saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Apr 24, 2021 19:57
saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
Suhu2, mau minta pendapatnya untuk first car.
Sama menkeu sepakat buat cari SUV biar lega, terutama karena tinggi saya 180cm. Awalnya tertarik dengan Ford Ecosport Titanium 2015 karena harganya miring, dulu pernah naik dan rasanya lebih nyaman dibanding Avanza/Rush dan sejenisnya. Tapi setelah baca2 review-nya, kayaknya banyak banget masalahnya jadi dicoret dari list.
Setelah itu sempat tertarik BRV prestige 2017/Terios facelift 2018, tapi setelah lihat2 dengan price point cash yang mirip2, akhirnya jatuh hati dengan CX5 2013 yang Touring atau GT (selisih 20-30jt), jadi tertarik CX5 karena ganteng banget dan kayaknya reliable dan nyaman banget dengan fitur berlimpah.
Tapi mengingat udah agak berumur, jadi agak galau juga. Rencana mau pakai 6-7 tahun ke depan. Mau minta saran2 dari suhu apakah dengan kisaran harga cash 180-200jt ada rekomendasi selain CX5 2013 yang value/money-nya lebih oke?
Selain itu, tadi waktu nyoba2 CX5 di bursa mobil, sempat lihat Mazda 2 2013 juga dengan harga cash cuma 110jt. Sempat kepikiran juga karena kecil mungkin lebih mudah buat menkeu pakai. Jadi kepikiran apakah selisih 80-90jt akan justified untuk pilih CX5 dibanding Mazda 2, terutama karena lagi pandemi ini bakal lebih banyak di parkiran. Apakah lebih wise ambil Mazda 2 2013 dulu dan baru ganti CX5 tahun lebih muda setelah pandemi? Atau kalau ada rekomendasi hatchback dengan kisaran harga segitu buat alternatif, juga boleh biar tambah galau
Kriterianya & karakter pemakaian ane:
- selama PSBB weekdays hanya sekali2 kalau lagi perlu ke kantor (+-25km pp), lebih banyak dipakai weekend untuk dalkot atau sekitaran jabodetabek
- setelah pandemi akan jadi daily car ngantor
- dipakai jarak sedang 500km pp beberapa bulan sekali
- 70% akan dipakai berdua sama menkeu
- akan dipakai menkeu juga sekali2
- harus reliable
- keamanan penting, minimal banget ABS + dual airbag
- bisa dipakai nyaman 6-7 tahun kedepan
- range harga cash max 200jt untuk SUV, 100-130jt untuk hatchback (no LCGC)
- resale value setelah 6-7 tahun masih reasonable
- interior cantik nilai plus
Thanks untuk sarannya suhu2
Sama menkeu sepakat buat cari SUV biar lega, terutama karena tinggi saya 180cm. Awalnya tertarik dengan Ford Ecosport Titanium 2015 karena harganya miring, dulu pernah naik dan rasanya lebih nyaman dibanding Avanza/Rush dan sejenisnya. Tapi setelah baca2 review-nya, kayaknya banyak banget masalahnya jadi dicoret dari list.
Setelah itu sempat tertarik BRV prestige 2017/Terios facelift 2018, tapi setelah lihat2 dengan price point cash yang mirip2, akhirnya jatuh hati dengan CX5 2013 yang Touring atau GT (selisih 20-30jt), jadi tertarik CX5 karena ganteng banget dan kayaknya reliable dan nyaman banget dengan fitur berlimpah.
Tapi mengingat udah agak berumur, jadi agak galau juga. Rencana mau pakai 6-7 tahun ke depan. Mau minta saran2 dari suhu apakah dengan kisaran harga cash 180-200jt ada rekomendasi selain CX5 2013 yang value/money-nya lebih oke?
Selain itu, tadi waktu nyoba2 CX5 di bursa mobil, sempat lihat Mazda 2 2013 juga dengan harga cash cuma 110jt. Sempat kepikiran juga karena kecil mungkin lebih mudah buat menkeu pakai. Jadi kepikiran apakah selisih 80-90jt akan justified untuk pilih CX5 dibanding Mazda 2, terutama karena lagi pandemi ini bakal lebih banyak di parkiran. Apakah lebih wise ambil Mazda 2 2013 dulu dan baru ganti CX5 tahun lebih muda setelah pandemi? Atau kalau ada rekomendasi hatchback dengan kisaran harga segitu buat alternatif, juga boleh biar tambah galau
Kriterianya & karakter pemakaian ane:
- selama PSBB weekdays hanya sekali2 kalau lagi perlu ke kantor (+-25km pp), lebih banyak dipakai weekend untuk dalkot atau sekitaran jabodetabek
- setelah pandemi akan jadi daily car ngantor
- dipakai jarak sedang 500km pp beberapa bulan sekali
- 70% akan dipakai berdua sama menkeu
- akan dipakai menkeu juga sekali2
- harus reliable
- keamanan penting, minimal banget ABS + dual airbag
- bisa dipakai nyaman 6-7 tahun kedepan
- range harga cash max 200jt untuk SUV, 100-130jt untuk hatchback (no LCGC)
- resale value setelah 6-7 tahun masih reasonable
- interior cantik nilai plus
Thanks untuk sarannya suhu2
-
- SM Moderator
- Posts: 1259
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
Saran lain Honda CR-V atau Jazz.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
Ampe ad yg nyaranin inofa, kijang, d4d, gnki, anki, 2gd
Minta d konciin d kamar sempit yg 4 dinding2ny ad stiker suzana lg mendelik gede2
Minta d konciin d kamar sempit yg 4 dinding2ny ad stiker suzana lg mendelik gede2
numpang lewat aja....
-
- SM Moderator
- Posts: 1259
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
Kalau Fortuner boleh gak mbah... yg 2TR taon 2012/13 dapet kali yah?
