Bisa jadi mbah, ikut kena kutukan,
Koleksi hand tools [Part 07]
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 787
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11403
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
masa iya musti minggirin semua selang2 n kabel itu ya. hmmm excellent designmarmut wrote: ↑Sat Sep 11, 2021 8:29 piara mersides itu menyenangkan lho.... terutama yang w124 inline 6.
bagi yang mau ganti oli sendiri dirumah ada baiknya punya chainsaw atau impact hammer buat bobok sedikit saja firewall-nya supaya agak lega.
mau liat posisi oil filternya? musti teliti liatnya karena ybs agak pemalu jadinya ngumpet.
IMG20210911150806.jpg
itu yang di bungkus biru, elemen filter oli baru. lokasinya udah keliatan belum?
nih yang agak deket lagi :
IMG20210911150801.jpg
belum jelas juga?
nih :
IMG20210911150757.jpg
emang gitu dia, pemalu....
IMG20210911150747.jpg
yang pake 1TR dan 2GD udah ngeluh dengan posisi filter oli mesin, silakan meraung dan melata kalo ganti filter oli ini...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11117
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
pertanyaannya, apakah si merah itu biarin aja sampe penggantian oli berikutnya? toh dia ngga bisa kemana-mana...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11403
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26986
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
Hmm..marmut wrote: ↑Sat Sep 11, 2021 8:29 piara mersides itu menyenangkan lho.... terutama yang w124 inline 6.
bagi yang mau ganti oli sendiri dirumah ada baiknya punya chainsaw atau impact hammer buat bobok sedikit saja firewall-nya supaya agak lega.
mau liat posisi oil filternya? musti teliti liatnya karena ybs agak pemalu jadinya ngumpet.
IMG20210911150806.jpg
itu yang di bungkus biru, elemen filter oli baru. lokasinya udah keliatan belum?
nih yang agak deket lagi :
IMG20210911150801.jpg
belum jelas juga?
nih :
IMG20210911150757.jpg
emang gitu dia, pemalu....
IMG20210911150747.jpg
yang pake 1TR dan 2GD udah ngeluh dengan posisi filter oli mesin, silakan meraung dan melata kalo ganti filter oli ini...
Berarti insinyurnya wajip diiket ke pohon, trus manggil ipul igun nasar , suru eksekusi slama 3 purnama
Biar laen kli kalo rancang mobil, pake otak sikit.. bukan cuman pake kikil ama torpedo doank
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26986
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
Kl GK5, HRv kayanya jarang denger mbah kes rear main sil jebolOmnibus wrote: ↑Sat Sep 11, 2021 8:31 hmmmhhh rasanya waktu itu ada yg nanya kaleng hitam itu apa isinya. nah dibuka deh kita intip krn kok bersih bgt yak. isinya flywheel (atau ring gear whatever u wanna call it).
IMG_20210911_151450~2.jpg
cek crankshaft rear main seal. and it's ...... bone dry. tdk ada setetes pun rembes dr situ pdhl sy sdh kuatir krn pandemi mobil banyak diam biasanya rentan rembes. so far amsowell belum mengecewakan.
yg dikasih panah, itu depannya rear main seal
IMG_20210911_151953~2.jpg
IMG_20210911_152013~3.jpg
Anehnya justru banyak (walaupun jg ga banyak2 amat, mengingat jumlah produksi lio, brio lcgc jg berjibun) di lio, brio
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4616
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
Lewat depan yah ke arah moncong mobil extentionnya untuk baut shockbreaker.
Problemnya mesti buka arm atas dan link stabil.
Nah torsi 2 baut arm atas susah preload kayanya, kecuali punya alat naikin mobil.
Baut link stabil atas juga susah preload bahkan masukinnya pas posisi ban diturunkan baru bisa dibaut link stabil atas
Problem lainnya sampai 3x bongkar pasang posisi tutup atas shock, sebenarnya ada tanda karetnya muncul diameter 4mili karena tertekan besi penutup yg ada lobang.
Sayang tadi gak di foto karena banyak kendala.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4616
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
Jazz seperti kapan hari saya bilang lebih bullet prof dr HRV karena jazz produk aslinya, HRV bancinya.Omnibus wrote: ↑Sat Sep 11, 2021 8:31 hmmmhhh rasanya waktu itu ada yg nanya kaleng hitam itu apa isinya. nah dibuka deh kita intip krn kok bersih bgt yak. isinya flywheel (atau ring gear whatever u wanna call it).
IMG_20210911_151450~2.jpg
cek crankshaft rear main seal. and it's ...... bone dry. tdk ada setetes pun rembes dr situ pdhl sy sdh kuatir krn pandemi mobil banyak diam biasanya rentan rembes. so far amsowell belum mengecewakan.
yg dikasih panah, itu depannya rear main seal
IMG_20210911_151953~2.jpg
IMG_20210911_152013~3.jpg
Kalau HRV banyak yg lembab uap oli di plastik hitam itu mbah.
