qushay20019 wrote: Sun Apr 25, 2021 8:37
Kalo ane di posisi om TS, ane gak bakal beli seken krn rencana mo dipake 6-7 taun lagi, artinya sampe 2027-2028. Sekuat2nya mobil & sehalus2nya nyetir, sparepart (khususnya yg dari plastik & karet) pasti ada mulai minta ganti setelah umur mobil 8 tahun. Itu sebabnya juga umur ekonomis mobil biasanya dipatok 8 taunan. Makanya ane gak nyaranin beli seken klo syarat masa pakai ini mutlak.
Kalo emang masih bisa ditunda, tunda aja dulu om sambil nabung lagi biar bisa angkut yg baru, misalnya ertiga/ ertiga sport/ xl7/ xpander/ livina. Ane kasih pilihan 3 baris semua krn percayalah, buat mobil pertama akan sangat memudahkan kalo punya 3 baris meskipun jarang kepake baris ketiganya.
makasih masukannya om, tapi cukup yakin ga akan pakai 3rd row sih, karena mostly cuma dipakai sendiri atau berdua sama pasangan. Untuk masa pakai sendiri sebenarnya ga mutlak harus 6-7 tahun, tapi pengennya sih kalau bisa awet, mungkin ga ganti dulu untuk sementara waktu. Sempat diskusi juga mungkin setelah 2-3 tahun kalo ada rezeki lebih ganti ke tahun yang lebih muda, tapi kalo bisa diusahakan masih enak dan masih nyaman dipakai dalam 6-7 tahun
thompst wrote: Sun Apr 25, 2021 9:13
Harga 170-200jt dapat CX5 GT sktr tahun 2013 berarti sdh berumur sktr 8 tahun. Jadi harus disiapkan dana utk perbaikan & balik nama diluar harga mobilnya.
Ambil mobil yg lbh premium dibandingkan LMPV/LSUV sdh pasti lbh nyaman, lbh banyak fitur & lbh fun to drive. Tapi konsekuensinya ada di biaya2 yg akan dikeluarkan selanjutnya. Jd bisa jadi harga unitnya saja sama antara mazda CX 5 2013 dgn Xpander 2018 misalnya, tapi total owning cost nya utk 5 thn kedepan akan jauh berbeda. Perbedaan TOC seperti:
1. Biaya perawatan rutin CX5 sdh pasti lbh mahal dibandingkan LMPV
2. Slow moving parts juga akan banyak yg sdh harus diganti menginat usia sdh 8 thn & km sdh lumayan tinggi.
3. CX 5 punya fitur yg lbh tp konsekuensinya komponen electrical & sensor2 jg lbh banyak & ini juga pengaruh ke biaya perawatan jk harus diganti.
4. Pajak tahunan lbh mahal.
5. Ban, aki dsb yg hrs diganti rutin jg lbh mahal.
Tapi kalau sdh siap dgn TOC yg lbh mahal go ahead ambil mobil yg lbh premium. Drpd beli LMPV tapi setiap lihat CX5 di jalan kepikiran terus, kalau ada dana lebih ga ada salahnya punya mobil impian.
Satu lagi soal reliability, ambil LMPV atau innova dgn thn lbh muda sdh pasti lbh reliable. Mobil operasional perusahaan di kalimantan pakai innova, setahun jalan 100k+ lewat jalan aspal & jalan tanah. Skrg sdh lbh dr 3 thn masih oke2 saja. Pengalaman saya dulu pernah punya avanza (pemakaian dlm kota saja) ga pernah masuk bengkel selain perawatan rutin.
makasih gambarannya om
kira2 apakah ada estimasi biaya di depan untuk perbaikan kalau minang mobil berumur? Sekitar 20jt untuk peremajaan apakah terlalu ngepas?
