Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Risol1 wrote:banyak banget mobil2 mazda yang menang? ampir semua model mazda yang dijual di sini menang...mazda 3 sedan & hatchback, mazda 5
Mungkin perlu kita lihat kriteria pemilihannya apa aja dan mengapa mobil2 tersebut yg terpilih sbg ICOTY 2007 versi MobilMotor
[OOT] Ya jangan sampe jadi ajang flamming lagi-lah ... beda pendapat fine2 aja dong.. tp jangan sampai naik pitam, bukankah lebih enak berdiskusi dgn kepala dingin dan hati adem
uch wrote:Sorry belum jelas nih, Ini ICOTY versi gerombolan wartawan otomotif+pengamat yg biasa dilakukan sekali setahun itu atau versi satu media doang..??
kao gak salah ICOTY itu punyanya majalah mobil motor bro
Risol1 wrote:banyak banget mobil2 mazda yang menang? ampir semua model mazda yang dijual di sini menang...mazda 3 sedan & hatchback, mazda 5
Mungkin perlu kita lihat kriteria pemilihannya apa aja dan mengapa mobil2 tersebut yg terpilih sbg ICOTY 2007 versi MobilMotor
[OOT] Ya jangan sampe jadi ajang flamming lagi-lah ... beda pendapat fine2 aja dong.. tp jangan sampai naik pitam, bukankah lebih enak berdiskusi dgn kepala dingin dan hati adem
betul, perlu tau dulu kriteria nya kayak apa. keraguan gw malah paling besar dari Proton. gelar Best City Car? best dari hongkong? kualitas bangun kayak gitu dibilang best?
kalo Grand Livina everyone know lah, antusiasme dan ekspetasi masyarakat malah bikin aneh kalo nih mobil gak dapet gelar.
dan untuk sisanya gw oke2 aja, Sirion pantas lah untuk dapet Best Mini MPV. tapi tetep kita perlu tau lebih dalam mengenai kriteria sebelum menindak lebih lanjut. bro maxx sebagai TS cariin dong kriterianya
apakah banyak iklan2 proton dan mazda di majalah tsb? soalnya kalo menurut gw, gelar ICOTY gak bisa diberikan cuma dari "look" dan first drive aja. mobil2 tsb harus dicoba dari berbagai macam sisi baru namanya objektif.
soalnya kalo "keputusan" tsb udah dipublish oleh sebuah majalah otomotif, berarti "keputusan" tsb bisa mempengaruhi opini masyarakat secara umum......
Risol1 wrote:apakah banyak iklan2 proton dan mazda di majalah tsb? soalnya kalo menurut gw, gelar ICOTY gak bisa diberikan cuma dari "look" dan first drive aja. mobil2 tsb harus dicoba dari berbagai macam sisi baru namanya objektif.
soalnya kalo "keputusan" tsb udah dipublish oleh sebuah majalah otomotif, berarti "keputusan" tsb bisa mempengaruhi opini masyarakat secara umum......
Salah satunya apakah seperti kuat nanjak bung risol1?
Risol1 wrote:banyak banget mobil2 mazda yang menang? ampir semua model mazda yang dijual di sini menang...mazda 3 sedan & hatchback, mazda 5
Mungkin perlu kita lihat kriteria pemilihannya apa aja dan mengapa mobil2 tersebut yg terpilih sbg ICOTY 2007 versi MobilMotor
[OOT] Ya jangan sampe jadi ajang flamming lagi-lah ... beda pendapat fine2 aja dong.. tp jangan sampai naik pitam, bukankah lebih enak berdiskusi dgn kepala dingin dan hati adem
betul, perlu tau dulu kriteria nya kayak apa. keraguan gw malah paling besar dari Proton. gelar Best City Car? best dari hongkong? kualitas bangun kayak gitu dibilang best?
kalo Grand Livina everyone know lah, antusiasme dan ekspetasi masyarakat malah bikin aneh kalo nih mobil gak dapet gelar.
dan untuk sisanya gw oke2 aja, Sirion pantas lah untuk dapet Best Mini MPV. tapi tetep kita perlu tau lebih dalam mengenai kriteria sebelum menindak lebih lanjut. bro maxx sebagai TS cariin dong kriterianya
**kaboer
Bos, Proton yg PERSIS SAMA sama di jual di sini itu dijual di Enggeris lho. Kalo city car lain yg dijual di republik ini, jangankan laku, dijual aja belum tentu boleh di Enggeris. Setidaknya begitulah claim dari Proton..
Last edited by uch on Fri Sep 14, 2007 4:01, edited 1 time in total.
uch wrote:Sorry belum jelas nih, Ini ICOTY versi gerombolan wartawan otomotif+pengamat yg biasa dilakukan sekali setahun itu atau versi satu media doang..??
kao gak salah ICOTY itu punyanya majalah mobil motor bro
Kayaknya sih iya. Sempet bingung tadi.