Reliable 7-10 taon lagi juga masih ayo aja, depresiasi sudah anteng, rusak dimana aja bisa benerin, gagahnya dapet kalau cewe bawa lebih berasa aman, kaki2 badak, jual lagi gak sesusah CX-5 harusnya (toyota gitu loh), banjir hajar, jalan rusak hajar. Cocok buat yang tingginya 180 cm.
Paling rada boyo, boros & safety nya aja yang kurang, sisanya aman & peace of mind. Kalau ada apa2 tinggal PM Om kelp aka DOCH ahlinya 2TR sudah 15 taon, tinggal merem juga sudah tau rusaknya apa aja [emoji1]
Reliable 7-10 taon lagi juga masih ayo aja, depresiasi sudah anteng, rusak dimana aja bisa benerin, gagahnya dapet kalau cewe bawa lebih berasa aman, kaki2 badak, jual lagi gak sesusah CX-5 harusnya (toyota gitu loh), banjir hajar, jalan rusak hajar. Cocok buat yang tingginya 180 cm.
Paling rada boyo, boros & safety nya aja yang kurang, sisanya aman & peace of mind. Kalau ada apa2 tinggal PM Om kelp aka DOCH ahlinya 2TR sudah 15 taon, tinggal merem juga sudah tau rusaknya apa aja [emoji1]
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
Santafe gapapa
Fortuner berarti minta diculik igun ama nasarbenzz89 wrote: ↑Sun Apr 25, 2021 5:15 Kalau Fortuner boleh gak mbah... yg 2TR taon 2012/13 dapet kali yah?
Reliable 7-10 taon lagi juga masih ayo aja, depresiasi sudah anteng, rusak dimana aja bisa benerin, gagahnya dapet kalau cewe bawa lebih berasa aman, kaki2 badak, jual lagi gak sesusah CX-5 harusnya (toyota gitu loh), banjir hajar, jalan rusak hajar. Cocok buat yang tingginya 180 cm.
Paling rada boyo, boros & safety nya aja yang kurang, sisanya aman & peace of mind. Kalau ada apa2 tinggal PM Om kelp aka DOCH ahlinya 2TR sudah 15 taon, tinggal merem juga sudah tau rusaknya apa aja [emoji1]
Krn pasti ntar kuar kaum mendang mending, ujung2nya inofa lagi inofa lagi
Btw, fortuner jangan mbah, kasian kl cewe yg bawa, kaya tenggelem gt ditelen dashboard, setir berat.. ntar tangan jd ber urat otot smua, ga imut2 alus lg
Last edited by DOHC on Sun Apr 25, 2021 5:38, edited 1 time in total.
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5707
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
Mau saranin Ipah eh ga boleh..
Bisa ngelirik Pajero Sport Eksit aja lah, dapat taun 2011 mungkin ya.
Bisa ngelirik Pajero Sport Eksit aja lah, dapat taun 2011 mungkin ya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
Kalau diculik ama Anya & Renata ane mau dong om... mengajukan diri nih, mau diculik selama2nya juga boleh [emoji5]DOHC wrote:Santafe gapapa
Fortuner berarti minta diculik igun ama nasarbenzz89 wrote: ↑Sun Apr 25, 2021 5:15 Kalau Fortuner boleh gak mbah... yg 2TR taon 2012/13 dapet kali yah?
Reliable 7-10 taon lagi juga masih ayo aja, depresiasi sudah anteng, rusak dimana aja bisa benerin, gagahnya dapet kalau cewe bawa lebih berasa aman, kaki2 badak, jual lagi gak sesusah CX-5 harusnya (toyota gitu loh), banjir hajar, jalan rusak hajar. Cocok buat yang tingginya 180 cm.
Paling rada boyo, boros & safety nya aja yang kurang, sisanya aman & peace of mind. Kalau ada apa2 tinggal PM Om kelp aka DOCH ahlinya 2TR sudah 15 taon, tinggal merem juga sudah tau rusaknya apa aja [emoji1]
Krn pasti ntar kuar kaum mendang mending, ujung2nya inofa lagi inofa lagi
Btw, fortuner jangan mbah, kasian kl cewe yg bawa, kaya tenggelem gt ditelen dashboard, setir berat.. ntar tangan jd ber urat otot smua, ga imut2 alus lg
Ya sudah kalau begitu Pajero Sport 3.0 V6 aja deh taon 2013 ada tuh yang buka harga 219 nego... rare item tuh
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Apr 24, 2021 19:57
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
makasih om2 saran dan masukannya
Sempat disaranin temen ambil HR-V tahun 2015, tapi sepertinya dengan harga lebih tinggi dari CX-5, value/money-nya masih kalah ya. Kekedapan kabin juga saya rasain masih agak banyak suara bocor dari luar.
Jadi sejauh ini kayaknya masih leaning ke CX-5 2013, lagi cari2 unit yang cocok. Kira2 versi 2.0 dan 2.5 driving experiencenya akan signifikan jauhnya?
Kira2 dalam 6-7 tahun ke depan fast moving & slow moving item-nya akan sulit dicari gak ya suhu2 sekalian? Kalau masih bisa indent, mestinya masih acceptable, asal ga indent 3 bulan aja . Apakah ada hal2 tertentu yang harus diperhatikan kalau mau minang CX-5 2013? So far ane cari review, sepertinya belum ketemu particular issues di mobil ini ya, tapi takutnya missed sesuatu. Terima kasih.
Sama saya penasaran untuk suhu2 yg pernah pakai panoramic sunroof, apakah worth it atau justru bikin pusing untuk maintenance-nya? Apakah selama ini useful untuk pemakaian mostly di Jakarta?
