daihatsu 3sz.
tapi banyak pemilik veloz ngamuk kalo dibilang itu barang dari daihatsu. ma'lum, aliran garis keras yang membuta babi.

kan enak gado-gado, kasih krupuk sama bawang goreng yang banyak.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
sudah kuduga , enjin nya daihatsumarmut wrote: Sat May 08, 2021 13:36
daihatsu 3sz.
tapi banyak pemilik veloz ngamuk kalo dibilang itu barang dari daihatsu. ma'lum, aliran garis keras yang membuta babi.
![]()
kan enak gado-gado, kasih krupuk sama bawang goreng yang banyak.
udah keliatan!marmut wrote: Sat May 08, 2021 13:27DOHC wrote: Sat May 08, 2021 8:27
Codic kayanya merk aftermarket nya
D atrium jg toko2 nisan kayanya pd jual merk itu, awet apa kaga sehh entahlah, ga perna coba saya
Yg NGK kayanya bener tu kodenya, nilai panas nya sama, ukuran soket nya jg sama.. tinggal d samain aj drat nya
pake A, bukan O.
cadic.
mbah, diem aja yak, ini gambar jangan sampe keliatan mbah Omni. bisa semaput nanti...
20210224_113158.jpg
noh, ada cadic, ada apaan lagi tuh lainnya... bhinneka tunggal ika.
hhh kirain mau dilempar gagang dongkrak lagi itu miserable workerDOHC wrote: Sat May 08, 2021 13:34
dl waktu saya masi punya lipindut, kl lg doorsmeer ampe ad yg brani buka kap mesin, apalagi maen steam2 an, lgs ta ajak batumbuk kita jo
DOHC wrote: Sat May 08, 2021 13:40
sudah kuduga , enjin nya daihatsu![]()
![]()
lah veloz aj banyak yg blg ud bukan avansa lg gt , disitu gagal faham saya
kaya waktu itu venturer dbilang bukan kijang lg
aya aya wae
Omnibus wrote: Sat May 08, 2021 14:00
udah keliatan!
waduh sy kok jd kleyengan. kl ada apa2 sm ik, jij kena pasal pembunuhan berencana.![]()
Engine HR15DE Twin VTC (bagian Engine Bay) punya ANGL tahun 2014 punya saya selama 7 tahun pelihara ini mobil belum pernah sekalipun di steam tapi cukup dilap saja dengan kain Majun yg telah dibasahi air bersih tapi setahun sekali cukup pembersihannya dengan dikucuri air bersih PDAM (bukan di steam) untuk pembersihannya dari debu yg nempel lalu dilap dengan kain Majun kering so far sampai dengan tahun ke 7 pemakaian nih mobil , syukurlah bebas dari trouble. Semua Koil Koil nya masih Ori bawaan orok karena belum pernah ada yg diganti even busi nya juga sebenarnya tidak ada yg rusak tapi cuma karena saya merasa sudah 6 tahun lebih ngak pernah diganti dan sudah terlanjur beli busi NGK Iridium untuk stock akhirnya keempat busi bawaan oroknya saya ganti di beres Nissan sekaligus keempat businya di tahun ke 6 lebih pemakaian. Ngeri mbok kalau sampai mobil lagi bawa keluarga Mogok cuma karena busi sudah mencapai lifetime nya, karena selama 7 tahun ini belum pernah sekalipun ngalami mobil Mogok atau trouble di jalan.So far so very good and I am very satisfy.DOHC wrote:enjin lipindut d steam ?? cakeppppppppblloewy wrote: Sat May 08, 2021 9:24Iya om...MSU wrote: Sat May 08, 2021 8:56 Ni apa kemasukan air koq busi sampe kayak jamuran & berkarat...takutnya hoby cuci steam mesin
Sodara emang di kampung suka steam mesin mobilnya.
