Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13
Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Hi all,
Saya mau review Hyundai Santa Fe 2021 Prime yg sudah dipake kurang lebih 3 minggu an. Ini pertama kali saya pake Hyundai diesel, dimana sebelumnya tidak pernah tau gimana rasa nya nyetir Hyundai. So ini bener2 a new experience nyetir produk Hyundai yg bermesin diesel.
Selama ini saya terbiasa pakai innova 2GD dan CX-5 elite, dan sebelumnya tidak ada minat sama sekali terhadap Santa Fe diesel ini sampai suatu hari setelah liat launching dan ada unit test drive, saya iseng mencoba utk test drive. Di sini lah, saya impressed sekali bener2 ngga nyangka mesin diesel nya Santa Fe ini bener2 bedaaaa bener dengan mesin2 diesel lainnya yang pernah saya coba So, akhirnya saya beli ini mobil.
Di sini saya akan lebih bahas ke sektor mesin dan ride quality. Dari segi performance, mesin 2200 cc Smartstream nya ini bener2 halussss dan kencanggg... Ini yang membuat saya "blown away" sampe akhirnya kepikiran sekali habis test drive mobil ini. Di push sampai di RPM 3000 pun suara nya masih terdengar halus (mirip suara raungan mobil bensin). Mungkin kehalusan nya mirip2 ke diesel2 eropa kali ya. Selain halus, tenaga nya juga enak banget. Tidak butuh RPM tinggi atau gas yg sangat dalam buat mobil ini utk melaju kencang. Cukup dengan gas biasa saja, mobil sudah bisa berlari cukup kencang dan kerasa sangat effortless.
Feel ini berbeda sekali dengan innova 2GD saya yang sudah pake piggyback power nya kurang lebih di 200 HP. Entah kenapa di Santa Fe kerasa jauhhh lebih effortless ketika di gas, jauh lebih halus dan jauh lebih ngejambak. Top speed saya dapat di 209 Km/h. Di kecepatan tinggi mobil ini cukup stabil dan ada feel kalo mobil ini berat sehingga kerasa cukup mantap. Berbeda dengan CX-5 ketika di kecepatan lebih dari 150, mulai agak kerasa kurang mantap, ya mungkin karena secara size CX-5 lebih kecil dan lebih ringan ya. Tapi untuk handling CX-5 jauh lebih sharp ketimbang Santa Fe ini.
0-100 Km/h saya test dapat 8.6 detik (ada wheelspin). Sedangkan Innova 2GD piggyback only dan filter K&N (tidak ada modifikasi lainnya sama sekali, velg knalpot turbo audio semua standard) 0-100 Km/h di 9.1 detik. Semua metode test nya tidak pake rem dan gas ditahan, jadi hanya dari 0 Km/h transmisi di D, rem lepas terus langsung gas (no manually launch control) lalu saya rekam pake HP lalu playback dan di stopwatch. Stopwatch baru saya mulai ketika jarum RPM bergerak dan ketika sampai 100 stop. Memang ini tidak bisa akurat 100% ketimbang pakai alat kayak race logic, tapi at least bisa tau how fast it can sprint from 0-100.
Nah untuk sektor kenyamanan, secara ayunan suspensi Santa Fe ini sebetulnya OK, tidak goyang2 berlebihan, tapi juga ada kerasa empuk nya (secara ayunan), hanya sajaaa ketika menghantam jalan berlubang atau jalan keriting, ini kerasa keras sekali. Seperti pantat langsung dihantam sama aspal dan bunyi "dakkk" gitu. Dibandingkan innova, jauhhh sekali. Innova hanya seperti "dep.. dep.. dep" ketika melewati jalan berlubang atau jalan keriting. Feel keras nya seperti ban kelebihan angin gitu lah padahal tekanan udah di set 32 (rekomendasi 35) dan pakai nitrogen.
Kekurangan lainnya di Santa Fe ada di sound system nya yang menurut saya terlalu biasa dan cenderung tidak enak. Bass nya ga ada, suara nya agak tertahan atau bahasa jawa nya "mendem". Dibandingkan sama audio bose di CX-5 sangat jauhhhh.. Mungkin ke depan akan saya upgrade nih audio. Lalu yg agak mengganggu berikutnya adalah bunyi2 di panoramic sunroof nya. Mobil baru jalan 200 km sudah bunyi "krepyek krepyek" dan ketika salah satu ban naik di tanjakan, ban lainnya masih belum, kadang ada bunyi di panoramic nya "CETOKKK".
