Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
yg total bundar 5cm itu yg mana? yg stw itu 43mm. itu ada di tabelnya huruf b.
liat ke diagramnya di foto sy itu mbah. yg terpenting toptul dr center as nya square drv sampai bibir yg menyentuh tw ketika terpasang itu brp mm? pake penggaris aja kelar. yg perlu tau itu (nilai S si toptul brp)
punya saya stahlwille 50181020 typenya, nah headnya saya tidak tahu type nyang mana
Kalau Toptul s 4.5 cm
Kalau Stahlwille 725QR/20 s 3.85 cm
Yang saya tidak tahu 50181020, pakai head stahlwille yang mana
stw 725QR 20.jpg
NOTE : barusan check ke website stahwille sF 25.
Berarti punya beda punya saya toptul dengan standard ukuran stahlwille 4.5 cm dan 2.5 cm. alias beda 2cm deviasi jadi berapa persen yah ...
yg tepat itu (tanpa deviasi dr settingan pabriknya) ya itu pakai insert head yg di foto saya yakni stw 735/20 dgn S=25mm. kan ada footnote nya tuh di foto sy sengaja ga dihapus spy bisa dibaca juga - yg ada asterix nya ada cautionnya bahwa hrs ada penyesuaian yaitu utk yg 735/65 (40HD) sebab yg ini S nya bukan 25mm melainkan 30mm. jadi selain S=25mm harus dihitung coefficient penyesuaiannya.
even pakai 725QR krn S nya bukan 25mm maka hrs juga dihitung ulang.
rumusnya, sy pernah posting ga tau di part brp. ini sy posting lagi. hati2 salah masukkan angka.
tp kl sy sih biarin aja lah krn nanti cenderung overtorque kan jd lebih aman drpd cenderung undertorque.
kl yg dibuka rusak itu kayanya yg dratnya karatan, entah krn ga pake coolant atau krn umur.
tp ini mobil pas pertama kali buka busi juga kerasnya minta ampun, ga tau segimana sih ngeset torsinya di pabrik.
yg drain plug, kan sy duduk di lantai, itu pas narik malah badan sy nggeser kedepan wkwkwkwkwk
Idemm
Kita orang perna coba d hrv
Tp pake konci trelek geleng tekiro 30 senti yg 3/8
Ga bergeming ampe malah badan bergeser2 d kolong mobil
Sempet kepikiran mo lgs manggil si beta 1/2 in drive utk tag team
Tp doi kaya blg, "anda yakin ?"
Trus urung niat deh
Knp ngga jadi mbah?
Sekelas mbah rektor yg sdh hafal luar dalem lipindut aja bisa ngga yakin ya?
Yg buat ngga yakin itu apa krn khawatir si betanya rusak atau khawatir tetep ngga kebuka mbah?
itu baut masup stenga body doank
trus lgs ngebaut ulir nya yg di cast ke enjin blok
trus keras nya minta ampun
takut2 kl paksa crack pake s beta, yg ada si baut tugel, atau worst case, enjin blok nya retak rambut sikit
blloewy wrote: Fri Oct 29, 2021 4:07
Mbah Garasi 58 kudu nambah satu alat lagi nich....
Alat uji emisi gas buang sendalpot...
Males amat kudu test itu dan bayar 200 rebu di bengkel uji emisi spy bs liwat di jalanan jakarta...
Padahal.mah pajak sdh rutin dibayar tiap tahun...
Kl emisi mah seberapa signifikan sich gas buang lipindut ane dibanding metromini jadul, bajaj orange ama pabrik2 di pulogadung dan cakung yaks?
bengkel uji emisinya blo'on kl mobil yg sdh system closed loop (yg sdh pakai O2 sensor) msh ditest pake alat begituan.
yg bener cukup pake scanner OBD2, check I/M readiness. kl oke semua berarti pass emission test.
buat apa mobil udah punya on board sensor msh dicek manual, sensornya yg dicek berfungsi baik atau tidak.
blloewy wrote: Fri Oct 29, 2021 4:07
Mbah Garasi 58 kudu nambah satu alat lagi nich....
Alat uji emisi gas buang sendalpot...
Males amat kudu test itu dan bayar 200 rebu di bengkel uji emisi spy bs liwat di jalanan jakarta...