Itu eventnya Mobilmotor, tapi tim penilai/pemilih nya tidak hanya dari Mobilmotor. CMIIW.
Risol1 wrote:apakah banyak iklan2 proton dan mazda di majalah tsb? soalnya kalo menurut gw, gelar ICOTY gak bisa diberikan cuma dari "look" dan first drive aja. mobil2 tsb harus dicoba dari berbagai macam sisi baru namanya objektif.
soalnya kalo "keputusan" tsb udah dipublish oleh sebuah majalah otomotif, berarti "keputusan" tsb bisa mempengaruhi opini masyarakat secara umum......
Salah satunya apakah seperti kuat nanjak bung risol1?
hahaha.....iya ya...mustinya semua kontestan dibawa ke kawah putih dulu....kalo bisa nanjak ya lanjut, kalo kaga? ya gugur.....gur !!
Risol1 wrote:apakah banyak iklan2 proton dan mazda di majalah tsb? soalnya kalo menurut gw, gelar ICOTY gak bisa diberikan cuma dari "look" dan first drive aja. mobil2 tsb harus dicoba dari berbagai macam sisi baru namanya objektif.
soalnya kalo "keputusan" tsb udah dipublish oleh sebuah majalah otomotif, berarti "keputusan" tsb bisa mempengaruhi opini masyarakat secara umum......
Salah satunya apakah seperti kuat nanjak bung risol1?
hahaha.....iya ya...mustinya semua kontestan dibawa ke kawah putih dulu....kalo bisa nanjak ya lanjut, kalo kaga? ya gugur.....gur !!
Mungkin cocok u/ kriteria ICOTY kategory SUV bila harus lolos test nanjak curam berhenti ditengah trus jalan lagi...
Ya .. we have to be real deh ... masa Sedan ato MPV hrs ikutan jd kontestan adu nanjak dg SUV.
subianto wrote:
Salah satunya apakah seperti kuat nanjak bung risol1?
hahaha.....iya ya...mustinya semua kontestan dibawa ke kawah putih dulu....kalo bisa nanjak ya lanjut, kalo kaga? ya gugur.....gur !!
Mungkin cocok u/ kriteria ICOTY kategory SUV bila harus lolos test nanjak curam berhenti ditengah trus jalan lagi...
Ya .. we have to be real deh ... masa Sedan ato MPV hrs ikutan jd kontestan adu nanjak dg SUV.
hehehe...postingan di atas cuma just kidding bos maxx! kalo kata tukul cuma "jas polah"
uch wrote:Sorry belum jelas nih, Ini ICOTY versi gerombolan wartawan otomotif+pengamat yg biasa dilakukan sekali setahun itu atau versi satu media doang..??
kao gak salah ICOTY itu punyanya majalah mobil motor bro
Kayaknya sih iya. Sempet bingung tadi.
Itu eventnya Mobilmotor, tapi tim penilai/pemilih nya tidak hanya dari Mobilmotor. CMIIW.
Menurut gw.. kurang valid bila ICOTY versi mobilmotor dijadikan acuan pemilihan mobil2 terbaik (meski beberapa pilihan ada yg bener, sesuai penilaian gw pribadi), apalagi bila dilakukan hanya berdasarkan penilaian para reporter majalah/tabloid .. pasti dikit banyak ada pengaruh feeling penilai dan likes or dislikes pribadi dan bisa saja dimungkinkan ada money game ATPM (no offence bila disini ada reporter majalah/tabloid).
Balik2 lagi musti lihat kriteria majalah mobilmotor menetapkan versi mereka u/ ICOTY apa aja variablenya?
uch wrote:Terus yg valid darimana donk..? (kalo emang ada yg valid.. )
Penilaian pihak ke 3 ga ada yg valid 100%
Yang plg bener dan valid.. adalah penilaian personal calon pembeli yg sesuai kriterianya sendiri yg dicocokkan dg kelebihan dan kekurangan mobil yg tersedia u/ dipilih ..
Di mana2 gak ada tes yang valid 100% tapi idealnya nih, kalo mnrt gw, tes yang paling objektif seharusnya memang dilakukan oleh media2 otomotif tersebut karena mereka dilengkapi dengan personel2 dan alat2 yg lebih profesional yang tidak berpihak pada satu merek kendaraan saja (ngetes2 mobil emang udah menjadi pekerjaan) kecuali kalo politik uang dan kepentingan udah bermain di situ.
kalo kita pemakai, sifatnya sangat subjektif karena sebelom kita beli itu mobil, emangnya kita udah suka duluan jadinya walaupun hasil tes buat orang luar kurang bagus, tetep kita anggep bagus. lagian masa sih ngejelekkin mobil sendiri? hehehe.......sekali lagi bukan gak mungkin tapi susah menjadi objektif kalo mobil udah menjadi milik sendiri.
justru menurut saya yg paling gak valid adl penilaian perorangan, sekalipun krn orang2 yg memiliki n memakai mobilnya sehari2. tapi terlalu banyak variabel2 yg gak terukur, nah ini yg bikin sulit untuk perbandingan and pembenaran.
sedangkan kalo oleh badan2 independen atau majalah, mereka ada metode2 yg pasti dan terukur untuk mengurangi variabel2 tersebut. sekalipun mungkin gak real seperti pemakaian sehari2, tapi paling tidak ini terukur dan sama terhadap semua mobil yg ditest. dari sini kurang lebih sudah keliatan mobil mana yg lebih baik n tidak.