Kekurangan berikutnya ada di sensor TPMS (Tire Pressure Monitoring System) yang tidak bisa di reset manual ataupun di set di tekanan berapa dia akan muncul warning nya. Rekomendasi tekanan angin ban di buku manual adalah 35 psi, saya isi di 32 psi. Kenapa ga 35 psi? karena 35 terlalu kerasss sekali, bahkan di 32 psi saja masih kerasa keras. Nah ketika isi angin di 32 psi, TPMS cukup akurat menunjukkan sama di 32. Tetapi problem nya ketika mobil dibawa ke daerah yang dingin seperti di Bromo, terus besok dipakai pas keadaan ban dingin, TPMS nya membaca tekanan angin ban jadi 29 or 30, disitulah warning muncul. Pdhl ketika sudah di daerah panas dan dipake agak lama, tekanan angin nya bisa naek sampe ke 34. Saya sudah tanya ini ke bagian service, mereka bilang solusi satu2 nya ya tekanan nya di naikkan saja sampe 38 kalo mau aman, busetttt....
Utk service, ada yang aneh menurut saya yaitu mulai di Santa Fe facelift dan Palisade, service interval nya per 15 ribu Km, bukan 10 ribu. Apa ga kelamaan ya itu ganti oli nya per 15 ribu Km??
Overall, mobil ini sangat menyenangkan dan memuaskan. Tidak menyangka Hyundai bisa bikin mobil seperti ini padahal dari dulu saya sama sekali tidak ada interest untuk coba maupun keinginan utk punya ini. Built quality nya bagus, jok kursi jg enak buat didudukin tidak keras, interior juga not bad terutama speedometer digital nya 12.3 inch. Bener2 halus resolusi nya dan bagus seperti mobil2 eropa udahan.
Saya mau review Hyundai Santa Fe 2021 Prime yg sudah dipake kurang lebih 3 minggu an. Ini pertama kali saya pake Hyundai diesel, dimana sebelumnya tidak pernah tau gimana rasa nya nyetir Hyundai. So ini bener2 a new experience nyetir produk Hyundai yg bermesin diesel.
Selama ini saya terbiasa pakai innova 2GD dan CX-5 elite, dan sebelumnya tidak ada minat sama sekali terhadap Santa Fe diesel ini sampai suatu hari setelah liat launching dan ada unit test drive, saya iseng mencoba utk test drive. Di sini lah, saya impressed sekali bener2 ngga nyangka mesin diesel nya Santa Fe ini bener2 bedaaaa bener dengan mesin2 diesel lainnya yang pernah saya coba So, akhirnya saya beli ini mobil.
Di sini saya akan lebih bahas ke sektor mesin dan ride quality. Dari segi performance, mesin 2200 cc Smartstream nya ini bener2 halussss dan kencanggg... Ini yang membuat saya "blown away" sampe akhirnya kepikiran sekali habis test drive mobil ini. Di push sampai di RPM 3000 pun suara nya masih terdengar halus (mirip suara raungan mobil bensin). Mungkin kehalusan nya mirip2 ke diesel2 eropa kali ya. Selain halus, tenaga nya juga enak banget. Tidak butuh RPM tinggi atau gas yg sangat dalam buat mobil ini utk melaju kencang. Cukup dengan gas biasa saja, mobil sudah bisa berlari cukup kencang dan kerasa sangat effortless.
Feel ini berbeda sekali dengan innova 2GD saya yang sudah pake piggyback power nya kurang lebih di 200 HP. Entah kenapa di Santa Fe kerasa jauhhh lebih effortless ketika di gas, jauh lebih halus dan jauh lebih ngejambak. Top speed saya dapat di 209 Km/h. Di kecepatan tinggi mobil ini cukup stabil dan ada feel kalo mobil ini berat sehingga kerasa cukup mantap. Berbeda dengan CX-5 ketika di kecepatan lebih dari 150, mulai agak kerasa kurang mantap, ya mungkin karena secara size CX-5 lebih kecil dan lebih ringan ya. Tapi untuk handling CX-5 jauh lebih sharp ketimbang Santa Fe ini.
0-100 Km/h saya test dapat 8.6 detik (ada wheelspin). Sedangkan Innova 2GD piggyback only dan filter K&N (tidak ada modifikasi lainnya sama sekali, velg knalpot turbo audio semua standard) 0-100 Km/h di 9.1 detik. Semua metode test nya tidak pake rem dan gas ditahan, jadi hanya dari 0 Km/h transmisi di D, rem lepas terus langsung gas (no manually launch control) lalu saya rekam pake HP lalu playback dan di stopwatch. Stopwatch baru saya mulai ketika jarum RPM bergerak dan ketika sampai 100 stop. Memang ini tidak bisa akurat 100% ketimbang pakai alat kayak race logic, tapi at least bisa tau how fast it can sprint from 0-100.
Nah untuk sektor kenyamanan, secara ayunan suspensi Santa Fe ini sebetulnya OK, tidak goyang2 berlebihan, tapi juga ada kerasa empuk nya (secara ayunan), hanya sajaaa ketika menghantam jalan berlubang atau jalan keriting, ini kerasa keras sekali. Seperti pantat langsung dihantam sama aspal dan bunyi "dakkk" gitu. Dibandingkan innova, jauhhh sekali. Innova hanya seperti "dep.. dep.. dep" ketika melewati jalan berlubang atau jalan keriting. Feel keras nya seperti ban kelebihan angin gitu lah padahal tekanan udah di set 32 (rekomendasi 35) dan pakai nitrogen.