Padahal.mah pajak sdh rutin dibayar tiap tahun...
Kl emisi mah seberapa signifikan sich gas buang lipindut ane dibanding metromini jadul, bajaj orange ama pabrik2 di pulogadung dan cakung yaks?
bengkel uji emisinya blo'on kl mobil yg sdh system closed loop (yg sdh pakai O2 sensor) msh ditest pake alat begituan.
yg bener cukup pake scanner OBD2, check I/M readiness. kl oke semua berarti pass emission test.
buat apa mobil udah punya on board sensor msh dicek manual, sensornya yg dicek berfungsi baik atau tidak.
sekelas a2000 aj masi pake colok2 an mbah
memalukan ya
kl mobilnya ipah gen 1 yg msh ada setelan puter2an CO nya baru pake gituan. abis ipah fl udah closed loop semua, keliatan di scanner juga dia lambda nya brp.
justru dibikin sistem closed loop spy pas mau pink slip kerjaan yg meriksa jadi simple dan cepat. ibarat udah dikasih impact gun eh buka baut roda msh pake kunci palang.
bengkel uji emisinya blo'on kl mobil yg sdh system closed loop (yg sdh pakai O2 sensor) msh ditest pake alat begituan.
yg bener cukup pake scanner OBD2, check I/M readiness. kl oke semua berarti pass emission test.
buat apa mobil udah punya on board sensor msh dicek manual, sensornya yg dicek berfungsi baik atau tidak.
sekelas a2000 aj masi pake colok2 an mbah
memalukan ya
kl mobilnya ipah gen 1 yg msh ada setelan puter2an CO nya baru pake gituan. abis ipah fl udah closed loop semua, keliatan di scanner juga dia lambda nya brp.
justru dibikin sistem closed loop spy pas mau pink slip kerjaan yg meriksa jadi simple dan cepat. ibarat udah dikasih impact gun eh buka baut roda msh pake kunci palang.
Ngomongin pink slip
Jd inget dl kta orang bela2in ke carlingford buat dapetin pink slip dsana, yg ngecek caur banget, cuman modal ngecek pedal rem masi pakem ama lampu2 nyala ga doank
Padahal knalpot ud rembes bocor alus, CC ud d jebol, o2 sensor ud d bypass versi kerehore, tetep aj lulus
blloewy wrote: Fri Oct 29, 2021 4:07
Mbah Garasi 58 kudu nambah satu alat lagi nich....
Alat uji emisi gas buang sendalpot...
Males amat kudu test itu dan bayar 200 rebu di bengkel uji emisi spy bs liwat di jalanan jakarta...
Padahal.mah pajak sdh rutin dibayar tiap tahun...
Kl emisi mah seberapa signifikan sich gas buang lipindut ane dibanding metromini jadul, bajaj orange ama pabrik2 di pulogadung dan cakung yaks?
bengkel uji emisinya blo'on kl mobil yg sdh system closed loop (yg sdh pakai O2 sensor) msh ditest pake alat begituan.
yg bener cukup pake scanner OBD2, check I/M readiness. kl oke semua berarti pass emission test.
buat apa mobil udah punya on board sensor msh dicek manual, sensornya yg dicek berfungsi baik atau tidak.
Mbah ini kl ngecek di scanner mesti baca data I/M readiness kah?
Hmm...kok di scanner murmerceng kagak ada ya data ini?
Nubie mau tanya di grup lipindut dulu ada kagak di scanner canggih para sapisialis nissan
blloewy wrote: Fri Oct 29, 2021 4:07
Mbah Garasi 58 kudu nambah satu alat lagi nich....
Alat uji emisi gas buang sendalpot...
Males amat kudu test itu dan bayar 200 rebu di bengkel uji emisi spy bs liwat di jalanan jakarta...
Padahal.mah pajak sdh rutin dibayar tiap tahun...
Kl emisi mah seberapa signifikan sich gas buang lipindut ane dibanding metromini jadul, bajaj orange ama pabrik2 di pulogadung dan cakung yaks?
bengkel uji emisinya blo'on kl mobil yg sdh system closed loop (yg sdh pakai O2 sensor) msh ditest pake alat begituan.
yg bener cukup pake scanner OBD2, check I/M readiness. kl oke semua berarti pass emission test.
buat apa mobil udah punya on board sensor msh dicek manual, sensornya yg dicek berfungsi baik atau tidak.