Nggak pake survey, nggak pake opini2. Kalo nggak salah prosentasi index tsb berdasarkan klaim perbaikan/service kontrak yg masuk dari perusahaan asuransi warranty direct ( http://www.waranty direct ). Dari setiap 100 mobil, kira2 berapa persen yg masuk bengkel mereka, kira2 kayak gitu. Prosentasi yg paling rendah yg paling reliable.
"These are the best performing cars for overall reliability. The lower the Index Rating, the better the car's reliability."
Please CMIIW, soale kadang gw jg bingung baca data nya ... .
Sayangnya nggak ada data untuk Indonesia...
Edit:
Sepertinya bukan per 100, tapi per 1000 mobil.
Risol1 wrote:Di mana2 gak ada tes yang valid 100% tapi idealnya nih, kalo mnrt gw, tes yang paling objektif seharusnya memang dilakukan oleh media2 otomotif tersebut karena mereka dilengkapi dengan personel2 dan alat2 yg lebih profesional yang tidak berpihak pada satu merek kendaraan saja (ngetes2 mobil emang udah menjadi pekerjaan) kecuali kalo politik uang dan kepentingan udah bermain di situ.
wartawan amplop, wartawan amplop. ini bahaya. diinepin di hotel mewah, dibawain voucher belanja, pulang ngetest disakuin :-)
gue malah cenderung percaya sama internet dan forum2 kayak gini, pro kontranya lebih fair sehingga kita bisa punya two side of story. tetep sih, ulasan wartawan kita jadikan second opinion. makin banyak info, makin mantap kita menjatuhkan pilihan.
Seleksi finalis dilakukan sejak April hingga Juni lalu. Dari 13 kategori yang ada, diperolehlah 32 mobil finalis dari 14 ATPM, meski 7 mobil finalis menyatakan mundur karena alasan teknis. Tahapan selanjutnya, para finalis masuk ke proses pengujian yang dilaksanakan selama 6 hari, yaitu pada tanggal 6 sampai 11 Agustus 2007 di sirkuit Sentul dan jalan umum di sekitar kota Bogor.
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pengujian kali ini dilakukan lebih ketat. Tahap pertama pengujian performa mobil di sirkit Sentul yang meliputi pengukuran akselerasi, braking, skid pad (diukur dengan Vericom VC3000) dan noise (diukur dengan dBmeter). Berikutnya pengetesan peredaman suara dan kualitas audio (menggunakan Real Time Analyzer) dilaksanakan di basecamp panitia di Sentul City. Di sini pula dilakukan pengukuran konsumsi bahan bakar (full to full), dimensi kabin dan visibilitas mobil.
Tambahan pengujian dilakukan untuk mengukur sistem dan jarak pencahayaan yang dilakukan pada malam hari. Semua pengujian ini diformulasikan untuk meminimalkan subyektivitas juri yang menjalankan city orientation pada kondisi pengendaraan nyata di lalu lintas sekitar Bogor.
Lumayanlah, minimal kalau penilaiannya subjektif, gak sesubjektif penilaian perorangan. Cuma itu yang maksa banget Grand Livina dipisahkan dalam 2 kategori ; Buas banget
Wehh.. kriterianya ternyata sampai pengetesan yg lumayan yah ... hebat juga nih GL bisa nyabet 2 gelar pd dua kelas berbeda .. eh.. jangan salah.. gw liat2 itu dua2nya bukan versi AT... tapi GL 1.5 MT dan GL 1.8 MT
Gw sdh baca majalahnya. Cukup mengernyitkan kening atau malah membuat mata terbelalak.
* Rupanya tidak semua bisa dibanding apple-to-apple. Misalkan ada data "n/a" untuk parameter tertentu. Gimana bisa kejadian padahal mobil dites satu per satu?
* Swift Vs. Sirion: dari penjelasan deskriptif, Swift cenderung lebih unggul. Tapi kenapa Sirion yang jadi the winner?
* Swift paling stabil dari semua mobil yang dites? Maybe
* Kayaknya mileage tidak sama, sehingga validitas kurang
* Mobil dipinjamkan oleh ATPM, bukan usaha sendiri. Jadi, walau mobil bagus tapi tidak ditest maka tidak menang deh. Masak Camry melenggang sendirian no contest.
* Kayaknya poin kemenangan lebih banyak ditentukan apakah mobilnya lebih "baru" atau tidak.
* Please someone explain to me why GL 1.5 has a better acceleration than GL 1.8 M/T?