Kekurangan lainnya di Santa Fe ada di sound system nya yang menurut saya terlalu biasa dan cenderung tidak enak. Bass nya ga ada, suara nya agak tertahan atau bahasa jawa nya "mendem". Dibandingkan sama audio bose di CX-5 sangat jauhhhh.. Mungkin ke depan akan saya upgrade nih audio. Lalu yg agak mengganggu berikutnya adalah bunyi2 di panoramic sunroof nya. Mobil baru jalan 200 km sudah bunyi "krepyek krepyek" dan ketika salah satu ban naik di tanjakan, ban lainnya masih belum, kadang ada bunyi di panoramic nya "CETOKKK".
Kekurangan berikutnya ada di sensor TPMS (Tire Pressure Monitoring System) yang tidak bisa di reset manual ataupun di set di tekanan berapa dia akan muncul warning nya. Rekomendasi tekanan angin ban di buku manual adalah 35 psi, saya isi di 32 psi. Kenapa ga 35 psi? karena 35 terlalu kerasss sekali, bahkan di 32 psi saja masih kerasa keras. Nah ketika isi angin di 32 psi, TPMS cukup akurat menunjukkan sama di 32. Tetapi problem nya ketika mobil dibawa ke daerah yang dingin seperti di Bromo, terus besok dipakai pas keadaan ban dingin, TPMS nya membaca tekanan angin ban jadi 29 or 30, disitulah warning muncul. Pdhl ketika sudah di daerah panas dan dipake agak lama, tekanan angin nya bisa naek sampe ke 34. Saya sudah tanya ini ke bagian service, mereka bilang solusi satu2 nya ya tekanan nya di naikkan saja sampe 38 kalo mau aman, busetttt....
Utk service, ada yang aneh menurut saya yaitu mulai di Santa Fe facelift dan Palisade, service interval nya per 15 ribu Km, bukan 10 ribu. Apa ga kelamaan ya itu ganti oli nya per 15 ribu Km??
Overall, mobil ini sangat menyenangkan dan memuaskan. Tidak menyangka Hyundai bisa bikin mobil seperti ini padahal dari dulu saya sama sekali tidak ada interest untuk coba maupun keinginan utk punya ini. Built quality nya bagus, jok kursi jg enak buat didudukin tidak keras, interior juga not bad terutama speedometer digital nya 12.3 inch. Bener2 halus resolusi nya dan bagus seperti mobil2 eropa udahan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Akhirnya ada yg review di sm juga. Om mau nanya dong karakter dual clutch nya pas lagi stop & go gimana om? Halus atau ada jerky nya?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 97
- Joined: Sun Nov 03, 2019 22:39
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Ford fiesta
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Mantap om, selamat untuk santa fe barunya
Itu yang service berkala per 15rb km dari buku manualnya atau dari buku servicenya ya om?
Kalo DM sih emang beda antara buku manual sama buku service, bukman bilang per 15 ribu tapi buku service per 10 ribu.
Itu yang service berkala per 15rb km dari buku manualnya atau dari buku servicenya ya om?
Kalo DM sih emang beda antara buku manual sama buku service, bukman bilang per 15 ribu tapi buku service per 10 ribu.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Mantab om, cuman bisa ngiler
Servis tiap 15 rb km yaa, berarti ky di mamarika. Tiap 10 rb miles yg klo km 16,180 km.
Dibuletin 15 rb lahβ¦
Olinya apa yaa itu dr Hyundainya?
Oya om, klo KIA kn garansi 7 th atau 200 rb km skrg.
Klo Hyundai berapa yaa?
Servis tiap 15 rb km yaa, berarti ky di mamarika. Tiap 10 rb miles yg klo km 16,180 km.
Dibuletin 15 rb lahβ¦
Olinya apa yaa itu dr Hyundainya?
Oya om, klo KIA kn garansi 7 th atau 200 rb km skrg.
Klo Hyundai berapa yaa?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Selamat buat mobil barunya om..
Btw request dibuatin reviewnya dong tiap kelipatan 20rb/tiap tahun. Jadi biar tau updatenya seperti apa & pemakaian long term gimana. Kalau ada rejeki pengen nimang seken santa fe atau palisade..
