Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
koboiy wrote: Thu May 27, 2021 1:15
om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.
kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali
apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.
kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.
saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN
makasih
transmisi manual?
coba cara mengemudinya diperbaiki.
itu mesin twincam, dan mesin twincam di desain untuk RPM tinggi. kalau seneng main RPM bawah, ganti mesin disel.
matik om, ganti giginya metik di sekitaran 1800 trus drop ngelitik.
sekarang pake shell lcgc 0w-20
Seminggu sekali mobil dipakai di RPM tinggi ? misal RPM diatas 2500 dan dipanteng selama 3 sd 5 menit.
Pakai gigi 2 atau gigi 3 juga boleh ... mungkin di toll yah om
Pastikan waktu test oli masih dibawah 5 bulan dan dibawah 4rb KM. Mengingat oli yang om pakai bawaan beres yang kualitas pas2x an
oli mesin jaman sekarang bukannya selalu dual purpose ya om..
selalu saya liat api service-nya Sx / Cx...ga ada yang Sx doank..
gak semua.
bnyk jg oli spesifik khusus mesin diesel atau bensin.
dan populasinya makin bnyk.
apalagi klo mesinnya diesel atau bensin turbo,
itu khusus hrs pake oli mesin bensin atau diesel turbo.
om...pls sebut contohnya..sy baru tau..
menarik ini
Contoh Khusus bensin:
- PTT 5w30 API SP / GF6
- PTT 0w20 API SP / GF6
- Amsoil OE 5w30 & 0w20 API SP / SN+
- Q8 Formula D1 FE 0w20 (Dex 1 Gen2)
- Q8 Formula D1 G2 5w30 (Dex 1 Gen2)
Contoh Khusus Diesel (dalam kondisi tertentu bisa buat bensin, tapi gak disarankan untuk jangka panjang, karena comply ke API SN):
- Amsoil Max Duty
- Amsoil Heavy Duty
- Q8 Formula T8700 / T8800 / Special G Dexos2
- PTT Dynamic super commonrail
Klo oli 2 dunia,
- ditandai dgn sertifikasi / comply ke spec: ACEA A5/B5/C2, API Sx/Cx, dsb
I think.. better pakai oli yg spesifik ajah, formula khusus yg sudah dimaksimalkan untuk kebutuhan diesel or bbm, apalagi mesin diesel modern berturbo.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
transmisi manual?
coba cara mengemudinya diperbaiki.
itu mesin twincam, dan mesin twincam di desain untuk RPM tinggi. kalau seneng main RPM bawah, ganti mesin disel.
matik om, ganti giginya metik di sekitaran 1800 trus drop ngelitik.
sekarang pake shell lcgc 0w-20
Seminggu sekali mobil dipakai di RPM tinggi ? misal RPM diatas 2500 dan dipanteng selama 3 sd 5 menit.
Pakai gigi 2 atau gigi 3 juga boleh ... mungkin di toll yah om
Pastikan waktu test oli masih dibawah 5 bulan dan dibawah 4rb KM. Mengingat oli yang om pakai bawaan beres yang kualitas pas2x an
hi om koboiy
Klo mobil matic agya/ayla, buat dalkot, bisa switch tuas ke posisi 2 ajah,
karena dia akan nahan gear hanya bisa pindah2 di Gear 1 & 2.
klo udah mulai kencang, pindah ke tuas D & O/D off (overdrive off),
jadi mentok hanya sampai gear 3.
Setelah masuk tol dan untuk cruising,
baru O/D On (overdrive on)
memang bawanya jd semi manual, cuman ini cara yg ok untuk minimalisir carb fouling dan carb build-up.
