Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
New Old Stock, om.. mksdnya barang masih baru tp stok lawas..
Disini byk yg pake JTC jg om.. bagus barangnya.. udah dpt approval "API Bagus" dari mbah omnibus
Ybs jd lembaga penilainya soalnya
Iya om yg penting penyimpanan aja.. taro di tempat yg aman, suhu ruangan, jgn lembab.. jgn jatoh ekstrim.. sama habis pakai (mau disimpan) selalu set ke posisi tension terendah.. jd bukan di nol.. Misal tw nya range 2-30 Nm, set nya di 2 Nm.
Kalo ttg akurasi, pilih merek yg terpercaya mbah. Jd mau rentang torsi bawah-tengah-atas dia akan jamin deviasinya sesuai standar (misal +-3%). Merek yg bagus jg lebih mampu pertahanin akurasinya lebih lama mbah.
yanuarra wrote: Fri Aug 20, 2021 9:07
Atau pake rante juga enak (bukan chain), tinggal dikalungin aja , trus tarik
@singachu @DOHC
Intinya CV joint yang dalam ikut tertarik keluar yah, jadi ambil tali tampar, atau kawat baja.
Benar gitu yah .... Hebat group ini ilmunya, idenya ....
yanuarra wrote: Fri Aug 20, 2021 8:53
New Old Stock, om.. mksdnya barang masih baru tp stok lawas..
Disini byk yg pake JTC jg om.. bagus barangnya.. udah dpt approval "API Bagus" dari mbah omnibus
Ybs jd lembaga penilainya soalnya
Iya om yg penting penyimpanan aja.. taro di tempat yg aman, suhu ruangan, jgn lembab.. jgn jatoh ekstrim.. sama habis pakai (mau disimpan) selalu set ke posisi tension terendah.. jd bukan di nol.. Misal tw nya range 2-30 Nm, set nya di 2 Nm.
Kalo ttg akurasi, pilih merek yg terpercaya mbah. Jd mau rentang torsi bawah-tengah-atas dia akan jamin deviasinya sesuai standar (misal +-3%). Merek yg bagus jg lebih mampu pertahanin akurasinya lebih lama mbah.
Kalau warga sini blm ada yg pake digital torque kotak kecil itu om.. masih stick ke tw mekanikal semua.. Jd sptinya blm bisa komen...
Lama ga ngikutin tread ini, puyeng juga banyak barang bagus, keinginan banyak tapi sadar kemampuan ga ada
banyak istilah2 plesetan juga kadang bingung, ada trelek oglek ntah apa lagi, sellera itu maksudnya sellery ya ? bukannya itu china ya masa TW ?
Ada lagi merk Pegasi, lebih murah lagi itu dari Sellery
JTC ya, noted....
Nah ini ada video torque wrench disengaja dijatoh2in dan dilempar2 trus diukur apa masih akurat :
Ada istilah di training dulu 6 klik kalau pindah2 CW / CCW sebelum dipakai.
iya nih lagi bingung juga aku kalau beli torque wrench ini bakalan aku sering pake atau malah jadi debuan di lemari ya, masih galau butuh ga nya, kalau penginnya sih pasti pingin
Pernah beli juga dulu wipro tapi yang model jarum manual, udah copot itu skalanya wkwkwkw, dan ga terlalu yakin ama akurasinya
regards,
singachu
Iya mbah klo nyebut merek pas lg ceng2in nggk enak soalnya Jd kudu dipelesetin
Nggk ngerti mbah Sellery buatan mana.. sptinya iya made in china..
TW kalo udah punya misalnya walopun jarang dipake, dia pasti berguna kok apalagi ditangan master DIY spti mbah singachu
Pasti kepakenya...
Kita ambil contoh mbah blower tu... after ngasih correct torque ke baut..
Kl yg saya sering liat (dan perna coba sendiri) sehh, jd inner cv nya di congkel pake linggis yg pipih mbah, trus di hentak ke luar nya pake linggis tsb... lebi gampang seh
Atau pake rante juga enak (bukan chain), tinggal dikalungin aja , trus tarik
o ya bisa juga mestinya.... apalagi kalau punya sliding hammer ya
regards,
singachu
Mbah masas punya itu sliding hammer. Luar biasa n biasa diluar emg mbah masas mah... Lebih bengkel dripd bengkel
yanuarra wrote: Fri Aug 20, 2021 8:53
New Old Stock, om.. mksdnya barang masih baru tp stok lawas..
