Wihh, hormat dulu ke mbah Profith.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
@JosombaDOHC wrote: Thu Sep 16, 2021 7:12Wahh tebakan kita mirip2 mbah
Kl saya mala nebak nya orang dr dirjen kemenkeu
you're most welcome, mbah.marmut wrote: Thu Sep 16, 2021 5:37 sekira pukul 10:30 wib, ada kurir mengantar paket... saya bingung, perasaan nggak ada transaksi apapun di toko online...
setelah terlihat nama pengirimnya, senyum lebar dan sumringah melanda seketika.
terimakasih banyak buat mbah mahaguruOmnibus![]()
MbahhOmnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 7:56you're most welcome, mbah.marmut wrote: Thu Sep 16, 2021 5:37 sekira pukul 10:30 wib, ada kurir mengantar paket... saya bingung, perasaan nggak ada transaksi apapun di toko online...
setelah terlihat nama pengirimnya, senyum lebar dan sumringah melanda seketika.
terimakasih banyak buat mbah mahaguruOmnibus![]()
![]()
sengaja ngirim stw 456 biar kepincut ngomplitin temen2nya![]()
lhooo ngumpet disitu. perasaan belom pernah liat malah sy.Profith83 wrote: Thu Sep 16, 2021 7:53 @Omnibus
Ini mesin 2GD sptnya om
facebook_1631778462986_6844174934416917894.jpg
Sore/malam ini bakal ada yang semprot2x
barusan sy liat. gile bener benda sejelas itu mata sy selama ini siwer.Profith83 wrote: Thu Sep 16, 2021 8:19Sore/malam ini bakal ada yang semprot2x![]()
Mbah kalau semprot kan harusnya dari arah out ke in
Misal filter itu aliran/flow nya adalah : in dari exhaust(A) ke out intake(B), maka disemprot dari arah kebalikannya yah, yang B
Nanti info ya mbah lobang mana yang harus disemprot.
VRZ nya dah berapa tahun?
selang dan outlet nya sangat kecil. sangat ringkih ngeri patah. lengket bgt selang ke outletnya. mbah hrs semprot silicone spray sedikit lalu putar rotasional dgn tang (jangan ditarik keluar apalagi dibengkeng2). nanti kl sdh bisa berputar selangnya, baru tinggal tarik pakai tangan.
DOHC wrote: Thu Sep 16, 2021 6:17 Btw d atas pd bahas kliner2 an
Nubie sekedar mo berbagi pengalaman pribadi, bukan pengalaman temen, apalagi critanya temen
Ntuh insert head stahwille sbisa mungkin jgn ampe kena kliner, apalagi bensin.. ntuh pencetan coating an warna ijo nya dijamin rontok, ngeliatnya pun lemessss...
kl nanti jadi ngelepas itu, pas pasangnya kasih selotip electrical (yg polyurethane warna hitam itu) dibawahnya selang spy ga beradu dgn besi bawahnya, sebab kl engga bisa aja bocor krn bergesekan dr getaran sm besi bawahnya. ga ada pegangannya itu cem mana pula, ga kaya selang sebelahnya ada pengikatnya.
inimarmut wrote: Thu Sep 16, 2021 10:47DOHC wrote: Thu Sep 16, 2021 6:17 Btw d atas pd bahas kliner2 an
Nubie sekedar mo berbagi pengalaman pribadi, bukan pengalaman temen, apalagi critanya temen
Ntuh insert head stahwille sbisa mungkin jgn ampe kena kliner, apalagi bensin.. ntuh pencetan coating an warna ijo nya dijamin rontok, ngeliatnya pun lemessss...
jadi, punyanya mbah delko sudah rontok?![]()
mana fotonya?
owe kate juge ape ...... jangan isengDOHC wrote: Thu Sep 16, 2021 11:04inimarmut wrote: Thu Sep 16, 2021 10:47DOHC wrote: Thu Sep 16, 2021 6:17 Btw d atas pd bahas kliner2 an
Nubie sekedar mo berbagi pengalaman pribadi, bukan pengalaman temen, apalagi critanya temen
Ntuh insert head stahwille sbisa mungkin jgn ampe kena kliner, apalagi bensin.. ntuh pencetan coating an warna ijo nya dijamin rontok, ngeliatnya pun lemessss...
jadi, punyanya mbah delko sudah rontok?![]()
mana fotonya?
pekgo belom dapet koh
wah iya bisa gak ada pegangannya.Omnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 10:58kl nanti jadi ngelepas itu, pas pasangnya kasih selotip electrical (yg polyurethane warna hitam itu) dibawahnya selang spy ga beradu dgn besi bawahnya, sebab kl engga bisa aja bocor krn bergesekan dr getaran sm besi bawahnya. ga ada pegangannya itu cem mana pula, ga kaya selang sebelahnya ada pengikatnya.
nah kl sampai bocor selangnya tau sendiri kan pasti ga bener jalannya mesin mbah.