Selain itu untuk owning cost tahunan apakah ada estimasi di kisaran berapa, mungkin suhu2 yang pernah pegang CX-5 ada gambaran? Saya sempat lihat review di youtube, service per 10rb km di kisaran 2-3jt, di luar itu mungkin kalau ganti part besar kayak ban mungkin agak lumayan. Apakah khusus untuk maintenance (diluar pajak, bensin) disisihkan 10jt/tahun masih reasonable om untuk mobil dengan umur segini? Mengingat dalam 1-2 tahun ke depan juga mungkin ga akan terlalu sering dipakai sampai pandemi beneran beres dan udah harus wfo (ga yakin bakal tembus 10rb km/tahun), jadi paling servis rutin per 6 bulan
Shonen wrote: Sun Apr 25, 2021 9:39
pertanyaannya simple aja buat ts, sdh pernah rawat mobil tua ? klo sudah pernah dan siap bolak balik bengkel ya go ahead aja...kalo dana pas2an mending ambil baru atau mobil yang emang peruntukannya buat kerja keras...
krn mobil udah 8 taon pasti ada aja penyakitnya dan benerinnya jg ga murah krn sesuai kelas dia 400 jt an artinya dana benerin jg ga bohong dgn mobil lvl 100 jtan (new)
sejujurnya sih belum pernah rawat mobil tua, dulu waktu dipinjemin kantor mobil muda dan semua urusan service dll dibantu sama kantor. Makanya bisa dibilang ini first car beneran. tergodanya karena baca review2 mesinnya CX-5 cukup reliable ya, jadi mudah2an ga ada penyakit yang bikin terlalu tekor karena mesin jebol
biasa yang bikin bolak balik bengkel untuk mobil di usia segini karena penyakit apa ya om?
josomba wrote: Sun Apr 25, 2021 23:18
indent 3 bulan? hmm sepertinya sesuatu yg normal untuk ukuran Mazda punya slow moving parts.
Saya indent gasket intake manifold 3 bulan, padahal hanya untuk seekor mazda 2
Kebetulan karena lg pengen ganti aja sekalian bersihin TB n intake manifold di salah satu mbah di mari, tapi kalau misalnya kudu indent 3 bulan karena ada yg sobek bushingnya ... hmm suseh juga buat sehari2
Particular issue, yang saya tahu ada TSB terkait:
1. bunyi jegluk2 karena bushing kecil di lower arm-nya bermasalah --> Sharing issue dengan mazda 6.
2. Strut bearing/shock bearing juga masalah untuk gen awal --> seandainya masalah, bisa pake Unifar punya. Di mazda 2 juga agak masalah tp ga ada TSB-nya, solusinya regrease yg banyak pake grease bagusan atau ganti merk pake Unifar.
https://static.nhtsa.gov/odi/tsbs/2017/ ... 7-9999.pdf --> bisa cek page 3 untuk mobil yg agan incer dr kode chassisnya, apakah masuk yg masalah
Kalau mau liat DIY Maintenance CX-5, liat youtube-nya Felix Dan aja. Menjelaskan diy maintenance-nya cukup jelas, n applicable ke lineup mazda series lainnya juga.
wah makasih infonya, very helpful om, kalau jadi minang bakal saya note untuk minta mekanik diperiksakan
mike22 wrote: Mon Apr 26, 2021 0:08
Kalo enggak terburu2, inden T raize aja. Platform udh DNGA dan lebih sensible kl buat daily, apalagi mau pake 6-7 thn kedepan.
Winz wrote: Mon Apr 26, 2021 1:30
Raize atau Rocky cukupan
Pakai selama itu aman New
Apalagi yg pakai Cewek juga
Tinggal sesuaiin budget aja dah
mau trim yang apa nanti pas rilis
jujur baru tau toyota bakal ngeluarin Raize & Rocky, bentuknya sih cukup menarik. Tapi dengan body sebesar itu dan cc cuma 1.0 dan 1.2, apa tenaganya ga bakal loyo banget om? Saya lihat2 di atas kertas hp dan torsinya agak kecil ya dibanding kelas 1.5. Sejujurnya saya bukan yang terlalu peduli dengan power, cuma agak concern kalau gak kuat dibawa ke daerah puncak/lembang dsb.
tapi ini opsi yang menarik, saya bakal coba lihat2 reviewnya yang di luar
satriakarisma wrote: Mon Apr 26, 2021 1:55
iya tuh bener,
inden raize atau rocky.
aman lagi ya terios x mt.
kemarin ada member sini dapat 195 baru gres.
mungkin yang MT di-skip dulu om, makasih sarannya. Soalnya pegel juga bawa MT di Jakarta
Andhyka wrote: Mon Apr 26, 2021 0:13
CX5 tergolong mobil yang worth it baik bekas maupun baru. Tahun segitu fiturnya sudah menyaingi/melebihi mobil yg dijual saat ini: ABS, EBD, BA, VSC, 6-airbag, Bose sound system apalagi sudah CBU rakitan Jepang. Perakitan Jepang sudah paling mantap dan juga merk Jepang tergolong reliable daripada merk Eropa.
