Profith83 wrote: Fri Aug 20, 2021 7:20
singachu wrote: Fri Aug 20, 2021 7:11
Profith83 wrote: Thu Aug 19, 2021 16:02
Mbah tanya yah.
Kalau misal kita cuma buka klem dari bawah, denga cara lepas dulu cover bawah. Apa pernah melakukan?
Buka klem, buang grease, bersihkan pakai kain majun lewat celah celah sempit.
Kemudian isi grease baru pasang klem lagi.
Boot pakai yg lama heheheh, soalnya susah masang boot baru hehehehe
Belum coba ngolong posisi mobilio apakah memungkinkan atau tidak.
untuk re-grease cv joint ?
Dulu aku pernah di aerio, ngolong sambil ngegrease hadap atas, pegel, belepotan.
Enakan dilepas sih ngerjain sambil duduk di kursi, geser karet bootnya aja juga bisa ga usah lepas cv joint dari batangnya.
Tapi aku cara asemreges
regards,
singachu
Bener mau regrease boot CV joint yang dalam(bukan yang nempel roda).
Artinya mesti lepas CV joint dari mobil yah mbah?
Yang diambil dari mobil adalah boot CV joint luar masih klem klem an, boot CV joint dalam juga masih klem klem an. Bener gitu ?
Nah artinya melepasnya CV joint yang nempel/masuk ke transmisi. Itu perlu alat apa yah? atau ada link youtube mbah? mau belajar saya
iya aku lepas cv joint 1 batang terdiri dari 1 cv joint dalam - batang - cv joint luar - wheel bearing utuh ama rotor cakramnya. Jadi aku ga ngelepas nut as roda.
Ntar ngelepas klem2an cv joint, ngegeser boot nya (asumsi kan cv joint ga dilepas dari batang as roda) bersihkan grease lama, isi grease baru, geser boot nya balik, pasang klem2an, itu semua dilakukan di luar mobil.
Ini kalau dilakukan sambil ngolong pernah nyoba ya lumayan juga pegel dan kesel nya.
Tapi kalau dilakukan di luar, untuk aerio ya seingetku ketambahan step :
1. Lepas roda (ya otomatis dongkrak ama jackstand, tapi ini mau ga dilepas pun kan juga dongkrak dan jackstand)
2. Lepas sensor ABS.
3. Lepas caliper cakram ( ini dicantolin kawat di per biar ga ngegandol selang rem nya, cara asemreges lagi), lepas juga braket caliper
4. lepas castle nut tie rod dan lepas tie rod dari knuckle
5. lepas 2 baut mur yang ngiket macpherson ke knuckle.
6. lepas balljoint yang ngiket knuckle.
7. Pegang batang as roda yang ke inner cv joint, tarik dengan sentakan ( ini kalau ga disentak, bakalan as rodanya copot dan rumah inner cv joint nya masih nempel di transmsi / intermediate shaft). Nah bakalan copot utuh 1 batang dari inner cv joint sampe cakramnya. Bawa keluar dari mobil deh.
wah ga ada link nya.
Capture.JPG
kasarannya yang warna biru itu tercabut semua (itu di foto ada intermediate shaft yang masuk transmisi, itu ga usah dicopot kalau memang bagian yang pakai intermediate).
Untuk oli transmisi, di aerio sih ga terbuang banyak ya, tapi kalau mau aman ga berkurang mungkin dongrkaknya satu sisi dulu biar posisi transmisi miring sebelah biar ga banyak oli keluar pas inner cv joint ke cabut. Tapi untuk sisi yang pakai intermediate shaft (tergantung mobilnya) ya ga akan keluar oli transmisinya
regards,
singachu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.