benzz89 wrote: Sat May 29, 2021 8:41
Suhu2 perbusian mau tanya mengenai busi iridium double needle.
Jd ane rencana mau ganti busi 2AZ-FE, di buku manual kl merek denso pakai yg SK20R11.
Lalu ane tanya2 di official store toko ijo tp di sarankan pakai denso IK20TT (iridium double needle), katanya ini versi paling bagusnya banding SK20R11.
Kelebihan IK20TT adalah sbb:
- 2 Jarum / Needle.
- 1 Elektroda dari bahan Iridium DAN Platinum di ground elektroda.
- Jarum Elektroda paling kecil sedunia 0.4mm.
- Menaikan Horse Power lebih baik dari Busi Iridium.
- Menaikan Akselerasi lebih baik dari Busi Iridium.
- Bahan bakar menjadi lebih irit +/- 2.4% dibandingkan busi iridium dan +/- 7.5% dari busi standard.
- Pembakaran jauh lebih sempurna dari Busi Iridium.
- Umur mesin menjadi lebih panjang.
- Life time busi bisa sampai 120.000 KM.
Pertanyaannya apakah busi double needle ini sesuai dgn klaim dr seller yah? Harga 150 ribu per busi x 4 busi = 600 ribu.
Ane mau pakai busi yg enak, gak penting longevity tp lbh ke more power, cold start & idle mesin lebih smooth & stabil.
2AZ-FE ini pas lg stop & posisi matic lg di D itu mesin kadang getar halus tipis krn RPM agak turun dikit tapi kadang dia bisa stabil juga meski gak bisa se-smooth spt kl lg di N (tanpa beban engage transmisinya sama sekali) jd ane merasa ini kaya ada yg kurang smooth.
Maunya ane sih saat dr N ke D itu tidak ada perbedaan getaran mesin sama sekali jd mesin smooth. Ada beberapa mobil yg dr N ke D itu tdk ada perbedaan sama sekali di vibrasi mesin, tp ada jg yg sedikit ada vibrasi pd saat engage transmisi, ntah itu krn posisi engine mounting atau ada faktor2 lainnya. Asumsi TB & MAF sama2 normal bersih.
Mbah suhu @Omnibus pernah saranin ganti yg denso IK20 (tanpa TT) tp ama denso toko ijo disaraninnya pakai yg double needle, makanya mau dengar pendapat dr suhu2 dimari jg. Oh yah posisi busi yg terpasang saat ini adalah NGK iridium IFR6A11 (sesuai dgn buku manual jg). Trims sebelumnya [emoji120]
bukan suhu tp mau ikut nyerocos aja ane
pemahaman ane, kita samain persepsi dulu.
apakah sebelumnya om benz pernah ngerasain mobil ini ngga spt skrg yg rpm nya drop n geter2? atau emang dr pertama om punya mobil ini udah kaya skrg?
kl dulunya ga kaya skrg berarti emang ada yg salah dan bisa diperbaiki kaya dulu. cuman, emang jatohnya semi trial and error (demikian jg keluar wang nya buat beli ini itu termasuk ongkosnya)
step 1: hrs ada baseline ttg keadaan yg skrg. caranya agak urdu nih tp sering dipake. ambil botol air mineral boleh yg 600ml atau yg 1500ml, isi pakai air sampai yg ga ada lekukannya jd bisa dilihat permukaan airnya dgn baik (jd ga perlu pake kaca pembesar watchmaker, takut lupa dicopot kl ke wc kata mbah reqtor). jd sebelum mobil dicoba perbaikan apapun taruh itu botol diatas mesin sambil idle posisi N dan D. video in pake hp spy goncangan permukaan airnya direkam utk jadi baseline.
step 2: krn udah ada baseline, baru trial n error dimulai. namanya juga fine tuning. customernya jg super demanding. ga mau ada sedikitpun geter di mesin 2az-fe nya kl lagi idle.


maka kita mulai dr yg paling mudah, colokin scanner dan dilihat rpm drop nya segimana jauh antara N idle dan D idle. keluarin juga mode graphic nya kl perlu jd bisa keliatan up n down nya. sbg perbandingan di jazz gk ane ngga berubah, tetep di 700 rpm. demikian jg ketika lampu/ac dinyalain tetap di 750 rpm dlm kedua kondisi tersebut. kl di step 2 ini rpm drop nya jauh bedanya, berarti ada masalah di idle up (atau idle control mesin). dr sini baru repair dilakukan mulai dr sensor2 (perisa/bersihkan), throttle body, intake termasuk tumble flaps kayanya 2az ada cmiiw, intake port, vacuum lines barangkali ada crack/leak, busi cek, O2 sensor cek/periksa kekencangan. jatuhnya semua emang satu per satu disambangin krn udah kategori fine tuning.
step 3: kl di step 2 pass tdk ada rpm drop yg signifikan tapi getaran tetap berasa berarti kemungkinannya ke enjin monting. kenapa geter meskipun rpm ga drop, krn kan udah engage ke trans udah ga free spinning krn ada daya yg tersalurkan utk muterin torque converter beserta atf di dalamnya.
trial n error = keluar wang pasti tp hasil belum tentu. he he he
oya kl seandainya jadi ganti busi, tempat duduk busi yg di dalem lubang busi itu wajib dibersihin. jangan sampai ada kerak carbon bikin seal ga bagus. n busi baru kl udah dipasang dan ditorsi pake TW jangan dibuka lagi. nanti sealingnya ga serapet awal, mirip prinsip ring washer drain plug. lbh parah krn ini nahan pressured gas. kl yg awal si ring washernya udah membentuk perfect sealing dgn permukaan gasket seat di lubang busi.
oya nambah lagi, cek juga trouble code ada ngga utk fuel evap purge control valve leak. valve ini yg dr fuek tank utk ngeluarin fuel fumes ke intake, kl stuck open bisa bikin idle goyang juga.