CR-V kayaknya masih lebih tinggi yang tahun segitu ya om, selain itu kekedapan kabinnya waktu saya coba masih di bawah si CX-5. Jazz menarik juga, lagi mau coba lihat2 unit
Hyundai Santa Fe cakep juga ya om, tapi jauh di atas budget sepertinya
benzz89 wrote: ↑Sun Apr 25, 2021 5:15 Kalau Fortuner boleh gak mbah... yg 2TR taon 2012/13 dapet kali yah?
Reliable 7-10 taon lagi juga masih ayo aja, depresiasi sudah anteng, rusak dimana aja bisa benerin, gagahnya dapet kalau cewe bawa lebih berasa aman, kaki2 badak, jual lagi gak sesusah CX-5 harusnya (toyota gitu loh), banjir hajar, jalan rusak hajar. Cocok buat yang tingginya 180 cm.
Paling rada boyo, boros & safety nya aja yang kurang, sisanya aman & peace of mind. Kalau ada apa2 tinggal PM Om kelp aka DOCH ahlinya 2TR sudah 15 taon, tinggal merem juga sudah tau rusaknya apa aja [emoji1]
DOHC wrote: ↑Sun Apr 25, 2021 5:36
Santafe gapapa
Fortuner berarti minta diculik igun ama nasar
Krn pasti ntar kuar kaum mendang mending, ujung2nya inofa lagi inofa lagi
Btw, fortuner jangan mbah, kasian kl cewe yg bawa, kaya tenggelem gt ditelen dashboard, setir berat.. ntar tangan jd ber urat otot smua, ga imut2 alus lg
Fortuner sepertinya agak kegedean dan sejauh ini masih belum merasa butuh 7-seater.
Sempat disaranin temen ambil HR-V tahun 2015, tapi sepertinya dengan harga lebih tinggi dari CX-5, value/money-nya masih kalah ya. Kekedapan kabin juga saya rasain masih agak banyak suara bocor dari luar.
Jadi sejauh ini kayaknya masih leaning ke CX-5 2013, lagi cari2 unit yang cocok. Kira2 versi 2.0 dan 2.5 driving experiencenya akan signifikan jauhnya?
Kira2 dalam 6-7 tahun ke depan fast moving & slow moving item-nya akan sulit dicari gak ya suhu2 sekalian? Kalau masih bisa indent, mestinya masih acceptable, asal ga indent 3 bulan aja . Apakah ada hal2 tertentu yang harus diperhatikan kalau mau minang CX-5 2013? So far ane cari review, sepertinya belum ketemu particular issues di mobil ini ya, tapi takutnya missed sesuatu. Terima kasih.
Sama saya penasaran untuk suhu2 yg pernah pakai panoramic sunroof, apakah worth it atau justru bikin pusing untuk maintenance-nya? Apakah selama ini useful untuk pemakaian mostly di Jakarta?
Last edited by pianoblack on Sun Apr 25, 2021 6:39, edited 2 times in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1047
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
Kalo ane di posisi om TS, ane gak bakal beli seken krn rencana mo dipake 6-7 taun lagi, artinya sampe 2027-2028. Sekuat2nya mobil & sehalus2nya nyetir, sparepart (khususnya yg dari plastik & karet) pasti ada mulai minta ganti setelah umur mobil 8 tahun. Itu sebabnya juga umur ekonomis mobil biasanya dipatok 8 taunan. Makanya ane gak nyaranin beli seken klo syarat masa pakai ini mutlak.pianoblack wrote: ↑Sat Apr 24, 2021 20:42 Kriterianya & karakter pemakaian ane:
- selama PSBB weekdays hanya sekali2 kalau lagi perlu ke kantor (+-25km pp), lebih banyak dipakai weekend untuk dalkot atau sekitaran jabodetabek
- setelah pandemi akan jadi daily car ngantor
- dipakai jarak sedang 500km pp beberapa bulan sekali
- 70% akan dipakai berdua sama menkeu
- akan dipakai menkeu juga sekali2
- harus reliable
- keamanan penting, minimal banget ABS + dual airbag
- bisa dipakai nyaman 6-7 tahun kedepan
- range harga cash max 200jt untuk SUV, 100-130jt untuk hatchback (no LCGC)
- resale value setelah 6-7 tahun masih reasonable
- interior cantik nilai plus
Kalo emang masih bisa ditunda, tunda aja dulu om sambil nabung lagi biar bisa angkut yg baru, misalnya ertiga/ ertiga sport/ xl7/ xpander/ livina. Ane kasih pilihan 3 baris semua krn percayalah, buat mobil pertama akan sangat memudahkan kalo punya 3 baris meskipun jarang kepake baris ketiganya.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
Ga bole donk, kan bosen itu2 mulu
Skali2 misalnya isusu penter, nisan grenlivina gt
Btw, kl kriteria ts, ga minat all new terios X, yg manual baru gress kayanya ud dpt dbawah 200 malah.. body cakep, idung pesek, body ga lebar2 amat, setir enteng, 7 seater, jaminan pasti awet belasan taon kedepan, abs ada, airbag 2 biji ada
numpang lewat aja....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Tue Apr 06, 2021 2:58
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
Harga 170-200jt dapat CX5 GT sktr tahun 2013 berarti sdh berumur sktr 8 tahun. Jadi harus disiapkan dana utk perbaikan & balik nama diluar harga mobilnya.
Ambil mobil yg lbh premium dibandingkan LMPV/LSUV sdh pasti lbh nyaman, lbh banyak fitur & lbh fun to drive. Tapi konsekuensinya ada di biaya2 yg akan dikeluarkan selanjutnya. Jd bisa jadi harga unitnya saja sama antara mazda CX 5 2013 dgn Xpander 2018 misalnya, tapi total owning cost nya utk 5 thn kedepan akan jauh berbeda. Perbedaan TOC seperti:
1. Biaya perawatan rutin CX5 sdh pasti lbh mahal dibandingkan LMPV
2. Slow moving parts juga akan banyak yg sdh harus diganti menginat usia sdh 8 thn & km sdh lumayan tinggi.
3. CX 5 punya fitur yg lbh tp konsekuensinya komponen electrical & sensor2 jg lbh banyak & ini juga pengaruh ke biaya perawatan jk harus diganti.