Btw request dibuatin reviewnya dong tiap kelipatan 20rb/tiap tahun. Jadi biar tau updatenya seperti apa & pemakaian long term gimana. Kalau ada rejeki pengen nimang seken santa fe atau palisade..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4728
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
nice review dan congrats om buat mobil barunya
mobil ini memang cakep desainnya luar- dalam + fiturnya juga banyak, blm lg suara mesinnya yg kehitung halus buat ukuran mobil diesel. kalo ga mentingin brand dan rv, mobil ini cukup worth buat dimiliki
mobil ini memang cakep desainnya luar- dalam + fiturnya juga banyak, blm lg suara mesinnya yg kehitung halus buat ukuran mobil diesel. kalo ga mentingin brand dan rv, mobil ini cukup worth buat dimiliki
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
cakep mobilnya om
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1568
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
justru resale value Santa Fe ini nahan banget. Populasinya sedikit padahal. Nyari sekennya Grand Santa Fe aja sulit minta ampun, boro2 bisa milih unit.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Pake shell om kl hyundae
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Wed May 08, 2013 7:45
- Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
perihal suspensi jangan khawatir om, memang monokok ya begitu kalo dibanding ladder frame innova, kalo kena lobang dalam jauh lebih terasa dibanding ladder frame
buat sunroof uda ditanyain ke beres om?
dan dctnya pemakaian harian/macet bagaimana?
congrats buat mobilnya btw
buat sunroof uda ditanyain ke beres om?
dan dctnya pemakaian harian/macet bagaimana?
congrats buat mobilnya btw
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1306
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Dibandingkan CX5 keras mana om saat kena jalan keriting atau berlubang?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 571
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
King of transjawabahn... lari 200 rpm belum nyentuh 4ribu
β14 PY-VPS
β01 B20B
β01 B20B
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Jerky sampe ndut2 an sih ngga, cuma memang ada kesan kayak engine brake sedikit ketika lepas gas dan itu hanya kerasa kalo di gigi 1. Mirip2 kayak mobil manual gitu om kesan nyaSenargitar wrote: βSun Sep 12, 2021 23:23 Akhirnya ada yg review di sm juga. Om mau nanya dong karakter dual clutch nya pas lagi stop & go gimana om? Halus atau ada jerky nya?
oo iya di buku service nya ada catatan tersendiri untuk negara selain russia, oli diganti di 10 ribu. Agak tricky ya, service berkala dan ganti oli nya tidak pas berbarengan gitu. Biasanya di mobil lain kan service berkala per 10 ribu km, oli ya ganti di 10 ribu.
Oli dari Hyundai nya pake Shell Rimula 10W-40 dan apa bener ini oli nya bukan Full Synth tapi Semi Synthetic? Saya sempet tanya ke langganan toko oli katanya itu bukan Full Synthetic. Warranty nya di 3 tahun or 100 ribu km mana yg tercapai lebih dahulu. Nah ada satu hal lagi yg aneh di warranty nya. Utk kaki2 dan suspensi tidak di covered di warranty, waktu itu sudah tanya ke beberapa dealer buat mastiin dan jawabannya semua sama. Apa Santa Fe sebelum2 nya jg sama warranty nya ga termasuk kaki2?
Nah, resale value hyundai memang ga bisa berharap banyak dah...
sunroof belum saya complain ke bengkel resmi. kapan hari kelupaan waktu service 1000, ntar deh kapan baru complain. DCT nya di kemacetan kalo buat saya overall ok kok ga sampe yang mengganggu gimana, cuma memang kalo dirasa rasa in tetap ada beda nya dengan matic biasa.yohanesw wrote: βMon Sep 13, 2021 5:34 perihal suspensi jangan khawatir om, memang monokok ya begitu kalo dibanding ladder frame innova, kalo kena lobang dalam jauh lebih terasa dibanding ladder frame
buat sunroof uda ditanyain ke beres om?
dan dctnya pemakaian harian/macet bagaimana?
congrats buat mobilnya btw
Buat saya agak keras Santa Fe, CX-5 memang bukan yg empuk jg bantingan nya tp somehow saya ga pernah complain kalo pas nyetir CX-5 hajar lubang. Nah di Santa Fe ini kalo buat hajar lubang, gitu kerasa agak mengganggu feel keras nya. Oh ya satu lagi: ROAD NOISE. di aspal yang kasar suara ban nya agak masuk nih mobil kayak gemuruh gitu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4028
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
soal oli dan perawatan ya semacam "penyakit lama" semua ATPM indo. tujuannya biar kesannya perawatan "murah", padahal di kemudian hari bisa jadi bermasalah.
itu oli 10W40 saja sudah jelas pasti kelas semi synth, oli full synth 10W30 bensin saja termasuk sulit dicari, apalagi untuk diesel.
untuk perawatan saran saya, dan di buku manual juga tertera kan: penggunaan oli kelas bawah mineral masuk kategori pemakaian berat, yang asumsi saya pasti interval penggantian oli dipercepat.
lagipula enaknya mesin diesel kan disitu, pakai oli kelas murmer pun tidak masalah, asal interval dipercepat saja. paling efeknya: kurang halus dan rada berat.
itu oli 10W40 saja sudah jelas pasti kelas semi synth, oli full synth 10W30 bensin saja termasuk sulit dicari, apalagi untuk diesel.
untuk perawatan saran saya, dan di buku manual juga tertera kan: penggunaan oli kelas bawah mineral masuk kategori pemakaian berat, yang asumsi saya pasti interval penggantian oli dipercepat.
lagipula enaknya mesin diesel kan disitu, pakai oli kelas murmer pun tidak masalah, asal interval dipercepat saja. paling efeknya: kurang halus dan rada berat.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5852
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Nais ripiu om.
