Saya gak bisa jamin ke konklusi apakah MObil merk tertentu akan aman pakai B30..B40...dst…benzz89 wrote: Sat May 08, 2021 6:252KD ane sih santuy aja Om G ama B berapa juga [emoji5]ginting wrote:gak usah takut B40...B60..B100...Yang penting bersih dan impurities gak banyak.benzz89 wrote: Sat May 08, 2021 3:41
On the way to B40 to B100...
Ntah apa jadinya nanti mesin2 diesel "modern" dicekokin bio solar B40 - B100
kasih additive aja untuk mengikat air yg mungkin tinggi di bio.
Jd oke nih yah bio solar B30 - B100 dicekokin ke Santa fe / Palisade? Yg penting kasih additive aja gitu cukup yah Om G?
tapi point saya adalah ini bukan masalah Bio-based fule, atau Petrol-based fuel.
selama ini ada kesan bahwa kalau ada "Bio" nya jadi agak ngeri ngeri gimana gituh..
yang harus lebih ditakuti itu adalah kadar asam yg dibawa zat seperti sulfur, kadar impurities, carbon yg dihasilkan, air, dll
saya juga noted kok bahwa di internet dan di SM juga ada disebut bahwa Bio itu lebih rawan jadi agak koagulan (lendir) kalau lama ngendap di tangka..
saran saya sih, cek aja info sampai batas mana pabrikan mampu mentolerir kondisi BBM untuk mesin dimaksud.
iya, itu ada di channel oom Faiz (proolevo) saat wawancara ama oom HIkmat Ginanjar alias Ki Gentong Pamungkas.ricz wrote: Sat May 08, 2021 5:41
Bener om, tergantung kualitas solar juga, dan mesin captiva ini juga ga seberapa kuat diisi bio solar sih. Uda banyak kejadian mesin ini jebol krn diisi bio solar + perawatannya ala kadarnyawell wrote: Wed May 05, 2021 2:33ya, kalau ane pernah liat2 di youtube salah satu pemilik bengkel khusus captiva dan santa fee yg tahun agak lama, dia masih "memperbolehkan" captiva minum bio asal ganti filter 5000KM dan oli pakai yg full syntetic khusus diesel yg bukan kaleng2an.ricz wrote: Wed May 05, 2021 1:38 kalo denger orang-orang yang pake captiva, mereka sih pake biosolar dgn catatan filter solar wajib hukumnya ganti per 5000 km, ngisinya di spbu yang perputaran biosolarnya kenceng, ama service rutin wajib per 5000km dgn oli full synthetic...
secara captiva modelan mesinnya gw liat mirip2 dgn santafe n palisade ini, cc kecil power outputnya gede... dan nubie juga pernah liat di youtube mas ridwan hanif, beliau pake brq + biosolar di santafe lamanya dan menurut beliau so far so good, gatau longterm review tuh mobil gimana![]()
![]()
kalo pengen pake biosolar di palisade, coba konsultasi ama dilernya, klausul garansinya gimana kalo pake biosolar. soalnya ada beberapa pabrikan yang auto void garansi kalo ketahuan ada problem disebabkan krn owner mobil ngisi bbm dibawah requirement mereka...
kalo udah tanya dan bisa, silahkan dicoba om...![]()
Nah, cm kebenarannya seberapa benar masih belum tahu
setahu saya, julukan Ki Gentong Pamungkas itu adalah karena dia udah "ahli" untuk urusan penyakit Captiva yang "gentong" yaitu liner terkikis ama ring piston gegara oli cepet diluted dihajar oleh sulfur tinggi.
mana pakai oli spek pabrikan amrik yang gak menyesuaikan dengan "kearifan local" ala situasi di +62 ini



saya sih bervariasi oom...sintoni wrote: Sat May 08, 2021 7:44Si Muks ms full bio kah om G?ginting wrote: Sat May 08, 2021 5:02gak usah takut B40...B60..B100...Yang penting bersih dan impurities gak banyak.benzz89 wrote: Sat May 08, 2021 3:41 On the way to B40 to B100...
Ntah apa jadinya nanti mesin2 diesel "modern" dicekokin bio solar B40 - B100
kasih additive aja untuk mengikat air yg mungkin tinggi di bio.
Aditif pake apa? Sudah jalan berapa km?
kira2 70% dari pemakaian, saya pakai full Biosolar, karena cuma dalam kota aja…toh gak bisa ngebut juga..speed cuma 40-80 kmpj aja..
30% lagi saya oplos biasanya Rp. 200,000 DEx, lalu sisanya pakai Biosolar…biasanya buat Bio habis 150 - 200 ribuan...
jadi total sekali ngisi itu antara 45-50 liter. (karena 'kan gak sampai kosong dulu baru ngisi)..
trus, kalau racun saya sekarang pakai Amsoil, beli seharga Rp. 190,000
dulu pernah juga pakai PSDK dan Redline.
Oli sekarang ini saya pakai PTT gold long drain, saya beli di oom Halim...harga gak mahal..
kalau sebelumnya, saya pakai Delvac di Astra Isuzu kena 220,000 / liter x 7 liter tapi gak papa daripada IAGO yg rp 70,000 per liter menurut saya kurang enak.
PTT ini menurut saya enak tarikannya, tapi setelah 5000 km sudah ada penguapan. hal itu terasa saat saya bawa mudik ke Aceh pada libur Natal dan Tahun Baru lalu.
Cocoklah ini sebagai alternative "jurus" penghematan.
Filter Oli, filter solar sih tinggal beli aja yang buata Astra Isuzu, seharga Rp. 60,000,- wkwkw
kalau Thailand made harganya Rp. 260,000,-