Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
SG58 wrote: Fri Aug 14, 2020 8:44
mohon pencerahan suhu2 skalian..kalau HRV kuras coolant gnti seiken 50/50 yg hijau cocok ga ya? yg merah ga nemu 50:50
Saya kuras radiator di CRV pake Coolant nya TMO Om, aman-aman aja sampe skg
siap Om.. soalnya td telpon2 nanya nawilis mreka pake kuras nya ama seiken. mgkn request TMO ya.. td lupa nanya di nawilis mreka kuras pake alat atau manual
SG58 wrote: Fri Aug 14, 2020 8:44
mohon pencerahan suhu2 skalian..kalau HRV kuras coolant gnti seiken 50/50 yg hijau cocok ga ya? yg merah ga nemu 50:50
Saya kuras radiator di CRV pake Coolant nya TMO Om, aman-aman aja sampe skg
siap Om.. soalnya td telpon2 nanya nawilis mreka pake kuras nya ama seiken. mgkn request TMO ya.. td lupa nanya di nawilis mreka kuras pake alat atau manual
Seiken juga gak masalah sih sebenernya Om, yg penting dosis nya sesuai dan beneran coolant
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2 bulan lalu kuras coolant Nissan berenjin 2.5L di beres. Seperti kita ketahui Nissan secara resmi di Indonesia menghadirkan Long Life Coolant yang cara pakainya mencampur 70% coolant + 30% distilled water.
Untung udah baca² thread ini, waktu konsultasi airnya pakai air apa... Dijawabnya air keran dong katanya gak apa apa wkwk.. langsung saya minta airnya pakai air murni/nonmineral. Untung beres nyetok air aki biru Yuasa, bayar lagi sih Rp20k/L.
Biaya coolant + jasa: 310k setelah pajak, tapi gak termasuk air Yuasa tadi. Dan bener begitu cek toko onlen yang jual coolant sama, mereka nginstruksiin isi 30% sisanya dengan air aki biru/distilled water.
BMW. Kelas Tersendiri
Honda. Citra Tersendiri
Jalankaki. Kelelahan Tersendiri
privatemember wrote: Mon Jan 18, 2021 3:02
2 bulan lalu kuras coolant Nissan berenjin 2.5L di beres. Seperti kita ketahui Nissan secara resmi di Indonesia menghadirkan Long Life Coolant yang cara pakainya mencampur 70% coolant + 30% distilled water.
Untung udah baca² thread ini, waktu konsultasi airnya pakai air apa... Dijawabnya air keran dong katanya gak apa apa wkwk.. langsung saya minta airnya pakai air murni/nonmineral. Untung beres nyetok air aki biru Yuasa, bayar lagi sih Rp20k/L.
Biaya coolant + jasa: 310k setelah pajak, tapi gak termasuk air Yuasa tadi. Dan bener begitu cek toko onlen yang jual coolant sama, mereka nginstruksiin isi 30% sisanya dengan air aki biru/distilled water.
Waktu kuras coolant caranya manual atau pakai alat om? Kalo secara manual apa baut di blok mesinnya di buka juga? atau cuma drain dari lubang pembuangan radiator aja om?
devin96 wrote: Mon Jan 18, 2021 22:49Waktu kuras coolant caranya manual atau pakai alat om? Kalo secara manual apa baut di blok mesinnya di buka juga? atau cuma drain dari lubang pembuangan radiator aja om?
Buka keran drain di bawah radiator aja, sampai udah gak netes. Selang gede yang ke/dari mesin juga gak dibuka. Abis itu langsung shorr tuang konsentrat coolant 75% dari total konsentrat yang dibutuhkan untuk tipe mobil tsb, lalu dilanjutkan tuang airnya. Mesin lalu hidupin sambil tambah airnya lagi ketika isi di dalam tutup radiator klepek-klepek berkurang.
Tapi giliran tangki reservoir, mereka kuras pakai pompa khusus wkwkw (gak dibuka/angkat tangkinya lalu tumpahkan isinya) baru dituang coolant sisanya + air, sampai garis full.
Sisa air aki saya bawa pulang lalu di-top up jika dibutuhkan. Bener kan sampai 3 minggu air reservoir masih berkurang pelan-pelan.
