Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Poporing wrote: Sun Oct 10, 2021 14:00
mau nanya mbah..
jadi ceritanya akhirnya beli ini.. setelah nyari2 STW yg satu range harga dgn ini tp ga nemu.. hahahaha
Screenshot 2021-10-10.jpg
trus nyari2 TW dgn range max 25nm (buat ngencengin daerah steering column).. tp ga nemu yg harganya bersahabat (dgn kualitas yg menjanjikan)...
kira2 TW momotaro (brand mereka sendiri) dibanding SATA, bagusan mana ya?
atau kira2 daerah steering column ga perlu ditorsi? cukup pake feeling?
saya baca2 fsm-nya, butuh 8nm dan 16nm... kira2 segimana tuh feelingnya? *dgn asumsi belum makan nasi padang pake 2 lauk*
cacian dan saran sangat diharapkan..
KTC
cacian ?? coba siapa yg brani caci sini... so ta ajak batumbuk kita jo
Sorry mbah jump in...Ane pake socket dan itu ada torsi pengencangannya loh.. di ane 4 Nm
.....
mbah delko pake obeng
enak aja
gini2 kita orang masi ad harga diri taukk, berkelas sikit donk kl mo colong.. ehh copotin selang intek... pake konci sok ama ratchet KTC yg dibeli pas diskon jadi sipeceng itu donk
#sebenernya lebi karena kita orang ga punya obeng set yg proper aj sehh
jangan pake obeng mbah, udah bener pake socket 10mm soalnya ada torque spec nya kl toyota 6.5Nm
makanya banyak 2gd yg lepas air hose nya pas turbo ngeboost krn ga di torque cuma dikencengin pake obeng sekuatnya (kaya gitu msh jauh pake banget dr torque spec)
Poporing wrote: Sun Oct 10, 2021 16:02
iya mbah... ini yg jd concern saya..
klo murah, kita ga bisa expect much atas akurasinya...
tp klo beli mahal, sayang duid.. hahaha
info tambahan: setelah saya baca2 service manual-nya lg, ada 3 pasang baut yg butuh torsi 16nm - 19nm - 22nm
jadi kayaknya opsi pake feeling ditiadakan
2 set buat ngencengin steering column ke dudukannya... 1 set buat eps motor ke steering column...
klo beli TW emang butuh pertimbangan yg sangat matang.....hahaaha
Saya kapan hari lama sekali pertimbangan buat beli TW.
Beruntung dibantu para senior dan maha guru disini
itu namanya KADERISASI
jd kl ada yg baru mau beli tw, mbah skrg yg maju jelas2in nya.
Lohh mbah, memangnya si " biru" itu hasil rujukan nya mbah masas ?
Tempat sempit, bener ugaa.. siapa tau suatu ari musti buka timing cover si hrv atau si 1KR-GTE quad turbo, naga2nya kayanya wajip pake u joint tuh... untung ud punya
bukan, dia mana level gituan.
kalo blue label, iya.
harga sebotol blue label bisa buat mabok sekampung selama seminggu....
gini2 kita orang masi ad harga diri taukk, berkelas sikit donk kl mo colong.. ehh copotin selang intek... pake konci sok ama ratchet KTC yg dibeli pas diskon jadi sipeceng itu donk
#sebenernya lebi karena kita orang ga punya obeng set yg proper aj sehh
jangan pake obeng mbah, udah bener pake socket 10mm soalnya ada torque spec nya kl toyota 6.5Nm
makanya banyak 2gd yg lepas air hose nya pas turbo ngeboost krn ga di torque cuma dikencengin pake obeng sekuatnya (kaya gitu msh jauh pake banget dr torque spec)
Untunglah kl gt slama ini ilmunya bener berarti
Lagian kl kita orang perhatiin, drat obeng nya gampang ancur mbah , skali dua kali pake obeng perhatiin deh, pasti rompal itu drat bautnya.. makanya mau ga mau musti pake konci sok
gini2 kita orang masi ad harga diri taukk, berkelas sikit donk kl mo colong.. ehh copotin selang intek... pake konci sok ama ratchet KTC yg dibeli pas diskon jadi sipeceng itu donk
#sebenernya lebi karena kita orang ga punya obeng set yg proper aj sehh
jangan pake obeng mbah, udah bener pake socket 10mm soalnya ada torque spec nya kl toyota 6.5Nm
makanya banyak 2gd yg lepas air hose nya pas turbo ngeboost krn ga di torque cuma dikencengin pake obeng sekuatnya (kaya gitu msh jauh pake banget dr torque spec)
ini yang 2 selang/hose gede diameter sekitar 7 cm kiri dan kanan itu kan mbah? selang yang dari Turbo ke arah IC dan dari IC ke arah TB.