4. Pajak tahunan lbh mahal.
5. Ban, aki dsb yg hrs diganti rutin jg lbh mahal.
Tapi kalau sdh siap dgn TOC yg lbh mahal go ahead ambil mobil yg lbh premium. Drpd beli LMPV tapi setiap lihat CX5 di jalan kepikiran terus, kalau ada dana lebih ga ada salahnya punya mobil impian.
Satu lagi soal reliability, ambil LMPV atau innova dgn thn lbh muda sdh pasti lbh reliable. Mobil operasional perusahaan di kalimantan pakai innova, setahun jalan 100k+ lewat jalan aspal & jalan tanah. Skrg sdh lbh dr 3 thn masih oke2 saja. Pengalaman saya dulu pernah punya avanza (pemakaian dlm kota saja) ga pernah masuk bengkel selain perawatan rutin.
Ambil mobil yg lbh premium dibandingkan LMPV/LSUV sdh pasti lbh nyaman, lbh banyak fitur & lbh fun to drive. Tapi konsekuensinya ada di biaya2 yg akan dikeluarkan selanjutnya. Jd bisa jadi harga unitnya saja sama antara mazda CX 5 2013 dgn Xpander 2018 misalnya, tapi total owning cost nya utk 5 thn kedepan akan jauh berbeda. Perbedaan TOC seperti:
1. Biaya perawatan rutin CX5 sdh pasti lbh mahal dibandingkan LMPV
2. Slow moving parts juga akan banyak yg sdh harus diganti menginat usia sdh 8 thn & km sdh lumayan tinggi.
3. CX 5 punya fitur yg lbh tp konsekuensinya komponen electrical & sensor2 jg lbh banyak & ini juga pengaruh ke biaya perawatan jk harus diganti.
4. Pajak tahunan lbh mahal.
5. Ban, aki dsb yg hrs diganti rutin jg lbh mahal.
Tapi kalau sdh siap dgn TOC yg lbh mahal go ahead ambil mobil yg lbh premium. Drpd beli LMPV tapi setiap lihat CX5 di jalan kepikiran terus, kalau ada dana lebih ga ada salahnya punya mobil impian.
Satu lagi soal reliability, ambil LMPV atau innova dgn thn lbh muda sdh pasti lbh reliable. Mobil operasional perusahaan di kalimantan pakai innova, setahun jalan 100k+ lewat jalan aspal & jalan tanah. Skrg sdh lbh dr 3 thn masih oke2 saja. Pengalaman saya dulu pernah punya avanza (pemakaian dlm kota saja) ga pernah masuk bengkel selain perawatan rutin.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 568
- Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
pertanyaannya simple aja buat ts, sdh pernah rawat mobil tua ? klo sudah pernah dan siap bolak balik bengkel ya go ahead aja...kalo dana pas2an mending ambil baru atau mobil yang emang peruntukannya buat kerja keras...
krn mobil udah 8 taon pasti ada aja penyakitnya dan benerinnya jg ga murah krn sesuai kelas dia 400 jt an artinya dana benerin jg ga bohong dgn mobil lvl 100 jtan (new)
krn mobil udah 8 taon pasti ada aja penyakitnya dan benerinnya jg ga murah krn sesuai kelas dia 400 jt an artinya dana benerin jg ga bohong dgn mobil lvl 100 jtan (new)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1207
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
6. Ongkos taxi kalau indent partthompst wrote:Harga 170-200jt dapat CX5 GT sktr tahun 2013 berarti sdh berumur sktr 8 tahun. Jadi harus disiapkan dana utk perbaikan & balik nama diluar harga mobilnya.
Ambil mobil yg lbh premium dibandingkan LMPV/LSUV sdh pasti lbh nyaman, lbh banyak fitur & lbh fun to drive. Tapi konsekuensinya ada di biaya2 yg akan dikeluarkan selanjutnya. Jd bisa jadi harga unitnya saja sama antara mazda CX 5 2013 dgn Xpander 2018 misalnya, tapi total owning cost nya utk 5 thn kedepan akan jauh berbeda. Perbedaan TOC seperti:
1. Biaya perawatan rutin CX5 sdh pasti lbh mahal dibandingkan LMPV
2. Slow moving parts juga akan banyak yg sdh harus diganti menginat usia sdh 8 thn & km sdh lumayan tinggi.
3. CX 5 punya fitur yg lbh tp konsekuensinya komponen electrical & sensor2 jg lbh banyak & ini juga pengaruh ke biaya perawatan jk harus diganti.
4. Pajak tahunan lbh mahal.
5. Ban, aki dsb yg hrs diganti rutin jg lbh mahal.
Tapi kalau sdh siap dgn TOC yg lbh mahal go ahead ambil mobil yg lbh premium. Drpd beli LMPV tapi setiap lihat CX5 di jalan kepikiran terus, kalau ada dana lebih ga ada salahnya punya mobil impian.
Satu lagi soal reliability, ambil LMPV atau innova dgn thn lbh muda sdh pasti lbh reliable. Mobil operasional perusahaan di kalimantan pakai innova, setahun jalan 100k+ lewat jalan aspal & jalan tanah. Skrg sdh lbh dr 3 thn masih oke2 saja. Pengalaman saya dulu pernah punya avanza (pemakaian dlm kota saja) ga pernah masuk bengkel selain perawatan rutin.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
indent 3 bulan? hmm sepertinya sesuatu yg normal untuk ukuran Mazda punya slow moving parts.pianoblack wrote: ↑Sun Apr 25, 2021 6:11
Fortuner sepertinya agak kegedean dan sejauh ini masih belum merasa butuh 7-seater.
