Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Peter10 wrote: Sat Sep 18, 2021 8:56
Mo tanya mbah-mbah semua, Kejadian tadi pagi ngolong liat ada rembes oli di blok mesin, di cek deepstick lebih 15% dr max. Service di beres skitar 2 bulanan lalu. Skarang sdh dsesuaikan kapasitasnya Apakah pengisian oli mesin lebih sekitar 15% dari kapasitas bisa membuat paking mesin rembes dan perlukah ganti paking blok mesin?
Makasih
Peter10 wrote: Sat Sep 18, 2021 8:56
Mo tanya mbah-mbah semua, Kejadian tadi pagi ngolong liat ada rembes oli di blok mesin, di cek deepstick lebih 15% dr max. Service di beres skitar 2 bulanan lalu. Skarang sdh dsesuaikan kapasitasnya Apakah pengisian oli mesin lebih sekitar 15% dari kapasitas bisa membuat paking mesin rembes dan perlukah ganti paking blok mesin?
Makasih
Grand master suhu koq malah nyuruh kenek nyambi maling nyambi mahasiswa abadi yg jawap
Ini ranah nya mbah 69 tuh
Btw, kl sepengetahuan cetek nubie, kelebihan ngisi mengakibatkan sil kruk as rawan rembes, worst case jebol, oli starvation krn berbusa.. kl paking deksel umumnya gapapa
Peter10 wrote: Sat Sep 18, 2021 8:56
Mo tanya mbah-mbah semua, Kejadian tadi pagi ngolong liat ada rembes oli di blok mesin, di cek deepstick lebih 15% dr max. Service di beres skitar 2 bulanan lalu. Skarang sdh dsesuaikan kapasitasnya Apakah pengisian oli mesin lebih sekitar 15% dari kapasitas bisa membuat paking mesin rembes dan perlukah ganti paking blok mesin?
Makasih
oke mbah delko malu2 om
kl saran sy, kan sdh disesuaikan kapasitas olinya. nah tinggal lokasi bocornya di mesin di lap sampai bersih. semprot brake cleaner dan lap2 sampai bersih. enaknya sih pas mesin dingin. abis udah bersih, nyalakan mesin atau pakailah mobil bbrp hari dan dimonitor lagi msh bocor ngga. kl msh bocor berarti gasket atau seal atau apapun itu perlu diganti.
kl ga dibersihkan ga akan ketauan msh bocor ngga nya.
Peter10 wrote: Sat Sep 18, 2021 8:56
Mo tanya mbah-mbah semua, Kejadian tadi pagi ngolong liat ada rembes oli di blok mesin, di cek deepstick lebih 15% dr max. Service di beres skitar 2 bulanan lalu. Skarang sdh dsesuaikan kapasitasnya Apakah pengisian oli mesin lebih sekitar 15% dari kapasitas bisa membuat paking mesin rembes dan perlukah ganti paking blok mesin?
Makasih
oke mbah delko malu2 om
kl saran sy, kan sdh disesuaikan kapasitas olinya. nah tinggal lokasi bocornya di mesin di lap sampai bersih. semprot brake cleaner dan lap2 sampai bersih. enaknya sih pas mesin dingin. abis udah bersih, nyalakan mesin atau pakailah mobil bbrp hari dan dimonitor lagi msh bocor ngga. kl msh bocor berarti gasket atau seal atau apapun itu perlu diganti.
kl ga dibersihkan ga akan ketauan msh bocor ngga nya.
Siap mbah, makasih atas sarannya akan dpantau seminggu ke depan. Mudah-mudahan g rembes lagi.
kl nanti jadi ngelepas itu, pas pasangnya kasih selotip electrical (yg polyurethane warna hitam itu) dibawahnya selang spy ga beradu dgn besi bawahnya, sebab kl engga bisa aja bocor krn bergesekan dr getaran sm besi bawahnya. ga ada pegangannya itu cem mana pula, ga kaya selang sebelahnya ada pengikatnya.
nah kl sampai bocor selangnya tau sendiri kan pasti ga bener jalannya mesin mbah.
IMG_20210916_175256~2.jpg
*sotoy lah saya, kan selalu sotoy emang
udah kelar. bagus, no trouble codes. digas2 juga naik turun MAP readingnya.
IMG_20210916_173629~2.jpg
wah iya bisa gak ada pegangannya.
Saya mau bersihkan yang 2KD dulu mbah, ini penampakannya. Mobil habis dipakai anak saya. Jadi bisanya Sabtu nanti dikerjakan.