Mbah ini kl ngecek di scanner mesti baca data I/M readiness kah?
Hmm...kok di scanner murmerceng kagak ada ya data ini?
Nubie mau tanya di grup lipindut dulu ada kagak di scanner canggih para sapisialis nissan
kadang sy masuk ke menu i/m readiness, wong gampang tinggal 1 klik keluar report nya. itu kaya general checkup gitu. ada 3 status yg muncul; complete, incomplete, N/A not available.
yg ga boleh yg incomplete (tanda X di foto dibawah)
biasanya scanner ada kok menu itu, basic itu. sy punya scanner dua2nya ada. bahkan diluaran ada jualan scanner kecil yg khusus buat baca i/m readiness. pada prakteknya si petugas yg ngecek hanya tinggal visual check aja komponen spt catconv dan egr dan emission reducing device lainnya ada ngga di mobilnya krn ada juga yg nyabut2 egr dan di remap pas di i/m readiness ngga nge-red flag seolah2 semua oke tp fisiknya ga ada tuh egr udah dicabut.
nih contoh screen menu i/m readiness
Last edited by Omnibus on Sat Oct 30, 2021 4:55, edited 1 time in total.
mau kasih comment yang rada2x ....
Waktu bersihkan gagang stw cuma pakai air dan tissue, gagang ijonya warnanya tetap gelap
Coba pakai carburator cleaner langsung kotor sekali tissue nya.
Sekarang jadi hijau muda lagi hehehe.
Ternyata tang Tekiro juga sama, pakai tissue dan air gak bersih, pakai carb cleaner bersih.
Jangan jangan bahan yang dipakai sama ....
.........
Last edited by Profith83 on Sat Oct 30, 2021 5:01, edited 1 time in total.
Profith83 wrote: Sat Oct 30, 2021 5:00
mau kasih comment yang rada2x ....
Waktu bersihkan gagang stw cuma pakai air dan tissue, gagang ijonya warnanya tetap gelap
Coba pakai carburator cleaner langsung kotor sekali tissue nya.
Sekarang jadi hijau muda lagi hehehe.
Ternyata tang Tekiro juga sama, pakai tissue dan air gak bersih, pakai carb cleaner bersih.
Jangan jangan bahan yang dipakai sama ....
.........
ga salah pake carb cleaner? keras bgt itu. ntar kl karetnya jd melar baru nyesel, nangis sampe guling2 di tanah juga ga bakal kembali semula.
pakai foam degreaser atau brake cleaner. yg soft aja.
Profith83 wrote: Sat Oct 30, 2021 4:54
Akhirnya preload selesai untuk depan kiri.
85Nm(upper arm ke body) dan 110Nm(shock bawah)
preload roda depan kiri 1.jpg
preload roda depan kiri balik.jpg
preload roda depan kiri 2.jpg
wahhh akhirnya brojol juga ...... skrg silahkan ngadain tumpengan.
insert akhirnya datang setelah penantian panjang penuh penderitaan. torqued to spec lancar tanpa kutukan tugel, lancar jaya.
Kemarin coba pakai TW 100 Nm ke baut roda gak gerak.
110 gak jelas antara gerak atau tidak. Coba 120 nah ada gerak dia.
Habis gitu coba lepasin pakai breaker bar agak berat dan bunyi kriet.
Profith83 wrote: Sat Oct 30, 2021 5:00
mau kasih comment yang rada2x ....
Waktu bersihkan gagang stw cuma pakai air dan tissue, gagang ijonya warnanya tetap gelap
Coba pakai carburator cleaner langsung kotor sekali tissue nya.
Sekarang jadi hijau muda lagi hehehe.
Ternyata tang Tekiro juga sama, pakai tissue dan air gak bersih, pakai carb cleaner bersih.
Jangan jangan bahan yang dipakai sama ....
.........
ga salah pake carb cleaner? keras bgt itu. ntar kl karetnya jd melar baru nyesel, nangis sampe guling2 di tanah juga ga bakal kembali semula.
pakai foam degreaser atau brake cleaner. yg soft aja.