Bisa jadi mbah, ikut kena kutukan,

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
masa iya musti minggirin semua selang2 n kabel itu ya. hmmm excellent designmarmut wrote: Sat Sep 11, 2021 8:29 piara mersides itu menyenangkan lho.... terutama yang w124 inline 6.
bagi yang mau ganti oli sendiri dirumah ada baiknya punya chainsaw atau impact hammer buat bobok sedikit saja firewall-nya supaya agak lega.
mau liat posisi oil filternya? musti teliti liatnya karena ybs agak pemalu jadinya ngumpet.
IMG20210911150806.jpg
itu yang di bungkus biru, elemen filter oli baru. lokasinya udah keliatan belum?
nih yang agak deket lagi :
IMG20210911150801.jpg
belum jelas juga?
nih :
IMG20210911150757.jpg
emang gitu dia, pemalu....
IMG20210911150747.jpg
yang pake 1TR dan 2GD udah ngeluh dengan posisi filter oli mesin, silakan meraung dan melata kalo ganti filter oli ini...
![]()
Omnibus wrote: Sat Sep 11, 2021 8:51
masa iya musti minggirin semua selang2 n kabel itu ya. hmmm excellent design![]()
![]()
digerinda aja belah jd duamarmut wrote: Sat Sep 11, 2021 8:56Omnibus wrote: Sat Sep 11, 2021 8:51
masa iya musti minggirin semua selang2 n kabel itu ya. hmmm excellent design![]()
![]()
pertanyaannya, apakah si merah itu biarin aja sampe penggantian oli berikutnya? toh dia ngga bisa kemana-mana...
IMG20210911155112.jpg
IMG20210911155106.jpg
IMG20210911155027.jpg
![]()
Hmm..marmut wrote: Sat Sep 11, 2021 8:29 piara mersides itu menyenangkan lho.... terutama yang w124 inline 6.
bagi yang mau ganti oli sendiri dirumah ada baiknya punya chainsaw atau impact hammer buat bobok sedikit saja firewall-nya supaya agak lega.
mau liat posisi oil filternya? musti teliti liatnya karena ybs agak pemalu jadinya ngumpet.
IMG20210911150806.jpg
itu yang di bungkus biru, elemen filter oli baru. lokasinya udah keliatan belum?
nih yang agak deket lagi :
IMG20210911150801.jpg
belum jelas juga?
nih :
IMG20210911150757.jpg
emang gitu dia, pemalu....
IMG20210911150747.jpg
yang pake 1TR dan 2GD udah ngeluh dengan posisi filter oli mesin, silakan meraung dan melata kalo ganti filter oli ini...
![]()
Kl GK5, HRv kayanya jarang denger mbah kes rear main sil jebolOmnibus wrote: Sat Sep 11, 2021 8:31 hmmmhhh rasanya waktu itu ada yg nanya kaleng hitam itu apa isinya. nah dibuka deh kita intip krn kok bersih bgt yak. isinya flywheel (atau ring gear whatever u wanna call it).
IMG_20210911_151450~2.jpg
cek crankshaft rear main seal. and it's ...... bone dry. tdk ada setetes pun rembes dr situ pdhl sy sdh kuatir krn pandemi mobil banyak diam biasanya rentan rembes. so far amsowell belum mengecewakan.
yg dikasih panah, itu depannya rear main seal
IMG_20210911_151953~2.jpg
IMG_20210911_152013~3.jpg
Lewat depan yah ke arah moncong mobil extentionnya untuk baut shockbreaker.
Jazz seperti kapan hari saya bilang lebih bullet prof dr HRV karena jazz produk aslinya, HRV bancinya.Omnibus wrote: Sat Sep 11, 2021 8:31 hmmmhhh rasanya waktu itu ada yg nanya kaleng hitam itu apa isinya. nah dibuka deh kita intip krn kok bersih bgt yak. isinya flywheel (atau ring gear whatever u wanna call it).