Kalau lihat gambarnya sih aliran flow nya dari bawah filter ke atas filter.
Aliran udara dari exhaust masuk ke Intake lagi
Jadi nanti yang disemprot kebalikannya(yang bagian atas yang disemprot)
1. Betul yah mbah untuk 2KD ini
2. 2GD sama juga yah posisinya seperti 2KD(aliran flow dari bawah keatas)
Filter gas.jpg
Foto keseluruhan
Filter gas lengkap.jpg
Mesin 2KD
Sudah dilakukan pembersihan filter gas. Kotor sampai 4 kali semprot baru bersih
Sensor yang di filter udara juga sudah dibersihkan.
Belum bersihkan EGR dan tabung intercooler kecil penghubung dari turbo ke intake
Btw, kl sepengetahuan cetek nubie, kelebihan ngisi mengakibatkan sil kruk as rawan rembes, worst case jebol, oli starvation krn berbusa.. kl paking deksel umumnya gapapa
yang paling utama, harus diliat dulu kebocorannya dari sebelah mana? keterangannya kan hanya rembes oli di blok mesin.
blok mesin sebelah mana?
yanuarra wrote: Sat Sep 18, 2021 11:01
Mobil ane dah pasang airsus
IMG_20210918_175935.jpg
ga ditilamin pake kardus bekas atau apa gitu mbah? baret dah bawahnya kena beton. ane duluuuu pernah juga pas udah kecabut baru mikir anjirrr taro dimana nih bemper.
yanuarra wrote: Sat Sep 18, 2021 11:01
Mobil ane dah pasang airsus
IMG_20210918_175935.jpg
ga ditilamin pake kardus bekas atau apa gitu mbah? baret dah bawahnya kena beton. ane duluuuu pernah juga pas udah kecabut baru mikir anjirrr taro dimana nih bemper.
Udah beset2 mbah... Dlu pernah ceper
Semenjak ada anak lgsg standarin..
Profith83 wrote: Sat Sep 18, 2021 11:42
Mesin 2KD
Sudah dilakukan pembersihan filter gas. Kotor sampai 4 kali semprot baru bersih
Sensor yang di filter udara juga sudah dibersihkan.
Belum bersihkan EGR dan tabung intercooler kecil penghubung dari turbo ke intake
wah kl itu sampe kotor kebayang deh intake port n intake valves kaya apa kotornya. apalagi egr. berarti mbah perlu bersihin total tuh kaya di video ini.
*kecuali punya borescope camera bisa jij intip daleman.
kalo tugelan tutup radiator nggak ketemu, saya usul semua warga SM tumpengan komplit dirumah masing-masing supaya kutukan tugel tidak menjadi pandemi...
apa ga sebaiknya ganti assy tuh radiator kan udah 10 thn juga. tp itu kl msh mau dipake at least 5 thn lagi mobilnya.
menurut hemat saya, selama dari awal pake coolant beneran (bukan ngaku coolant apalagi ngaku temennya coolant), dan rutin ganti coolant, sepertinya nggak perlu ganti radiator kecuali ada bocor.
trus nanggung deh masa radiator ud resing, tp box filter standard, skalian deh open air filter k&n
udara ud plongg... skalian deh ganti header, itu 1NZ punya cekek bener
udara masup kuar ud beres, skalian deh turun deksel, uda 10 taon kan
turun deksel skalian deh PnP biar skalian kerja
kalo tinggal di finland gapapa mbah.... dapet udara dingin dan bebas debu.
lha dimari? kaya kita napas pake masker.... ngirup udara buang.... belon lagi debu di jalanan yang kalo dikumpulin seminggu aja udah bisa 1 kubik....
kalo sekalian-sekalian, saya lebih setuju mesin turunin, ganti semua seal. pasti udah keras itu.
paling cuma butuh engine crane 5 yutaan, engine stand juga segituan kan?
kecil lah buat mbah tugel....
apa ga sebaiknya ganti assy tuh radiator kan udah 10 thn juga. tp itu kl msh mau dipake at least 5 thn lagi mobilnya.
menurut hemat saya, selama dari awal pake coolant beneran (bukan ngaku coolant apalagi ngaku temennya coolant), dan rutin ganti coolant, sepertinya nggak perlu ganti radiator kecuali ada bocor.
Setuja sama mbah suhu 69..
Ini dri awal pake coolant kok mbah.. tmo coolant terus.. tp terakhir ini lg pake seiken