BBM minimal pk pertamax yah.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
koboiy wrote: Thu May 27, 2021 1:15
om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.
kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali
apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.
kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.
saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN
makasih
Jangan2 mesin kepanasan
Radiator calya sigra itu kecil bgt soalnya
Sirion ane jg ngelitik ga hilang2. Mau pake oli atau bbm apapun tetap ngelitik
Curiga mesin kepanasan soalnya radiator imut amat
Ntar coba kuras radiator pake TMO ah soalnya di ilang hilang ngelitiknya
Pengalaman dulu punya mobil ngelitik bgt. Mau pake bbm 95 tetap ngelitik. RON 98 aja masih agak ngelitik
Mau pake oli apa aja tetap ngelitik
Trus coba kuras radiator pake TMO kok hilang ngelitiknya
Mobilnya ipah 2012 sama swift 2012
koboiy wrote: Thu May 27, 2021 1:15
om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.
kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali
apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.
kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.
saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN
makasih
Jangan2 mesin kepanasan
Radiator calya sigra itu kecil bgt soalnya
Sirion ane jg ngelitik ga hilang2. Mau pake oli atau bbm apapun tetap ngelitik
Curiga mesin kepanasan soalnya radiator imut amat
Ntar coba kuras radiator pake TMO ah soalnya di ilang hilang ngelitiknya
Pengalaman dulu punya mobil ngelitik bgt. Mau pake bbm 95 tetap ngelitik. RON 98 aja masih agak ngelitik
Mau pake oli apa aja tetap ngelitik
Trus coba kuras radiator pake TMO kok hilang ngelitiknya
Mobilnya ipah 2012 sama swift 2012
Om .... kan mbah bebonk dah sering bersabda, apapun mobilnya F*D oil/coolant adalah koentji ....
koboiy wrote: Thu May 27, 2021 1:15
om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.
kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali
apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.
kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.
saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN
makasih
Jangan2 mesin kepanasan
Radiator calya sigra itu kecil bgt soalnya
Sirion ane jg ngelitik ga hilang2. Mau pake oli atau bbm apapun tetap ngelitik
Curiga mesin kepanasan soalnya radiator imut amat
Ntar coba kuras radiator pake TMO ah soalnya di ilang hilang ngelitiknya
Pengalaman dulu punya mobil ngelitik bgt. Mau pake bbm 95 tetap ngelitik. RON 98 aja masih agak ngelitik
Mau pake oli apa aja tetap ngelitik
Trus coba kuras radiator pake TMO kok hilang ngelitiknya
Mobilnya ipah 2012 sama swift 2012
koboiy wrote: Thu May 27, 2021 1:15
om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.
kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali
apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.
kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.
saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN
makasih
Jangan2 mesin kepanasan
Radiator calya sigra itu kecil bgt soalnya
Sirion ane jg ngelitik ga hilang2. Mau pake oli atau bbm apapun tetap ngelitik
Curiga mesin kepanasan soalnya radiator imut amat
Ntar coba kuras radiator pake TMO ah soalnya di ilang hilang ngelitiknya
Pengalaman dulu punya mobil ngelitik bgt. Mau pake bbm 95 tetap ngelitik. RON 98 aja masih agak ngelitik
Mau pake oli apa aja tetap ngelitik
Trus coba kuras radiator pake TMO kok hilang ngelitiknya
Mobilnya ipah 2012 sama swift 2012
Jambangan wrote: Thu May 27, 2021 6:24
Jangan2 mesin kepanasan
Radiator calya sigra itu kecil bgt soalnya
Sirion ane jg ngelitik ga hilang2. Mau pake oli atau bbm apapun tetap ngelitik
Curiga mesin kepanasan soalnya radiator imut amat
Ntar coba kuras radiator pake TMO ah soalnya di ilang hilang ngelitiknya
Pengalaman dulu punya mobil ngelitik bgt. Mau pake bbm 95 tetap ngelitik. RON 98 aja masih agak ngelitik
Mau pake oli apa aja tetap ngelitik
Trus coba kuras radiator pake TMO kok hilang ngelitiknya
Mobilnya ipah 2012 sama swift 2012
koboiy wrote: Thu May 27, 2021 1:15
om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.
kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali
apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.
kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.
saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN
makasih
Jangan2 mesin kepanasan
Radiator calya sigra itu kecil bgt soalnya
Sirion ane jg ngelitik ga hilang2. Mau pake oli atau bbm apapun tetap ngelitik
Curiga mesin kepanasan soalnya radiator imut amat
Ntar coba kuras radiator pake TMO ah soalnya di ilang hilang ngelitiknya
Pengalaman dulu punya mobil ngelitik bgt. Mau pake bbm 95 tetap ngelitik. RON 98 aja masih agak ngelitik
Mau pake oli apa aja tetap ngelitik
Trus coba kuras radiator pake TMO kok hilang ngelitiknya
Mobilnya ipah 2012 sama swift 2012
dari jaman K3 non vvti, 2NR yg enjin blok versi besi cor, ampe the mighty resing 1KR-GTE.. pasti glitik2
Setuju, 3sz saya dr baru sampe skrg 110 rb km selalu ngelitik halus di rpm 2000 - 2300 kalo injek gas santai, kalo bejek malah ga ada sama sekali. Pas pake 0w-20 makin kenceng suara ngelitiknya pdhl AMS SS
Seminggu sekali mobil dipakai di RPM tinggi ? misal RPM diatas 2500 dan dipanteng selama 3 sd 5 menit.
Pakai gigi 2 atau gigi 3 juga boleh ... mungkin di toll yah om
Pastikan waktu test oli masih dibawah 5 bulan dan dibawah 4rb KM. Mengingat oli yang om pakai bawaan beres yang kualitas pas2x an
noted om
Jangan2 mesin kepanasan
Radiator calya sigra itu kecil bgt soalnya
Sirion ane jg ngelitik ga hilang2. Mau pake oli atau bbm apapun tetap ngelitik
Curiga mesin kepanasan soalnya radiator imut amat
Ntar coba kuras radiator pake TMO ah soalnya di ilang hilang ngelitiknya
Pengalaman dulu punya mobil ngelitik bgt. Mau pake bbm 95 tetap ngelitik. RON 98 aja masih agak ngelitik
Mau pake oli apa aja tetap ngelitik
Trus coba kuras radiator pake TMO kok hilang ngelitiknya
Mobilnya ipah 2012 sama swift 2012
kemrin sempet baca entah dari search engine SM atau grup FB ada yg abis ganti coolant Ams*il bisa turun dr suhu coolant di OBD max 100 derajat, turun jadi 96 derajat maximum, rencana mau coba juga kuras radiatornya. emang ini Ayla kalo abis jalan buka kap aja tangan kepanasan megang besi penyangganya. beda ama dulu jaman bawa crv / innova abis jalan buka kap cuman anget2 doank
hi om koboiy
Klo mobil matic agya/ayla, buat dalkot, bisa switch tuas ke posisi 2 ajah,
karena dia akan nahan gear hanya bisa pindah2 di Gear 1 & 2.
klo udah mulai kencang, pindah ke tuas D & O/D off (overdrive off),
jadi mentok hanya sampai gear 3.
Setelah masuk tol dan untuk cruising,
baru O/D On (overdrive on)
memang bawanya jd semi manual, cuman ini cara yg ok untuk minimalisir carb fouling dan carb build-up.
BBM minimal pk pertamax yah.
hi om, kalo dalkot saya bawa pake di D3 juga masi ngelitik , nanti saya coba masukin ke 2
Haa iya mbah marmut, saya juga penasaran dengan teks aslinya seperti apa
Ditunggu penampakan bukman nya om @koboiy
kliatan ga oum gambarnya
gmn cara upload paling gampang yak..
ngakak sih ini, hahaha atpmnya aja udah pasrah sama mesinnya
kok di manual book lipindut ga ditulis juga yaaa,"anda akan terus terusan mendengar suara knoking saat jalan, tidak perlu dirisaukan karena engine ini resing"
Last edited by fajarrian on Fri May 28, 2021 6:11, edited 1 time in total.