Mesin CX5 juga masih naturally aspirated 2500cc jadi IMO masih aman untuk 10 tahun ke depan. Dan juga reliability rating merk Mazda sekarang juara satu berdasarkan tabloid terpercaya Consumer Reports:
1. Mazda - 83/100
2. Toyota - 74/100
3. Lexus - 71/100
https://driving.ca/mazda/auto-news/news ... er-reports
Jika ambil bekas, coba cari unit yang kondisinya bagus. Cek saja 4-5 iklan CX5 bekas terus disurvey satu persatu sekalian bawa teman yang mengerti mobil. Kemudian bandingkan diantara semua CX5 bekas kira2 mana yang kondisi mesin/interior/kaki/aki/ban paling prima.
Kalo bisa track record servis juga jelas walaupun servis di bengkel luar. Setidaknya owner memberi tahu kapan dan apa fast moving part yang sudah diganti. Sisihkan dana lebih untuk ganti oli transmisi, filter udara, filter AC, aki, ban jika owner-nya sama sekali belum ganti.
Happy hunting, segala usaha di atas akan terbayarkan karena CX5 tergolong mobil enak baik untuk pengemudi maupun penumpang. Mau lebih nyaman lagi di atas CX5 yg CBU Jepang harus ke Alphard/Lexus di mana harga barunya 1.3-1.5M.
makasih informasinya om, very helpful. Saya cuma penasaran, versi 2.5 dan 2.0 apakah cukup signifikan bedanya dalam pemakaian sehari2? Minggu kemarin sempat test drive 2x, sekali yang 2.5, sekali yang 2.0, yang 2.5 kondisi masih prima tapi unit tahun 2015 jadi overbudget. Yang 2.0 agak kurang ngena di hati karena kondisinya cukup ngenes (dan kata temen yg duduk di belakang, bantingan keras, alamat kaki2 ga sehat) dan service record ga lengkap. Waktu TD memang cukup berasa bedanya, tapi karena hanya muter2 di parkiran, ga bisa explore lebih jauh. Selama ini paling saya pakai mobil pinjaman yang kecil2 kayak Yaris/BRV, jadi kurang tau juga apakah kalau ambil yang 2.0 (mengingat juga harganya agak di bawah yg 2.5) kepuasannya berkurang
Poporing wrote: Mon Apr 26, 2021 2:20
kalo buat duo terirush, kayaknya om TS bakal pegel2...
kan kata review2 di yutub dan di SM, itu jok ga suportif buat pengemudi yg tingginya lebih dari 170cm...
bakal cepet capek pundaknya..
saran saya: saya biasanya nyaranin inopa.. tp ga deh kalo skrg... bisa2 saya dihajar mbah DOHC....
bisa dapet hadiah dikurung di kamar bareng suzana
sh00t wrote: Mon Apr 26, 2021 3:35
Panoramic sunroof mungkin bagi yang pertama kali pakai sangat senang, tapi tetap aja gak bakalan kepakai di Indonesia. Pakai panoramic sunroof tidak sesenyap tanpa panoramic sunroof.
karena ane agak kampung, ngeliat yang keren2 begini emang senang sih, tapi kalo naik mobil temen yang ada sunroofnya justru lebih sering minta ditutup karena panas banget mataharai Indo wkwk
Harchi wrote: Mon Apr 26, 2021 12:35
Klo mau santafe tapi budgetnya mepet, ambil sodaranya si sorento aja. Harga kayaknya udah dpt dibawah 200 tuh. Ane jg lagi ngelirik2 sorento buat gantiin captiva istri ane
baru tau ada mobil namanya sorento, coba saya cek2 dulu om, makasih inputnya
