
Berapa suhu udara yg ideal masuk ke mesin?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Berapa suhu udara yg ideal masuk ke mesin?
Kira-kira berapa suhu udara yang bagus buat mesin, kan banyak tuh produk aftermarket spt cold air injection, bahkan ada juga yang pake alkohol untuk mendinginkan udara yang masuk, 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
udara panas itu memuai. volume relatif ketika berada di luar mesin dan ketika sudah ada di dalam cilinder kurang dari ideal yang diperlukan untuk ratio udara dan bahan bakar. sedangkan Udara dingin lebih mudah di kompres. lebih banyak udara berarti lebih banyak oksigen.
kalo buat pastinya sih gak tau yah, tapi bisa dikira2 dari suhu kerja mesin. ketika sudah dikompres, atawa siap untuk pembakaran, apakah dengan suhu tersebut busi mampu bekerja dan menimbulkan pembakaran?
ada hukumnya gimana gitu, mengenai Fisika Termo. bisa diketahui berapa suhu ideal dengan menggunakan rumus. sayangnya gw gak ngerti, hahaha.
kalo buat pastinya sih gak tau yah, tapi bisa dikira2 dari suhu kerja mesin. ketika sudah dikompres, atawa siap untuk pembakaran, apakah dengan suhu tersebut busi mampu bekerja dan menimbulkan pembakaran?
ada hukumnya gimana gitu, mengenai Fisika Termo. bisa diketahui berapa suhu ideal dengan menggunakan rumus. sayangnya gw gak ngerti, hahaha.
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Topik bagus nih.
Berapa suhu udara ideal untuk pembakaran optimal bbm oktan 88 di kompresi 1:8, or oktan 92 saat kompresi 1:9 ..?
dan
Berapa suhu mesin ideal untuk pembakaran optimal bbm oktan 88 di kompresi 1:8, or oktan 92 saat kompresi 1:9
Sama aja atau idealnya harus beda..?
Sorry, nggak bisa bantu jawab tapi at least ikut bantu nanya... ha..ha..ha..
Yg sering salah interpretasi (IMHO, CMIIW), udara dingin akan membuat lebih efisiensi. Padahal yg bener, udara dingin akan menambah performa mesin. Begitu sensor mendeteksi udara dingin (oksigen lebih banyak) dia akan kasih instruksi agar bbm disemprot lebih banyak. Kaki kita akan merasa tarikan lebih ringan di RPM yg sama, padahal saat yg sama BBM yg dihabiskan lebih banyak untuk RPM yg sama.
Dgn kata lain, fungsi Turbo dan Intercooler itu untuk menambah performa, bukan efisensi. Again, CMIIW.
Berapa suhu udara ideal untuk pembakaran optimal bbm oktan 88 di kompresi 1:8, or oktan 92 saat kompresi 1:9 ..?
dan
Berapa suhu mesin ideal untuk pembakaran optimal bbm oktan 88 di kompresi 1:8, or oktan 92 saat kompresi 1:9
Sama aja atau idealnya harus beda..?
Sorry, nggak bisa bantu jawab tapi at least ikut bantu nanya... ha..ha..ha..
Yg sering salah interpretasi (IMHO, CMIIW), udara dingin akan membuat lebih efisiensi. Padahal yg bener, udara dingin akan menambah performa mesin. Begitu sensor mendeteksi udara dingin (oksigen lebih banyak) dia akan kasih instruksi agar bbm disemprot lebih banyak. Kaki kita akan merasa tarikan lebih ringan di RPM yg sama, padahal saat yg sama BBM yg dihabiskan lebih banyak untuk RPM yg sama.
Dgn kata lain, fungsi Turbo dan Intercooler itu untuk menambah performa, bukan efisensi. Again, CMIIW.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
"salah kamar" kali?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
oh ya, satu lagi, kan campuran bbm + udara yang mudah terbakar itu pda suhu yang tinggi, nah, berarti makin tinggi compression rationya makin tinggi suhunya, so udara dingin + bbm tadi harusnya dipake pada mesin high comp biar pembakarannya optimal, apakah bgt?
ada gak kira2 compression tester seklian buat ngukur suhu ruang bakar pas distater (tentunya saat mesin mati)!
ada gak kira2 compression tester seklian buat ngukur suhu ruang bakar pas distater (tentunya saat mesin mati)!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
- Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN
Pantasnya polingnya begitu
1. DAVINA kalo lagi hot 33 derajat
2. DIAN SASTRO kalo lagi dingin2 empuk 22 derajat
3. JULIA kalo lagi orgasm >100 derajat
gitu baru cocck.

1. DAVINA kalo lagi hot 33 derajat
2. DIAN SASTRO kalo lagi dingin2 empuk 22 derajat
3. JULIA kalo lagi orgasm >100 derajat
gitu baru cocck.





Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Dua permasalahan yang mesti diperhatikan, jika udara masuk terlalu dingin maka bantuan penguapan bbm yang disemburkan jadi berkurang, jika terlalu panas pun maka efisiensi mesin jadi berkurang ... yang penting efisiensi mesinnya dijaga cukup memadai dengan digunakannya sensor-sensor ITS (Intake Temperature Sensor), MAF (Mass Air Flow - Sensor) dan MAP (Manifold Absolute Pressure) ... itu semua yang akan menjaga AFR (air Fuel Ratio) yang ideal untuk setiap perputaran mesin (RPM).

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Pak Penyu slamat pulang kembali ke Seraya.... Memang topik ini kayaknya masih menimbulkan rasa penasaran, karena Cold Air Intake itu kayaknya perlu.... Ada yang bikin dengan Peltier atau apa gitu yang bisa mendinginkan udara yang dihisap mesin...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Kalau dilihat dari proses fisiknya ... gerakan udara itu berdasarkan pada perbedaan tekanan (dari tekanan yang tinggi ke tekanan yang rendah) ... maka penempatan moncong (lubang) CAI mestilah pada tempatnya ... jika salah tempat akan menjadikan power berkurang akibat berkurangnya Efisiensi Volumetrik.JESKONENG wrote:Pak Penyu slamat pulang kembali ke Seraya.... Memang topik ini kayaknya masih menimbulkan rasa penasaran, karena Cold Air Intake itu kayaknya perlu.... Ada yang bikin dengan Peltier atau apa gitu yang bisa mendinginkan udara yang dihisap mesin...
Tekanan udara normal terbesar apabila udara dalam keadaan diam (tekanan statis) ... jika udah bergerak maka tekanan statis ini berkurang. Pengurangan tekanan statis ini berubah bentuk menjadi tekanan dinamis ... yang oleh Bernoulli dipostulasikan ... Jumlah Tekanan Statis dengan Tekanan Dinamis adalah tetap (konstan) -----> Ps + Pd = C -----> Ps + (1/2) Rho V*V = C.
Ps = Tekanan Statis
Rho = Densitas (kerapatan) udara
V = Kecepatan Udara bergerak
Jika udara dalam keadaan diam (tidak begerak) ... maka V = 0 ------> Ps akan menjadi maksimum (tekanan atmosfer) ... yang pada permukaan laut berharga 1 atm ~ 1 bar ~ 14.7 psi.
Ini berarti Lubang (moncong) CAI mestilah ditempatkan disekitar tempat bagian depan boil dimana tekanan statisnya terbesar ... yang sering disebut dengan stagnation point ... biasanya ini berada disekitar BUMPER Boil ... kebawah dikit.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