Disini byk yg pake JTC jg om.. bagus barangnya.. udah dpt approval "API Bagus" dari mbah omnibus
Ybs jd lembaga penilainya soalnya
Iya om yg penting penyimpanan aja.. taro di tempat yg aman, suhu ruangan, jgn lembab.. jgn jatoh ekstrim.. sama habis pakai (mau disimpan) selalu set ke posisi tension terendah.. jd bukan di nol.. Misal tw nya range 2-30 Nm, set nya di 2 Nm.
Kalo ttg akurasi, pilih merek yg terpercaya mbah. Jd mau rentang torsi bawah-tengah-atas dia akan jamin deviasinya sesuai standar (misal +-3%). Merek yg bagus jg lebih mampu pertahanin akurasinya lebih lama mbah.
Kalau warga sini blm ada yg pake digital torque kotak kecil itu om.. masih stick ke tw mekanikal semua.. Jd sptinya blm bisa komen...
Lama ga ngikutin tread ini, puyeng juga banyak barang bagus, keinginan banyak tapi sadar kemampuan ga ada
banyak istilah2 plesetan juga kadang bingung, ada trelek oglek ntah apa lagi, sellera itu maksudnya sellery ya ? bukannya itu china ya masa TW ?
Ada lagi merk Pegasi, lebih murah lagi itu dari Sellery
JTC ya, noted....
Nah ini ada video torque wrench disengaja dijatoh2in dan dilempar2 trus diukur apa masih akurat :
Ada istilah di training dulu 6 klik kalau pindah2 CW / CCW sebelum dipakai.
iya nih lagi bingung juga aku kalau beli torque wrench ini bakalan aku sering pake atau malah jadi debuan di lemari ya, masih galau butuh ga nya, kalau penginnya sih pasti pingin
Pernah beli juga dulu wipro tapi yang model jarum manual, udah copot itu skalanya wkwkwkw, dan ga terlalu yakin ama akurasinya
regards,
singachu
Iya mbah klo nyebut merek pas lg ceng2in nggk enak soalnya Jd kudu dipelesetin
Nggk ngerti mbah Sellery buatan mana.. sptinya iya made in china..
TW kalo udah punya misalnya walopun jarang dipake, dia pasti berguna kok apalagi ditangan master DIY spti mbah singachu
Pasti kepakenya...
Kita ambil contoh mbah blower tu... after ngasih correct torque ke baut..
Maka terjadilah:
Hmmmmm....
*Sound effect mbah blower*
Sellery itu kl waktu jaman mbah 69 masi smp atau sma, masi buatan mamarika bang
Tp entah sjak kapan d outsource ke cungkwo, yah mirip2 lah kaya genius, sata, stanley, pitssburgh...
Cuman stidaknya si sellery masi tau diri, doi nulis buatan made in mana
Ga kaya tekiro, ryu ... buatan mana ga jlas tp ngaku jis jis an, jis dari mozambique kl... harga pun ga tau malu ngikutin yg jis beneran
Lagi liat2 JTC tipe TC-1202 : 3/8" Dr. , Torsi 19~110NM/14~81FT/LB di toped sidoarjo nih, tapi ya itu pusing juga kalau tiap taon di kalibrasi,
penggunaan mungkin jarang2.
Kalau memang ga perlu kalibrasi karena ga melenceng jauh sih ok, asal nyimpennya di kondisi 0 dikasih tension dikit ya ?
Penggunaan paling buat lugnut, mungkin ketambahan busi ama tap oli palingan..... makanya cari yang bisa agak rendah juga torsinya.
Nah baca lagi untuk rentang torsi kalau mau kencengin di range torsi alatnya paling rendah atau paling tinggi dari range torsinya kemungkinan kurang akurat dibanding kalau di range tengah spek torsi tadi. Tapi seberapa amannya ya ?
trus liat video ini, kok ga perlu di kalibrasi untuk yang digital torque ini jadi pengen juga :
Pengen yang range tipe range torsi 10Nm - 200 Nm. tapi balik lagi apa buat kencengin busi di 19-25Nm masih bisa diandalkan apa tidak.