Maklum penganut aliran lama dimana mesin bisa disteam dengan bebas biar kinclong![]()
pantesan tu koil pd semaput
dah tau ini enjin super resing maha kenceng bunyi ngiiing ngiiing rpm tinggi buatan jepun campur cungkwo... ga bsa diperlakuin kaya lg nyuci toyota 5K
dl waktu saya masi punya lipindut, kl lg doorsmeer ampe ad yg brani buka kap mesin, apalagi maen steam2 an, lgs ta ajak batumbuk kita jo
mbah, udah ta belah nih zfrgp. ternyata harga nobango sebiji kaga dapet copper core. besi doang lho. wkwkwkwk.
jij jangan bilang sm ik, bilangnya sama injinir denso noh. ik mah ga ngerti org awam. nih injinir denso bikin iridium resing, elektrodanya begituDOHC wrote: Thu May 27, 2021 13:15
Mbah
Pecaya deh, ga guna itu runcingin ampe selancip burung pelatuk
Masi mending teori posisi busi yg electrode ngadep ke posisi intake, at least teori ini dipake loh oleh honda insight, d mamarika sana ngk jual busi special utk insight yg ulir dratnya seragam per 4 biji, jd at least ga bakal ad bagian lengkungan electrode yg memblakangi intake
BusetttOmnibus wrote: Thu May 27, 2021 13:14mbah, udah ta belah nih zfrgp. ternyata harga nobango sebiji kaga dapet copper core. besi doang lho. wkwkwkwk.![]()
kata pabriknya: rugi bandar nobango dapet copper core. bisa abis di pasaran diborong buat diambil dalemannya doang![]()
IMG_20210527_200622~3.jpg
IMG_20210527_200737~2.jpg
Jd jij critanya mo kikir tu electrode ampe tinggal sgitu, persis kaya di foto tsb ?Omnibus wrote: Thu May 27, 2021 13:21 pindah dimari ya
jij jangan bilang sm ik, bilangnya sama injinir denso noh. ik mah ga ngerti org awam. nih injinir denso bikin iridium resing, elektrodanya begituDOHC wrote: Thu May 27, 2021 13:15
Mbah
Pecaya deh, ga guna itu runcingin ampe selancip burung pelatuk
Masi mending teori posisi busi yg electrode ngadep ke posisi intake, at least teori ini dipake loh oleh honda insight, d mamarika sana ngk jual busi special utk insight yg ulir dratnya seragam per 4 biji, jd at least ga bakal ad bagian lengkungan electrode yg memblakangi intake![]()
![]()
kikir? apa itu? ga kenal.DOHC wrote: Thu May 27, 2021 13:25Jd jij critanya mo kikir tu electrode ampe tinggal sgitu, persis kaya di foto tsb ?Omnibus wrote: Thu May 27, 2021 13:21 pindah dimari ya
jij jangan bilang sm ik, bilangnya sama injinir denso noh. ik mah ga ngerti org awam. nih injinir denso bikin iridium resing, elektrodanya begituDOHC wrote: Thu May 27, 2021 13:15
Mbah
Pecaya deh, ga guna itu runcingin ampe selancip burung pelatuk
Masi mending teori posisi busi yg electrode ngadep ke posisi intake, at least teori ini dipake loh oleh honda insight, d mamarika sana ngk jual busi special utk insight yg ulir dratnya seragam per 4 biji, jd at least ga bakal ad bagian lengkungan electrode yg memblakangi intake![]()
![]()
JahhhhOmnibus wrote: Thu May 27, 2021 14:09kikir? apa itu? ga kenal.DOHC wrote: Thu May 27, 2021 13:25Jd jij critanya mo kikir tu electrode ampe tinggal sgitu, persis kaya di foto tsb ?Omnibus wrote: Thu May 27, 2021 13:21 pindah dimari ya
jij jangan bilang sm ik, bilangnya sama injinir denso noh. ik mah ga ngerti org awam. nih injinir denso bikin iridium resing, elektrodanya begitu![]()
![]()
ane mah,
the power of dremel. rapid material removal!
ngga lah, ga ampe segitu mbah. tp lbh tipis drpd iridium power yg spt di bawah inia la kerehore gabut. nobango dibikin tappered, halu iridium power versi kerehore.
