Saya mau review Hyundai Santa Fe 2021 Prime yg sudah dipake kurang lebih 3 minggu an. Ini pertama kali saya pake Hyundai diesel, dimana sebelumnya tidak pernah tau gimana rasa nya nyetir Hyundai. So ini bener2 a new experience nyetir produk Hyundai yg bermesin diesel.
Selama ini saya terbiasa pakai innova 2GD dan CX-5 elite, dan sebelumnya tidak ada minat sama sekali terhadap Santa Fe diesel ini sampai suatu hari setelah liat launching dan ada unit test drive, saya iseng mencoba utk test drive. Di sini lah, saya impressed sekali bener2 ngga nyangka mesin diesel nya Santa Fe ini bener2 bedaaaa bener dengan mesin2 diesel lainnya yang pernah saya coba

Di sini saya akan lebih bahas ke sektor mesin dan ride quality. Dari segi performance, mesin 2200 cc Smartstream nya ini bener2 halussss dan kencanggg... Ini yang membuat saya "blown away" sampe akhirnya kepikiran sekali habis test drive mobil ini. Di push sampai di RPM 3000 pun suara nya masih terdengar halus (mirip suara raungan mobil bensin). Mungkin kehalusan nya mirip2 ke diesel2 eropa kali ya. Selain halus, tenaga nya juga enak banget. Tidak butuh RPM tinggi atau gas yg sangat dalam buat mobil ini utk melaju kencang. Cukup dengan gas biasa saja, mobil sudah bisa berlari cukup kencang dan kerasa sangat effortless.
Feel ini berbeda sekali dengan innova 2GD saya yang sudah pake piggyback power nya kurang lebih di 200 HP. Entah kenapa di Santa Fe kerasa jauhhh lebih effortless ketika di gas, jauh lebih halus dan jauh lebih ngejambak. Top speed saya dapat di 209 Km/h. Di kecepatan tinggi mobil ini cukup stabil dan ada feel kalo mobil ini berat sehingga kerasa cukup mantap. Berbeda dengan CX-5 ketika di kecepatan lebih dari 150, mulai agak kerasa kurang mantap, ya mungkin karena secara size CX-5 lebih kecil dan lebih ringan ya. Tapi untuk handling CX-5 jauh lebih sharp ketimbang Santa Fe ini.
0-100 Km/h saya test dapat 8.6 detik (ada wheelspin). Sedangkan Innova 2GD piggyback only dan filter K&N (tidak ada modifikasi lainnya sama sekali, velg knalpot turbo audio semua standard) 0-100 Km/h di 9.1 detik. Semua metode test nya tidak pake rem dan gas ditahan, jadi hanya dari 0 Km/h transmisi di D, rem lepas terus langsung gas (no manually launch control) lalu saya rekam pake HP lalu playback dan di stopwatch. Stopwatch baru saya mulai ketika jarum RPM bergerak dan ketika sampai 100 stop. Memang ini tidak bisa akurat 100% ketimbang pakai alat kayak race logic, tapi at least bisa tau how fast it can sprint from 0-100.
Nah untuk sektor kenyamanan, secara ayunan suspensi Santa Fe ini sebetulnya OK, tidak goyang2 berlebihan, tapi juga ada kerasa empuk nya (secara ayunan), hanya sajaaa ketika menghantam jalan berlubang atau jalan keriting, ini kerasa keras sekali. Seperti pantat langsung dihantam sama aspal dan bunyi "dakkk" gitu. Dibandingkan innova, jauhhh sekali. Innova hanya seperti "dep.. dep.. dep" ketika melewati jalan berlubang atau jalan keriting. Feel keras nya seperti ban kelebihan angin gitu lah padahal tekanan udah di set 32 (rekomendasi 35) dan pakai nitrogen.
Kekurangan lainnya di Santa Fe ada di sound system nya yang menurut saya terlalu biasa dan cenderung tidak enak. Bass nya ga ada, suara nya agak tertahan atau bahasa jawa nya "mendem". Dibandingkan sama audio bose di CX-5 sangat jauhhhh.. Mungkin ke depan akan saya upgrade nih audio. Lalu yg agak mengganggu berikutnya adalah bunyi2 di panoramic sunroof nya. Mobil baru jalan 200 km sudah bunyi "krepyek krepyek" dan ketika salah satu ban naik di tanjakan, ban lainnya masih belum, kadang ada bunyi di panoramic nya "CETOKKK".
Kekurangan berikutnya ada di sensor TPMS (Tire Pressure Monitoring System) yang tidak bisa di reset manual ataupun di set di tekanan berapa dia akan muncul warning nya. Rekomendasi tekanan angin ban di buku manual adalah 35 psi, saya isi di 32 psi. Kenapa ga 35 psi? karena 35 terlalu kerasss sekali, bahkan di 32 psi saja masih kerasa keras. Nah ketika isi angin di 32 psi, TPMS cukup akurat menunjukkan sama di 32. Tetapi problem nya ketika mobil dibawa ke daerah yang dingin seperti di Bromo, terus besok dipakai pas keadaan ban dingin, TPMS nya membaca tekanan angin ban jadi 29 or 30, disitulah warning muncul. Pdhl ketika sudah di daerah panas dan dipake agak lama, tekanan angin nya bisa naek sampe ke 34. Saya sudah tanya ini ke bagian service, mereka bilang solusi satu2 nya ya tekanan nya di naikkan saja sampe 38 kalo mau aman, busetttt....

Utk service, ada yang aneh menurut saya yaitu mulai di Santa Fe facelift dan Palisade, service interval nya per 15 ribu Km, bukan 10 ribu. Apa ga kelamaan ya itu ganti oli nya per 15 ribu Km??

Overall, mobil ini sangat menyenangkan dan memuaskan. Tidak menyangka Hyundai bisa bikin mobil seperti ini padahal dari dulu saya sama sekali tidak ada interest untuk coba maupun keinginan utk punya ini. Built quality nya bagus, jok kursi jg enak buat didudukin tidak keras, interior juga not bad terutama speedometer digital nya 12.3 inch. Bener2 halus resolusi nya dan bagus seperti mobil2 eropa udahan.