Last edited by privatemember on Tue Jan 19, 2021 1:03, edited 1 time in total.
BMW. Kelas Tersendiri
Honda. Citra Tersendiri
Jalankaki. Kelelahan Tersendiri
devin96 wrote: Mon Jan 18, 2021 22:49Waktu kuras coolant caranya manual atau pakai alat om? Kalo secara manual apa baut di blok mesinnya di buka juga? atau cuma drain dari lubang pembuangan radiator aja om?
Buka keran drain di bawah radiator aja, sampai udah gak netes. Selang gede yang ke/dari mesin juga gak dibuka. Abis itu langsung shorr tuang konsentrat coolant 75% dari total konsentrat yang dibutuhkan untuk tipe mobil tsb, lalu dilanjutkan tuang airnya. Mesin lalu hidupin sambil tambah airnya lagi ketika isi di dalam tutup radiator klepek-klepek berkurang.
Tapi giliran tangki reservoir, mereka kuras pakai pompa khusus wkwkw (gak dibuka/angkat tangkinya lalu tumpahkan isinya) baru dituang coolant sisanya + air, sampai garis full.
Sisa air aki saya bawa pulang lalu di-top up jika dibutuhkan. Bener kan sampai 3 minggu air reservoir masih berkurang pelan-pelan.
Oo ga sampe buka baut di blok mesin, mungkin utk mobil om susah di jangkau atau memang ga semua mobil ada baut radiator yg di blok mesin kali ya. Iya kadang air masih suka kurang2 sampai beberapa hari, kalo orang awam ga ngerti malah ngeri juga di kira aman2 aja abis kuras, padahal msh harus di pantau
privatemember wrote: Mon Jan 18, 2021 3:02
2 bulan lalu kuras coolant Nissan berenjin 2.5L di beres. Seperti kita ketahui Nissan secara resmi di Indonesia menghadirkan Long Life Coolant yang cara pakainya mencampur 70% coolant + 30% distilled water.
Untung udah baca² thread ini, waktu konsultasi airnya pakai air apa... Dijawabnya air keran dong katanya gak apa apa wkwk.. langsung saya minta airnya pakai air murni/nonmineral. Untung beres nyetok air aki biru Yuasa, bayar lagi sih Rp20k/L.
Biaya coolant + jasa: 310k setelah pajak, tapi gak termasuk air Yuasa tadi. Dan bener begitu cek toko onlen yang jual coolant sama, mereka nginstruksiin isi 30% sisanya dengan air aki biru/distilled water.
kok mix nya 70 coolant 30 air ya? gak kebalik kah? hehe
privatemember wrote: Mon Jan 18, 2021 3:02
2 bulan lalu kuras coolant Nissan berenjin 2.5L di beres. Seperti kita ketahui Nissan secara resmi di Indonesia menghadirkan Long Life Coolant yang cara pakainya mencampur 70% coolant + 30% distilled water.
Untung udah baca² thread ini, waktu konsultasi airnya pakai air apa... Dijawabnya air keran dong katanya gak apa apa wkwk.. langsung saya minta airnya pakai air murni/nonmineral. Untung beres nyetok air aki biru Yuasa, bayar lagi sih Rp20k/L.
Biaya coolant + jasa: 310k setelah pajak, tapi gak termasuk air Yuasa tadi. Dan bener begitu cek toko onlen yang jual coolant sama, mereka nginstruksiin isi 30% sisanya dengan air aki biru/distilled water.
kok mix nya 70 coolant 30 air ya? gak kebalik kah? hehe
iya kebalik.. bisa overheat malah mesin nya.
krn coolant itu adalah anti beku dan anti karat.
sementara, air itu untuk ngelepas panas.
maka dr itu mixed yg cocok buat di indonesia adalah
30 coolant & 70 air
atau bahasanya dibalik 70 air & 30 coolant.
memang sedikit lbh banyak nguap, tapi ngelepas panas nya jg lbh cepat.
sering2 cek reservoir ajah.
klo coolant sebanyak 70% itu cocoknya buat di kutub
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
privatemember wrote: Mon Jan 18, 2021 3:02
2 bulan lalu kuras coolant Nissan berenjin 2.5L di beres. Seperti kita ketahui Nissan secara resmi di Indonesia menghadirkan Long Life Coolant yang cara pakainya mencampur 70% coolant + 30% distilled water.