![]()
*jangan diikutin. just an experiment in a closely controlled environment.
yah jij nakut2in ik lagi. udah kepikiran tambah kepikiran dah. oke besok kita ganti lagi yee. hmm pake apa enaknya nih.DOHC wrote: Thu May 27, 2021 15:45
Jahhhh
Kl cuman biar model kaya si iridiun power itu mah mending beli jd aj mbah, ntar di potong2 salah2 malah bkin retak alus, trus akhirnya patah di dalem gara2 metal fatique.. liner baret, trus L15 ga bsa ganti liner lg.. ujung2nya either ke parung cari copotan singapur atau inden enjin blok dr hpm![]()
Tuh saya lg pake di inofa.. ikh20 yg model electrode lancip2 gt jg, sbiji cuman kaoban beli dr official storenya
Ga berasa ad special gmananya, malah kayanya saya mo coba iseng pakein yg busi nikel inofa lama K20HR-U11 , sbiji cuman bango d atrium
Busi standard aj yg nikelOmnibus wrote: Thu May 27, 2021 15:51yah jij nakut2in ik lagi. udah kepikiran tambah kepikiran dah. oke besok kita ganti lagi yee. hmm pake apa enaknya nih.DOHC wrote: Thu May 27, 2021 15:45
Jahhhh
Kl cuman biar model kaya si iridiun power itu mah mending beli jd aj mbah, ntar di potong2 salah2 malah bkin retak alus, trus akhirnya patah di dalem gara2 metal fatique.. liner baret, trus L15 ga bsa ganti liner lg.. ujung2nya either ke parung cari copotan singapur atau inden enjin blok dr hpm![]()
Tuh saya lg pake di inofa.. ikh20 yg model electrode lancip2 gt jg, sbiji cuman kaoban beli dr official storenya
Ga berasa ad special gmananya, malah kayanya saya mo coba iseng pakein yg busi nikel inofa lama K20HR-U11 , sbiji cuman bango d atrium![]()
yg fr6f-11 bawaan pabrik? wah ampas bgt itu sih. msh lbh berasa yg platinum gp nobango kl di GK, lbh greng cold start nya.DOHC wrote: Thu May 27, 2021 15:57
Busi standard aj yg nikel
Tiap goceng km ganti baru
Entah sugesti atau beneran, tp pas saya ganti busi iridium, ga tralu berasa bedanya, tp kl ganti nikel, lebi berasa.. apalagi waktu dl saya coba di inofa jadul non euro.. kl busi nikel baru, starter nya enteng banget, trus tarikan awal jg lebi berasa
Iya, itu yg FR6F nikel beneran bawaan pabrik utk enjin2 L15 rakitan lokalOmnibus wrote: Thu May 27, 2021 16:04yg fr6f-11 bawaan pabrik? wah ampas bgt itu sih. msh lbh berasa yg platinum gp nobango kl di GK, lbh greng cold start nya.DOHC wrote: Thu May 27, 2021 15:57
Busi standard aj yg nikel
Tiap goceng km ganti baru
Entah sugesti atau beneran, tp pas saya ganti busi iridium, ga tralu berasa bedanya, tp kl ganti nikel, lebi berasa.. apalagi waktu dl saya coba di inofa jadul non euro.. kl busi nikel baru, starter nya enteng banget, trus tarikan awal jg lebi berasa
akhirnya udah beli yg iridium
dica ....... te ........ t deeehhh![]()
wah dibilang begitu mbah? dianggap sama dgn L15A ya. mrk udah bosen kayanya kerja di otomotif jd seputar info2 baru either udah kaga mau tau updetan atau emang ga ditembusin ke SA urusan perbusian.DOHC wrote: Thu May 27, 2021 16:09Iya, itu yg FR6F nikel beneran bawaan pabrik utk enjin2 L15 rakitan lokalOmnibus wrote: Thu May 27, 2021 16:04yg fr6f-11 bawaan pabrik? wah ampas bgt itu sih. msh lbh berasa yg platinum gp nobango kl di GK, lbh greng cold start nya.DOHC wrote: Thu May 27, 2021 15:57
Busi standard aj yg nikel
Tiap goceng km ganti baru
Entah sugesti atau beneran, tp pas saya ganti busi iridium, ga tralu berasa bedanya, tp kl ganti nikel, lebi berasa.. apalagi waktu dl saya coba di inofa jadul non euro.. kl busi nikel baru, starter nya enteng banget, trus tarikan awal jg lebi berasa
akhirnya udah beli yg iridium
dica ....... te ........ t deeehhh![]()
Bengong kan .. Padahal dr jaman city GM2, jazz GE aj dikasi iridium
Bahkan lucunya lg, beberapa kl saya iseng waktu dl lg ke beres, saya tiap kl nanya mo ganti busi, slalu dbilang ga perlu pak, nanti aj pas 100 rebu km, kcuali mesin mendadak pincang.. waktu saya blg busi bawaan hrv itu nikel, mreka ngeyel, blg itu utk brio doank
Beneran mbahOmnibus wrote: Thu May 27, 2021 16:37wah dibilang begitu mbah? dianggap sama dgn L15A ya. mrk udah bosen kayanya kerja di otomotif jd seputar info2 baru either udah kaga mau tau updetan atau emang ga ditembusin ke SA urusan perbusian.DOHC wrote: Thu May 27, 2021 16:09Iya, itu yg FR6F nikel beneran bawaan pabrik utk enjin2 L15 rakitan lokalOmnibus wrote: Thu May 27, 2021 16:04
yg fr6f-11 bawaan pabrik? wah ampas bgt itu sih. msh lbh berasa yg platinum gp nobango kl di GK, lbh greng cold start nya.