Sempat disaranin temen ambil HR-V tahun 2015, tapi sepertinya dengan harga lebih tinggi dari CX-5, value/money-nya masih kalah ya. Kekedapan kabin juga saya rasain masih agak banyak suara bocor dari luar.
Jadi sejauh ini kayaknya masih leaning ke CX-5 2013, lagi cari2 unit yang cocok. Kira2 versi 2.0 dan 2.5 driving experiencenya akan signifikan jauhnya?
Kira2 dalam 6-7 tahun ke depan fast moving & slow moving item-nya akan sulit dicari gak ya suhu2 sekalian? Kalau masih bisa indent, mestinya masih acceptable, asal ga indent 3 bulan aja . Apakah ada hal2 tertentu yang harus diperhatikan kalau mau minang CX-5 2013? So far ane cari review, sepertinya belum ketemu particular issues di mobil ini ya, tapi takutnya missed sesuatu. Terima kasih.
Sama saya penasaran untuk suhu2 yg pernah pakai panoramic sunroof, apakah worth it atau justru bikin pusing untuk maintenance-nya? Apakah selama ini useful untuk pemakaian mostly di Jakarta?
Saya indent gasket intake manifold 3 bulan, padahal hanya untuk seekor mazda 2
Kebetulan karena lg pengen ganti aja sekalian bersihin TB n intake manifold di salah satu mbah di mari, tapi kalau misalnya kudu indent 3 bulan karena ada yg sobek bushingnya ... hmm suseh juga buat sehari2
Particular issue, yang saya tahu ada TSB terkait:
1. bunyi jegluk2 karena bushing kecil di lower arm-nya bermasalah --> Sharing issue dengan mazda 6.
2. Strut bearing/shock bearing juga masalah untuk gen awal --> seandainya masalah, bisa pake Unifar punya. Di mazda 2 juga agak masalah tp ga ada TSB-nya, solusinya regrease yg banyak pake grease bagusan atau ganti merk pake Unifar.
https://static.nhtsa.gov/odi/tsbs/2017/ ... 7-9999.pdf --> bisa cek page 3 untuk mobil yg agan incer dr kode chassisnya, apakah masuk yg masalah
Kalau mau liat DIY Maintenance CX-5, liat youtube-nya Felix Dan aja. Menjelaskan diy maintenance-nya cukup jelas, n applicable ke lineup mazda series lainnya juga.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1431
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
Kalo enggak terburu2, inden T raize aja. Platform udh DNGA dan lebih sensible kl buat daily, apalagi mau pake 6-7 thn kedepan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 375
- Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
CX5 tergolong mobil yang worth it baik bekas maupun baru. Tahun segitu fiturnya sudah menyaingi/melebihi mobil yg dijual saat ini: ABS, EBD, BA, VSC, 6-airbag, Bose sound system apalagi sudah CBU rakitan Jepang. Perakitan Jepang sudah paling mantap dan juga merk Jepang tergolong reliable daripada merk Eropa.
Mesin CX5 juga masih naturally aspirated 2500cc jadi IMO masih aman untuk 10 tahun ke depan. Dan juga reliability rating merk Mazda sekarang juara satu berdasarkan tabloid terpercaya Consumer Reports:
1. Mazda - 83/100
2. Toyota - 74/100
3. Lexus - 71/100
https://driving.ca/mazda/auto-news/news ... er-reports
Jika ambil bekas, coba cari unit yang kondisinya bagus. Cek saja 4-5 iklan CX5 bekas terus disurvey satu persatu sekalian bawa teman yang mengerti mobil. Kemudian bandingkan diantara semua CX5 bekas kira2 mana yang kondisi mesin/interior/kaki/aki/ban paling prima.
Kalo bisa track record servis juga jelas walaupun servis di bengkel luar. Setidaknya owner memberi tahu kapan dan apa fast moving part yang sudah diganti. Sisihkan dana lebih untuk ganti oli transmisi, filter udara, filter AC, aki, ban jika owner-nya sama sekali belum ganti.
Happy hunting, segala usaha di atas akan terbayarkan karena CX5 tergolong mobil enak baik untuk pengemudi maupun penumpang. Mau lebih nyaman lagi di atas CX5 yg CBU Jepang harus ke Alphard/Lexus di mana harga barunya 1.3-1.5M.
Mesin CX5 juga masih naturally aspirated 2500cc jadi IMO masih aman untuk 10 tahun ke depan. Dan juga reliability rating merk Mazda sekarang juara satu berdasarkan tabloid terpercaya Consumer Reports:
1. Mazda - 83/100
2. Toyota - 74/100
3. Lexus - 71/100
https://driving.ca/mazda/auto-news/news ... er-reports
Jika ambil bekas, coba cari unit yang kondisinya bagus. Cek saja 4-5 iklan CX5 bekas terus disurvey satu persatu sekalian bawa teman yang mengerti mobil. Kemudian bandingkan diantara semua CX5 bekas kira2 mana yang kondisi mesin/interior/kaki/aki/ban paling prima.
Kalo bisa track record servis juga jelas walaupun servis di bengkel luar. Setidaknya owner memberi tahu kapan dan apa fast moving part yang sudah diganti. Sisihkan dana lebih untuk ganti oli transmisi, filter udara, filter AC, aki, ban jika owner-nya sama sekali belum ganti.