Wih, kok dapat oli si R5E sih, harusnya mesin diesel modern gini kasi oli yang bagusan aja.
Nah idem sama om Kunaskun, kalau mau stay di oli itu mending dipercepat ganti setiap 7500 aja om, jadi pas 2x ganti oli ketemu jadwal servis berkala kan.
Wih, kok dapat oli si R5E sih, harusnya mesin diesel modern gini kasi oli yang bagusan aja.
Nah idem sama om Kunaskun, kalau mau stay di oli itu mending dipercepat ganti setiap 7500 aja om, jadi pas 2x ganti oli ketemu jadwal servis berkala kan.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Bener ya berarti itu semi synth.. wah agak parah ya standard nya. Saya kemarin service 1000 km bawa oli sendiri akhirnya. Pake Mobil 1 Delvac 5W-30 ESP
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
awow. selamat atas Santa Fe barunya Om.. mobil ininselalu jadi mobil idaman saya. Setuju dengan komen diatas, saya sih ga tega mobil crdi turbo diesel modern dikasih shell rimula. mending bawa sendiri.. IMHO, oli mesin diesel modern ini darahnya CRDi berturbo..
Enjoy transjavabahn Om!
Enjoy transjavabahn Om!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Saya liat fotonya tuh botol rimula ketawa aja om, tulisan ACEA jg kaga ada, buntut 40 lagi ckckkckckckcckckck. Mesin udah disel eropa smartstream kenceng wus wus kebanting sama barang begituankunaskun wrote: βMon Sep 13, 2021 14:07 soal oli dan perawatan ya semacam "penyakit lama" semua ATPM indo. tujuannya biar kesannya perawatan "murah", padahal di kemudian hari bisa jadi bermasalah.
itu oli 10W40 saja sudah jelas pasti kelas semi synth, oli full synth 10W30 bensin saja termasuk sulit dicari, apalagi untuk diesel.
untuk perawatan saran saya, dan di buku manual juga tertera kan: penggunaan oli kelas bawah mineral masuk kategori pemakaian berat, yang asumsi saya pasti interval penggantian oli dipercepat.
lagipula enaknya mesin diesel kan disitu, pakai oli kelas murmer pun tidak masalah, asal interval dipercepat saja. paling efeknya: kurang halus dan rada berat.
Alt lain saya rasa bs bawa oli Kixx GS yg dijual di marketplace kaya standarnya di bengkel hyundai di korea sana ya.
Kesannya buat orang yg ngerti mobil maen "hajar bleh" doang ATPMnya, kaya yg mesinnya canggih diberi 15W40 itu. Udh jd berat, suhu mesin naek sampe suhu kerja aja bs 15 menit sendiri ckckckc
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Soal ban kayanya dr yg udah2 kumho asli korea kurang oke ya om di sini. Switch ke mich primacy SUV ato sejelek2nya dueler HL lebih oke ya buat d endonesa. Mgkn kl pake ban bagus kaya mich itu noise, grip, bantingan bs lebih baik dan bisa handle mesin monster disel ini om.vhar7 wrote: βSun Sep 12, 2021 16:02 Hi all,
Saya mau review Hyundai Santa Fe 2021 Prime yg sudah dipake kurang lebih 3 minggu an. Ini pertama kali saya pake Hyundai diesel, dimana sebelumnya tidak pernah tau gimana rasa nya nyetir Hyundai. So ini bener2 a new experience nyetir produk Hyundai yg bermesin diesel.
Selama ini saya terbiasa pakai innova 2GD dan CX-5 elite, dan sebelumnya tidak ada minat sama sekali terhadap Santa Fe diesel ini sampai suatu hari setelah liat launching dan ada unit test drive, saya iseng mencoba utk test drive. Di sini lah, saya impressed sekali bener2 ngga nyangka mesin diesel nya Santa Fe ini bener2 bedaaaa bener dengan mesin2 diesel lainnya yang pernah saya coba So, akhirnya saya beli ini mobil.
Di sini saya akan lebih bahas ke sektor mesin dan ride quality. Dari segi performance, mesin 2200 cc Smartstream nya ini bener2 halussss dan kencanggg... Ini yang membuat saya "blown away" sampe akhirnya kepikiran sekali habis test drive mobil ini. Di push sampai di RPM 3000 pun suara nya masih terdengar halus (mirip suara raungan mobil bensin). Mungkin kehalusan nya mirip2 ke diesel2 eropa kali ya. Selain halus, tenaga nya juga enak banget. Tidak butuh RPM tinggi atau gas yg sangat dalam buat mobil ini utk melaju kencang. Cukup dengan gas biasa saja, mobil sudah bisa berlari cukup kencang dan kerasa sangat effortless.