Betul ya?
Poporing wrote: Sun Oct 10, 2021 16:02
iya mbah... ini yg jd concern saya..
klo murah, kita ga bisa expect much atas akurasinya...
tp klo beli mahal, sayang duid.. hahaha
info tambahan: setelah saya baca2 service manual-nya lg, ada 3 pasang baut yg butuh torsi 16nm - 19nm - 22nm
jadi kayaknya opsi pake feeling ditiadakan
2 set buat ngencengin steering column ke dudukannya... 1 set buat eps motor ke steering column...
klo beli TW emang butuh pertimbangan yg sangat matang.....hahaaha
Saya kapan hari lama sekali pertimbangan buat beli TW.
Beruntung dibantu para senior dan maha guru disini
itu namanya KADERISASI
jd kl ada yg baru mau beli tw, mbah skrg yg maju jelas2in nya.
enak aja cuma mau duduk berpangku tangan
Siap, saya jawab semua yang saya tahu, pakai ilmu yang masih dangkal ini
Tak jawabin semua kalau tanya TW.
Kalau pengalaman TW JTC nanti saya arahkan ke mbah Delco
Kalau Hazet/STW dan perbandingannya, saya arahkan ke mbah Yanuar
Soalnya pertanyaan perbandingan saya tidak bisa jawab karena tidak punya barangnya.
Tapi fungsi dan sebaiknya pakai panjang yang mana, terutama torsi dibawah 50, diatas 50 dst dstnya, akan saya bantu jawab
DOHC wrote: Mon Oct 11, 2021 2:33
Untunglah kl gt slama ini ilmunya bener berarti
Lagian kl kita orang perhatiin, drat obeng nya gampang ancur mbah , skali dua kali pake obeng perhatiin deh, pasti rompal itu drat bautnya.. makanya mau ga mau musti pake konci sok
iya udah gitu ga enak diliatnya mbah rompal2 gitu.
gini2 kita orang masi ad harga diri taukk, berkelas sikit donk kl mo colong.. ehh copotin selang intek... pake konci sok ama ratchet KTC yg dibeli pas diskon jadi sipeceng itu donk
#sebenernya lebi karena kita orang ga punya obeng set yg proper aj sehh
jangan pake obeng mbah, udah bener pake socket 10mm soalnya ada torque spec nya kl toyota 6.5Nm
makanya banyak 2gd yg lepas air hose nya pas turbo ngeboost krn ga di torque cuma dikencengin pake obeng sekuatnya (kaya gitu msh jauh pake banget dr torque spec)
ini yang 2 selang/hose gede diameter sekitar 7 cm kiri dan kanan itu kan mbah? selang yang dari Turbo ke arah IC dan dari IC ke arah TB.
Betul ya?
berhubung bulan depan kl ga ada aral melintang, si Hank (nickname vrz dikasih anak2 ane) mau dipake lagi ke Bali, maka dr skrg udah dikit2 di serpis (pake P)
regrease prop shaft cross joints. udah ga pake lagi amsowell, skrg pake ...... omg77. wipro in action
excuse the nasty picture bcoz this is a nasty job, for sure.
IMG_20211011_104312~2.jpg
next, brake fluid pake diganti ga ya?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Omnibus wrote: Mon Oct 11, 2021 3:51
berhubung bulan depan kl ga ada aral melintang, si Hank (nickname vrz dikasih anak2 ane) mau dipake lagi ke Bali, maka dr skrg udah dikit2 di serpis (pake P)
regrease prop shaft cross joints. udah ga pake lagi amsowell, skrg pake ...... omg77. wipro in action
excuse the nasty picture bcoz this is a nasty job, for sure.
IMG_20211011_104312~2.jpg
next, brake fluid pake diganti ga ya?
Keyen om (pake y)
Kalau mobil isinya cairan bagus, mau disiksa misal kena macet dimana gitu 0.5 jam kita gak kuatir.
Atau mau overtake mobil lain yang lemot kita pede.