Kalau nurut om gmn ?
o ya yang digital torque itu ada youtube yang ngebongkar isinya, prinsip kerjanya flexing diukur mirip seperti load cell, diukur nilai hambatannya
regards,
singachu
kalau sering bongkar pasang, torq wrench wajip punya mbah. supaya pekerjaan kita terukur nggak pake perkiraan lagi.
ibarat mau beli daging dipasar, beli sekilo, ditimbang pake timbangan kan? bukan diangkat pake tangan lalu dikira-kira beratnya...
sudah sering dibahas di part sebelumnya, kalau sering bongpas area mesin dan kaki, minimal punya 2 torq wrench.
nggak ada yang sapujagat cukup 1 buat semua.
kecuali yang kebutuhannya hanya untuk bongkar pasang ban, tidak ada lain, itu cukup punya 1.
masalah merk, ya disesuaikan saja dengan isi kantong.
yang pasti, semakin murah harganya, semakin nggak jelas akurasinya.
kalau sering bongkar pasang, torq wrench wajip punya mbah. supaya pekerjaan kita terukur nggak pake perkiraan lagi.
ibarat mau beli daging dipasar, beli sekilo, ditimbang pake timbangan kan? bukan diangkat pake tangan lalu dikira-kira beratnya...
sudah sering dibahas di part sebelumnya, kalau sering bongpas area mesin dan kaki, minimal punya 2 torq wrench.
nggak ada yang sapujagat cukup 1 buat semua.
kecuali yang kebutuhannya hanya untuk bongkar pasang ban, tidak ada lain, itu cukup punya 1.
masalah merk, ya disesuaikan saja dengan isi kantong.
yang pasti, semakin murah harganya, semakin nggak jelas akurasinya.
kayanya
aku sudah bisa menduga bagaimana kelanjutan tret ini
singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 8:31
NOS itu apa ya om ?
Lagi liat2 JTC tipe TC-1202 : 3/8" Dr. , Torsi 19~110NM/14~81FT/LB di toped sidoarjo nih, tapi ya itu pusing juga kalau tiap taon di kalibrasi,
penggunaan mungkin jarang2.
Kalau memang ga perlu kalibrasi karena ga melenceng jauh sih ok, asal nyimpennya di kondisi 0 dikasih tension dikit ya ?
Penggunaan paling buat lugnut, mungkin ketambahan busi ama tap oli palingan..... makanya cari yang bisa agak rendah juga torsinya.
Nah baca lagi untuk rentang torsi kalau mau kencengin di range torsi alatnya paling rendah atau paling tinggi dari range torsinya kemungkinan kurang akurat dibanding kalau di range tengah spek torsi tadi. Tapi seberapa amannya ya ?
trus liat video ini, kok ga perlu di kalibrasi untuk yang digital torque ini jadi pengen juga :
Pengen yang range tipe range torsi 10Nm - 200 Nm. tapi balik lagi apa buat kencengin busi di 19-25Nm masih bisa diandalkan apa tidak.
Kalau nurut om gmn ?
o ya yang digital torque itu ada youtube yang ngebongkar isinya, prinsip kerjanya flexing diukur mirip seperti load cell, diukur nilai hambatannya
regards,
singachu
Persis kegalauan saya dulu mbah maunya yg range lebar.
Kalau perlu 10 sd 200. Tapi kayanya gak ada.
Adapun dia panjang banget sekitar 50cm.
Kalau untuk torsi 200 memang perlu stang panjang.
Sedangkan torsi 10 sd 30 kuatir daerah 2x terpencil misal throttle, intake, busi dll jadi perlu sependek mungkin.akan susah bawa gagang besi 50 cm muter sana sini.
Karena itu saya cari
1. Start yang 10 Nm dan sependek mungkin. Kalau start 10 dia biasanya sampai 50 yang pendek.
2. Cari lanjutan start 40 sampai 200 Nm. Kunci roda Innova 108. Lower arm Innova sekitar itu juga. Mungkin kalau roda fortuner 130 an. Kayanya 200 Nm sudah cukup sebagian besar kaki kaki.
Mengenai merek disesuaikan saja. Akurasi paling beda 2 sd 3% an.
Merek terkenal jepang jerman tertulis 3% tapi biasanya cuma beda 1 sd 2%. Bahkan banyak yg dibawah 1%
Merek Taiwan, belum pernah lihat disini share kalibrasinya.
Bayangan saya kalau Taiwan tertulis 4% paling beda gak sampai 2%.
Tertulis 4 itu just in case ada cacat product kecil sehingga masih dalam range 4%
Demikian juga jepang dan german tertulis 3% buat jaga2x saja.
singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 8:31
NOS itu apa ya om ?