Nah untuk sektor kenyamanan, secara ayunan suspensi Santa Fe ini sebetulnya OK, tidak goyang2 berlebihan, tapi juga ada kerasa empuk nya (secara ayunan), hanya sajaaa ketika menghantam jalan berlubang atau jalan keriting, ini kerasa keras sekali. Seperti pantat langsung dihantam sama aspal dan bunyi "dakkk" gitu. Dibandingkan innova, jauhhh sekali. Innova hanya seperti "dep.. dep.. dep" ketika melewati jalan berlubang atau jalan keriting. Feel keras nya seperti ban kelebihan angin gitu lah padahal tekanan udah di set 32 (rekomendasi 35) dan pakai nitrogen.
Utk service, ada yang aneh menurut saya yaitu mulai di Santa Fe facelift dan Palisade, service interval nya per 15 ribu Km, bukan 10 ribu. Apa ga kelamaan ya itu ganti oli nya per 15 ribu Km??
Overall, mobil ini sangat menyenangkan dan memuaskan. Tidak menyangka Hyundai bisa bikin mobil seperti ini padahal dari dulu saya sama sekali tidak ada interest untuk coba maupun keinginan utk punya ini. Built quality nya bagus, jok kursi jg enak buat didudukin tidak keras, interior juga not bad terutama speedometer digital nya 12.3 inch. Bener2 halus resolusi nya dan bagus seperti mobil2 eropa udahan.
Speedonya ini jg gile ya om, displaynya seinteraktif itu dan keliatan reliable gitu. Hi tech tapi ga terkesan deg2an kaya liat display speedo BMW sekarang
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Mon Jan 25, 2016 2:11
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Khusus santa fe diesel ini menurut saya cukup bagus koq RV nya, beli 2nd pakai 3 taun terus jual lagi, selisih 10 juta antara beli sama jual, atau 3,3jt/taun.AbdulHakim wrote: βMon Sep 13, 2021 4:47 justru resale value Santa Fe ini nahan banget. Populasinya sedikit padahal. Nyari sekennya Grand Santa Fe aja sulit minta ampun, boro2 bisa milih unit.
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
ntuh kejadian jg di merek mamarika yang baru aja cabut... makanya captiva pada K.O.erwinign wrote: βMon Sep 13, 2021 16:15Saya liat fotonya tuh botol rimula ketawa aja om, tulisan ACEA jg kaga ada, buntut 40 lagi ckckkckckckcckckck. Mesin udah disel eropa smartstream kenceng wus wus kebanting sama barang begituankunaskun wrote: βMon Sep 13, 2021 14:07 soal oli dan perawatan ya semacam "penyakit lama" semua ATPM indo. tujuannya biar kesannya perawatan "murah", padahal di kemudian hari bisa jadi bermasalah.
itu oli 10W40 saja sudah jelas pasti kelas semi synth, oli full synth 10W30 bensin saja termasuk sulit dicari, apalagi untuk diesel.
untuk perawatan saran saya, dan di buku manual juga tertera kan: penggunaan oli kelas bawah mineral masuk kategori pemakaian berat, yang asumsi saya pasti interval penggantian oli dipercepat.
lagipula enaknya mesin diesel kan disitu, pakai oli kelas murmer pun tidak masalah, asal interval dipercepat saja. paling efeknya: kurang halus dan rada berat.
Alt lain saya rasa bs bawa oli Kixx GS yg dijual di marketplace kaya standarnya di bengkel hyundai di korea sana ya.
Kesannya buat orang yg ngerti mobil maen "hajar bleh" doang ATPMnya, kaya yg mesinnya canggih diberi 15W40 itu. Udh jd berat, suhu mesin naek sampe suhu kerja aja bs 15 menit sendiri ckckckc
minta GM Dexos2 tapi di bengkel resmi gak ada coba
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5852
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Wow, ini yg jual yg hebat sih om. Haha.maydhi09 wrote: βTue Sep 14, 2021 0:20Khusus santa fe diesel ini menurut saya cukup bagus koq RV nya, beli 2nd pakai 3 taun terus jual lagi, selisih 10 juta antara beli sama jual, atau 3,3jt/taun.AbdulHakim wrote: βMon Sep 13, 2021 4:47 justru resale value Santa Fe ini nahan banget. Populasinya sedikit padahal. Nyari sekennya Grand Santa Fe aja sulit minta ampun, boro2 bisa milih unit.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue May 09, 2017 3:09
- Location: jabodetabek
- Daily Vehicle: mobil bekas
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
wah jadi kepengen test drive juga nihvhar7 wrote: βSun Sep 12, 2021 16:02
Di sini saya akan lebih bahas ke sektor mesin dan ride quality. Dari segi performance, mesin 2200 cc Smartstream nya ini bener2 halussss dan kencanggg... Ini yang membuat saya "blown away" sampe akhirnya kepikiran sekali habis test drive mobil ini. Di push sampai di RPM 3000 pun suara nya masih terdengar halus (mirip suara raungan mobil bensin). Mungkin kehalusan nya mirip2 ke diesel2 eropa kali ya. Selain halus, tenaga nya juga enak banget. Tidak butuh RPM tinggi atau gas yg sangat dalam buat mobil ini utk melaju kencang. Cukup dengan gas biasa saja, mobil sudah bisa berlari cukup kencang dan kerasa sangat effortless.
