Tambahin dikit neh... untuk perbandingan SUPERCHARGER & TURBOCHARGER
SUPERCHARGER... SC
harga
ebih ekonomis. 2ndnya lebih murah. baru hampir sama dgn TC
anatomi
pulley, kompresor atau root, pipa, aftercooler n bisa pake blow-off valve
efisiensi
lebih boros... berputar disaat mesin hidup
respons
responsif di segala rpm... lebih unggul di rpm bawah dibanding rpm atas... puteran bladenya lebih terbatas daripada TC...
temperatur
discharge lebih dingin... selama diset kurang dari 10psi, blm butuh aftercooler. selebihnya baru jadi opsional...
surging
kompresi udara sebanding sama usaha mesin dlm memutarnya...
suara
lebih brisik dibanding TC... pulley via krukas ini bikin sara rotor lebih brisik...
backpressure
gak berhubungan sm backpressure..
keawetan
lebih awet krn gak terlalu panas...
setting
lebih mudah dibanding TC. instalasi simple
power
puteran maks 40rb rpm. daya lebih terbatas. tp lebih menghasilkan torsi jauh lebih banyak daripada TC di rpm bawah...
TURBOCHARGER... TC
harga
lebih mahal... komponen lbh banyak n lbh rumit
anatomi
turbin, wastegate, bblow-off valve, biasanya pake intercooler, pipa2
efisiensi
lebih efisien. selama turbin blm muter, bbm bisa disuplay sesuai kebutuhan...
respons
lemah di rpm bawah. butuh waktu spooling yg makan waktu n daya terhambat. istilahnya turbo-lag...
temperatur
pemasangannya yg bersebelahan sm exhaust membuatnya jauh lebih panas dari SC. sehingga kompresi 2bar atau sekitar 30psi memungkinkan...
surging
di TC sangat merugikan... ini disaat spooling atau disaat wastegate bekerja
suara
lebih kalem. suara desing khasnya terdengar disaat spooling. n suara blow-offnya yg menjadikannya legenda
backpressure
turbin di exhaust menambah backpressure. ini menambah lag. tp sering dihiraukan krn setelah boost masuk, lag ini seakan2 gak berarti
keawetan
panasnya bikin rawan rusak. bantalan n pelumasnya yg bakal sering berurusan
setting
ribet... butuh kalkulasi a/r yg rumit...
power
turbin yg bisa spool sampe 150rb rpm ni bisa ngasilin power yg hampir bisa dibilang unlimited. tergantung gmn aplikasinya n komponen pendukungnya... oleh krn itu, dlm aplikasi turbo, ada istilah overboost...
smoga bermanfaat