IMG_20210911_151450~2.jpg
cek crankshaft rear main seal. and it's ...... bone dry. tdk ada setetes pun rembes dr situ pdhl sy sdh kuatir krn pandemi mobil banyak diam biasanya rentan rembes. so far amsowell belum mengecewakan.
yg dikasih panah, itu depannya rear main seal
IMG_20210911_151953~2.jpg
IMG_20210911_152013~3.jpg
Omnibus wrote: Sat Sep 11, 2021 8:31 hmmmhhh rasanya waktu itu ada yg nanya kaleng hitam itu apa isinya. nah dibuka deh kita intip krn kok bersih bgt yak. isinya flywheel (atau ring gear whatever u wanna call it).
kenapa gitu ya mbah pdhl kan mesinnya sama apalagi lio.DOHC wrote: Sat Sep 11, 2021 9:23Kl GK5, HRv kayanya jarang denger mbah kes rear main sil jebolOmnibus wrote: Sat Sep 11, 2021 8:31 hmmmhhh rasanya waktu itu ada yg nanya kaleng hitam itu apa isinya. nah dibuka deh kita intip krn kok bersih bgt yak. isinya flywheel (atau ring gear whatever u wanna call it).
IMG_20210911_151450~2.jpg
cek crankshaft rear main seal. and it's ...... bone dry. tdk ada setetes pun rembes dr situ pdhl sy sdh kuatir krn pandemi mobil banyak diam biasanya rentan rembes. so far amsowell belum mengecewakan.
yg dikasih panah, itu depannya rear main seal
IMG_20210911_151953~2.jpg
IMG_20210911_152013~3.jpg
Anehnya justru banyak (walaupun jg ga banyak2 amat, mengingat jumlah produksi lio, brio lcgc jg berjibun) di lio, brio
whatever you wanna call it, my friend
udah dipasang jadinya nih mbah? mantapProfith83 wrote: Sat Sep 11, 2021 9:30Lewat depan yah ke arah moncong mobil extentionnya untuk baut shockbreaker.
Problemnya mesti buka arm atas dan link stabil.
Nah torsi 2 baut arm atas susah preload kayanya, kecuali punya alat naikin mobil.
Baut link stabil atas juga susah preload bahkan masukinnya pas posisi ban diturunkan baru bisa dibaut link stabil atas
Problem lainnya sampai 3x bongkar pasang posisi tutup atas shock, sebenarnya ada tanda karetnya muncul diameter 4mili karena tertekan besi penutup yg ada lobang.
Sayang tadi gak di foto karena banyak kendala.
Engga bgtu mbah. Alatnya itu bantu buat buka tutupnya mbah.blloewy wrote: Sat Sep 11, 2021 4:31Mbah dekan...itu shocknya diteken dulu sampe habis baru dipasang alat u bukanya? Setelah itu baru diputer sampai O ringnya lepas ya?yanuarra wrote: Fri Sep 10, 2021 12:29Singkatnya itu sst buat ngebuka sobleker depan motor matic mbah. Spy bs one man.
Cara pakenya spti ini
IMG_20210910_183835.jpg
Jepit sekeliling as sobleker..jepit sekiranya kuat aja biar as enggak bengkok/cacat.
Lalu ngepush tutup atas.
Nahh push terus sampai ketemu locking ring spti ini.. lalu keluarin locking ringnya..
Ini gambar locking ring udah lepas dri tempatnya
IMG_20210910_184020.jpg
Karena ada yg nahan di atas, lebih safe buat kita krn tutupnya enggak mgkin "mencolot"
Unscrew pelan2.. pasti aman..
Screenshot_2021-09-10-18-41-33-769_com.miui.gallery.jpg
Posisi bebas
Screenshot_2021-09-10-18-41-49-712_com.miui.gallery.jpg
Berikut fork oil bawaan ngonda.. udah hitam2 begitu.. odo 45 ribu km..
Screenshot_2021-09-10-18-42-11-917_com.miui.gallery.jpg
Itu panjang pernya mustinya diukur, kalo out of range musti replace. Tp ane skip aja hehehe
Lanjut bersihkan per dan bagian tabung dalamnya..
Selesai dibersihkan dalamnya, ane isi oli penggantinya..
Ane iseng pake atf![]()
Seadanya fluid aja![]()
Isinya dari atas tabung..
Screenshot_2021-09-10-18-44-02-409_com.miui.gallery.jpg
Setelah dua tabung diisi, nutupnya tinggal kebalikan dari ngelepas td.. musti pake sst tadi juga..