Feel ini berbeda sekali dengan innova 2GD saya yang sudah pake piggyback power nya kurang lebih di 200 HP. Entah kenapa di Santa Fe kerasa jauhhh lebih effortless ketika di gas, jauh lebih halus dan jauh lebih ngejambak. Top speed saya dapat di 209 Km/h. Di kecepatan tinggi mobil ini cukup stabil dan ada feel kalo mobil ini berat sehingga kerasa cukup mantap. Berbeda dengan CX-5 ketika di kecepatan lebih dari 150, mulai agak kerasa kurang mantap, ya mungkin karena secara size CX-5 lebih kecil dan lebih ringan ya. Tapi untuk handling CX-5 jauh lebih sharp ketimbang Santa Fe ini.
0-100 Km/h saya test dapat 8.6 detik (ada wheelspin). Sedangkan Innova 2GD piggyback only dan filter K&N (tidak ada modifikasi lainnya sama sekali, velg knalpot turbo audio semua standard) 0-100 Km/h di 9.1 detik. Semua metode test nya tidak pake rem dan gas ditahan, jadi hanya dari 0 Km/h transmisi di D, rem lepas terus langsung gas (no manually launch control) lalu saya rekam pake HP lalu playback dan di stopwatch. Stopwatch baru saya mulai ketika jarum RPM bergerak dan ketika sampai 100 stop. Memang ini tidak bisa akurat 100% ketimbang pakai alat kayak race logic, tapi at least bisa tau how fast it can sprint from 0-100.
selama bbrp tahun saya bawa innova 2GD udah terbiasa ama karakter mesinnya yg boyo dan lemot
begitu juga dengan suara bising mesinnya
model santa fe juga ganteng nih
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Wed May 08, 2013 7:45
- Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
ban kumho yg ini memang kurang cocok banget dipasang ke santa fe om, waktu saya TD aja gaspol spinnya banyak bener, beda sama TM sebelumnya gripnya asik bener berkat ban continentalnyaerwinign wrote:Soal ban kayanya dr yg udah2 kumho asli korea kurang oke ya om di sini. Switch ke mich primacy SUV ato sejelek2nya dueler HL lebih oke ya buat d endonesa. Mgkn kl pake ban bagus kaya mich itu noise, grip, bantingan bs lebih baik dan bisa handle mesin monster disel ini om.vhar7 wrote: βSun Sep 12, 2021 16:02 Hi all,
Saya mau review Hyundai Santa Fe 2021 Prime yg sudah dipake kurang lebih 3 minggu an. Ini pertama kali saya pake Hyundai diesel, dimana sebelumnya tidak pernah tau gimana rasa nya nyetir Hyundai. So ini bener2 a new experience nyetir produk Hyundai yg bermesin diesel.
Selama ini saya terbiasa pakai innova 2GD dan CX-5 elite, dan sebelumnya tidak ada minat sama sekali terhadap Santa Fe diesel ini sampai suatu hari setelah liat launching dan ada unit test drive, saya iseng mencoba utk test drive. Di sini lah, saya impressed sekali bener2 ngga nyangka mesin diesel nya Santa Fe ini bener2 bedaaaa bener dengan mesin2 diesel lainnya yang pernah saya coba So, akhirnya saya beli ini mobil.
Di sini saya akan lebih bahas ke sektor mesin dan ride quality. Dari segi performance, mesin 2200 cc Smartstream nya ini bener2 halussss dan kencanggg... Ini yang membuat saya "blown away" sampe akhirnya kepikiran sekali habis test drive mobil ini. Di push sampai di RPM 3000 pun suara nya masih terdengar halus (mirip suara raungan mobil bensin). Mungkin kehalusan nya mirip2 ke diesel2 eropa kali ya. Selain halus, tenaga nya juga enak banget. Tidak butuh RPM tinggi atau gas yg sangat dalam buat mobil ini utk melaju kencang. Cukup dengan gas biasa saja, mobil sudah bisa berlari cukup kencang dan kerasa sangat effortless.
Nah untuk sektor kenyamanan, secara ayunan suspensi Santa Fe ini sebetulnya OK, tidak goyang2 berlebihan, tapi juga ada kerasa empuk nya (secara ayunan), hanya sajaaa ketika menghantam jalan berlubang atau jalan keriting, ini kerasa keras sekali. Seperti pantat langsung dihantam sama aspal dan bunyi "dakkk" gitu. Dibandingkan innova, jauhhh sekali. Innova hanya seperti "dep.. dep.. dep" ketika melewati jalan berlubang atau jalan keriting. Feel keras nya seperti ban kelebihan angin gitu lah padahal tekanan udah di set 32 (rekomendasi 35) dan pakai nitrogen.