Untung udah baca² thread ini, waktu konsultasi airnya pakai air apa... Dijawabnya air keran dong katanya gak apa apa wkwk.. langsung saya minta airnya pakai air murni/nonmineral. Untung beres nyetok air aki biru Yuasa, bayar lagi sih Rp20k/L.
Biaya coolant + jasa: 310k setelah pajak, tapi gak termasuk air Yuasa tadi. Dan bener begitu cek toko onlen yang jual coolant sama, mereka nginstruksiin isi 30% sisanya dengan air aki biru/distilled water.
kok mix nya 70 coolant 30 air ya? gak kebalik kah? hehe
iya kebalik.. bisa overheat malah mesin nya.
krn coolant itu adalah anti beku dan anti karat.
sementara, air itu untuk ngelepas panas.
maka dr itu mixed yg cocok buat di indonesia adalah
30 coolant & 70 air
atau bahasanya dibalik 70 air & 30 coolant.
memang sedikit lbh banyak nguap, tapi ngelepas panas nya jg lbh cepat.
sering2 cek reservoir ajah.
klo coolant sebanyak 70% itu cocoknya buat di kutub
Makanya kaget aja, kalo beneran di mix 70 :30, hehe
Cuman seperti nya mekaniknya males itung2 an, jadinya, cemplungin 2 botol coolant, sisa nya baru tambahin air sampe penuh, hahahaha
lagian itu harusnya di mix sebelum dituang ke radiatornya. bukan dimasukin terpisah n berharap tercampur sendiri di radiator krn muter2.
biasanya pakai botol bekas air aki biru atau botol bekas coolant yg bersih sbg wadah utk membuat premix nya. n lbh bagus kl shaken not stirred spy berasa kaya lg bikin cocktail nya james bond.
halooo semua mau tanya, kalo pake coolant normalnya gak akan berkurang ya coolant nya di reservoir ?
ini udah setahun lebih dr terkahir kuras, blum pernah nambah coolant posisi nya di garis max trus,
iseng cek buka tutup radiator nya juga aman, penuh coolant nya
memang seperti itu kah ?
soalnya tmen ada yg pakai air ac dan air sumur bilang ke saya suruh cek 2 minggu sekali takut abis airnya, soalnya dia pernah tuh di reservoir masih ada ( di garis min) tapi overheat pas di buka tutup di radiator kering gak ada airnya
rednhers wrote: Sun Mar 28, 2021 10:06
halooo semua mau tanya, kalo pake coolant normalnya gak akan berkurang ya coolant nya di reservoir ?
ini udah setahun lebih dr terkahir kuras, blum pernah nambah coolant posisi nya di garis max trus,
iseng cek buka tutup radiator nya juga aman, penuh coolant nya
memang seperti itu kah ?
soalnya tmen ada yg pakai air ac dan air sumur bilang ke saya suruh cek 2 minggu sekali takut abis airnya, soalnya dia pernah tuh di reservoir masih ada ( di garis min) tapi overheat pas di buka tutup di radiator kering gak ada airnya
rednhers wrote: Sun Mar 28, 2021 10:06
halooo semua mau tanya, kalo pake coolant normalnya gak akan berkurang ya coolant nya di reservoir ?
ini udah setahun lebih dr terkahir kuras, blum pernah nambah coolant posisi nya di garis max trus,
iseng cek buka tutup radiator nya juga aman, penuh coolant nya
memang seperti itu kah ?
soalnya tmen ada yg pakai air ac dan air sumur bilang ke saya suruh cek 2 minggu sekali takut abis airnya, soalnya dia pernah tuh di reservoir masih ada ( di garis min) tapi overheat pas di buka tutup di radiator kering gak ada airnya
hee terima kasih maaf kalau salah thread
Belum permah punya mobil yg level air radiatornya di reservoir ga turun
Pasti beberapa bulan turun beberapa cm
Baca2 di buku manual n forum2 luar negeri asal level air diatas tanda MIN berarti aman