Stlh slese sobleker dirakit.. kita org sekalian regrease as roda dan collarnya jg.. sekalian inspeksi as roda masih bagus atau ndak.. cek bearing jg, colok aja pake jari yg sekiranya bisa masuk.. trus puter2 apa masi normal/nggk.. Ane td cek masi normal.. ane sisipin grease jg sedikit..
IMG_20210910_191247.jpg
Udah kelar motor mah gampang![]()
Tinggal pemasangan ulang
Tancepin fork (lumayan ekstra tenaga dripd nyopot).
Masg2 fork ada dua baut yg jepit.. torsi pengencangan di 64 Nm. Yg bisa di torsi cuma satu baut aja, yg satu lg terbatas ruang, kudu copot body depan. Males ane![]()
Screenshot_2021-09-10-18-45-30-240_com.miui.gallery.jpg
Screenshot_2021-09-10-18-45-40-439_com.miui.gallery.jpg
Pasang roda.. torsi pengencangan as roda di 59 Nm
Screenshot_2021-09-10-18-46-18-489_com.miui.gallery.jpg
Beli dimana itu alat mbah dekan?
yanuarra wrote: Sat Sep 11, 2021 10:35
3. Locking ring/ ring stopper itu enggak lepas sendiri mbah. Musti dicongkel2. Kalo circlip itu kan ada bolongannya. Ini engga ada bolongannya.
Udah mbah.Omnibus wrote: Sat Sep 11, 2021 10:10
udah dipasang jadinya nih mbah? mantap
arm atas cuma ball joint nya aja dilepas dr knuckle kan. bukan baut panjang yg ngiket bushing belah dalam kan.
nah kl yg ball joint ga perlu preload2an mbah.
baut link stabil jg ga perlu preload. asal diangkat lower arm sampai dia posisi lurus langsung kencengin to spec.
yg perlu preload tuh cuma baut bawah shock dan baut 3 atas. kl baut panjang (upper arm n lower arm) dikendorin ya itu juga perlu di preload, tp kan in this case ga dikendorin itu.
Buat apa tu mbah?
buat point #3 ngana sesuai yg diquote
Betul sekali mbah rektor Klep, rata2 di Honda yang rembes rear / front crankshaft seal itu mobilio. Paling keki kalau seal ini yang rembes, spareparts-nya murah gak sampai 500 ceng, ongkosnya yang mahalDOHC wrote: Sat Sep 11, 2021 9:23Kl GK5, HRv kayanya jarang denger mbah kes rear main sil jebolOmnibus wrote: Sat Sep 11, 2021 8:31 hmmmhhh rasanya waktu itu ada yg nanya kaleng hitam itu apa isinya. nah dibuka deh kita intip krn kok bersih bgt yak. isinya flywheel (atau ring gear whatever u wanna call it).
IMG_20210911_151450~2.jpg
cek crankshaft rear main seal. and it's ...... bone dry. tdk ada setetes pun rembes dr situ pdhl sy sdh kuatir krn pandemi mobil banyak diam biasanya rentan rembes. so far amsowell belum mengecewakan.
yg dikasih panah, itu depannya rear main seal
IMG_20210911_151953~2.jpg
IMG_20210911_152013~3.jpg
Anehnya justru banyak (walaupun jg ga banyak2 amat, mengingat jumlah produksi lio, brio lcgc jg berjibun) di lio, brio
Perasaan gudang 3x3 isinya tool semua yah om
Or4cle wrote: Sat Sep 11, 2021 12:44
Paling keki kalau seal ini yang rembes, spareparts-nya murah gak sampai 500 ceng, ongkosnya yang mahal
udah mulai insyaf mbah skrg
makanya kl ud ketemu kes ginimarmut wrote: Sat Sep 11, 2021 14:20Or4cle wrote: Sat Sep 11, 2021 12:44
Paling keki kalau seal ini yang rembes, spareparts-nya murah gak sampai 500 ceng, ongkosnya yang mahal
karena posisinya yang sangat tidak menguntungkan.
seal kruk as depan, musti buka pulley kruk as. ongkos bisa diatur lah...
seal kruk as belakang, mau ga mau transmisi musti turun.
nurunin transmisi, ya "sekalian ini sekalian itu" jadi menu wajip. seal as roda kiri kanan, boot cv joint, seal bellhousing.