HRV dan Mobilio saya lembab oli
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11117
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11403
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
kenapa gitu ya mbah pdhl kan mesinnya sama apalagi lio.DOHC wrote: ↑Sat Sep 11, 2021 9:23Kl GK5, HRv kayanya jarang denger mbah kes rear main sil jebolOmnibus wrote: ↑Sat Sep 11, 2021 8:31 hmmmhhh rasanya waktu itu ada yg nanya kaleng hitam itu apa isinya. nah dibuka deh kita intip krn kok bersih bgt yak. isinya flywheel (atau ring gear whatever u wanna call it).
IMG_20210911_151450~2.jpg
cek crankshaft rear main seal. and it's ...... bone dry. tdk ada setetes pun rembes dr situ pdhl sy sdh kuatir krn pandemi mobil banyak diam biasanya rentan rembes. so far amsowell belum mengecewakan.
yg dikasih panah, itu depannya rear main seal
IMG_20210911_151953~2.jpg
IMG_20210911_152013~3.jpg
Anehnya justru banyak (walaupun jg ga banyak2 amat, mengingat jumlah produksi lio, brio lcgc jg berjibun) di lio, brio
nah emang kuat kl pemakaian normal mbah. kl mobil sitting kan lebih rentan mbah. meskipun sitting nya bukan kaya ditinggal pergi ke LN bertahun2 sih. wiw kl itu sih amsiong.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11403
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
whatever you wanna call it, my friend
as long as you're happy
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11403
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
udah dipasang jadinya nih mbah? mantapProfith83 wrote: ↑Sat Sep 11, 2021 9:30Lewat depan yah ke arah moncong mobil extentionnya untuk baut shockbreaker.
Problemnya mesti buka arm atas dan link stabil.
Nah torsi 2 baut arm atas susah preload kayanya, kecuali punya alat naikin mobil.
Baut link stabil atas juga susah preload bahkan masukinnya pas posisi ban diturunkan baru bisa dibaut link stabil atas
Problem lainnya sampai 3x bongkar pasang posisi tutup atas shock, sebenarnya ada tanda karetnya muncul diameter 4mili karena tertekan besi penutup yg ada lobang.
Sayang tadi gak di foto karena banyak kendala.
arm atas cuma ball joint nya aja dilepas dr knuckle kan. bukan baut panjang yg ngiket bushing belah dalam kan.
nah kl yg ball joint ga perlu preload2an mbah.
baut link stabil jg ga perlu preload. asal diangkat lower arm sampai dia posisi lurus langsung kencengin to spec.
yg perlu preload tuh cuma baut bawah shock dan baut 3 atas. kl baut panjang (upper arm n lower arm) dikendorin ya itu juga perlu di preload, tp kan in this case ga dikendorin itu.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11403
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3985
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
Engga bgtu mbah. Alatnya itu bantu buat buka tutupnya mbah.blloewy wrote: ↑Sat Sep 11, 2021 4:31Mbah dekan...itu shocknya diteken dulu sampe habis baru dipasang alat u bukanya? Setelah itu baru diputer sampai O ringnya lepas ya?yanuarra wrote: ↑Fri Sep 10, 2021 12:29Singkatnya itu sst buat ngebuka sobleker depan motor matic mbah. Spy bs one man.
Cara pakenya spti ini
IMG_20210910_183835.jpg
Jepit sekeliling as sobleker..jepit sekiranya kuat aja biar as enggak bengkok/cacat.
Lalu ngepush tutup atas.
Nahh push terus sampai ketemu locking ring spti ini.. lalu keluarin locking ringnya..
Ini gambar locking ring udah lepas dri tempatnya
IMG_20210910_184020.jpg
Karena ada yg nahan di atas, lebih safe buat kita krn tutupnya enggak mgkin "mencolot"
Unscrew pelan2.. pasti aman..
Screenshot_2021-09-10-18-41-33-769_com.miui.gallery.jpg
Posisi bebas
Screenshot_2021-09-10-18-41-49-712_com.miui.gallery.jpg
Berikut fork oil bawaan ngonda.. udah hitam2 begitu.. odo 45 ribu km..
Screenshot_2021-09-10-18-42-11-917_com.miui.gallery.jpg
Itu panjang pernya mustinya diukur, kalo out of range musti replace. Tp ane skip aja hehehe
Lanjut bersihkan per dan bagian tabung dalamnya..
Selesai dibersihkan dalamnya, ane isi oli penggantinya..
Ane iseng pake atf
Seadanya fluid aja
Isinya dari atas tabung..
Screenshot_2021-09-10-18-44-02-409_com.miui.gallery.jpg
Setelah dua tabung diisi, nutupnya tinggal kebalikan dari ngelepas td.. musti pake sst tadi juga..
Stlh slese sobleker dirakit.. kita org sekalian regrease as roda dan collarnya jg.. sekalian inspeksi as roda masih bagus atau ndak.. cek bearing jg, colok aja pake jari yg sekiranya bisa masuk.. trus puter2 apa masi normal/nggk.. Ane td cek masi normal.. ane sisipin grease jg sedikit..