Lagi liat2 JTC tipe TC-1202 : 3/8" Dr. , Torsi 19~110NM/14~81FT/LB di toped sidoarjo nih, tapi ya itu pusing juga kalau tiap taon di kalibrasi,
penggunaan mungkin jarang2.
Kalau memang ga perlu kalibrasi karena ga melenceng jauh sih ok, asal nyimpennya di kondisi 0 dikasih tension dikit ya ?
Penggunaan paling buat lugnut, mungkin ketambahan busi ama tap oli palingan..... makanya cari yang bisa agak rendah juga torsinya.
Nah baca lagi untuk rentang torsi kalau mau kencengin di range torsi alatnya paling rendah atau paling tinggi dari range torsinya kemungkinan kurang akurat dibanding kalau di range tengah spek torsi tadi. Tapi seberapa amannya ya ?
trus liat video ini, kok ga perlu di kalibrasi untuk yang digital torque ini jadi pengen juga :
Pengen yang range tipe range torsi 10Nm - 200 Nm. tapi balik lagi apa buat kencengin busi di 19-25Nm masih bisa diandalkan apa tidak.
Kalau nurut om gmn ?
o ya yang digital torque itu ada youtube yang ngebongkar isinya, prinsip kerjanya flexing diukur mirip seperti load cell, diukur nilai hambatannya
regards,
singachu
Persis kegalauan saya dulu mbah maunya yg range lebar.
Kalau perlu 10 sd 200. Tapi kayanya gak ada.
Adapun dia panjang banget sekitar 50cm.
Kalau untuk torsi 200 memang perlu stang panjang.
Sedangkan torsi 10 sd 30 kuatir daerah 2x terpencil misal throttle, intake, busi dll jadi perlu sependek mungkin.akan susah bawa gagang besi 50 cm muter sana sini.
Karena itu saya cari
1. Start yang 10 Nm dan sependek mungkin. Kalau start 10 dia biasanya sampai 50 yang pendek.
2. Cari lanjutan start 40 sampai 200 Nm. Kunci roda Innova 108. Lower arm Innova sekitar itu juga. Mungkin kalau roda fortuner 130 an. Kayanya 200 Nm sudah cukup sebagian besar kaki kaki.
Mengenai merek disesuaikan saja. Akurasi paling beda 2 sd 3% an.
Merek terkenal jepang jerman tertulis 3% tapi biasanya cuma beda 1 sd 2%. Bahkan banyak yg dibawah 1%
Merek Taiwan, belum pernah lihat disini share kalibrasinya.
Bayangan saya kalau Taiwan tertulis 4% paling beda gak sampai 2%.
Tertulis 4 itu just in case ada cacat product kecil sehingga masih dalam range 4%
Demikian juga jepang dan german tertulis 3% buat jaga2x saja.
Mbah profit99, sepurane ate ndelok sertifikat kalibrasi tohnichi oleh ra?
singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 7:59
7. Pegang batang as roda yang ke inner cv joint, tarik dengan sentakan ( ini kalau ga disentak, bakalan as rodanya copot dan rumah inner cv joint nya masih nempel di transmsi / intermediate shaft). Nah bakalan copot utuh 1 batang dari inner cv joint sampe cakramnya. Bawa keluar dari mobil deh.
kasarannya yang warna biru itu tercabut semua (itu di foto ada intermediate shaft yang masuk transmisi, itu ga usah dicopot kalau memang bagian yang pakai intermediate).
Mantap banget mbah, terima kasih.
video lepas drive shaft dibawah ini hampir persis tidak buka knuckle, skip saja sampai menit 6:18. tiba tiba sudah turun dia.
Seperti mbah sampaikan kalau nariknya dihentak? yang dipegang itu seperti gambar dibawah ini warna kuning kemudian disentak untuk nariknya?
warna hijau agak dalam posisi nya kalau dari rumah roda, tangan kita nutut gak yah pegang warna warna kuning tersebut
Drive shaft dilepas.jpg
sebetulnya ada alatnya utk menghentak si bagian kuning itu spy pas ditarik batangnya ga melocot di bagian bootnya. sebuah sliding hammer dgn attachment yg tepat spt gambar berikut mbah. *warning: awas kepincut, tau sendiri ini tret sarang penyamun semua isinya.