Utk service, ada yang aneh menurut saya yaitu mulai di Santa Fe facelift dan Palisade, service interval nya per 15 ribu Km, bukan 10 ribu. Apa ga kelamaan ya itu ganti oli nya per 15 ribu Km??
Overall, mobil ini sangat menyenangkan dan memuaskan. Tidak menyangka Hyundai bisa bikin mobil seperti ini padahal dari dulu saya sama sekali tidak ada interest untuk coba maupun keinginan utk punya ini. Built quality nya bagus, jok kursi jg enak buat didudukin tidak keras, interior juga not bad terutama speedometer digital nya 12.3 inch. Bener2 halus resolusi nya dan bagus seperti mobil2 eropa udahan.
Speedonya ini jg gile ya om, displaynya seinteraktif itu dan keliatan reliable gitu. Hi tech tapi ga terkesan deg2an kaya liat display speedo BMW sekarang
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Kl soal part2 gitu misal sokbreker kayanya TM masih jarang ya om?yohanesw wrote: βTue Sep 14, 2021 8:43ban kumho yg ini memang kurang cocok banget dipasang ke santa fe om, waktu saya TD aja gaspol spinnya banyak bener, beda sama TM sebelumnya gripnya asik bener berkat ban continentalnyaerwinign wrote:Soal ban kayanya dr yg udah2 kumho asli korea kurang oke ya om di sini. Switch ke mich primacy SUV ato sejelek2nya dueler HL lebih oke ya buat d endonesa. Mgkn kl pake ban bagus kaya mich itu noise, grip, bantingan bs lebih baik dan bisa handle mesin monster disel ini om.vhar7 wrote: βSun Sep 12, 2021 16:02 Hi all,
Saya mau review Hyundai Santa Fe 2021 Prime yg sudah dipake kurang lebih 3 minggu an. Ini pertama kali saya pake Hyundai diesel, dimana sebelumnya tidak pernah tau gimana rasa nya nyetir Hyundai. So ini bener2 a new experience nyetir produk Hyundai yg bermesin diesel.
Selama ini saya terbiasa pakai innova 2GD dan CX-5 elite, dan sebelumnya tidak ada minat sama sekali terhadap Santa Fe diesel ini sampai suatu hari setelah liat launching dan ada unit test drive, saya iseng mencoba utk test drive. Di sini lah, saya impressed sekali bener2 ngga nyangka mesin diesel nya Santa Fe ini bener2 bedaaaa bener dengan mesin2 diesel lainnya yang pernah saya coba So, akhirnya saya beli ini mobil.
Di sini saya akan lebih bahas ke sektor mesin dan ride quality. Dari segi performance, mesin 2200 cc Smartstream nya ini bener2 halussss dan kencanggg... Ini yang membuat saya "blown away" sampe akhirnya kepikiran sekali habis test drive mobil ini. Di push sampai di RPM 3000 pun suara nya masih terdengar halus (mirip suara raungan mobil bensin). Mungkin kehalusan nya mirip2 ke diesel2 eropa kali ya. Selain halus, tenaga nya juga enak banget. Tidak butuh RPM tinggi atau gas yg sangat dalam buat mobil ini utk melaju kencang. Cukup dengan gas biasa saja, mobil sudah bisa berlari cukup kencang dan kerasa sangat effortless.
Nah untuk sektor kenyamanan, secara ayunan suspensi Santa Fe ini sebetulnya OK, tidak goyang2 berlebihan, tapi juga ada kerasa empuk nya (secara ayunan), hanya sajaaa ketika menghantam jalan berlubang atau jalan keriting, ini kerasa keras sekali. Seperti pantat langsung dihantam sama aspal dan bunyi "dakkk" gitu. Dibandingkan innova, jauhhh sekali. Innova hanya seperti "dep.. dep.. dep" ketika melewati jalan berlubang atau jalan keriting. Feel keras nya seperti ban kelebihan angin gitu lah padahal tekanan udah di set 32 (rekomendasi 35) dan pakai nitrogen.
Utk service, ada yang aneh menurut saya yaitu mulai di Santa Fe facelift dan Palisade, service interval nya per 15 ribu Km, bukan 10 ribu. Apa ga kelamaan ya itu ganti oli nya per 15 ribu Km??
Overall, mobil ini sangat menyenangkan dan memuaskan. Tidak menyangka Hyundai bisa bikin mobil seperti ini padahal dari dulu saya sama sekali tidak ada interest untuk coba maupun keinginan utk punya ini. Built quality nya bagus, jok kursi jg enak buat didudukin tidak keras, interior juga not bad terutama speedometer digital nya 12.3 inch. Bener2 halus resolusi nya dan bagus seperti mobil2 eropa udahan.
Speedonya ini jg gile ya om, displaynya seinteraktif itu dan keliatan reliable gitu. Hi tech tapi ga terkesan deg2an kaya liat display speedo BMW sekarang