IMG_20210916_175256~2.jpg
*sotoy lah saya, kan selalu sotoy emang![]()
udah kelar. bagus, no trouble codes. digas2 juga naik turun MAP readingnya.
IMG_20210916_173629~2.jpg
itu gara2 lagi bersihin intake manipol si hrv, krn kotor kena bercak2 oli2 lengket item kentel, skalian ta semprot brake kliner... asemm lgs kaget liat yg ijo2 lumer lembek2 gt jadi nya
betul mbah, nyemprot dr atas ke bawah.
yg merk wd40 tidak keras. favorite saya ini.Profith83 wrote: Thu Sep 16, 2021 12:18 brake cleaner, itu juga sama kerasnya dengan carburator cleaner?
menurut sy boost ga cuma dr map sbg input parameter nya cmiiw. kl gitu dastek ga laku om. boost (atau vnt target angle) pakai bbrp PIDs sbg inputnya a.l. rpm, throttle position, ect, maf, iat, map, bahkan atf temp sbg power reducer kl atf overheat.k1493nk wrote: Thu Sep 16, 2021 12:57 Mumpung bahas map sensor.
Pada mesin 2 gd manakah algoritma di bawah ini yg benar?
1. At given rpm ecu baca map sensor, if pressure to high then ecu decrease the fuel
2. Ecu baca sensor map, if pressure is too low then ecu increase the fuel.
Mau ngakalin map sensor biar boost naik dikit. Thanks.
Fyi kalau yg benar no 1 maka ngakalinnya pake voltage pull down, kalau no 2 kebaikannya atau pull up.
Iya mbah sayang blm punya alatnya, dastek (atau piggy back lainnya) kan pada dasarnya hanya memanipulasi bacaan dari sensor2 tersebut. Yg sudah sy lakukan baru manipulasi maf sensor (ini cukup mudah, cukup menutup lobang kecil di ujung maf sensor) trus manipulasi fuel rail pressure (pakai voltage pull down dengan resistor 10k). Yg map juga sudah sy kasih pull-down pakai resistor 1k atau 800ohm lupa. Untuk yg map masih blm yakin aja. Maka saya tanya disini barang kali ada yg tau.Omnibus wrote:menurut sy boost ga cuma dr map sbg input parameter nya cmiiw. kl gitu dastek ga laku om. boost (atau vnt target angle) pakai bbrp PIDs sbg inputnya a.l. rpm, throttle position, ect, maf, iat, map, bahkan atf temp sbg power reducer kl atf overheat.k1493nk wrote: Thu Sep 16, 2021 12:57 Mumpung bahas map sensor.
Pada mesin 2 gd manakah algoritma di bawah ini yg benar?
1. At given rpm ecu baca map sensor, if pressure to high then ecu decrease the fuel
2. Ecu baca sensor map, if pressure is too low then ecu increase the fuel.
Mau ngakalin map sensor biar boost naik dikit. Thanks.
Fyi kalau yg benar no 1 maka ngakalinnya pake voltage pull down, kalau no 2 kebaikannya atau pull up.
kl mau tau algorithma di pertanyaan diatas, test drive aja pakai scanner di record grafiknya. bisa pakai multi graph, PIDs nya engine rpm, MAP, dan injector spray time.
lupa pernah baca dimana, MAF / MAP Sensor cleaner itu isinya mirip Contact Cleaner karena cleaner yg tidak menyisakan residue, ga kaya carburateur atau brake cleaner yg biasanya ada residue solvent. tapi ada yg bilang lagi tetep jangan pake contact cleaner karena contact cleaner itu kan pake gas CO yg menyisakan kelembaban karena dingin banget. malah ada yg komen lagi: jangan dikutak katik, kecuali umurnya sudah panjang banget dan punya akses ke service manual buat cek MAF/MAP status yg biasanya njelimet karena mainannya micro volt juga ada faktor suhu, oksigen, bla2.. yg intinya kalau kata mekanik asem reges, ganti aja mbahOmnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 12:41 yg merk wd40 tidak keras. favorite saya ini.
tp kl utk map sensor mending pakai crc maf sensor cleaner. semua sensor mending pake ini secara sensor kan mahal kl sampai rusak. jd pakai yg sesuai.
so far gimana, ada perubahan? barangkali nambah 20hp hehehe .... cheap option cuma beli resistor mbah.k1493nk wrote: Thu Sep 16, 2021 13:19 Iya mbah sayang blm punya alatnya, dastek (atau piggy back lainnya) kan pada dasarnya hanya memanipulasi bacaan dari sensor2 tersebut. Yg sudah sy lakukan baru manipulasi maf sensor (ini cukup mudah, cukup menutup lobang kecil di ujung maf sensor) trus manipulasi fuel rail pressure (pakai voltage pull down dengan resistor 10k). Yg map juga sudah sy kasih pull-down pakai resistor 1k atau 800ohm lupa. Untuk yg map masih blm yakin aja. Maka saya tanya disini barang kali ada yg tau.