akhirnya udah beli yg iridium
dica ....... te ........ t deeehhh![]()
Bengong kan .. Padahal dr jaman city GM2, jazz GE aj dikasi iridium
Bahkan lucunya lg, beberapa kl saya iseng waktu dl lg ke beres, saya tiap kl nanya mo ganti busi, slalu dbilang ga perlu pak, nanti aj pas 100 rebu km, kcuali mesin mendadak pincang.. waktu saya blg busi bawaan hrv itu nikel, mreka ngeyel, blg itu utk brio doank
ga kebayang ya kl yg kemakan omongan SA tiba2 brebet pas dibuka baru tau kl businya ampas. di php in beres.
Omnibus wrote: Sat May 29, 2021 8:26
penampakan hasil prakarya![]()
silahkan dicaci maki mbah![]()
IMG_20210529_152355~2.jpg
itu yg dikikir
nubi numpang jawapbenzz89 wrote: Sat May 29, 2021 8:41 Suhu2 perbusian mau tanya mengenai busi iridium double needle.
Jd ane rencana mau ganti busi 2AZ-FE, di buku manual kl merek denso pakai yg SK20R11.
Lalu ane tanya2 di official store toko ijo tp di sarankan pakai denso IK20TT (iridium double needle), katanya ini versi paling bagusnya banding SK20R11.
Kelebihan IK20TT adalah sbb:
- 2 Jarum / Needle.
- 1 Elektroda dari bahan Iridium DAN Platinum di ground elektroda.
- Jarum Elektroda paling kecil sedunia 0.4mm.
- Menaikan Horse Power lebih baik dari Busi Iridium.
- Menaikan Akselerasi lebih baik dari Busi Iridium.
- Bahan bakar menjadi lebih irit +/- 2.4% dibandingkan busi iridium dan +/- 7.5% dari busi standard.
- Pembakaran jauh lebih sempurna dari Busi Iridium.
- Umur mesin menjadi lebih panjang.
- Life time busi bisa sampai 120.000 KM.
Pertanyaannya apakah busi double needle ini sesuai dgn klaim dr seller yah? Harga 150 ribu per busi x 4 busi = 600 ribu.
Ane mau pakai busi yg enak, gak penting longevity tp lbh ke more power, cold start & idle mesin lebih smooth & stabil.
2AZ-FE ini pas lg stop & posisi matic lg di D itu mesin kadang getar halus tipis krn RPM agak turun dikit tapi kadang dia bisa stabil juga meski gak bisa se-smooth spt kl lg di N (tanpa beban engage transmisinya sama sekali) jd ane merasa ini kaya ada yg kurang smooth.
Maunya ane sih saat dr N ke D itu tidak ada perbedaan getaran mesin sama sekali jd mesin smooth. Ada beberapa mobil yg dr N ke D itu tdk ada perbedaan sama sekali di vibrasi mesin, tp ada jg yg sedikit ada vibrasi pd saat engage transmisi, ntah itu krn posisi engine mounting atau ada faktor2 lainnya. Asumsi TB & MAF sama2 normal bersih.
Mbah suhu @Omnibus pernah saranin ganti yg denso IK20 (tanpa TT) tp ama denso toko ijo disaraninnya pakai yg double needle, makanya mau dengar pendapat dr suhu2 dimari jg. Oh yah posisi busi yg terpasang saat ini adalah NGK iridium IFR6A11 (sesuai dgn buku manual jg). Trims sebelumnya [emoji120]