalu semangat, hawatir blok retak.
nanti kalau sudah terbuka, boleh dipertimbangkan beli kunci momen dan socket bit 6pt yang mumpuni supaya pekerjaan lebih mudah.
Sebetulnya pake kunci ring 12 pt pun aman2 aja asal posisinya bener2 duduk... Itulah knp nubi raba dlu biar posisinya pas... Biasanya mau crack open pun nubi jagain ringnya (kunci ring) pakai jari tgn kiri spy gak miring. Klo ternyata posisinya miring trus dipaksa buka ya pasti slek jg tuh bautnya