Atau overtake mobil truk jejer 5, jadi cepat naik RPM nya. Pernah pakai ANKI pas ke bali.
Selama cairan bagus semua ... mantap tuh mesin 2GD, RPM bawah dan medium ke 2 nya lumayan nampol.
abis ngencengin prop shaft flange nuts. flange belakang ada 4 mur, flange tengah ada 4 mur, flange depan ga ada.
flange tengah ada 2 mur yg muter dikit (sblmnya sedikit undertorque). spec 88.5Nm utk vrz.
kepala tw nya mentok .
IMG_20211011_110452~2.jpg
untuuunngg ada wobble extension.
IMG_20211011_110656~2.jpg
IMG_20211011_112447~2.jpg
IMG_20211011_112519~2.jpg
bonus footage: teriakan puas ala mbah blower sambil posisi mercenary di kolong mobil
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Omnibus wrote: Mon Oct 11, 2021 5:00
abis ngencengin prop shaft flange nuts. flange belakang ada 4 mur, flange tengah ada 4 mur, flange depan ga ada.
flange tengah ada 2 mur yg muter dikit (sblmnya sedikit undertorque). spec 88.5Nm utk vrz.
kepala tw nya mentok .
IMG_20211011_110452~2.jpg
untuuunngg ada wobble extension.
IMG_20211011_110656~2.jpg
IMG_20211011_112447~2.jpg
IMG_20211011_112519~2.jpg
bonus footage: teriakan puas ala mbah blower sambil posisi mercenary di kolong mobil
Omnibus wrote: Mon Oct 11, 2021 5:00
abis ngencengin prop shaft flange nuts. flange belakang ada 4 mur, flange tengah ada 4 mur, flange depan ga ada.
flange tengah ada 2 mur yg muter dikit (sblmnya sedikit undertorque). spec 88.5Nm utk vrz.
kepala tw nya mentok .
IMG_20211011_110452~2.jpg
untuuunngg ada wobble extension.
IMG_20211011_110656~2.jpg
IMG_20211011_112447~2.jpg
IMG_20211011_112519~2.jpg
bonus footage: teriakan puas ala mbah blower sambil posisi mercenary di kolong mobil
disitulah kegunaan ring insert head....
Kalau pakai U joint mbah?
Kayanya untuk kekuatan sampai 130 Nm U joint Dr 1/2 gak kuat yah?
Omnibus wrote: Mon Oct 11, 2021 5:00
abis ngencengin prop shaft flange nuts. flange belakang ada 4 mur, flange tengah ada 4 mur, flange depan ga ada.
flange tengah ada 2 mur yg muter dikit (sblmnya sedikit undertorque). spec 88.5Nm utk vrz.
kepala tw nya mentok .
IMG_20211011_110452~2.jpg
untuuunngg ada wobble extension.
IMG_20211011_110656~2.jpg
IMG_20211011_112447~2.jpg
IMG_20211011_112519~2.jpg
bonus footage: teriakan puas ala mbah blower sambil posisi mercenary di kolong mobil
disitulah kegunaan ring insert head....
Mbah kalo set2an insert yg ring itu dijual nggk si? Pernah cari ga mbah?
Omnibus wrote: Mon Oct 11, 2021 5:00
abis ngencengin prop shaft flange nuts. flange belakang ada 4 mur, flange tengah ada 4 mur, flange depan ga ada.
flange tengah ada 2 mur yg muter dikit (sblmnya sedikit undertorque). spec 88.5Nm utk vrz.
kepala tw nya mentok .
IMG_20211011_110452~2.jpg
untuuunngg ada wobble extension.
IMG_20211011_110656~2.jpg
IMG_20211011_112447~2.jpg
IMG_20211011_112519~2.jpg
bonus footage: teriakan puas ala mbah blower sambil posisi mercenary di kolong mobil
Omnibus wrote: Mon Oct 11, 2021 5:00
abis ngencengin prop shaft flange nuts. flange belakang ada 4 mur, flange tengah ada 4 mur, flange depan ga ada.
flange tengah ada 2 mur yg muter dikit (sblmnya sedikit undertorque). spec 88.5Nm utk vrz.
kepala tw nya mentok .
IMG_20211011_110452~2.jpg
untuuunngg ada wobble extension.