Happy hunting, segala usaha di atas akan terbayarkan karena CX5 tergolong mobil enak baik untuk pengemudi maupun penumpang. Mau lebih nyaman lagi di atas CX5 yg CBU Jepang harus ke Alphard/Lexus di mana harga barunya 1.3-1.5M.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
Raize atau Rocky cukupan
Pakai selama itu aman New
Apalagi yg pakai Cewek juga
Tinggal sesuaiin budget aja dah
mau trim yang apa nanti pas rilis
Pakai selama itu aman New
Apalagi yg pakai Cewek juga
Tinggal sesuaiin budget aja dah
mau trim yang apa nanti pas rilis
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 567
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
iya tuh bener,
inden raize atau rocky.
aman lagi ya terios x mt.
kemarin ada member sini dapat 195 baru gres.
inden raize atau rocky.
aman lagi ya terios x mt.
kemarin ada member sini dapat 195 baru gres.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 625
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
kalo buat duo terirush, kayaknya om TS bakal pegel2...
kan kata review2 di yutub dan di SM, itu jok ga suportif buat pengemudi yg tingginya lebih dari 170cm...
bakal cepet capek pundaknya..
saran saya: saya biasanya nyaranin inopa.. tp ga deh kalo skrg... bisa2 saya dihajar mbah DOHC....
kan kata review2 di yutub dan di SM, itu jok ga suportif buat pengemudi yg tingginya lebih dari 170cm...
bakal cepet capek pundaknya..
saran saya: saya biasanya nyaranin inopa.. tp ga deh kalo skrg... bisa2 saya dihajar mbah DOHC....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
Kalo mau SUV dan dipake 7 tahun lagi sih mending ambil tahun muda atau baru sekalian deh.
Maret kemarin saya juga di posisi TS, nyari mobil, pengganti Avanza S 2010 yang sudah 11 tahun, dengan budget mirip mirip TS 150-200 juta-an max
Pilihan antara Innova V bensin 2012-2013 atau LMPV/LSUV baru.
Pikir pikir lagi walau Innova tahan banting tapi udah umur 8 tahun, akhirnya nyari nyari LMPV/LSUV diskonan paling gede dan free PpnBM, dapat lah Terios X deluxe AT di 205 juta-an nett, yang safety feature nya sama dengan Innova V At 2012-2013.
SPK Maret pertengahan, tapi belum datang sih mobil nya sampe sekarang [emoji23] bisa 3 bulan indent nya.
Maret kemarin saya juga di posisi TS, nyari mobil, pengganti Avanza S 2010 yang sudah 11 tahun, dengan budget mirip mirip TS 150-200 juta-an max
Pilihan antara Innova V bensin 2012-2013 atau LMPV/LSUV baru.
Pikir pikir lagi walau Innova tahan banting tapi udah umur 8 tahun, akhirnya nyari nyari LMPV/LSUV diskonan paling gede dan free PpnBM, dapat lah Terios X deluxe AT di 205 juta-an nett, yang safety feature nya sama dengan Innova V At 2012-2013.
SPK Maret pertengahan, tapi belum datang sih mobil nya sampe sekarang [emoji23] bisa 3 bulan indent nya.
-
- SM Moderator
- Posts: 1259
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
Panoramic sunroof mungkin bagi yang pertama kali pakai sangat senang, tapi tetap aja gak bakalan kepakai di Indonesia. Pakai panoramic sunroof tidak sesenyap tanpa panoramic sunroof.pianoblack wrote: ↑Sun Apr 25, 2021 6:11 makasih om2 saran dan masukannya
CR-V kayaknya masih lebih tinggi yang tahun segitu ya om, selain itu kekedapan kabinnya waktu saya coba masih di bawah si CX-5. Jazz menarik juga, lagi mau coba lihat2 unit
Hyundai Santa Fe cakep juga ya om, tapi jauh di atas budget sepertinya
benzz89 wrote: ↑Sun Apr 25, 2021 5:15 Kalau Fortuner boleh gak mbah... yg 2TR taon 2012/13 dapet kali yah?
Reliable 7-10 taon lagi juga masih ayo aja, depresiasi sudah anteng, rusak dimana aja bisa benerin, gagahnya dapet kalau cewe bawa lebih berasa aman, kaki2 badak, jual lagi gak sesusah CX-5 harusnya (toyota gitu loh), banjir hajar, jalan rusak hajar. Cocok buat yang tingginya 180 cm.
Paling rada boyo, boros & safety nya aja yang kurang, sisanya aman & peace of mind. Kalau ada apa2 tinggal PM Om kelp aka DOCH ahlinya 2TR sudah 15 taon, tinggal merem juga sudah tau rusaknya apa aja [emoji1]DOHC wrote: ↑Sun Apr 25, 2021 5:36
Santafe gapapa
Fortuner berarti minta diculik igun ama nasar
Krn pasti ntar kuar kaum mendang mending, ujung2nya inofa lagi inofa lagi
Btw, fortuner jangan mbah, kasian kl cewe yg bawa, kaya tenggelem gt ditelen dashboard, setir berat.. ntar tangan jd ber urat otot smua, ga imut2 alus lgFortuner sepertinya agak kegedean dan sejauh ini masih belum merasa butuh 7-seater.
Sempat disaranin temen ambil HR-V tahun 2015, tapi sepertinya dengan harga lebih tinggi dari CX-5, value/money-nya masih kalah ya. Kekedapan kabin juga saya rasain masih agak banyak suara bocor dari luar.
Jadi sejauh ini kayaknya masih leaning ke CX-5 2013, lagi cari2 unit yang cocok. Kira2 versi 2.0 dan 2.5 driving experiencenya akan signifikan jauhnya?
Kira2 dalam 6-7 tahun ke depan fast moving & slow moving item-nya akan sulit dicari gak ya suhu2 sekalian? Kalau masih bisa indent, mestinya masih acceptable, asal ga indent 3 bulan aja . Apakah ada hal2 tertentu yang harus diperhatikan kalau mau minang CX-5 2013? So far ane cari review, sepertinya belum ketemu particular issues di mobil ini ya, tapi takutnya missed sesuatu. Terima kasih.