IMG_20210820_192408~2.jpg
IMG_20210820_192429~2.jpg
ini attachment nya. ga include di kit nya hrs beli terpisah dr shopee cuma Rp 100rb. ukuran thread nya (diameter dan pitch) sama semua sliding hammer mau merk apapun jd attachment bisa beli aneka merk. mirip tw stw dikasih insert toptul.
IMG_20210820_194639~2.jpg
jadinya spt ini, selipkan attachment tersebut di celah antara bagian warna kuning tadi dgn transmisi. tinggal tarik bandul hammernya dr depan swing ke belakang
IMG_20210820_192632~2.jpg
IMG_20210820_192639~2.jpg
mau dibuat jadi 3-jaw puller buat narik misalnya crank pulley bisa. mau dibuat external grip juga bisa, jaw nya aja dibalik arahnya.
IMG_20210820_193734~2.jpg
mau jadi 2-jaw puller juga bisa. internal n external grip.
IMG_20210820_194430~2.jpg
mau dibuat utk narik hub buat ngelepas bearing roda depan atau blkg juga bisa. tinggal masukkan lubang2 itu ke stud roda lalu di mur pakai mur roda. baru tarik slide hammernya.
IMG_20210820_193256~2.jpg
pernah sy pake ngga? jawabannya ga pernah. hehehehe beli dulu urusan pake belakangan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yanuarra wrote: Fri Aug 20, 2021 12:28
Mbah profit99, sepurane ate ndelok sertifikat kalibrasi tohnichi oleh ra?
Buat group ini apa yang tidak boleh? cuma lihat doang. Kalau Stw saya sedang contact seller tanya. Tapi karena dapat murah NOS, jadinya agak sungkan juga.
Ini mbah
Tohnichi calibration.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yanuarra wrote: Fri Aug 20, 2021 12:28
Mbah profit99, sepurane ate ndelok sertifikat kalibrasi tohnichi oleh ra?
Buat group ini apa yang tidak boleh? cuma lihat doang. Kalau Stw saya sedang contact seller tanya. Tapi karena dapat murah NOS, jadinya agak sungkan juga.
Omnibus wrote: Fri Aug 20, 2021 13:02
sebetulnya ada alatnya utk menghentak si bagian kuning itu spy pas ditarik batangnya ga melocot di bagian bootnya. sebuah sliding hammer dgn attachment yg tepat spt gambar berikut mbah. *warning: awas kepincut, tau sendiri ini tret sarang penyamun semua isinya.
ini attachment nya. ga include di kit nya hrs beli terpisah dr shopee cuma Rp 100rb. ukuran thread nya (diameter dan pitch) sama semua sliding hammer mau merk apapun jd attachment bisa beli aneka merk. mirip tw stw dikasih insert toptul.
IMG_20210820_194639~2.jpg
jadinya spt ini, selipkan attachment tersebut di celah antara bagian warna kuning tadi dgn transmisi. tinggal tarik bandul hammernya dr depan swing ke belakang
mau dibuat jadi 3-jaw puller buat narik misalnya crank pulley bisa. mau dibuat external grip juga bisa, jaw nya aja dibalik arahnya.
mau jadi 2-jaw puller juga bisa. internal n external grip.
mau dibuat utk narik hub buat ngelepas bearing roda depan atau blkg juga bisa. tinggal masukkan lubang2 itu ke stud roda lalu di mur pakai mur roda. baru tarik slide hammernya.
IMG_20210820_193256~2.jpg
pernah sy pake ngga? jawabannya ga pernah. hehehehe beli dulu urusan pake belakangan.
Makasih sanget mbah Masas
Benar sarang penyamun ini, saya duduk di pojokan dulu. Sementara pakai cara asem gregres dulu mbah bokek kena 2 TW dan kunci ring KTC 3/8 bentar lagi saya post
yanuarra wrote: Fri Aug 20, 2021 12:28
Mbah profit99, sepurane ate ndelok sertifikat kalibrasi tohnichi oleh ra?
Buat group ini apa yang tidak boleh? cuma lihat doang. Kalau Stw saya sedang contact seller tanya. Tapi karena dapat murah NOS, jadinya agak sungkan juga.
Ini mbah
Tohnichi calibration.jpg
Agak cenderung rendah ya....
iya tinggal tambahin saja sekitar 2% an hehehe.
Misal mau seretin 40, tambahin 2% alias setting menjadi 40.8.
Kalau mr toh gak kuatir saya