IMG_20211011_110656~2.jpg
IMG_20211011_112447~2.jpg
IMG_20211011_112519~2.jpg
bonus footage: teriakan puas ala mbah blower sambil posisi mercenary di kolong mobil
Omnibus wrote: Mon Oct 11, 2021 5:00
abis ngencengin prop shaft flange nuts. flange belakang ada 4 mur, flange tengah ada 4 mur, flange depan ga ada.
flange tengah ada 2 mur yg muter dikit (sblmnya sedikit undertorque). spec 88.5Nm utk vrz.
kepala tw nya mentok .
IMG_20211011_110452~2.jpg
untuuunngg ada wobble extension.
IMG_20211011_110656~2.jpg
IMG_20211011_112447~2.jpg
IMG_20211011_112519~2.jpg
bonus footage: teriakan puas ala mbah blower sambil posisi mercenary di kolong mobil
disitulah kegunaan ring insert head....
Kalau pakai U joint mbah?
Kayanya untuk kekuatan sampai 130 Nm U joint Dr 1/2 gak kuat yah?
bisa juga tp ga stabil goyang2. sometimes wobble lbh baik.
Omnibus wrote: Mon Oct 11, 2021 5:00
abis ngencengin prop shaft flange nuts. flange belakang ada 4 mur, flange tengah ada 4 mur, flange depan ga ada.
flange tengah ada 2 mur yg muter dikit (sblmnya sedikit undertorque). spec 88.5Nm utk vrz.
kepala tw nya mentok .
IMG_20211011_110452~2.jpg
untuuunngg ada wobble extension.
IMG_20211011_110656~2.jpg
IMG_20211011_112447~2.jpg
IMG_20211011_112519~2.jpg
bonus footage: teriakan puas ala mbah blower sambil posisi mercenary di kolong mobil
Mbah
Kl pake soket oglek gt
Bukannya malah jd ga akurat torsi nya mbah ??
hmmm sesungguhnya ik lama mikirin itu. tp keinget suatu matkul yg ane lulusnya sampe hrs les private sm kawan wkwkwkwk jd ane inget terus sampe skrg. yaitu, kl momen berhubungan sama panjang lengan tp once sdh berubah jd torque maka akan sama terus sepanjang axis meskipun belok. mungkin ada loss tp sdh lah terkompensasi jg sama insert yg QR kan lbh panjang drpd yg non-QR.
keterusan kan regrease steering rack. penasaran krn terakhir di regrease bulan Aug pemakaian 2.500km yg lalu.
kondisi awal
IMG_20211011_144249~2.jpg
IMG_20211011_144311~2.jpg
after thorough cleaning
IMG_20211011_145844~2.jpg
IMG_20211011_145901~2.jpg
after new grease
IMG_20211011_154538~2.jpg
IMG_20211011_154600~2.jpg
daaannnn yg namanya DIY itu pasti lanjut terus. akhirnya cleaning front brake. cabut brake pads, cleaning semua, n regrease2. mana pake acara kawat boot silinder melejit lagi ...... asemmm. cape brow, skrg ngetik mobil msh nggantung ban belom kepasang. ada suka dan ada duka jd DIYer. no pain no gain
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Omnibus wrote: Mon Oct 11, 2021 5:00
abis ngencengin prop shaft flange nuts. flange belakang ada 4 mur, flange tengah ada 4 mur, flange depan ga ada.
flange tengah ada 2 mur yg muter dikit (sblmnya sedikit undertorque). spec 88.5Nm utk vrz.
kepala tw nya mentok .
IMG_20211011_110452~2.jpg
untuuunngg ada wobble extension.
IMG_20211011_110656~2.jpg
IMG_20211011_112447~2.jpg
IMG_20211011_112519~2.jpg
bonus footage: teriakan puas ala mbah blower sambil posisi mercenary di kolong mobil
Mbah
Kl pake soket oglek gt
Bukannya malah jd ga akurat torsi nya mbah ??
hmmm sesungguhnya ik lama mikirin itu. tp keinget suatu matkul yg ane lulusnya sampe hrs les private sm kawan wkwkwkwk jd ane inget terus sampe skrg. yaitu, kl momen berhubungan sama panjang lengan tp once sdh berubah jd torque maka akan sama terus sepanjang axis meskipun belok. mungkin ada loss tp sdh lah terkompensasi jg sama insert yg QR kan lbh panjang drpd yg non-QR.
senangnya dapet konfirmasi gt
kl gt mulai besok ngetork pake U joint jg ahh sambung ama konci sok