Sama saya penasaran untuk suhu2 yg pernah pakai panoramic sunroof, apakah worth it atau justru bikin pusing untuk maintenance-nya? Apakah selama ini useful untuk pemakaian mostly di Jakarta?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 760
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
Klo mau santafe tapi budgetnya mepet, ambil sodaranya si sorento aja. Harga kayaknya udah dpt dibawah 200 tuh. Ane jg lagi ngelirik2 sorento buat gantiin captiva istri ane
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Apr 24, 2021 19:57
Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)
makasih masukannya om, tapi cukup yakin ga akan pakai 3rd row sih, karena mostly cuma dipakai sendiri atau berdua sama pasangan. Untuk masa pakai sendiri sebenarnya ga mutlak harus 6-7 tahun, tapi pengennya sih kalau bisa awet, mungkin ga ganti dulu untuk sementara waktu. Sempat diskusi juga mungkin setelah 2-3 tahun kalo ada rezeki lebih ganti ke tahun yang lebih muda, tapi kalo bisa diusahakan masih enak dan masih nyaman dipakai dalam 6-7 tahunqushay20019 wrote: ↑Sun Apr 25, 2021 8:37 Kalo ane di posisi om TS, ane gak bakal beli seken krn rencana mo dipake 6-7 taun lagi, artinya sampe 2027-2028. Sekuat2nya mobil & sehalus2nya nyetir, sparepart (khususnya yg dari plastik & karet) pasti ada mulai minta ganti setelah umur mobil 8 tahun. Itu sebabnya juga umur ekonomis mobil biasanya dipatok 8 taunan. Makanya ane gak nyaranin beli seken klo syarat masa pakai ini mutlak.
Kalo emang masih bisa ditunda, tunda aja dulu om sambil nabung lagi biar bisa angkut yg baru, misalnya ertiga/ ertiga sport/ xl7/ xpander/ livina. Ane kasih pilihan 3 baris semua krn percayalah, buat mobil pertama akan sangat memudahkan kalo punya 3 baris meskipun jarang kepake baris ketiganya.
makasih gambarannya omthompst wrote: ↑Sun Apr 25, 2021 9:13 Harga 170-200jt dapat CX5 GT sktr tahun 2013 berarti sdh berumur sktr 8 tahun. Jadi harus disiapkan dana utk perbaikan & balik nama diluar harga mobilnya.
Ambil mobil yg lbh premium dibandingkan LMPV/LSUV sdh pasti lbh nyaman, lbh banyak fitur & lbh fun to drive. Tapi konsekuensinya ada di biaya2 yg akan dikeluarkan selanjutnya. Jd bisa jadi harga unitnya saja sama antara mazda CX 5 2013 dgn Xpander 2018 misalnya, tapi total owning cost nya utk 5 thn kedepan akan jauh berbeda. Perbedaan TOC seperti:
1. Biaya perawatan rutin CX5 sdh pasti lbh mahal dibandingkan LMPV
2. Slow moving parts juga akan banyak yg sdh harus diganti menginat usia sdh 8 thn & km sdh lumayan tinggi.
3. CX 5 punya fitur yg lbh tp konsekuensinya komponen electrical & sensor2 jg lbh banyak & ini juga pengaruh ke biaya perawatan jk harus diganti.
4. Pajak tahunan lbh mahal.
5. Ban, aki dsb yg hrs diganti rutin jg lbh mahal.
Tapi kalau sdh siap dgn TOC yg lbh mahal go ahead ambil mobil yg lbh premium. Drpd beli LMPV tapi setiap lihat CX5 di jalan kepikiran terus, kalau ada dana lebih ga ada salahnya punya mobil impian.
Satu lagi soal reliability, ambil LMPV atau innova dgn thn lbh muda sdh pasti lbh reliable. Mobil operasional perusahaan di kalimantan pakai innova, setahun jalan 100k+ lewat jalan aspal & jalan tanah. Skrg sdh lbh dr 3 thn masih oke2 saja. Pengalaman saya dulu pernah punya avanza (pemakaian dlm kota saja) ga pernah masuk bengkel selain perawatan rutin.
kira2 apakah ada estimasi biaya di depan untuk perbaikan kalau minang mobil berumur? Sekitar 20jt untuk peremajaan apakah terlalu ngepas?
Selain itu untuk owning cost tahunan apakah ada estimasi di kisaran berapa, mungkin suhu2 yang pernah pegang CX-5 ada gambaran? Saya sempat lihat review di youtube, service per 10rb km di kisaran 2-3jt, di luar itu mungkin kalau ganti part besar kayak ban mungkin agak lumayan. Apakah khusus untuk maintenance (diluar pajak, bensin) disisihkan 10jt/tahun masih reasonable om untuk mobil dengan umur segini? Mengingat dalam 1-2 tahun ke depan juga mungkin ga akan terlalu sering dipakai sampai pandemi beneran beres dan udah harus wfo (ga yakin bakal tembus 10rb km/tahun), jadi paling servis rutin per 6 bulan
sejujurnya sih belum pernah rawat mobil tua, dulu waktu dipinjemin kantor mobil muda dan semua urusan service dll dibantu sama kantor. Makanya bisa dibilang ini first car beneran. tergodanya karena baca review2 mesinnya CX-5 cukup reliable ya, jadi mudah2an ga ada penyakit yang bikin terlalu tekor karena mesin jebolShonen wrote: ↑Sun Apr 25, 2021 9:39 pertanyaannya simple aja buat ts, sdh pernah rawat mobil tua ? klo sudah pernah dan siap bolak balik bengkel ya go ahead aja...kalo dana pas2an mending ambil baru atau mobil yang emang peruntukannya buat kerja keras...
krn mobil udah 8 taon pasti ada aja penyakitnya dan benerinnya jg ga murah krn sesuai kelas dia 400 jt an artinya dana benerin jg ga bohong dgn mobil lvl 100 jtan (new)
biasa yang bikin bolak balik bengkel untuk mobil di usia segini karena penyakit apa ya om?
wah makasih infonya, very helpful om, kalau jadi minang bakal saya note untuk minta mekanik diperiksakanjosomba wrote: ↑Sun Apr 25, 2021 23:18 indent 3 bulan? hmm sepertinya sesuatu yg normal untuk ukuran Mazda punya slow moving parts.