IMG_20210910_191247.jpg
Udah kelar motor mah gampang
Tinggal pemasangan ulang
Tancepin fork (lumayan ekstra tenaga dripd nyopot).
Masg2 fork ada dua baut yg jepit.. torsi pengencangan di 64 Nm. Yg bisa di torsi cuma satu baut aja, yg satu lg terbatas ruang, kudu copot body depan. Males ane
Screenshot_2021-09-10-18-45-30-240_com.miui.gallery.jpg
Screenshot_2021-09-10-18-45-40-439_com.miui.gallery.jpg
Pasang roda.. torsi pengencangan as roda di 59 Nm
Screenshot_2021-09-10-18-46-18-489_com.miui.gallery.jpg
Beli dimana itu alat mbah dekan?
Jd:
1. Lgsg posisiin alatnya. Fungsinya jepit batang.
2. Screw yg bagian atas alat itu. Supaya neken tutup td kebawah. Screw terus smpe keliatan ring di dlm batang.
3. Locking ring/ ring stopper itu enggak lepas sendiri mbah. Musti dicongkel2. Kalo circlip itu kan ada bolongannya. Ini engga ada bolongannya.
4. Kalo ring itu lepas, otomatis pegasnya dlm kondisi bebas. Bahaya kalo tutup mencolot bisa kena mata. Nah karena kita pke itu alat yg msh nahan tutup, kita aman.
Beli onlain mbah ..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11403
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
*taromana
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3985
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4616
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
Udah mbah.Omnibus wrote: ↑Sat Sep 11, 2021 10:10
udah dipasang jadinya nih mbah? mantap
arm atas cuma ball joint nya aja dilepas dr knuckle kan. bukan baut panjang yg ngiket bushing belah dalam kan.
nah kl yg ball joint ga perlu preload2an mbah.
baut link stabil jg ga perlu preload. asal diangkat lower arm sampai dia posisi lurus langsung kencengin to spec.
yg perlu preload tuh cuma baut bawah shock dan baut 3 atas. kl baut panjang (upper arm n lower arm) dikendorin ya itu juga perlu di preload, tp kan in this case ga dikendorin itu.
Yang dilepas yang 2 baut arm atas, kalau gak dilepas gak bisa keluar tuh shockbreaker
Karena masih buntung yah gak ditorsi dulu.
Nanti kalau datang kepalanya cari cara lewat mana kencangin torsi.
Jadi PR lewat mana.
Nurut catatan 85 NM bautnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3985
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
Buat apa tu mbah?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11403
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1298
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
Betul sekali mbah rektor Klep, rata2 di Honda yang rembes rear / front crankshaft seal itu mobilio. Paling keki kalau seal ini yang rembes, spareparts-nya murah gak sampai 500 ceng, ongkosnya yang mahalDOHC wrote: ↑Sat Sep 11, 2021 9:23Kl GK5, HRv kayanya jarang denger mbah kes rear main sil jebolOmnibus wrote: ↑Sat Sep 11, 2021 8:31 hmmmhhh rasanya waktu itu ada yg nanya kaleng hitam itu apa isinya. nah dibuka deh kita intip krn kok bersih bgt yak. isinya flywheel (atau ring gear whatever u wanna call it).
IMG_20210911_151450~2.jpg
cek crankshaft rear main seal. and it's ...... bone dry. tdk ada setetes pun rembes dr situ pdhl sy sdh kuatir krn pandemi mobil banyak diam biasanya rentan rembes. so far amsowell belum mengecewakan.
yg dikasih panah, itu depannya rear main seal
IMG_20210911_151953~2.jpg
IMG_20210911_152013~3.jpg
Anehnya justru banyak (walaupun jg ga banyak2 amat, mengingat jumlah produksi lio, brio lcgc jg berjibun) di lio, brio
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4616
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
Perasaan gudang 3x3 isinya tool semua yah om
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11117
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
karena posisinya yang sangat tidak menguntungkan.
seal kruk as depan, musti buka pulley kruk as. ongkos bisa diatur lah...
seal kruk as belakang, mau ga mau transmisi musti turun.
nurunin transmisi, ya "sekalian ini sekalian itu" jadi menu wajip. seal as roda kiri kanan, boot cv joint, seal bellhousing.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11403
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11117
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26986
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 07]
makanya kl ud ketemu kes ginimarmut wrote: ↑Sat Sep 11, 2021 14:20
karena posisinya yang sangat tidak menguntungkan.
seal kruk as depan, musti buka pulley kruk as. ongkos bisa diatur lah...
seal kruk as belakang, mau ga mau transmisi musti turun.
nurunin transmisi, ya "sekalian ini sekalian itu" jadi menu wajip. seal as roda kiri kanan, boot cv joint, seal bellhousing.
enaknya tu
skalian kerja kl kata kita orang kenek2 nyambi montir musatek
skalian turun kuupleng, skalian turun emon, skalian turun oil pan... yah pokoknya smua skalian lah
pas nulis bon ntar bsa di musyawarahkan
numpang lewat aja....