Saya indent gasket intake manifold 3 bulan, padahal hanya untuk seekor mazda 2
Kebetulan karena lg pengen ganti aja sekalian bersihin TB n intake manifold di salah satu mbah di mari, tapi kalau misalnya kudu indent 3 bulan karena ada yg sobek bushingnya ... hmm suseh juga buat sehari2
Particular issue, yang saya tahu ada TSB terkait:
1. bunyi jegluk2 karena bushing kecil di lower arm-nya bermasalah --> Sharing issue dengan mazda 6.
2. Strut bearing/shock bearing juga masalah untuk gen awal --> seandainya masalah, bisa pake Unifar punya. Di mazda 2 juga agak masalah tp ga ada TSB-nya, solusinya regrease yg banyak pake grease bagusan atau ganti merk pake Unifar.
https://static.nhtsa.gov/odi/tsbs/2017/ ... 7-9999.pdf --> bisa cek page 3 untuk mobil yg agan incer dr kode chassisnya, apakah masuk yg masalah
Kalau mau liat DIY Maintenance CX-5, liat youtube-nya Felix Dan aja. Menjelaskan diy maintenance-nya cukup jelas, n applicable ke lineup mazda series lainnya juga.
jujur baru tau toyota bakal ngeluarin Raize & Rocky, bentuknya sih cukup menarik. Tapi dengan body sebesar itu dan cc cuma 1.0 dan 1.2, apa tenaganya ga bakal loyo banget om? Saya lihat2 di atas kertas hp dan torsinya agak kecil ya dibanding kelas 1.5. Sejujurnya saya bukan yang terlalu peduli dengan power, cuma agak concern kalau gak kuat dibawa ke daerah puncak/lembang dsb.
tapi ini opsi yang menarik, saya bakal coba lihat2 reviewnya yang di luar
mungkin yang MT di-skip dulu om, makasih sarannya. Soalnya pegel juga bawa MT di Jakartasatriakarisma wrote: ↑Mon Apr 26, 2021 1:55 iya tuh bener,
inden raize atau rocky.
aman lagi ya terios x mt.
kemarin ada member sini dapat 195 baru gres.
makasih informasinya om, very helpful. Saya cuma penasaran, versi 2.5 dan 2.0 apakah cukup signifikan bedanya dalam pemakaian sehari2? Minggu kemarin sempat test drive 2x, sekali yang 2.5, sekali yang 2.0, yang 2.5 kondisi masih prima tapi unit tahun 2015 jadi overbudget. Yang 2.0 agak kurang ngena di hati karena kondisinya cukup ngenes (dan kata temen yg duduk di belakang, bantingan keras, alamat kaki2 ga sehat) dan service record ga lengkap. Waktu TD memang cukup berasa bedanya, tapi karena hanya muter2 di parkiran, ga bisa explore lebih jauh. Selama ini paling saya pakai mobil pinjaman yang kecil2 kayak Yaris/BRV, jadi kurang tau juga apakah kalau ambil yang 2.0 (mengingat juga harganya agak di bawah yg 2.5) kepuasannya berkurangAndhyka wrote: ↑Mon Apr 26, 2021 0:13 CX5 tergolong mobil yang worth it baik bekas maupun baru. Tahun segitu fiturnya sudah menyaingi/melebihi mobil yg dijual saat ini: ABS, EBD, BA, VSC, 6-airbag, Bose sound system apalagi sudah CBU rakitan Jepang. Perakitan Jepang sudah paling mantap dan juga merk Jepang tergolong reliable daripada merk Eropa.
Mesin CX5 juga masih naturally aspirated 2500cc jadi IMO masih aman untuk 10 tahun ke depan. Dan juga reliability rating merk Mazda sekarang juara satu berdasarkan tabloid terpercaya Consumer Reports:
1. Mazda - 83/100
2. Toyota - 74/100
3. Lexus - 71/100
https://driving.ca/mazda/auto-news/news ... er-reports
Jika ambil bekas, coba cari unit yang kondisinya bagus. Cek saja 4-5 iklan CX5 bekas terus disurvey satu persatu sekalian bawa teman yang mengerti mobil. Kemudian bandingkan diantara semua CX5 bekas kira2 mana yang kondisi mesin/interior/kaki/aki/ban paling prima.
Kalo bisa track record servis juga jelas walaupun servis di bengkel luar. Setidaknya owner memberi tahu kapan dan apa fast moving part yang sudah diganti. Sisihkan dana lebih untuk ganti oli transmisi, filter udara, filter AC, aki, ban jika owner-nya sama sekali belum ganti.
Happy hunting, segala usaha di atas akan terbayarkan karena CX5 tergolong mobil enak baik untuk pengemudi maupun penumpang. Mau lebih nyaman lagi di atas CX5 yg CBU Jepang harus ke Alphard/Lexus di mana harga barunya 1.3-1.5M.
bisa dapet hadiah dikurung di kamar bareng suzanaPoporing wrote: ↑Mon Apr 26, 2021 2:20 kalo buat duo terirush, kayaknya om TS bakal pegel2...
kan kata review2 di yutub dan di SM, itu jok ga suportif buat pengemudi yg tingginya lebih dari 170cm...
bakal cepet capek pundaknya..
saran saya: saya biasanya nyaranin inopa.. tp ga deh kalo skrg... bisa2 saya dihajar mbah DOHC....
karena ane agak kampung, ngeliat yang keren2 begini emang senang sih, tapi kalo naik mobil temen yang ada sunroofnya justru lebih sering minta ditutup karena panas banget mataharai Indo wkwk
baru tau ada mobil namanya sorento, coba saya cek2 dulu om, makasih inputnya